Cara Sehat Perawatan Kulit Pria Modern


25864_381958559419_278419694419_3612452_1832551_a Satu waktu saya berkunjung ke swalayan untuk membeli produk perawatan kulit yang sudah hampir habis. Saya menikmati aktivitas berbelanja kebutuhan bulanan saya di swalayan langganan. Dari belakang saya dikejutkan oleh dua teman saya perempuan. Saya lihat mereka sedang diskusi sambil memegang body lotion di tangan teman saya satunya.

“Body lotionnya gak gitu wangi,” ujar teman saya. Saya coba ambil dari tangannya dan sepakat kalau aroma body lotion itu kurang cocok.

“Huang, memang kamu pake body lotion juga?” tanya teman saya.

“Ya jelas pake dong, aku pake yang Vaseline baru. Ada kandungan SPF. Kebetulan ruang kerjaku serba AC jadi kulit suka kering,” jawabku sambil tersenyum.

“Perawatan kamu sekarang udah kayak cewek aja.”

Kami tertawa.

======

Sekarang sudah terjadi pergeseran gaya hidup yang signifikan dari kaum Adam untuk lebih intens menjaga dan merawat kulit. Penampilan rapi, bersih, dan profesional tentu memberikan kesan baik bagi siapa saja. Termasuk rekan bisnis dan orang di sekitar kita. Selama ini menjaga penampilan identik dengan perempuan, maka setiap bulan perempuan selalu menyisihkan 20% – 30% gaji mereka untuk kosmetik dan perawatan tubuh. Sebut saja mereka ini adalah kelompok pria metroseksual.

Berangkat dari kondisi ini, seorang pria metroseksual memiliki gaya hidup yang lebih bersikap seperti menonjolkan simbol-simbol dengan cara berpakaian yang baik, sikap tubuh dan ekspresi muka dalam penyampaian pesan. Bahasa gaul dan bahasa asing juga dipakai sebagai alat komunikasi pada pria metroseksual. Dimana pria tersebut mampu mengekspresikan emosi dan perasaannya serta sangat memperhatikan penampilan diri. Impresinya orang menjadi lebih nyaman saat berdekatan dengan pria metroseksual.

Umumnya pria yang kurang memperhatikan penampilan berpikiran bahwa merawat kulit wajah, mengoleskan lotion dan pergi ke salon hanya dikerjakan wanita. Padahal tidak ada salahnya merawat kulit wajah dan tubuh walaupun Anda seorang pria. Perawatan kulit pria menjadi aspek utama bagi pria metroseksual. Kulit yang halus dan cerah diyakinin mampu meningkatkan rasa percaya diri karena tampak senantiasa sehat dan segar.

Studi empiris mengatakan kulit wanita memproses penuaan lebih cepat di usia 25 – 30 tahun mereka sudah menunjukkan garis halus keriput. Sedangkan kulit pria jauh lebih lambat prosesnya, tapi langsung berkerut mendalam sewaktu usianya mencapai 35 – 40 tahun. Itulah kenapa dianjurkan pria dari usia 18 tahun sudah mulai memperhatikan kebersihan kulit wajah, apalagi umumnya kulit pria lebih berminyak dengan resiko jerawat dan penumbuhan bakteri yang lebih cepat.

Terlebih adanya polusi, stres dan radiasi UV memberikan dampak tidak baik bagi kulit. Untuk memenuhi kebutuhan pria akan perawatan kulitnya, Vaseline Men menghadirkan serangkaian perawatan pria yang efektif bagi pria modern yang aktif, Ada tiga rangkaian yang mampu membuat kesan pertama yang baik atas diri pria akan didapat dalam 14 detik pertama saat melihat kulit yang sehat dan bersih.

1. Body Wash

bc

Sabun adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Perawatan awal kulit sangat bergantung dengan pilihan produk sabun yang kita pilih. Oleh karena itu saya menggunakan Fresh Hydrating Body Wash. Sabun cair pembersih yang mengandung nutrisi penting dan pelembab vitamin E yang membantu memelihara dan mempertahankan kesehatan kulit saya.

