Ikut Kontes SEO bagi pengguna WordPress.com


Baru bisa kembali online setelah kemarin habis masa langganan internetnya. Kemarin saya sempat memposting tentang Blogilicious Kito Palembang di blog saya. Tujuannya untuk partisipasi dalam mini kontes SEO yang diadakan idblognetwork beberapa hari yang lalu.

Selesai publish tulisan tersebut, tidak beberapa lama Nike mengirim BBM ke saya dan bertanya apa saya ikut kontes SEO menggunakan blog wordpress.com yang identik gratisan ini? Saya jawab iya, dan why not?

Nike segera menasehati saya untuk segera menurunkan tulisan dan memindahkan tulisan ke blog lain. Hal ini dikarenakan saya telah melanggar TOS (Term of Service) dari wordpress.com.

WordPress.com is about blogging. It’s about communication, thoughts, news, and many other things in life. It is not about SEO.

Waduh gimana dong?

These blogs are not welcome and will be removed when found.

Saya saat itu sedang online, coba googling untuk mencari referensi lainnya dengan membaca TOS langsung dari wordpress dan ternyata nyangkut juga di blognya bang Eduard. Selesai baca saya baru menyadari memang saya udah melanggar TOS nya wordpress.com tersebut. Penggunaan yang saya tahu adalah wordpress.com tidak mengijinkan untuk beriklan dan memasang script kecuali HTML. Persoalan tentang menggunakan kata kunci (SEO) saya belum tahu.

So, ya saya sangat berterima kasih sama teman-teman yang berbaik hati untuk memberitahukan ke saya. Soalnya efek samping blog saya akan kena suspend oleh Matt. Saya segera mengkontak customer service online dari blogdetik. Setelah mendapat bantuan dari blogdetik, saya akhirnya memindahkan tulisan saya untuk mengikuti kontes SEO ini ke blog saya lainnya di blogdetik.

Solusinya bagi yang ingin ikutan kontes SEO dapat gunakan blog seperti blogspot.com, blogdetik.com, atau menggunakan hosting sendiri.

Silahkan dibaca tulisan saya tentang Blogilicious Kito Palembang.

Iklan

17 pemikiran pada “Ikut Kontes SEO bagi pengguna WordPress.com

    • di Multiply juga gak boleh. Untuk saat ini yang aman bisa ngeblog di blogspot atau blogdetik untuk keperluan modifikasi. Sedangkan wordpress.com murni untuk kita ngeblog saja. hehehe

  1. Makanya kemarin saya tidak mendukung kontes SEO itu untuk blog ini Pak Huang, maaf bukan saya tidak acuh pada banyak pesan itu, tapi karena saya memang tidak bisa melanggar TOS-nya WordPres.

    Dan pada akhirnya kontes SEO itu sendiri (di manapun diadakan, tidak peduli apapun alasannya) akan menciptakan splogging yang tidak sehat bagi penggunaan Internet. Sangat sayang jika tulisan bagus kemudian hanya menjadi sampah di mesin telusur oleh sebab kontes SEO.

    • Maksudnya kontes SEO untuk di blog ini? kontes SEO yang mana bli?

      Ya dengan pilihan bli kayak gitu brarti udah punya prinsip sendiri supaya tidak melanggar TOS πŸ˜€

      Sebelumnya mari bli, kita TOS dulu =))

  2. Oh ya…kekuatiran matt sebenarnya beralasan. Dia gak mau blog2 di wp.com berubah menjadi splog (spam blog). Pernah liat? Banyak contohnya di blogspot. Isinya hanya link semua, atau ada artikelnya yg isinya hanya keyword aja…atau artikelnya dikit tapi keywordnya buanyakkk plus ada hidden keyword (yg ini sudah mamou dikenali robot dari google). Matt gak mau itu terjadi dgn wordpress.com. Beda lagi sgn platform dot org. Itu sih terserah kitanya aja mau menjadikan blog kita semacam splog..kan kita yg keluar duit domain dan hosting πŸ™‚

  3. Loh iyaa. Misalnya Kita kasih underline kalimat tertentu dalam tulisan kita dan itu berulang ulang…maka kalimat itu sudah jadi keyword yg akan diingat oleh robot2 search engine. Tags yg kita pasang di postingan juga dianggap keyword. Setiap gambar dalam postingan juga bisa dikasih tags yg akan dibaca bot mesin pencari. Bot juga menyukai inbound link dari artikel lain di blog kita yg mengarah ke artikel ini…itu semuanya memenuhi kaidah SEO. Tpi gue pikir wp.com maunya pertukaran link, inbound link, oneway link, keywordinbg stuff, dll terjadi secara wajar bukan dalam rangka ikut kontes. Kalo ikut kontes biasanya artikel itu akan dioptimoize gila gilaan. Bayangkan masak sebuah artikel dalam kurun 2 bulanan bisa bertengger di pejwan google? Pasti itu sudah secara teknis mengalami optimasi gila gilaan kan? Saya terus yerang mengoptimasi kata kunci spt: mak erot, daun jarak, minyak bulus (bisa mas cek di google, ada di pejwan). tapi proses ke pejwannya itu lama banget. Saya harus berjuang setahun mempromosikan artikel2 itu lewat forum dan milis supaya menggaet traffic dan jadi rujukan. Setelah banyak dijadikan rujukan (dapat oneway link) dari mana2, barulah posisi artikel itu bisa masuk ke pejwan.

    • blog mas eduard emank padet, mulai dari konten sampai widget. jumlah kunjunganpun udah lumayan. apalagi spesialisasinya ke kata kunci seperti mak erot, daun jarak, dll itu banyak dicari sama user πŸ˜€

  4. sebenarnya SEO itu luas sekali. kita tukeran link aja sudah termasuk SEO. kita pasang tags di tulisan itu juga SEO, kita kasih penekanan pada keyword tertentu itu juga SEO. hanya memang matt lebih menekankan pada menggunakan wp.com sebagai ajang menulis, bukan ajang teknis seperti yg dilihat di SEO kontes. SEokontes memang tidak dipungkiri banyak hal2 teknis spt orang bisa beli ribuan backlink yg mengarah ke blognya, oerang bisa bikin ratusan dummy blog yg linknya hanya oneway ke blog utama, orang bisa kasih hidden keyword di tulisannya whgich is illegall, orang bisa pakai autogenerated content dll… itu yg matt gak mau terjadi di blog wp.com yg gratisan.

    • sip bang… atas masukkannya.. saya juga baru pertama kali ikutan kontes ginian :D, masih newbie dan tentunya bimbingan dan belajar saya terbuka.

      wah, kasih penekanan pada keyword juga termasuk ya. termasuk kita kasih tag juga?

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s