BerandaReviewGaleri Indonesia, Produk Kreatif Asli Indonesia dari Blibli.com

Galeri Indonesia, Produk Kreatif Asli Indonesia dari Blibli.com

Author

Date

Category

Agak tertohok ketika saya sedang ingin membeli souvenir khas dari tempat-tempat traveling yang saya kunjungi di luar Indonesia. Kesannya, saya jauh-jauh ke negara tersebut membawa ekspektasi membeli produk asli buatan negara tersebut. Tujuannya supaya saya bisa mengenang negara tersebut lewat barang yang dibeli. Sewaktu saya ke Perth, ada niat membeli boneka Kanguru yang menjadi maskot negara tersebut, malahan sewaktu lihat produksinya buatan dari Cina. Bayangkan kalau ada turis yang datang ke Indonesia dan menginginkan membeli oleh-oleh buatan lokal Indonesia, tapi mereka tidak menemukannya? Sayang sekali.

mainan-anak-buatan-cina

Info yang dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS) melalui Kemenperin, tiap bulannya total impor non migas produk asing seperti Cina makin meningkat. Angkat yang ditunjukan oleh BPS selama 5 tahun terakhir, pertumbuhan produk impor dari khususnya Cina ke Indonesia sekitar 60%. Sebenarnya, tidaklah terlalu sulit untuk meragukan data yang dilansir oleh BPS. Terbukti kita bisa merasakan sendiri serbuan produk luar negeri, seperti elektronik yang banyak diperjualbelikan dengan garansi tidak resmi. Lebih hebat lagi, kalau kita menengok industri mainan dan boneka. Sangat mudah sekali ditemukan mainan yang ada di pasaran Indonesia adalah buatan Cina. Dominasi produk-produk Cina semakin terlihat. Tidak jarang, harga dari produk Cina bisa sama dengan harga bahan baku yang harus dibayarkan oleh perusahaan Indonesia. Lalu kemana produsen lokal kita di Indonesia?

Saya sadar banyak, dengan harga yang relatif terjangkau tentunya  membuat kita lebih dimanjakan adanya barang impor. Kemudian pabrik-pabrik yang mampu memproduksi barang berkualitas Indonesia juga belum banyak. Hal ini tentunya bisa membuat kita lebih memilih untuk membeli produk impor daripada buatan Indonesia. Bagi sebagian orang berpendapat ada rasa lebih bangga menggunakan barang impor daripada barang buatan Indonesia. Tapi, saya percaya kalian yang sedang membaca tulisan ini pasti bangga pakai produk Indonesia kan? Produk kreatif asli Indonesia mana yang kalian suka?

bangga-pakai-produk-indoneia

“Ciee yang pake batik kemana-mana,” ujar teman saya sewaktu lagi kumpul bareng.

Saya melirik dia yang pakai baju bermerk impor, “Ciee yang pake baju mahal tapi gampang sobek juga,” balas saya sambil menggoda dia. Batik merupakan salah satu produk galeri Indonesia yang sudah dipatenkan milik Indonesia. Bahkan penggunaannya tidak hanya diacara-acara formal saja, melainkan dalam acara santai batik pun bisa tetap digunakan. Justru saya salut sama salah satu putra daerah Palembang yang sedang mengangkat kain Palembang untuk menjadi produk fesyen yang berkualitas.

“Memang kamu kenapa suka pakai barang produk Indonesia sih? Kan kualitasnya gak bagus.”

“Ya harus bangga dong sama produk lokal kita sendiri. Malahan kualitas bahannya juga bagus, gak kalah kualitas sama produk luar,” lanjut saya duduk di samping dia.

kualitas-produk-lokal

Jujur saja, saya termasuk salah satu orang yang merasakan terkena imbas oleh penyempitan perusahaan oleh karena perekonomian Indonesia yang katanya sedang dalam masa lambat. Hampir semua sektor bisnis mengalaminya. Apalagi dengan target pasar lebih dari 260 juta jiwa penduduk Indonesia dari Sabang sampai Merauke, pastinya bukan hanya perusahaan lokal saja yang ingin tetap bertahan di Indonesia.

