Kerala Blog Express 5, Terima Kasih Atas Dukungan Kalian


Saya menanamkan sikap bahwa untuk meraih hasil ada proses untuk mendapatkannya. Proses yang membuat saya belajar banyak hal, layaknya pengalaman baru yang tidak kita dapatkan di manapun. Namun, sebagian orang beranggapan sebaliknya, dimana hasil adalah segalanya. Bisa saja semua cara dilakukan agar hasilnya tercapai.

Satu bulan yang lalu saya melakukan beberapa hal untuk bisa menjadi bagian Kerala Blog Express. Kegiatan yang membuat saya termovitasi setelah bertemu dengan Yayan dua tahun lalu, sekaligus untuk menambah portofolio saya di travel blogger. Hal-hal yang saya lakukan belum pernah saya lakukan selama ini. Melepaskan rasa gengsi dan malu, demi satu tujuan. Apa saja yang saya kerjakan?

1. Direct Message

Memanfaatkan jejaringan online yang selama ini dibangun tak ada salahnya. Justru itu sangat bermanfaat. Mulai dari koneksi dari facebook, Instagram, dan twitter. Satu per satu saya kirimkan direct message dengan meminta bantuan luangkan waktu mereka sekitar 1 menit untuk voting. Dari semua list pertemanan yang sudah saya kirimkan, saya cukup berhati-hati agar tidak terjadi double mengirimkan DM. Tapi, saya masih manusia juga ada kapasitas otak yang lupa sehingga beberapa teman mendapatkan DM saya dua kali.

2. Kegiatan Offline

Menjaring voting secara online boleh dikatakan efektifnya sekian persen, sebab pada saat saya kirimkan direct message ternyata ada yang baru buka DM saya setelah voting selesai. Sebab tidak semua orang notice dengan pesan yang dikirimkan, belum lagi kalau tergeser oleh DM orang lainnya. Sehingga cara offline saya lakukan misalnya saya menghadiri suatu acara kemudian saya “menodong” ponsel teman-teman saya satu per satu untuk voting. Hasilnya dalam satu acara itu saya bisa mendapatkan lebih kurang 50 voting.

kerala blog express

Selain saya datang ke suatu acara, saya juga nongkrong di mall. Sering saya berjumpa dengan orang-orang yang saya jumpai, mengobrol sebentar lalu kembali saya “menodong” mereka untuk menyerahkan ponselnya 😆

3. Datang ke Pasar

kerala blog express

Belum puas dengan hasil voting yang saya dapat, saya mulai berpikir di mana lagi saya bisa menambah jumlah voting secara berkala? Ternyata saya mendapat bisikan ghoib kalau setiap pagi saya sering datang ke pasar tradisional untuk berbelanja. Jumpa dengan para penjual dan teman-teman saya. Maka saya pun sengaja menunggu di lapak jualan teman saya kemudian mulai menjaring voting. Gotcha!

Support Teman-Teman

Tanpa sepengetahuan saya, ada teman-teman yang ikut membantu mengumpulkan voting. Mulai dari ikut membagikan kembali informasi mengenai cara voting di akun media sosial mereka. Ada juga yang langsung meminta teman-temannya untuk langsung voting. Gila! Kurang baik apa mereka pada saya?

Satu lagi yang bikin saya kaget lagi yaitu Mbak Tika dari Kompasiana Palembang (KOMPAL) yang meminta anak-anak mahasiswanya yang kebetulan sedang kuliah untuk memberikan voting. Bayangkan saat itu mahasiswanya sedang mau semesteran, berapa puluh kepala yang membantu saya :mrgreen: Gokil!

Cara yang saya kerjakan barangkali belum maksimal seperti usaha yang dilakukan bang Indra di Kerala Blog Express 4. Namun, tiap kita pasti punya jalannya masing-masing yang akan membawa kita ke tujuan akhir. Benar bukan?

Kerikil Kecil

Itulah hal-hal yang saya lakukan saat pengumpulan voting. Jika ditanya apa hambatan saat pengumpulan voting? Jelas ada. Saya percaya tidak semua orang bisa saya puaskan dalam pertemanan. Kadang saya mendapatkan balasan dari mereka yang enggan untuk memberikan voting dengan alasan malas atau apa keuntungannya bagi mereka. Kalau ditanya begitu saya jelas tidak bisa memberikan uang, namun kalau mereka berkenan untuk membantu jelas amal akan kembali pada mereka. Justru dari sini saya belajar mana teman yang baik.

