BerandatravelBerbagi Pengalaman Klaim Best Price Guarantee Traveloka

Berbagi Pengalaman Klaim Best Price Guarantee Traveloka

Author

Date

Category

Sering saya dapat komentar dari orang-orang terdekat, “Enak ya jalan-jalan terus.” Tahu kah kalian sesungguhnya dibalik kalimat itu ada hal yang bikin saya harus begadang semalaman. Apa itu? Lembur buat ngetik, upload foto ke semua channel media sosial, edit video, dan menyiapkan tulisan untuk berikutnya.

Mengikuti rangkaian acara saat trip lumayan menguras energi, apalagi kita juga harus mencari konten gambar dan video secara profesional. Semua kegiatan itu memang menjadi hal yang biasa dilakukan teman-teman travel blogger lainnya. Biasanya saat sedang trip maupun famtrip saya selalu tidur di atas jam malam.

Tapi ya jalan-jalan memang enak sih :mrgreen:

Masih mengerjakan tulisan di atas pesawat.

Itulah yang saya kerjakan selama lebih kurang dua tahun belakangan ini. Enaknya jadi travel blogger itu kita bisa mendapat jatah liburan yang lebih banyak saja. Ya, dibanding pekerja kantoran yang cuma dapat jatah cuti 12, itu juga kalau dapat approve dari atasan. 😆

I’m Getting Older

Setahun ke belakang ini saya memang lebih banyak memfokuskan diri di blog ini, selain ada kegiatan offline seperti mengisi acara tentang fotografi dan blog. Ada kalanya saya juga menginginkan mengambil waktu me time untuk satu waktu. Sepertinya jadi ide yang bagus untuk dicoba. Apalagi, November adalah bulan kelahiran saya. Jadi, apa salahnya memberi reward untuk diri sendiri?

Banyak di antara kalian mungkin akan merasa bahagia saat malam sebelum hari ulang tahun. Bahkan ada juga yang sulit tidur karena deg-degan menunggu hadiah, tiup lilin kue ulang tahun, kejutan dari teman serta kesenangan lain yang ditunggu. Sebagian “keajaiban” ulang tahun itu belum pernah saya rasakan seiring bertambahnya umur.

best price guarantee traveloka
Hotel Anugerah Palembang

Tahun-tahun sebelumnya saya lebih menghabiskan hari istimewa dengan cara menikmati waktu seorang diri, jauh dari keramaian, kesibukan dan orang-orang yagn setiap hari saya temui. Tenang saya belum se-desperate seperti itu merayakan seorang diri, karena terkadang kita juga butuh sendiri untuk momen-momen spesial.

Biasanya saya menghadiahi diri sendiri dengan “me time” seperti marathon nonton bioskop, makan makanan enak yang sudah lama pengen diicip, sampai mencari barang diskon di mall. Di tahun ini, saya lagi pengen staycation di kamar hotel yang ada bathubnya. Karena sudah terbiasa beli di Traveloka, saya pun langsung meluncur cari hotel dan booking di sana.

Fasilitas bathub

Selanjutnya, saya tinggal pesan hotel tanpa perlu khawatir bayar pakai kartu kredit karena banyak cara seperti transfer. Selesai membayar kamar hotel, saya disibukkan lagi dengan aktivitas menulis di depan laptop. Maklum, beberapa deadline masih saya kerjakan :mrgreen:

Jauh sebelum saya memutuskan untuk staycation, saya sudah mengambil ancang untuk meluangkan sejenak me time. Sempat juga saya mengalami writer block dalam menulis, semua ide-ide yang akan saya ceritakan menguap begitu saja. Tulis satu paragraf kalimat, lalu dihapus kembali. Kalian tentu pernah mengalami hal yang sama seperti saya, kan?