Masih adanya stigma mengenai produk lokal kita yang dianggap tidak lebih baik daripada produk luar. Mulai dari kualitas produk lokal yang senantiasa dicap kurang daripada produk luar. Padahal kalau kita teliti dalam memilih, kita pun bisa mendapatkan produk lokal dengan kualitas yang sama baik. Kemudian, kemasan produk belum mampu bersaing untuk siap dipasarkan. Rata-rata produk lokal untuk menekan biaya produksi, maka mengurangi tampilan manis pada kemasan produk. Tapi itu hanya beberapa saja yang melakukannya, selebihnya ada juga produsen lokal yang memiliki kemasan bagus dan manis. Saya sudah buktikan lewat belanja online barang yang dikirimkan memiliki packaging yang rapi dan bagus. Andai kemasan sudah cantik tentunya harga berapapun bagi kita bukanlah masalah.

Terakhir, lokasi berjualan yang nyaman dan bergengsi tentunya menjadi alasan orang dewasa dalam membeli produk. Kebanyakan produk luar dikemas khusus untuk dijual di gerai-gerai tertentu, mereka biasanya tidak menjamin kualitas dari produk yang dijual selain di gerai mereka, walaupun harga di gerai lebih mahal. Di Indonesia, sebaliknya beberapa perusahaan lokal lebih memilih memasarkan produknya secara eceran dan jarang dijual di gerai-gerai tertentu. Saya pikir pasti akan banyak konsumen lebih memilih produk yang dijual di tempat-tempat tertentu. Kesan gengsinya akan lebih tampak.

Termasuk waktu saya menggunakan kaos motif batik yang sedang saya gunakan ini merupakan salah satu Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia. Kegemaran saya belanja online tentunya membantu saya dalam menemukan barang yang jarang dijual di pasaran. Prinsipnya buy now or cry later jangan sampai barang yang kita inginkan ternyata stoknya sudah habis karena terlambat untuk dimiliki. Namun pastikan sebelum membeli barang tersebut kita teliti terlebih dahulu lewat deskripsi barang.

produk-umkm-yang-kreatif

“Koh, emang kamu beli baju ini dimana sih? Lucu juga ya warnanya.”

“Cari dong di Blibli, sekarang udah ada kategori Galeri Indonesia loh. Ini kategori baru,” seruku sambil membuka aplikasi Blibli. Ada rasa bangga sewaktu menggunakan produk lokal berkualitas bagus. Apalagi pemasaran produknya di tempat yang memang terpercaya, seperti Blibli.com. Toko online murah dan terpercaya ini menjadi salah satu toko online yang sering saya kunjungi. Menariknya saat ini ada #BliBliGaleriIndonesia yang menjadi wadah bagi pengusaha lokal Indonesia dan UMKM untuk memasarkan produk kreatif mereka lebih ekslusif.

sub-kategori-galeri-indonesia

Kategori baru dari Blibli ini seolah menjawab keraguan kita di awal tentang kualitas produk, kemasan produk sampai ke lokasi pemasaran produk. Momen sekarang adalah tepat dimana kita lebih memilih berbelanja lewat online sebab mulai dari kelengkapan produk sampai  kemudahan dalam bertransaksi. Namun, sayangnya barangkali baru kita yang dapat memanfaatkan internet dari sekitar 75 ribu orang dari jumlah UMKM yang ada di Indonesia menggunakan internet menurut Badan Pusat Statistik. Padahal lewat internet tentunya bisa menjangkau calon pembeli di seluruh Indonesia yang punya 260 juta jiwa.

Hadirnya Galeri Indonesia sebagai kategori baru di Blibli.com tentunya memudahkan kita apabila ingin mencari produk kreatif asli Indonesia yang diharapkan menjadi peluang bagi para UMKM untuk memasarkan produk unggulan mereka.

Terdapat 9 sub-kategori yang ada di dalam Galeri Indonesia, seperti  Galeri Batik Indonesia, Galeri Buku & Musik Indonesia, Galeri Kriya Indonesia, Galeri Kuliner Lokal Indonesia, Galeri Local Brands Indonesia, Galeri Pakaian Muslim Indonesia, Galeri Produk Kecantikan, Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia, dan Galeri Workshop.  Bayangkan dengan 9 sub-kategori yang ada dalam Galeri Indonesia semuanya adalah produk kreatif asli Indonesia ada disitu!

kategori-produk-galeri-indonesia

“Wah lengkap banget sih koh yang ada di Galeri Indonesia. Dulu aku kira Blibli ini situs belanja online kayak situs-situs lainnya.”