Kendala kecil lainnya adalah sebagian orang ada yang belum familiar dengan cara voting menggunakan email sehingga saya harus menjelaskan pada mereka. Sulit ya? Tapi percayalah saat kita melakukannya semuanya akan dirasa worth it dilakukan. Efek lain yang saya dapatkan apabila itu kenalan dari dunia maya yang tadinya jarang bertegur sapa, akhirnya jadi bisa berkenalan.

Sabar Menanti Hasil

kerala blog express

Hasil akhir penutupan voting Kerala Blog Express 5

Proses yang dilakukan satu bulan lamanya hasilnya tidak mengecewakan. Walau sepanjang proses pengumpulan voting ada kejadian-kejadian yang akan membuat kita heran. Misalnya, tiba-tiba dalam satu waktu angka voting peserta lain bisa naik dratis. Pernah posisi saya berada di urutan pertama dunia, tiba-tiba langsung ditendang keluar menjadi tiga besar dunia lalu menjelang akhir voting nama saya ditendang keluar dari sepuluh besar dunia. Luar biasa kan hihihi…

Hal ini ternyata bukan hal baru dalam sebuah kompetisi, begitu saya tanyakan pada Yayan dan bang Indra mereka pun juga sepakat. Solusinya, tetap main jujur hindari bermain curang sebab apabila ada indikasi curang maka percuma saja kalau kalian mendapatkan perolehan angka tinggi.

Tapi kan follower Instagram saya sedikit? List teman saya di facebook juga kurang. Twitter apa lagi. Pesan saya, lebih baik sedikit tapi mereka punya niat tulus untuk membantu kalian saat proses menjaring voting. Fenomena yang terjadi saat menjelang penutupan voting, saya mendapatkan pesan masuk yang menawarkan jasa menjual jasa voting. Menurut kalian apa saya tertarik? Jelas saja tidak! Buat apa kalau menang dengan cara seperti itu?

Penutupan voting disesuaikan dengan waktu India, saya harus bangga berada diurutan 13 dengan perolehan suara voting yaitu 1064. Angka yang membuat saya sampai sekarang berpikir how come? Angka 1064 bukan angka yang sedikit untuk dikumpulkan, saya sendiri tidak bisa lagi mengingat berapa kali diingatkan oleh facebook dan Instagram karena telah melebihi kuota untuk mengirimkan pesan. Tapi pengumpulan voting seperti peluang dalam pelajaran matematika. Maksudnya untuk mendapatkan 10 suara bisa jadi saya meminta pada 20 orang, sisanya ada yang keberatan. Masalah? Tentu saja tidak.

Akhirnya setelah penantian selama lebih kurang satu bulan sejak #NgemisVote untuk Kerala, saya ingin mengabarkan kabar baik bagi kalian yang kemarin sudah berkenan membantu saya untuk voting.

Terima kasih!

Sebuah email masuk memberikan kabar baik pada saya bahwa saya berhasil lolos mewakili Indonesia untuk Kerala Blog Express 5! I am really excited and I hope you too. Bisa mengikuti #KeralaBlogExpress ini seperti mimpi menjadi nyata sekaligus menambah penyemangat saya di travel blog.

Last but not least, Terima kasih untuk kalian semua yang sudah berkenan mendukung saya. Dukungan voting kalian membuat saya punya kesempatan berkunjung ke negara yang belum pernah dikunjungi sekaligus bertemu orang-orang baru pasti menambah wawasan saya.

Rencana keberangkatan saya ke Kerala, India dimulai dari tanggal 17 Maret hingga 2 April 2018 nanti. Selama dua minggu saya akan mengikuti rangkaian acara #TripOfLifetime. Doakan semoga perjalanan dan persiapan saya lancar dan dapat membawa nama Indonesia dengan baik seperti alumni-alumni Kerala Blog Express lainnya yaitu Mas Gio dan Mbak Dina (KEB 1), Mbak Donna (KEB 2), Yayan (KEB 3), dan Bang Indra (KEB 4).

Iklan

48 pemikiran pada “Kerala Blog Express 5, Terima Kasih Atas Dukungan Kalian

  1. Waa udah berangkat ya sekarang. Selamat ya Ko. Usahanya udah top banget. Thankyou juga udah sharing gmn ngumpulin votes. Meski belum tertarik ikutan, tapi aku suka banget baca perjuangan yang niat dan caranya fair begini 🙂

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.