UangTeman : Pinjaman Dana Tunai Tanpa Agunan Proses Cepat dan Mudah


“Koh, apa kabarnya?”

“Baik…” mikir orang ini sudah lama tidak berhubungan tiba-tiba kirim pesan tanya kabar.

“Maaf nih, boleh minta bantuan gak? Pinjem duit 1 juta aja boleh gak buat bayar cicilan motor.  Beneran jualan aku lagi sepi.”

Kalian pernah punya pengalaman dipinjami uang kayak begitu? Sama. Kamu tidak sendirian.

prolog-uangteman

Terus selanjutnya? Apa kalian bakal tetap kasih pinjaman uang? Kalau saya sekarang sih jelas tidak akan beri pinjaman lagi. Belajar dari pengalaman. Bukan pelit atau gimana, ya. Apalagi kalau orang yang mau meminjam itu adalah teman atau keluarga. Jujur, urusannya bisa ribet atau akhir ceritanya bisa timbul bencana saat kita menagihnya dan mereka hanya membayar dengan muka kesal atau orang tersebut justru nanti lebih galak daripada kita yang memang mau meminta hak kita. Uang seringkali menjadi hal sensitif untuk dibicarakan. Apalagi uang teman *eh*

Bahkan sampai tulisan saya ini mendarat di blog, beberapa orang yang masih punya hutang sama saya pun masih belum punya itikad baik untuk kembalikan uang yang mereka pinjam bahkan ada yang sampai beberapa tahun. Sempat saya berpikir kenapa mereka mendatangi kita dan bukan orang lain. Boleh jadi alasannya waktu itu orang tersebut sedang melihat usaha kita berkembang dan berada di posisi atas. Sayangnya, orang sering kali nampak kita dari luarnya saja, bukan?

Sekarang sebelum memberikan pinjaman uang ke teman, saya akan juga memikirkan apa yang akan terjadi jika hutangnya tidak dibayar, serta dampaknya buat keuangan kita sendiri dan hubungan pribadi kita.

“Koh, pinjem duit dong?”

“Oh kamu ke UangTeman saja!”

butuh-uang-cepat

Tiap kita pasti pernah berada dalam kondisi mendesak yang membuat kita membutuhkan uang tunai yang tidak dapat ditunda tapi dapat diprediksikan. Sebut saja untuk biaya kesehatan, pendidikan atau biaya kebutuhan lainnya. Kebutuhan masyarakat terhadap dana tunai saat ini makin bertambah. Namun, kadang lembaga permodalan mikro belum banyak lapisan orang yang bisa mengaksesnya.

Kalau kamu pernah melihat jasa keuangan peminjaman dana tunai dengan menjamin surat kendaraan bermotor (BPKP) atau harta lainnya dengan sistem bunga yang ditawarkan tentunya sudah jadi hal umum. Barang agunan kita inilah yang menjadi nilai jaminan sesuai besaran uang yang akan dipinjam. Apabila dalam waktu yang ditentunya terkadang barang jaminan tersebut akan hilang dianggap sebagai nilai ganti rugi dari uang yang gagal dikembalikan ke lembaga peminjam.

Berbeda dengan lembaga peminjaman dana tunai tersebut, kini untuk memperoleh pinjaman uang menjadi lebih mudah. Ada jasa penyedia pinjaman dana tunai tanpa agunan dan berbasis online. Situs online UangTeman.com menyediakan pinjaman jangka pendek baik untuk keperluan pribadi atau bisnis. Sehingga UangTeman menyediakan pembiayaan online, dimana saja dan kapan saja sebagai alternatif dari perusahaan pembiayaan dan bank umum.

Layanan UangTeman tersedia secara online dan dapat juga melalui aplikasi di smartphone. Kalau kita menilik lebih dalam UangTeman ingin menghadirkan solusi finansial bagi teman-teman kita yang mempunyai masalah keuangan.

mengapa-pilih-uangteman

“Aku kan maunya pinjam duitnya sama kamu koh, kok kamu malahan saranin aku ke UangTeman?”