“Jangan salah dong, Blibli beda dan punya keunikan sendiri.”

Sub kategori baru ini tentu saja isinya adalah 100% Produk Kreatif Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com yang dijual secara ekslusif. Sebagai marketplace tentunya Blibli telah mendapatkan ruang di hati saya sebagai toko online dengan pilihan produk lengkap, metode pembayaran yang beragam dan aman, pengiriman produk yang cepat, gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan kualitas barang yang jelas. Penasaran apa saja isi dari 9 sub-kategori Galeri Indonesia? Yuk kita lihat sama-sama ragam produk kreatif Indonesia di Blibli.com:

Galeri Batik Indonesia

Ada tiga sub-kategori kembali di dalamnya yaitu Galeri Aksesoris Batik, Galeri Batik Wanita dan Galeri Batik Pria. Boleh dikatakan Galeri Batik Indonesia memuaskan kita untuk mencari produk fesyen batik dengan motif beragam serta harga terjangkau. Produk batik yang dijual lewat Blibli berasal dari brand lokal yang menjaga kualitasnya. Pada kategori ini tersedia lebih dari 1000 koleksi yang bisa dilihat dengan lebih dari 40 pilihan brand lokal. Hal yang saya suka dari galeri batik Indonesia adalah banyaknya ragam motif batik yang jarang saya temukan di gerai maupun mall.

Selain itu, juga ada Galeri Aksesoris Batik yang menunjang fesyen kita mulai dari jam tangan sampai case iPhone yang unik terbuat dari bambu. Item-item aksesoris batik ini merupakan  karya lokal yang membuat kita tampil beda sewaktu berjumpa dengan teman. Pastinya kalian akan langsung menjadi pusat perhatian sebab memiliki gaya fesyen yang unik.

galeri-indonesia

Galeri Buku & Musik Indonesia

Blibli mendukung hasil karya seni seperti buku dan musik Indonesia. Buat kalian pecinta buku dan musik tentunya lewat Galeri Indonesia akan memenuhi kebutuhan kalian mulai dari alat musik, pernak-pernik tentang musik sampai album musik musisi Indonesia. Selain itu tersedia buku-buku dari penerbit lokal yang bisa kalian masukkan dalam keranjang belanja. Senangnya itu saya masih bisa menemukan koleksi album ceria Chrisye “Aku Cinta Dia” yang terbit di tahun 1985. Wow!! Blibli Galeri Indonesia memang mantap!

Galeri Kriya Indonesia

Saya selalu kesulitan dalam mencari peralatan rumah tangga yang unik dan terbuat dari kayu. Biasanya peralatan dari kayu saya manfaatkan sebagai properti foto produk. Beruntungnya saya tahu kalau di Blibli punya galeri Kriya Indonesia yang  menyediakan ruang bagi produsen lokal untuk memperkenalkan produk-produk handmade dengan keterampilan khusus. Kita bisa menemukan sekitar 1200-an produk kreatif 100% Indonesia yang beragam, mulai dari Galeri Kriya Ruang Kerja, Galeri Kriya Dapur & Ruang Makan, Galeri Kriya Dekorasi Rumah

Produk yang ada dalam Kriya Indonesia ini meliputi karya yang terbuat dari bahan alam, seperti kayu dan rotan. Tentunya tidak ada salahnya kalau kita mengoleksi salah satu produk yang ada dalam Kriya Indonesia.  Ada jam dinding, sarung bantal, sendok kayu, sampai mainan untuk anak-anak. Pastinya interior ruang kerja dan rumah kita akan tertata rapi dengan produk kreatif asli Indonesia di toko online Blibli.com. Asik, sekarang kebutuhan properti fotografiku sudah lebih gampang dicari lho!

Galeri Kuliner Lokal Indonesia

Indonesia memiliki ragam kuliner lokal yang banyak. Bahkan selalu bertambah tiap harinya mulai dari makanan, minuman dan cemilan. Kuliner menjadi pasar yang menarik karena memang selalu dicari dan diminati oleh tiap orang. Salah satu yang mendukung dalam pemasaran produk tentunya packaging yang menarik. Terdapat lebih dari 1500 produk kuliner lokal Indonesia mulai dari Galeri Minuman Lokal Indonesia, Galeri Makanan Lokal Indonesia, Galeri Cemilan Lokal Indonesia, dan Galeri Bumbu Tradisional Indonesia.