Kulit merupakan pertahanan pertama melawan elemen seperti polusi dan mikro-organisme. Tentunya tubuh saya menjadi mantel pelindung, maka perlu nutrisi agar membantu membersihkan kulit secara efektif serta membuat kulit terasa lembab sebagai awal perawatan. Pelembab Vitamin E membuat kulit terasa lembut dan sehat terawat.

2. Face Cleansing

fc

Kulit wajah saya termasuk jenis berminyak. Seringkali saya merasa kurang percaya diri sewaktu bertemu dengan teman-teman. Saya mencari produk pembersih wajah yang dapat mengontrol kadar minyak dan merawat kulit saya yang terkadang berjerawat. Produk-produk seperti ini umumnya sudah banyak yang beredar, tapi saya memilih Refreshing Oil Control Face Wash dari Vaseline. Produk ini bekerja mengangkat segala macam kotoran dan debu yang menempul di wajah. Apalagi Oil Control Agents membantu mengurangi kelebihan minyak pada wajah sehingga tampak segar terawat dan membantu merawat kulit yang berjerawat, Vitamins dan Minerals yang membantu merawat dan menjaga kulit saya agar tetap sehat.

Pesan saya jangan gunakan produk yang dikhususkan untuk wanita karena pria punya jenis kulit yang berbeda dengan wanita. Menurut penelitian, kulit pria lebih tebal sekitar 25% dan memiliki kelenjar Sebasea yang menjadikan kulit berminyak dibanding wanita.

3. Body Moisturizing

bl

Efek pemanasan global yang terjadi setiap hari tentunya kulit kita butuh mantel yang kuat untuk menghadapi perubahan suhu ruang yang ekstrem seperti sinar UVA dan B, belum lagi polusi yang dapat merusak kesehatan kulit.

Mungkin kedengarannya aneh, tapi saya mencari body lotion yang diproduksi khusus untuk pria. Saya selalu membaca petunjuk dan mencari bahan produksinya dari bahan-bahan alami, tidak mengandung pewangi dan pewarna. Hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit apabila saya memilih body lotion yang menggunakan bahan seperti petrochemical dan dioxine.

Saya menggunakan Fresh Hydrating Body Lotion dan UV Whitening Body Lotion. Kenapa saya pakai dua? Aktivitas saya sifatnya mobile, terkadang saya harus berurusan dengan lapangan dan bisa juga seharian saya di ruangan ber-AC. Kalau sudah di lapangan dan langsung terkena terik matahari saya menggunakan UV Whitening Body Lotion. Micro Whitening Agents membuat kulit yang gelap tampak lebih putih merata, Vitamin B3 membuat kulit tampak lebih putih dan cerah, Dual Sunscreen akan melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

Sementara kalau saya sedang di ruangan ber-AC yang dapat menyebabkan kulit tampak kering, saya menggunakan Fresh Hydrating Body Wash. Vitamin E factor-nya yang membuat kulit terasa segar dan sejuk. Skin moisturizers yang membuat kulit terasa lembab dan tidak tampak kering lagi.

=======

Kami keluar dari swalayan setelah membayar belanjaan, tiba-tiba teman saya bilang kalau teknologi dan perkembangan informasi memberi wawasan kalau trend pria sekarang bukan lagi pria yang berotot, gagah, perkasa, bahkan berwajah garang. Tapi pria yang dapat mencintai dirinya sendiri untuk menemukan kepuasan tersendiri di dalam dirinya adalah pria metroseksual. Dengan catatan, perilaku ini jangan menyebabkan mencintai diri sendiri secara berlebihan dan menciptakan gaya hidup konsumerisme yang berlebihan.

Untuk akhiri tulisan ini, saya mau berbagi tips agar kulit kamu tampak sehat dan cerah.

  • Minum air putih delapan gelas sehari
  • Hindari matahari secara langsung
  • Istirahat yang cukup
  • Hindari merokok dan minuman yang beralkohol
  • Hindari stres
  • Cukupi kebutuhan vitamin dan gizi

p.s : Kamu sudah merasa nyaman, berpenampilan baik
dan lebih menikmati kehidupan?

72 pemikiran pada “Cara Sehat Perawatan Kulit Pria Modern

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s