“Maaf bro, kondisi kita sama nih.. sama-sama lagi perlu uang tapi kalau kamu mau yang pasti bisa kasih pinjaman uang jangka pendek, pakai UangTeman aja… aku juga lagi ajuin proses pinjam kok.”

kemudahan-uangteman

Penyedia layanan pinjaman jangka pendek online pertama di Indonesia ini hadir sejak tahun 2015. UangTeman memiliki sistem kerja prosedur yang cepat dan terpercaya. Dilakukan secara online sehingga pengajuan pinjaman mudah dimanapun dan kapanpun. Kalian bisa mengajukan pinjaman lewat laptop atau smartphone.

Selain itu dengan waktu proses cepat kita pun bisa langsung mendapatkan dana tunai ke rekening tabungan kita dari UangTeman. Tentunya setelah permohonan aplikasi pinjaman kita mendapatkan persetujuan dari tim UangTeman untuk memverifikasi dan mengindentifikasi data pemohon, untuk memutuskan bisa tidaknya memberikan dana kepada pemohon.

Kemudian, sebagai pemohon dana tunai kita pun diberikan skema pengajuan pinjaman yang transparan dan fleksibel. Kita diberikan keleluasaan untuk mengatur periode dan biaya layanan menyesuaikan dengan periode pinjaman. Tentunya, semakin cepat masa kita meminjam akan berbanding lurus dengan semakin kecil biaya layanan yang dibayarkan.

kenalin-dulu-sebelum-pinjam-uangteman

pinjam-uangtemanMantapkah hati kalian sebelum memutuskan meminjam dana tunai lewat UangTeman.com. Sebab layanan pinjaman cepat ini tentunya juga tidak sembarang menerima aplikasi dari kita apabila dirasakan tidak sesuai kriteria mereka. UangTeman sebagai layanan online menjanjikan pencairan dana ke rekening kita paling cepat dua jam atau maksimal tiga hari saja dari saat pengajuan aplikasi dan verifikasi lewat telepon.

Pastinya kita harus terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia dengan usia 21 sampai dengan 65 tahun. Saat ini UangTeman baru melayani teman-teman di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang dan Klaten. Sehingga kriteria penghasilan minimum kita juga akan dilihat. Untuk kalian yang berada di Jabodetabek minimum penghasilan Rp 2.300.000 sedangkan untuk wilayah lainnya Rp 2.000.000. Hal ini menjadi screening awal sistem apakah kriteria kita sudah sesuai.

Selain itu juga diminta  untuk melampirkan dokumen pribadi seperti KTP, slip gaji dan foto pribadi. Serta rekening tabungan atas nama kita pribadi bukan orang lain. Terakhir kalian harus punya email pribadi sebelum mendaftar. Sederhana bukan syarat yang diminta untuk mengajukan pinjaman di UangTeman?

“Wah ternyata mudah banget ya syarat-syarat yang diminta, koh!” Saya sepertinya merasakan perasaan tidak enak dari teman ini. Pasti, kalau ada teman yang mau pinjam uang sama kita tentunya kita juga harus melihat kriteria teman tersebut apa bisa dipercaya atau tidak.

“Iya mudah tapi jangan coba-coba mau berbuat curang waktu proses pengajuan peminjaman dana lho.”

Untuk meminjam uang, kita cukup mengajukan permohonan aplikasi lewat UangTeman.com atau aplikasi di Play Store. Nanti kita akan menemukan skema hitung untuk menentukan jumlah pinjaman dan jangka waktu peminjaman. Kita tinggal ikutin 3 langkah mudah yang sudah ditentukan oleh UangTeman dimulai dari isi formulir online, verifikasi data lalu pencairan dana.

UangTeman membatasi jumlah pinjaman antara 1 – 2 juta dengan jangka waktu peminjaman 10 – 30 hari. Memang waktunya singkat, tapi adanya jangka waktu seperti ini membuat kita jadi lebih disiplin untuk mengembalikan dana pinjaman kita. Layaknya meminjam uang di bank atau lembaga peminjaman lainnya. Kita pun akan dikenakan “bunga” saat meminjam di UangTeman.

UangTeman menetapkan biaya layanan sebesar 1% per hari. Jadi kalau kita meminjam 1 juta selama 10 hari, maka kita harus mengembalikan pinjaman tersebut sebesar Rp 1.104.622 atau kalau jangka waktu 30 hari sebesar Rp 1.347.849.

Sistem “bunga” dari UangTeman menggunakan sistem compounding atau kalau kita familiar dengan istilah bunga berbunga. Sehingga di hari pertama kita meminjam, hutang kita sudah ditambahkan 10 ribu dari bunga 1%. Berlanjut di hari kedua, hutang kita ditambahkan menjadi 10.462,2 sampai batas waktu yang kita inginkan.

uangteman-admin

Saya sempat konfirmasi melalui akun Twitter @UangTeman, kenapa biaya bunganya besar. Ternyata UangTeman memiliki alasan tersendiri mengenai hal ini. Biaya layanan yang dipatok oleh UangTeman menjadi dasar resiko yang akan dihadapi perusahaan apabila ada oknum peminjam yang nakal. Tapi kalau ternyata kita peminjam yang baik, saat pinjaman berikutnya kita bisa mendapatkan keringanan bunga turun bisa sampai 0,5%. Fair kan?

langkah-mudah-mengajukan-pinjaman-uangteman

Baiklah, seperti saya katakan sebelumnya dengan teman saya kalau saya juga sedang mengajukan permohonan pinjam dana tunai lewat UangTeman. Tampaknya teman saya juga tidak percaya kalau saya juga bisa berhutang 😆 :mrgreen: ya bisa dong, kalau saya Dimas Kanjeng tinggal gandakan uang saja hahahaha….

Setelah kita memutuskan berapa besar uang yang mau dipinjam beserta biaya layanan yang harus dikembalikan. Lanjut, kita tinggal memasukkan alamat email kita ke formulir online UangTeman. Nanti kita akan diarahkan untuk mengisi data diri kita secara lengkap mulai dari Alasan Peminjaman dan Detail Data seperti detail pribadi, kontak, bank, finansial, sampai keluarga. Sampai Dokumen Persetujuan yang berisi perjanjian antara pihak pemberi pinjaman dan peminjam lengkap dengan rincian pembiayaan. Kita juga harus menyiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti KTP dan foto diri.

cara-pengajuan-pinjaman-uangteman

Langkah terakhir, kita tinggal klik Kirim untuk mengajukan permohonan pinjaman. Selesai. Sistem teknologi yang dimiliki oleh UangTeman menggunakan teknologi penilaian resiko yang otomatis dan real-time. Sistem tersebut akan memproses data-data yang diterima kemudian menyaring terlebih dahulu sesuai algoritma syarat yang sudah ditentukan oleh UangTeman. Pastinya keputusan pemberian kredit dilakukan secara objektif.

Tunggu sekitar 5 – 10 detik kemudian muncul pesan yang menyebutkan permohonan kita ditolak atau diterima. Apabila diterima, maka akan masuk ke tahap kedua yaitu survei fisik untuk memastikan kita memasukkan data yang besar seperti pengecekan alamat rumah. Sampai nanti akan ada verifikasi data lewat telepon. Terkesan celahnya sangat panjang dan sangat hati-hati dalam memilih calon peminjam. Bagus dong!

keamanan-data-yang-terjamin

“Memangnya nanti data yang kita berikan ke UangTeman bakal aman?”

“Aman. Dijamin.”

Tentu pertanyaan ini akan timbul dibenak kita sebelum memutuskan meminjam uang di UangTeman. Saya membaca seksama tentang Kebijakan Privasi di situs UangTeman. Komitmen UangTeman untuk melindungi privasi dan keamanan data calon peminjam dinyatakan bahwa mereka tidak pernah dan tidak akan pernah menjual data kita ke pihak manapun yang tidak berkepentingan. Untuk selanjutnya kalian bisa membaca tentang Kebijakan Privasi UangTeman disini.

Data informasi yang kita berikan digunakan untuk proses pengisian aplikasi mulai dari proses verifikasi kredit sehingga sifatnya penting bagi UangTeman untuk mengetahui riwayat kredit sehat kita apakah bermasalah atau tidak.

bijak-sebelum-memutuskan-berhutang

alasan-pakai-uangteman

Inovasi dan terobosan solusi yang ditawarkan oleh UangTeman menjadi sesuatu yang baik kalau kita bisa menangkap fungsinya. Model bisnis start-up dibidang keuangan ini dapat membantu dan mempermudah orang-orang yang terdesak membutuhkan dana tunai segera. Tapi hendaknya digunakan secara bijaksana. Maka untuk mendukung hal tersebut, kalian perlu mencermati prosedur yang telah ditetapkan oleh UangTeman agar kita tidak merasa dirugikan kemudian hari.