Tidak sempat keluar rumah untuk berbelanja, sekarang tinggal lewat laptop atau smartphone kita sudah bisa berbelanja semua kebutuhan makanan secara online. Tersedia lengkap ada beras, mie instant, gula pasir, dan minyak goreng. Praktis kan?

galeri-kuliner-indonesia

Coba kalian tanya sama teman atau saudara kita yang lama tinggal di luar negeri. Apa hal yang membuat kangen Indonesia? Salah satunya adalah sambal! Kalian percaya tidak di Galeri Kuliner Lokal Indonesia ternyata ada jual sambal. Bayangkan berapa banyak orang terbantu untuk membeli sambal secara online. Walaupun di luar negeri punya produksi sambal, tapi rasa sambal Indonesia tetap juara.

Galeri Local Brand Indonesia

Di kategori ini kita bisa menemukan ragam produk lokal mulai dari aksesoris juga pakaian dengan brand lokal. Sekitar 40 merek lokal dengan kualitas baik dengan gampang kita jumpai di kategori Local Brand Indonesia. Produk yang bisa kita temukan bermacam-macam, mulai ponsel, tas ransel, aksesoris, kaos sampai emas juga ada. Boleh dikatakan kategori ini lengkap produkkreasi Indonesia. Kita dapat dengan mudah menemukan produk dengan label made in Indonesia.

Kaos batik yang saya beli didapat dari kategori ini dari brand Batik Heritage. Tips dari saya, selalu tandai barang yang kalian inginkan, sebab barang yang dijual stok selalu cepat habis. Makanya, daripada nanti kita tidak dapat, kenapa tidak langsung beli?

Galeri Pakaian Muslim Indonesia

Tentunya bagi kalian yang muslim sedang mencari fesyen muslim tidak perlu susah lagi. Sebab, Blibli menyediakan kategori khusus bagi kalian yang selama ini bingung mencari produk muslim asli buatan Indonesia. Dalam kategori ini tersedia produk fesyen untuk pria dan wanita. Lengkap! Tidak perlu pusing lagi menemukan produk yang sesuai keinginan kita.

Galeri Kecantikan Indonesia

Siapa yang tidak suka merawat tubuhnya dari ujung kepala sampai kaki? Tentunya semuanya suka demi penampilan maksimal. Lewat galeri kecantikan Indonesia ini kita lebih gampang menemukan produk-produk perawatan tubuh mulai dari rambut, wajah, dan make up.  Tenang saja, produk kecantikan bukan identik hanya wanita saja. Tersedia juga produk lainnya yang bisa digunakan oleh pria misalnya shampoo, tonic penyubur rambut, sampai pomade.

ragam-produk-galeri-indonesia

Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia

Saat ini bukan hanya barang saja yang bisa kita beli secara online. Trend liburan menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari kita. Bolehlah liburan sebagai apresiasi diri setelah lelah bekerja. Lewat kategori Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia, Blibli memudahkan kita untuk menemukan paket wisata ke beberapa destinasi alam yang ada di Indonesia

Salah satunya, Raja Ampat yang sudah menjadi destinasi wisata Indonesia yang mendunia. Terkenal dengan pemandangan landscape yang indah tentunya membuat kita juga ingin segera berkunjung ke Raja Ampat. Kalian jangan takut kalau pergi ke Raja Ampat sekarang sudah banyak paket tur lokal yang menyediakan paket perjalanan menarik selama di Raja Ampat. Saya sudah buktikan sendiri sewaktu Jelajah Raja Ampat beberapa waktu lalu. Asiknya kalau beli paket wisata lewat Blibli tentunya kita bisa manfaatkan fasilitas cicilan 0%, sekaligus mendapatkan poin rewards lainnya yang dapat ditukarkan dengan voucher belanja. Menarik!