Rajin Cek Penawaran Khusus Hari Ulang Tahun

best price guarantee traveloka
Luas kamar Hotel Anugerah Palembang

Biasanya saat menjelang hari ulang tahun, kita sering mendapat promo penawaran khusus hari ulang tahun. Entah itu diskon ataupun memang promo seperti biasa. Saya sudah mencatat beberapa restoran yang memberikan saya promo makan gratis seperti ada pramusaji yang menyanyi lagu “Selamat Ulang Tahun” serta sejumlah promo lain untuk minuman.

Di saat sedang konsentrasi menulis di depan laptop, saya mendapat notifikasi pesan dari situs online travel agent (OTA) lainnya. Rasanya tiap traveler pasti punya beberapa situs booking online untuk memudahkan proses booking tiket pesawat dan reservasi kamar hotel. Serta sebagai referensi untuk membandingkan harga. Benar kan?

Isi kamar lengkap dari kulkas, mini bar, lemari dan tv layar datar.

Saat membaca isi pesan masuk, ada rasa menyesal juga kenapa tadi saya terburu-buru booking dan bayar tanpa mengecek terlebih dahulu di situs lain. Ternyata harga kamar yang saya beli lewat Traveloka selisihnya lumayan untuk makan malam di restoran :mrgreen: Kalau sudah terjadi begini baiknya gimana?

Karena cukup penasaran, saya pun cari informasi “adakah hotel yang bisa refund tapi gak merugikan pembeli?” Pencarian di om gugel pun saya lakukan, sampai akhirnya menemukan jawaban tepat. Di blog traveloka ternyata dijelaskan kalau mereka punya fitur garansi (Best Price Guarantee) alias kita bisa ajukan garansi kalau menemukan harga hotel lebih murah di OTA lain.

Makin penasaran, saya pun gali lebih dalam ini penipuan atau enggak. Ternyata ada beberapa ketentuan agar garansi harga ini bisa kita dapatkan. Berikut cara klaimnya!

Cara klaim:

  • Masuklah ke akun Traveloka kalian.
  • Pilih menu “Best Price Guarantee” lalu tentukan pemesanan/transaksi mana yang ingin kalian klaim.
  • Isi formulir Best Price Guarantee yang telah tersedia. Nantinya kita diminta melengkapi dengan bukti screenshot dan alamat link dari situs booking hotel lain. Kita tidak perlu melakukan transaksi. Cukup harga akhir yang didapat saja.
  • Pastikan kita memang menemukan harga hotel yang sesuai tipenya yang ada di Traveloka. Misal sudah termasuk sarapan pagi, atau jenis kamar.
  • Kirim formulir klaim ke Traveloka sebelum satu jam sejak tiket hotel issued.

Proses klaimnya pun terbilang sangat mudah dan cepat. Tidak ada prosedur berbelit yang menyulitkan. Nantinya apabila klaim kita berhasil akan diganti dalam bentuk voucher yang dapat kita gunakan untuk transaksi berikutnya di Traveloka. Penggantian selisih harga bisa diselesaikan tanpa harus menunggu berganti hari.

Klaim saya ditolak soalnya kelamaan submit dan kurang teliti.

Sayangnya, waktu klaim yang hanya 1 jam setelah voucher terbit sudah habis. Ternyata spesifikasi yang saya klaim berbeda dengan yang saya pesan, huff.. saya masih kurang teliti waktu kroscek kamar yang dipesan. Maklum percobaan pertama.

Tapi nggak apa-apa karena mulai sekarang saya nggak perlu takut menyesal lagi kalau menemukan harga murah selain di Traveloka. Oh ya, saya juga sempat menemukan cerita orang yang pernah berhasil dapat garansi harga ini lho, lumayan bisa jadi contoh. Kalian bisa membacanya di sini.

Pesan saya, saat garansi klaim kalian lebih teliti membaca ketentuan yang diminta dan perhatikan durasi waktu yang diberikan.

Karena tak ingin membuat mood menjadi jelek. Saya pun memutuskan untuk melanjutkan me time dengan tentram. Sebab hari ulang tahun saya adalah hari yang spesial.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

86 KOMENTAR

  1. baru tau bisa klaim best price guarantee pas ultah.. biasanya klo ultah suka gak pernah pake promo2 di traveloka.
    nahh mumpung ultah masih 2 bulan lagi, bisalah sekarang ngelirik2 diskonan hotel pas ultah di traveloka. hohohoho..

  2. Fungsinya apa ya om ded pembatasan waktu klaim.. ?
    Dengan pembatasan waktu tersebut apa pihak traveloka menjanjikan proses cepat klaim garansi termurah?

  3. Aaa, selamat ulang tahun Koh Deddy! (semoga belum telat ya~ ?)
    Perasaan, fitur best price guarantee dari Traveloka ini pernah diiklankan di televisi deh. Agak lupa sih, soalnya udah lama banget.

  4. Koh, itu harus membandingkan hotel yg sama ya di OTA lain atau bs beda (nama hotel, tipe kamar dan fasilitas)? Jadi kalau hotel A dengan fasilitas 1234 harus dibandingkan dengan hotel A dengan fasilitas 1234 juga?

  5. Wah, aku baru tau ada firur kayak gitu di Traveloka. Mmg sih aps jalan2 yg satu ini udah jadi pilihan utama saya, meskipun yg lain ngasih promo, pasti deh ujung2nya belinya pake apps ini, soalnya gampang dari semua segi, gak ribet.

  6. traveloka ya. pernah sih cek cek harga tiket disana dan memang terbukti cukup murah dibandingkan website penyedia tiket online. APalagi, responnya cepet ya koh traveloka itu bener bener sangat mudah deh untuk booked tiket apapun

  7. Kalau kata orang Jawa “Uri[ kuwi sawang sinawang”. Mungkin yg komen gak tau kalau ada sebagian org yg traveling krn itu emang pekerjaan mereka hehe.
    Sesekali travelinglah tanpa beban utk nulis Koh 😀
    Tapi emang susah sih ya, udah jiwanya gtu eman2 klo gk ditulis hahahah

    Hoooh pengen banget mudik manfaatin traveloka TFS

  8. Wih asik ya fitur ini
    Kita jadi gak perlu was was atau nyesel kalau udah kadung booking ternyata ada penawaran lain yang lebih pas

    Btw, dua paragraf awal itu curcol bingiiit huahahahaha

  9. Eh iya.. Ultah kita selisih sehari ya? ??
    Aku pun sering ngasih hadiah untuk diri sendiri, Ded.. Ya sekadar memanjakan diri lah..

    Btw, asik juga ya Best Price Guarantee dari Traveloka ini. Boleh nih dicoba kapan-kapan

  10. Sudah lama jadi pelanggan setia traveloka, selalu suka dengan produk2nya. Sangat bersahabat bagi traveler sepertiku (ciee traveler haha). Tapi emang bener, traveloka ini sahabat yang baik banget 🙂

  11. aku sudah ngucapin HBDnggak ya? hehehe Semoga selalu kece, sehat dan lancar rezeki ya. Dan semoga bisa jalan jalan lagi sama Dedy.

    Baru tahu fasilitas book cancel di traveloka, biasanya aku pakai traveloka buat pesen pesawat.

    oh ya, klo beli tiket dan hotel sekaligus di traveloka ada discountya, lho …

    • Ini bukan book cancel mbak Zulfa. Jadi misal pas mbak Zulfa udah booking di Traveloka ternyata dapat harga lebih murah di situs OTA lain nah kita bisa klaim selisih harganya itu ke Traveloka mbak.

  12. Uhhghg alamat jawaraaakkkk kakak iniiiii keceee bana bana terpampang nyataaaaa …. btw aku juga kalo ultah suka menghadiahi diri dengan sesuatu yang belum tentu aku dapatkan saat hari lain heheheheh contohnya ; makan Steak!!

  13. Bener nih..kalau udah melakukan banyak hal, memang perlu ada reward buat diri sendiri. Staycation selalu asik ya om dilakukan..tapi kalau saya, plus tambah yang ada kolam renangnya..:D

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru