Berbagi Pengalaman Klaim Best Price Guarantee Traveloka


Sering saya dapat komentar dari orang-orang terdekat, “Enak ya jalan-jalan terus.” Tahu kah kalian sesungguhnya dibalik kalimat itu ada hal yang bikin saya harus begadang semalaman. Apa itu? Lembur buat ngetik, upload foto ke semua channel media sosial, edit video, dan menyiapkan tulisan untuk berikutnya.

Mengikuti rangkaian acara saat trip lumayan menguras energi, apalagi kita juga harus mencari konten gambar dan video secara profesional. Semua kegiatan itu memang menjadi hal yang biasa dilakukan teman-teman travel blogger lainnya. Biasanya saat sedang trip maupun famtrip saya selalu tidur di atas jam malam.

Tapi ya jalan-jalan memang enak sih :mrgreen:

Masih mengerjakan tulisan di atas pesawat.

Itulah yang saya kerjakan selama lebih kurang dua tahun belakangan ini. Enaknya jadi travel blogger itu kita bisa mendapat jatah liburan yang lebih banyak saja. Ya, dibanding pekerja kantoran yang cuma dapat jatah cuti 12, itu juga kalau dapat approve dari atasan. 😆

I’m Getting Older

Setahun ke belakang ini saya memang lebih banyak memfokuskan diri di blog ini, selain ada kegiatan offline seperti mengisi acara tentang fotografi dan blog. Ada kalanya saya juga menginginkan mengambil waktu me time untuk satu waktu. Sepertinya jadi ide yang bagus untuk dicoba. Apalagi, November adalah bulan kelahiran saya. Jadi, apa salahnya memberi reward untuk diri sendiri?

Banyak di antara kalian mungkin akan merasa bahagia saat malam sebelum hari ulang tahun. Bahkan ada juga yang sulit tidur karena deg-degan menunggu hadiah, tiup lilin kue ulang tahun, kejutan dari teman serta kesenangan lain yang ditunggu. Sebagian “keajaiban” ulang tahun itu belum pernah saya rasakan seiring bertambahnya umur.

best price guarantee traveloka
Hotel Anugerah Palembang

Tahun-tahun sebelumnya saya lebih menghabiskan hari istimewa dengan cara menikmati waktu seorang diri, jauh dari keramaian, kesibukan dan orang-orang yagn setiap hari saya temui. Tenang saya belum se-desperate seperti itu merayakan seorang diri, karena terkadang kita juga butuh sendiri untuk momen-momen spesial.

Biasanya saya menghadiahi diri sendiri dengan “me time” seperti marathon nonton bioskop, makan makanan enak yang sudah lama pengen diicip, sampai mencari barang diskon di mall. Di tahun ini, saya lagi pengen staycation di kamar hotel yang ada bathubnya. Karena sudah terbiasa beli di Traveloka, saya pun langsung meluncur cari hotel dan booking di sana.

Fasilitas bathub

Selanjutnya, saya tinggal pesan hotel tanpa perlu khawatir bayar pakai kartu kredit karena banyak cara seperti transfer. Selesai membayar kamar hotel, saya disibukkan lagi dengan aktivitas menulis di depan laptop. Maklum, beberapa deadline masih saya kerjakan :mrgreen:

Jauh sebelum saya memutuskan untuk staycation, saya sudah mengambil ancang untuk meluangkan sejenak me time. Sempat juga saya mengalami writer block dalam menulis, semua ide-ide yang akan saya ceritakan menguap begitu saja. Tulis satu paragraf kalimat, lalu dihapus kembali. Kalian tentu pernah mengalami hal yang sama seperti saya, kan?

Rajin Cek Penawaran Khusus Hari Ulang Tahun

best price guarantee traveloka
Luas kamar Hotel Anugerah Palembang

Biasanya saat menjelang hari ulang tahun, kita sering mendapat promo penawaran khusus hari ulang tahun. Entah itu diskon ataupun memang promo seperti biasa. Saya sudah mencatat beberapa restoran yang memberikan saya promo makan gratis seperti ada pramusaji yang menyanyi lagu “Selamat Ulang Tahun” serta sejumlah promo lain untuk minuman.

Di saat sedang konsentrasi menulis di depan laptop, saya mendapat notifikasi pesan dari situs online travel agent (OTA) lainnya. Rasanya tiap traveler pasti punya beberapa situs booking online untuk memudahkan proses booking tiket pesawat dan reservasi kamar hotel. Serta sebagai referensi untuk membandingkan harga. Benar kan?

Isi kamar lengkap dari kulkas, mini bar, lemari dan tv layar datar.

Saat membaca isi pesan masuk, ada rasa menyesal juga kenapa tadi saya terburu-buru booking dan bayar tanpa mengecek terlebih dahulu di situs lain. Ternyata harga kamar yang saya beli lewat Traveloka selisihnya lumayan untuk makan malam di restoran :mrgreen: Kalau sudah terjadi begini baiknya gimana?

Karena cukup penasaran, saya pun cari informasi “adakah hotel yang bisa refund tapi gak merugikan pembeli?” Pencarian di om gugel pun saya lakukan, sampai akhirnya menemukan jawaban tepat. Di blog traveloka ternyata dijelaskan kalau mereka punya fitur garansi (Best Price Guarantee) alias kita bisa ajukan garansi kalau menemukan harga hotel lebih murah di OTA lain.

Makin penasaran, saya pun gali lebih dalam ini penipuan atau enggak. Ternyata ada beberapa ketentuan agar garansi harga ini bisa kita dapatkan. Berikut cara klaimnya!

Cara klaim:

  • Masuklah ke akun Traveloka kalian.
  • Pilih menu “Best Price Guarantee” lalu tentukan pemesanan/transaksi mana yang ingin kalian klaim.
  • Isi formulir Best Price Guarantee yang telah tersedia. Nantinya kita diminta melengkapi dengan bukti screenshot dan alamat link dari situs booking hotel lain. Kita tidak perlu melakukan transaksi. Cukup harga akhir yang didapat saja.
  • Pastikan kita memang menemukan harga hotel yang sesuai tipenya yang ada di Traveloka. Misal sudah termasuk sarapan pagi, atau jenis kamar.
  • Kirim formulir klaim ke Traveloka sebelum satu jam sejak tiket hotel issued.

Proses klaimnya pun terbilang sangat mudah dan cepat. Tidak ada prosedur berbelit yang menyulitkan. Nantinya apabila klaim kita berhasil akan diganti dalam bentuk voucher yang dapat kita gunakan untuk transaksi berikutnya di Traveloka. Penggantian selisih harga bisa diselesaikan tanpa harus menunggu berganti hari.

Klaim saya ditolak soalnya kelamaan submit dan kurang teliti.

Sayangnya, waktu klaim yang hanya 1 jam setelah voucher terbit sudah habis. Ternyata spesifikasi yang saya klaim berbeda dengan yang saya pesan, huff.. saya masih kurang teliti waktu kroscek kamar yang dipesan. Maklum percobaan pertama.

Tapi nggak apa-apa karena mulai sekarang saya nggak perlu takut menyesal lagi kalau menemukan harga murah selain di Traveloka. Oh ya, saya juga sempat menemukan cerita orang yang pernah berhasil dapat garansi harga ini lho, lumayan bisa jadi contoh. Kalian bisa membacanya di sini.

Pesan saya, saat garansi klaim kalian lebih teliti membaca ketentuan yang diminta dan perhatikan durasi waktu yang diberikan.

Karena tak ingin membuat mood menjadi jelek. Saya pun memutuskan untuk melanjutkan me time dengan tentram. Sebab hari ulang tahun saya adalah hari yang spesial.

Iklan

85 thoughts on “Berbagi Pengalaman Klaim Best Price Guarantee Traveloka

  1. Fungsinya apa ya om ded pembatasan waktu klaim.. ?
    Dengan pembatasan waktu tersebut apa pihak traveloka menjanjikan proses cepat klaim garansi termurah?

  2. Aaa, selamat ulang tahun Koh Deddy! (semoga belum telat ya~ 😂)
    Perasaan, fitur best price guarantee dari Traveloka ini pernah diiklankan di televisi deh. Agak lupa sih, soalnya udah lama banget.

  3. Koh, itu harus membandingkan hotel yg sama ya di OTA lain atau bs beda (nama hotel, tipe kamar dan fasilitas)? Jadi kalau hotel A dengan fasilitas 1234 harus dibandingkan dengan hotel A dengan fasilitas 1234 juga?

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s