Galeri Workshop

Industri karya menjadi komoditi yang diminati bagi orang yang ingin belajar hal-hal baru. Kategori galeri Workshop menjadi bukti komitmen Blibli dalam mendukung produk lokal Indonesia untuk memajukan para pekerja seni. Lewat kategori galeri workshop ini, kita bisa memilih aktifitas positif untuk mengisi waktu kosong. Mulai dari belajar menggambar tokoh karakter di sepatu sampai belajar menari Bali.

batik-heritage

paket-blibli

“Ceritanya kaos yang dipake sekarang ini, kaos baru ya koh.. asik.. kaos baruuuu,”

“Ya dong, kaos baru aromanya beda…,” tawaku. Maklum paket kaos baru datang langsung saja saya buka karena penasaran dengan isi di dalamnya. Barangkali karena temanya batik, maka packaging pun dibungkus dengan kertas kado motif batik. Barang yang saya pesan datangnya juga tidak begitu lama, sekitar 3 hari sejak pemesanan dan pembayaran.

batik-heritage-blibli

batik-heritage-logo

Kaos dari Batik Heritage ini memiliki desain yang simple tidak banyak corak dengan kombinasi batik royal peach dengan aksen tinta emas. Oleh karena desainnya yang unik dan tidak pasaran membuat saya semakin suka karena model kerah kaosnya adalah lingkaran. Material bahannya juga lembut dan tidak panas sewaktu dipakai karena menggunakan cotton two tone. Pastinya gampang dalam menyerap keringat sewaktu aktifitas seharian.

batik-heritage

Bagian kiri bawah kaos terdapat border logo Batik Heritage yang membuat kaos tampak ekslusif. Desain kaos pada bagian belakang lebih memikat dengan batik motif pada bagian punggung. Terakhir, warna toska menjadi warna favorit saya yang baru, sangat gampang untuk dipadu padan dengan fesyen lainnya. Kebetulan saya mendapatkan harga promo dari Rp 159.000 diskon 50% jadi Rp 79.500! murah sekali! Terbukti kalau produk lokal selain punya kualitas produk yang bagus juga punya harga yang kompetitif. Apalagi ada tulisan made in Indonesia dicantumkan pada kerah kaos. Masih ragu?

konsumen-cerdas-blibli

corak-batik-heritage

Ada rasa bangga sewaktu menggunakan produk asli Indonesia di toko online Blibli.com soalnya barang yang ada di Galeri Indonesia terjamin 100% produk kreatif asli Indonesia. Gampang sekali untuk mendapatkan produk tersebut lewat Blibli.com. Pastikan pertama kali yang harus dilakukan kalian sudah menjadi member Blibli.com. Apalagi tiap kita yang baru mendaftar menjadi member baru akan langsung mendapatkan voucher belanja Rp 25.000 dan BliBli Rewards 2500 poin!

Banyak manfaat kalau kalian sudah jadi member Blibli.com mulai dari proses gampang dalam berbelanja. Kita tidak perlu repot lagi mengisi informasi pengiriman dan penagihan setiap kali belanja. Selain itu, kita bisa menikmati promo-promo seru tiap harinya dan menjadi orang pertama menerima informasi terbaru dari Blibli.com. Contohnya setiap hari senin diskon ditujukan untuk barang kebutuhan ibu dan anak, hari rabu diskon untuk produk fashion wanita dan hari kamis ada diskon untuk produk fashion pria. Belum lagi promo diskonya bisa sampai dengan 70% lho!

Nah, sekarang tinggal buka Blibli.com lewat laptop atau unduh aplikasi Blibli lewat smartphone kalian. Kategori Galeri Indonesia gampang dicari. Tinggal pilih saja sub-kategori produk lokal Indonesia yang kalian inginkan. Berbelanja merupakan kegiatan yang menyenangkan. Asiknya berbelanja produk di Blibli.com kita mendapatkan deskripsi produk jelas, warna, kualitas bahan dan ukuran yang detil. Kita tidak perlu takut dengan kualitas produk yang ditawarkan. Untuk lebih meyakinkan kita dapat membaca ulasan produk dari konsumen yang telah berbelanja sebelumnya.

Cara cerdas berbelanja online selanjutnya, setelah kita yakin dengan produk yang akan kita beli, tentunya akan dilanjutkan dengan pembayaran barang. Apalagi sekarang sudah ada fitur melacak pesanan. Fitur ini memudahkan kita mengetahui keberadaan barang pesanan sudah sampai sejauh mana. Secara otomatis resi pengiriman juga ditampilkan lewat fitur tersebut. Cobain deh!

“Cuma aku kok masih ragu ah kalau belanja di Blibli. Apalagi ini kategori baru. Udah kapok kena tipu ama toko online sama produk yang dikirim juga tidak sesuai, koh.”

