The 101 Yogyakarta Tugu Hotel


Minggu kedua bulan Oktober ini saya mengunjungi Kota Yogyakarta, tepatnya saat perayaan HUT kota ke-261. Pengalaman pertama kali ke Jogja kemarin memang saya belum puas sebab belum banyak mengeksplore kota yang budaya Jawanya masih kental namun telah mengalami modernisasi. Sayang memang saat itu saya tidak mendapat izin extend beberapa hari.

Nasib baik mungkin sedang berpihak, saya mendapat kembali undangan ke Jakarta dan ternyata dari pihak panitia berbaik hati memberikan saya izin untuk extend kepulangan dari kota lain. Nama Jogja menjadi yang pertama terlintas dalam pikiran saya. Tepat di minggu keempat bulan Oktober, Jogja memanggilku datang kembali lagi untuk merasakan kearifan lokal yang saya dambakan.

Pemandangan Tugu Jogja dari The 101 Yogyakarta Tugu Hotel

Sebutan bagi kota ini sudah lumayan banyak mulai dari Batik, Gudeg, Bakpia, dan Pelajar memang memiliki magnet yang kuat untuk menarik saya yang dari Palembang agar segera kembali lagi ke Jogja.

Kenapa Jogja? Ada semacam rasa penasaran yang belum tertuntaskan saat pertama kali saya datang ke Jogja. Rasa penasaran yang hanya bisa diobati dengan cara datang kembali lagi. Dua kali saya kembali ke Jogja, dua kali pula saya bermalam di tempat yang nyaman yaitu The 101 Yogyakarta Tugu Hotel.

The 101 Yogyakarta Tugu Hotel

the 101 yogyakarta tugu hotel

Saya mulai menyiapkan hal-hal yang ingin saya lakukan selama di Jogja. Hal yang paling penting saat traveling adalah menyiapkan akomodasi penginapan di mana saya akan beristirahat dengan nyaman dan aman. Sedangkan kalau itenerary, saya tidak punya persiapan kali ini. Benar-benar go show.

Namun, kalau untuk akomodasi saya memang menyukai hotel ini sejak awal karena suasana dan pemandangan hotel yang menyejukan di pagi hari.

Lobby

Jatuh hati pada hotel bintang 4 di pusat kota Jogja, tepatnya jalan Mangkubumi 103 Yogyakarta. Interior lobby yang kuat ornamen batik di tiap sudut menambah nuansa kearifan lokal. Apabila kita menoleh ke arah sebelah kiri setelah pintu masuk, maka meja resepsionis sudah menanti kita untuk membantu proses check in.

the 101 yogyakarta tugu hotel

Proses check in kamar berlangsung lancar, kita baru dapat masuk kamar setelah pukul 2 siang. Sebab, kondisi kamar memang sedang dalam cleaning dan ada tamu yang belum check out. Jumlah kamar yang banyak tentunya membuat peningkatan tamu yang ingin bermalam saat sedang business trip atau traveling seperti saya.

Kamar Utama

the 101 yogyakarta tugu hotel

Saya mendapatkan kamar berjenis Deluxe Queen Bed dengan balkon menghadap ke kolam renang dan Tugu Jogja. Pemandangan pagi yang sempurna. Salah satu alasan saya ingin kembali ke Jogja adalah waktu pagi yang lebih cepat datang sehingga dari balkon saya bisa langsung melihat matahari terbit dan udara yang sejuk.

Menurut saya, ukuran kamar The 101 Yogyakarta Tugu sudah pas. Tidak bisa dikatakan sempit, juga tidak terlalu lebar. Ruangan kamar yang terlalu luas juga kurang nyaman kalau interiornya tidak memadai. Berbeda dengan interior kamar The 101 Yogyakarta Tugu lebih bernuansa remang namun pencahayaan terang ruangan bisa didapat dari arah balkon.

the 101 yogyakarta tugu hotel

the 101 yogyakarta tugu hotel

Tiap kamar juga sudah disediakan air minum, meja kerja, baju kimono, deposit box. Fasilitas standar yang biasa saya temukan apabila sedang staycation di hotel lain. Hanya saja tipe stylish hotel ini memiliki desain yang minimalis, seperti lemari baju didesain dengan mengunakan sekat di dekat ranjang. Serta ada buffet di samping yang bisa kita manfaatkan untuk meletakkan barang.

Di samping ranjang juga disediakan slipper untuk memudahkan kita apabila tidak ingin kaki terasa dingin saat menginjak lantai. Perlu diperhatikan, kalau slipper di kamar baiknya tidak digunakan keluar dari kamar misalnya turun ke tempat makan atau keluar hotel. Bagi beberapa hotel berbintang, akan sangat melarang tamunya menggunakan slipper pergi ke ruang makan dengan alasan higienis serta standar dari hotel tersebut.

Suhu udara dari air conditioner juga bisa kita atur sendiri untuk kenyamanan ruangan. Remote AC terletak di samping tembok kamar mandi.

Kamar Mandi

the 101 yogyakarta tugu hotel

Ruangan kamar mandi The 101 Yogyakarta Tugu Hotel tidak terlalu luas, sehingga ruang gerak kita juga sedikit terbatas. Desain interior memang dirancang khusus lebih luas untuk kamar dan balkon.

Pintu kamar mandi bisa dibuka dengan cara digeser ke samping. Kamar mandi bernuansa kaca transparan dan sedikit sekat berbatas tembok. Apabila sedang menginap berdua dengan teman, ada baiknya dia beraktifitas dulu di sekitar ranjang sebab kalau badannya tinggi siapa tahu bisa mengintip manja :mrgreen:

the 101 yogyakarta tugu hotel

Perlengkapan kamar mandi terbilang lengkap, sudah tersedia soap hand, body soap dan shampoo sehingga membantu traveler yang tidak membawa perlengkapan toiletries. Semprotan shower air memang tidak kuat sehingga kita tidak mendapat pengalaman seperti mendapat pijatan air ke pundak. Namun, cukup menguyur badan kita dengan pengaturan air panas dan dingin yang tepat.

Bagi teman-teman Muslim yang ingin sholat juga tidak repot saat wudhu, sebab di bawah pancuran shower sudah disediakan aliran air dengan posisi yang nyaman untuk berwudhu.

Menu Makanan (Kalasan Coffee Shop)

the 101 yogyakarta tugu hotel

Berbagai menu internasional dan masakan lokal disajikan saat sarapan. Ruangan makan ini diperluas ke sisi kolam renang sehingga kita dapat memilih menikmati sarapan dengan pemandangan lebih sejuk. Sajian sarapan pagi disajikan secara ala prasmanan.

Setiap pagi di samping ruang makan, selalu ada seorang bapak yang duduk sambil memainkan gamelan. Petikan gamelan dari tangan beliau memang mendukung suasana saat kita saat bersantap sarapan pagi.

the 101 yogyakarta tugu hotel

the 101 yogyakarta tugu hotel

the 101 yogyakarta tugu hotel

Menu makanan The 101 Yogyakarta Tugu Hotel lebih ke menu western-comfort food. Kita tetap dapat menjumpai menu nasi goreng, mie goreng serta daging. Selain itu juga ada juga menu seperti kentang panggang dan roti. Bagi kalian yang mendambakan menu lokal Jawa, ada satu stand khusus dekat kolam renang untuk menu makanan Jawa, tapi memang sudah mengalami modernisasi.

Untuk malam hari, kita juga bisa bersantai di lounge cafe yang berada di bagian luar hotel yaitu Pink Elephant.

Fasilitas

the 101 yogyakarta tugu hotel

Kolam renang dengan air yang jernih termasuk salah satu fasilitas yang bisa dicoba bagi tiap pengunjung. Di area kolam renang juga tersedia untuk kamar bilas dan toilet. Termasuk bagi kalian yang sulit lepas dari barbel untuk gym menyatu di area ini. Saya memang tidak sempat untuk berenang, sebab selesai sarapan pagi saya sudah keluar untuk berpetualang. Kolam renang di hotel ini juga terbuka untuk umum.

the 101 yogyakarta tugu hotel

Tak ada salahnya juga sarapan pagi di pinggir kolam sambil menikmati udara yang sejuk.

Promo

the 101 yogyakarta tugu hotel

Rate kamar per malam di The 101 Yogyakarta Tugu Hotel berkisar mulai Rp 600 ribu (disesuaikan dengan tingkat keramaian pengunjung). Namun, bagi kalian yang ingin mendapatkan harga promo bisa memesan lewat website. Kenapa? ada dua penawaran promo yaitu Mini 3 dan Mini 5.

Promo Mini 3 ini cocok bagi kalian yang sedang memiliki perjalanan singkat. Diskon yang bisa didapat minimal 20% dengan catatan merencanakan memesan kurang dari 30 hari dari kedatangan untuk 3 malam menginap. Sedangkan untuk promo Mini 5, tidak hanya murah, tetapi juga fleksibel waktu pesannya. Kita harus memesan kamar selama 5 hari dan mendapatkan diskon 20%.

Kesimpulan

Saya berjalan kaki sepanjang menuju selatan Tugu, tepatnya ke arah Malioboro. Sepanjang perjalanan saya menikmati keramaian warga lokal bercampur wisatawan. Namun, sekilas saya membandingkan beberapa hotel di sekitar Malioboro dari bentuk bangunan dan fasilitas menurut saya, The 101 Yogyakarta Tugu bisa jadi pilihan bagi kalian yang sedang mencari hotel bintang 4 di pusat kota Jogja.

Kelebihan seperti fasilitas kolam renang menjadi daya tarik menarik. Apalagi kalau kita mendapat kamar yang menghadap ke utara gunung serta Tugu Jogja sudah pasti pemandangan saat pagi hari akan menjadi favorit.

the 101 yogyakarta tugu hotel

Menikmati Malioboro dari tempat ini juga tidak rumit, cukup berjalan kaki saja. Kalau kalian ingin lebih merasakan kearifan lokal, maka bisa menyewa becak atau kereta kuda untuk diajak berkeliling. Sekarang sudah ada transportasi online yang sangat membantu bagi pejalan, sehingga tidak perlu bingung akses transportasi.

Selamat menikmati staycation kalian di The 101 Yogyakarta Tugu Hotel ya!

The 101 Yogyakarta Tugu Hotel
Alamat : Jl. Margo Utomo No.103, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
Telepon : (0274) 2920101

Check-In Time: 2:00 PM
Check-Out Time: 12:00 PM

 

Iklan

48 thoughts on “The 101 Yogyakarta Tugu Hotel

  1. Kayaknya di tempatku ada hotel 101 juga deh
    tapi aku ga pernah nginep disono, namun kayaknya fasilitasnya ga jauh berbeda sama 101 Jogja ini.
    Btw, hari ini aku dapet inspirasi nih, kayaknya asik juga kalo kedepanya aku review hotel yang pernah aku kunjungi hhaa.
    :v

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s