Apa yang ditawarkan UangTeman dengan proses cepat dan praktis pastinya membuat banyak orang tergiur untuk meminjam sejumlah dana. Terlepas dari penolakan mengenai startup keuangan online, selayaknya kita bisa memutuskan sendiri manakah pilihan yang terbaik untuk finansial kita. Saat kita berani meminjam Uang Teman maka kalian pun harus sadar untuk kembalikan Uang Teman. Sistem pembayaran dilakukan 1 kali pada hari tanggal jatuh tempo harus melunasi pokok pinjaman dan tambahan biaya layanan (bunga). Pasti akan ada denda yang ditambahkan apabila kita melewatkan tanggal jatuh tempo dan hal ini akan membuat bertambahnya hutang kita.

UangTeman mengenakan denda sebesar 50 ribu setiap keterlambatan ditambah 10 ribu per hari apabila terlambat bayar. Selain itu juga dikenakan biaya penagihan hutang sebesar 10% dari total pembayaran. Contoh kalau kita pinjam 2 juta untuk 30 hari, harusnya kita bayar sebesar 2,6 juta tapi ini menjadi 3 juta. Lumayan kan.

Padahal UangTeman ini punya kelebihan dibanding pinjaman lain. Misalkan orang yang meminjam tidak dikenakan potongan biaya administrasi apapun. Jadi kalau kita meminjam 2 juta, maka uang yang diterima tetap 2 juta. Kalau kita mau melunasi hutang kita sebelum waktu yang ditentukan, nyatanya UangTeman juga tidak mengenakan denda seperti yang biasanya dilakukan oleh bank.

urusan-beres-uangteman

Bagi saya sendiri, ini adalah curhatan finansial #TemanNgeblog dan solusi yang bikin #UrusanBeres sebab kehadiran UangTeman dapat membantu trauma kita yang pernah mengalami hutang kita tidak dikembalikan oleh orang yang meminjam. Bahkan sampai menghapus semua data kontak kita atau mereka lebih galak ketimbang awal mereka memelas untuk meminjam uang kita. Seperti yang saya katakan kalau bicara tentang uang memang sangat sensitif, maka wajar lebih baik kita meminimalkan resiko.

“Koh, kan kamu udah juga ngajuin pinjaman di UangTeman. Hasilnya gimana?”

“Ditolak! Hahahahaha…”

Ya iyalah jelas saya ditolak, alasannya sudah jelas tercantum di situs UangTeman. Pertama dari informasi algoritma saya memang tidak layak karena domisil saya di Palembang. Maka sistem akan langsung menolak. Sedangkan UangTeman baru melayani untuk wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang dan Klaten. Sehingga kalau tahap pertama saja tidak lolos, kenapa bicara tahap kedua? 😆 :mrgreen: Tapi kalau kamu sudah pernah ditolak tetap dapat mengajukan permohonan kembali setelah 3 bulan dari tanggal pengajuan sebelumnya.

Baiklah… sepertinya saya harus lebih berhemat dalam hal keuangan dan apabila mau meminjamkan uang ke teman kali ini harus lebih hati-hati dan melihat appraisal teman apakah nanti sanggup bayar atau tidak 😆

Kalian tertarik mencoba pinjam di UangTeman? Kunjungi situs UangTeman.com lalu hitung skema pinjaman kamu ya. Bisa juga mention Twitter @UangTeman atau ngobrol langsung dengan customer service di situs UangTeman. Semoga berhasil!

Dapatkan aplikasi UangTeman di Play Store
available-on-playstore

Iklan

40 pemikiran pada “UangTeman : Pinjaman Dana Tunai Tanpa Agunan Proses Cepat dan Mudah

  1. sering beberapa kali teman lama yang udah lama ngilang tapi tiba-tiba kontak kembali dan pinjem duit dengan alasan ini itu, uangnya dikembaliin sih walau molor tapi agak sebel juga karena ngehubungin kalau pas butuh doang

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s