“Loh.. loh… jangan gitu dulu dong.”

asiknya-belanja-online

Pengalaman selama ini saya lebih sering menggunakan Blibli lewat aplikasi di smartphone layaknya mall dalam genggaman. Mudah sekali dalam mencari barang-barang yang diinginkan. Pastinya, tidak perlu ragu untuk belanja Produk Kreatif Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com. Berikut alasan kenapa kita perlu belanja online produk Galeri Indonesia di Blibli.com:

keunggulan-belanja-di-blibli

Koleksi produk di Blibli.com lengkap termasuk produk kreatif asli Indonesia. Bayangkan saja terdiri dari 9 sub-kategori Galeri Indonesia dengan masing-masing sub-kategori jenis produk yang banyak dari berbagai local brand Indonesia. Sebut saja merk lokal seperti DAMN! I Love Indonesia sampai Batik Arjunaweda yang namanya sudah dikenal banyak orang. Pastinya Blibli menjadi 100% produk yang dijual adalah produk kreatif asli Indonesia.

Gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia. Tentunya adanya biaya pengiriman membuat biaya belanja kita akan membengkak, tapi baiknya Blibli.com dengan memberikan fasilitas bebas biaya pengiriman untuk wilayah Jabodetabek. Bagi kita yang di luar Jabodetabek berlaku dengan minimum pembelian di atas Rp 200.000 dalam 1 kali transaksi. Lumayan ekonomis kalau kita juga bisa mengajak teman untuk belanja bareng tentunya akan menghemat biaya kirim bukan?

Banyak metode pembayaran yang mudah dan aman. Saya selalu merasa nyaman bertransaksi pembayaran lewat Blibli.com sebab pilihan metode pembayaran yang banyak dan beragam tentunya memudahkan kita sewaktu berbelanja. Kalau saya lebih suka menggunakan metode transfer bank. Kita tidak perlu menunggu lama waktu validasi pembayaran karena sistem Blibli sudah canggih dan membuat transaksi kita lebih cepat diproses. Beberapa metode pembayaran seperti COD (Cash on Delivery) juga pernah saya coba untuk membuktikan kalau belanja lewat Blibli aman dan terpercaya.

Jaminan pengembalian produk yang pasti. Produk kreatif lokal yang telah kamu beli barangkali ada ukuran yang tidak sesuai atau kerusakan fisik sewaktu pengiriman? Jangan sampai panik sebab Blibli.com memiliki pelayanan jaminan pengembalian produk apabila terjadi hal-hal diluar yang tidak kita inginkan. Manfaatkan saja fasilitas pengembalian produk apabila kita merasa tidak sesuai dengan yang diinginkan. Cuma, selama ini saya belanja lewat toko online Blibli.com selalu merasa nyaman dalam pengiriman.

“Wah ternyata selama ini aku belanjanya di toko online bodong ya, mana ada toko online yang kasih garansi seperti Blibli, koh!”

“Udah buruan sekarang pakai Blibli buat belanja produk kreatif asli Indonesia. Mayan tuh ada case iPhone nya lucu.”

pakai-produk-lokal

Di tengah serbuan produk-produk impor dari luar negeri, tentunya produk lokal asli Indonesia juga sedang berusaha naik agar tidak terpinggirkan oleh bangsanya sendiri. Padahal semestinya kita ikut mengkampanyekan cinta produk lokal. Melihat pertumbuhan yang makin pesat terutama dari sektor UMKM, tentunya Blibli.com menjadi wadah dengan lokasi penjualan yang mudah dijangkau lewat internet. Harapan inilah yang dibawa bagi kita untuk bangga menggunakan produk asli Indonesia di toko online Blibli.com. Lewat Galeri Indonesia, dapat memicu para produsen lokal untuk dapat meningkatkan kualitas produk serta memasarkan produk unggulan mereka dengan media yang tepat.

kesimpulan-bangga-pakai-produk-indonesia

Saya perlu angkat topi untuk BliBli.com yang menyediakan ruang khusus bagi anak bangsa untuk menjual produk-produk unggulan mereka melalui Galeri Indonesia. Hadirnya Produk Kreatif Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com mendukung perekonomian produsen lokal. Berarti pemasukan untuk para produsen lokal juga. Kalian pasti senang kalau orang-orang Indonesia tingkat kesejahteraannya membaik. Nah, caranya dengan mulai memilih produk-produk lokal yang berkualitas untuk dipakai. Apa jadinya kalau produk mereka tidak ada yang terjual?

Produk kreatif lokal juga ramah lingkungan. Terbukti kita tidak perlu menunggu lama proses pengiriman barang dari Blibli.com soalnya semua barang produksi kreatif berasal dari Indonesia yang mudah dijangkau. Bayangkan saja kalau kita harus menunggu lama kalau memesan barang impor dari luar tentu lama waktu pengiriman juga diperhitungan termasuk pajak masuk. Secara tidak langsung, kita akan merasakan bangga sewaktu menggenakan produk lokal seperti batik. Sebab batik memang diciptakan oleh kultur Indonesia dan diperuntukkan untuk orang Indonesia pula. Kenapa juga kita harus malu untuk menggunakan batik? Apalagi saat ini sudah banyak corak dan model  batik yang bisa digunakan dalam segala acara. Seperti kaos batik yang saya beli bisa digunakan untuk acara santai tapi tetap bergaya.

Jadi, sekarang kalau kalian sedang rindu produk lokal Indonesia, kenapa tidak langsung memesannya lewat toko online Blibli.com? Kalian bisa langsung kunjungi Blibli.com atau lewat aplikasi Blibli yang ada di smartphone. Pastikan kalian mengikuti sosial media Blibli untuk mengetahui promo-promo menarik lainnya. Apabila ada pertanyaan tentang barang dan layanan dapat menghubungi Customer Care (0804 1 871 871) dan email [email protected]. Ingat produk lokal, ingat Blibli Galeri Indonesia!

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

65 KOMENTAR

  1. Udah kesekian kali Abang menang lagi, sungguh luar biasa. Ini baru namanya Blogger Zuper Zekali. Congrats ya Bang. 🙂

  2. Yups. slogan yg terakhir bisa jadi tagline tambahan utk Blibli.com. hhee
    Ingat produk lokal Indonesia, ingat Blibli huehee
    .
    .
    Wih, asyiik bener itu koh potongan harganya..
    hiks, andai waktu itu bli produk di blibli jga pas ada promo 50% nyaa huhuu

  3. Kaosny bagus banget itu koh…fashion batik sekarang modelnya keren2 ya. Ngomong2 soal blibli berarti sekarang kalo kemana2 mau oleh2 daripada susah2 bawanya juga mending langsung nyari di blibli ya pas kita udah nyampe rumah, kan disitu lengkap…jadi ga perlu kuatir susah bawanya…hehehe…

  4. Aku pernah beli pakaian malaysia untuk oleh2
    Tertulis *made in Indonesia, abis dari situ selalu check2 darimano made in nyo tiap nak beli souvenir :d

  5. Ko nggak mau belanjain aku gitu? Satu biji kaos aja deh.
    Aku pelanggan setia blibli kalau beli gadget dan elektronik, tapi nggak pernah ngulik fashionnya.

    Btw kata baku Cina sudah diganti pakai Tiongkok ko 🙂

    • Buat sinyo apa sih yang gak… Iya aku kali ini pake Cina, alid. Biasa pake Tiongkok di tulisan-tulisan sebelumnya yang baku :p cuma ini tulisan santai dan renyah aja.

      Aku tuh senengnya belanja kalo ada dapet vouchernya hahaha surga..

    • Semoga pas kita jumpa dan shopping bareng gak terjadi insiden rebutan barang karena punya warna favorit yang sama hahahahaha

      I know you so well lah mas hihi :p

      Kalo kamu punya produk lokal yang mau dipasarin di Blibli juga bisa kok. Profit sharing.

  6. Soalnya opportunity cost memproduksi sendiri lebih besar dari pada impor. Jadi mending impor. Kata David Ricardo sih gtu.. hehehe..
    Org wktu ke stadion2 di eropa, jersey nya aja rata2 buatan asia. Manchester City malah made in Indonesia jerseynya. Hehehe..

    • Wuih ternyata ada produksi Indonesia sampai ke Manchester City :p

      Betul sih soal opportunity cost, berarti ini menjadi PR buat produsen lokal buat bisa ciptain karya lokal dengan bujet yang sesuai tapi kualitas baik?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru