BerandaInternationalAustraliaTraveling ke Perth, Enak Pakai Mobil atau Transportasi Umum?

Traveling ke Perth, Enak Pakai Mobil atau Transportasi Umum?

Author

Date

Category

Ketika kalian ada rencana untuk berlibur di Australia, Perth merupakan salah satu dari beberapa pilihan di kota-kota lain seperti Melbourne dan Sydney. Apa yang ditawarkan dari Perth adalah pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di sepanjang pantai dan bisa bersantai. Kalian bisa mencicipi anggur lokal kelas dunia serta melakukan road trip mengelilingi sekitar Perth. Bukankah ini rencana traveling yang sempurna bagi kalian yang sedang mencari liburan tenang dan refreshing.

Perth adalah ibu kota Australia Barat. Waktu kemarin kami datang ke Perth, kami sudah sepakat untuk menjelajahi Perth menggunakan mobil. Tentunya seru juga road trip kelilingi Perth. Beberapa pertimbangan kenapa kami akhirnya menyewa mobil saat di Perth, salah satunya untuk mobilitas gerak kami lebih cepat sebab kami juga membawa peralatan syuting sehingga tidak memungkinkan kami menggunakan transportasi umum.

Kalian bisa menemukan banyak hal untuk dilihat di sepanjang jalan, dan bahkan di suatu tempat untuk menghabiskan malam. Simak informasi perjalanan berikut ini yang kemarin saya kunjungi. Siapa tahu jadi kalian mendapatkan inspirasi.

Day 1

Perth CBD

elizabeth-quay

Kawasan Perth CBD termasuk pusat kota yang hidup. Banyak gedung pencakar langit saling berdampingan menjadi satu panorama perkotaan masa kini. Di sekitar Perth CBD, kita bisa menikmati suasana santai di sekitar Elizabeth Quay terletak di tepi Swan River. Setiap pagi biasanya ada banyak orang melakukan aktivitas olahraga pagi. Cukup jalan kaki saja kalian bisa melihat jembatan gantung yang membelah Swan River.

bell-tower-young-people

Tidak jauh dari Elizabeth Quay, kalian akan menemukan bangunan menjulang tinggi seperti angsa. Bangunan itu adalah Bell Tower yang terletak di dekat Barrack Street Jetty.Bell Tower adalah sebuah museum lonceng. Di dalamnya terdapat sejumlah koleksi lonceng tua  berharga dari Kerajaan Inggris. Usia lonceng diperkirakan sudah ada sejak sebelum abad ke-14.

Kings Park and Botanical Garden

kings-park-botanical-garden

Kings Park salah satu taman kota terbesar di dunia. Bahkan luasnya lebih besar dari taman kota Central Park di Amerika! Taman ini menawarkan hortikultura yang baik serta menjadi media pendidikan publik. Sebab terdapat banyak spesies flora yang unik. Apabila kita berkunjung ke Kings Park, jangan lewatkan untuk menikmati pemandangan bagus kota Perth yang dikelilingi Sungai Swan.

Kalau kalian takut tersesat bisa kunjungi tourist information yang berada di dekat pintu masuk. Mereka juga menyediakan jasa pandu jalan-jalan gratis, atau menikmati makanan di kafe dan belanja di galeri toko. Dekat dengan turis informasi kita bisa melihat monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para veteran saat Perang Dunia. Jujur saja, taman ini sangat luas mencapai 4 kilometer persergi. Jadi siapkan kaki mu untuk berjalan ditiap sudut taman ya sambil berfoto.

Telusuri Hay Street dan Muray Street

hay-street-muray-street

Do like local. Kalian bisa memarkirkan mobil pinggir jalan kemudian ambil waktu untuk berjalan kaki menelusuri Hay Street dan Muray Street. Kawasan di sekitaran Hay Street dan Muray Street tersebar bangunan-bangunan berarsitektur Inggris. Bangunan dengan corak batu bata dan warna pastel.

Dua kawasan ini juga terkenal dengan butik-butik barang bermerek. Maka jangan kaget saat sedang melewati etalase butik kita akan melihat kaca yang besar yang menghiasi barang jualan mereka. Kalian bisa berfoto ala-ala instagramers di depan London Courts, toko yang tersembunyi di kawasan tersebut. Kesan vintage sangat kerasa!

Day 2

Fremantle

fremantle-area

Dikelilingi oleh sungai membuat Perth memiliki pelabuhan serta peti kemas. Kalau kalian menyukai arsitektur bergaya kolonial pasti akan jatuh hati saat berkunjung ke Fremantle atau Freo. Bangunan tua di Fremantle yang dijadikan tempat wisata seperti Fremantle Prisondan Arts Centre. Jangan lewatkan berkunjung ke Toko Aussin untuk berbelanja oleh-oleh murah di Perth ya. Jarak Fremantle dari pusat kota Perth sekitar 45 menit menggunakan mobil.

Day 3

Swan Valley

swan-valley-perth

Perth terkenal dengan penghasil anggur lokal terbaik di dunia. Bagi kalian yang ingin mencari suasana pedesaan dengan pemandangan sejuk, Swan Valley adalah jawabannya. Paling gampang berkunjung ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi sekitar 30 menit dari pusat kota Perth atau 15 menit dari Perth Airport. Percayalah, kalian tidak akan kecewa berada di Swan Valley seharian untuk mencicipi cokelat, wine, keju, minyak olive, sampai chocolate liqueuryang rasanya bikin melayang.

Mobil kalian bisa berhenti di tiap perkebunan anggur untuk melihat sampai proses menghasilkan wine berkualitas baik. Hasil olahan keju di tempat ini juga jangan diragukan rasanya mulai dari chive cheese, olive cheese, dan garlic cheese.

Northbridge

churros-chocolateria-menu

Mencari kehidupan malam di Perth? Putar setir mobil kalian ke Northbridge. Daerah ini lumayan ramai dikunjungi anak-anak muda saat weekend. Kawasan ini menawarkan beragam kuliner yang ramah di dompet. Sepanjang jalan Northbridge dengan mudah kita menemukan kedai dan bar yang tetap buka sampai jam 11 malam. Pilihan kuliner mulai dari jenis restoran Thailand, Malaysia, Indonesia, Korea dan Jepang. Salah satu café yang wajib dikunjungi adalah San Churros untuk mencicipi churros terenak di Perth.

Hal yang perlu diketahui sebelum mengemudi di Perth

Pengalaman pertama pasti akan selalu menyenangkan sekaligus deg-degan. Bayangkan serunya berkeliling Perth menggunakan mobil dan hanya mengandalkan GPS sebagai arah penunjuk jalan. Namun, sebelum kalian merasakan sensasi pengalaman road trip selama di Perth, berikut hal-hal yang perlu diketahui sebelumnya:

Perlu SIM Internasional

perth05

Sebelum terbang ke Australia, kalian dapat mengurus terlebih dahulu SIM Internasional untuk keperluan traveling. Memang ada negara yang hanya butuh SIM lokal, ada juga hanya butuh SIM yang telah diterjemahkan ke Bahasa Inggris. Semuanya balik ke kebijakan negara masing-masing.

Kalian dapat mengurus SIM Internasional di Korlantas Polri SIM Internasional Jakarta. Tempo lalu mbak Fina mengurusnya seharga Rp 250.000 dan SIM Internasional berlaku selama 3 tahun.

Menyewa atau Membeli Mobil Bekas

perth03

Tentukan lama waktu kalian traveling di Australia. Apabila kalian hanya beberapa hari saja, saya sarankan untuk menyewa mobil. Namun, apabila kalian berencana untuk tinggal lama di Australia seperti mendapatkan visa kerja atau WHV dan berkeinginan mencoba road tripmengelilingi Australia. Saran saya lebih baik membeli mobil bekas dan menjualnya kembali. Salah satu referensi situs jual beli mobil bekas seperti di Gumtree.

Pahami Rambu Lalu Lintas

perth04

Pengalaman hari pertama kami tiba di Perth bikin spot jantung. Minimnya informasi mengenai rambu lalu lintas membuat kami sempat bingung mengartikan tiap rambut. Akhirnya kami hampir ditilang $1600 pada malam itu. Beruntung saat itu petugas polisi masih bisa memaklumi kelakukan kami. Cerita pengalaman kena tilang bisa kalian baca disini.

Patuh Pada Aturan Alkohol

Polisi Perth sangat disiplin dalam hal hukum, mereka akan menindak pengemudi yang mabuk saat menyetir. Australia memiliki aturan batas aman alkohol yang diperbolehkan saat mengemudi. Setiap kali terkena razia, maka polisi akan mengecek kadar alkohol di mulut.

Nikmati setiap sudut kota Perth mulai dari dinding graffiti, belanja di toko-toko dan pengalaman kehidupan malam di restoran atau bar untuk merasakan getaran elektrik di badan mengikuti irama musik. Masih ada banyak yang bisa dilakukan di Perth, kalian bisa berkeliling ke daerah Mount Lawley, Leederville, Subiaco atau Victoria Park. Temukan pengalaman perjalanan jarak jauh menghubungkan Perth ke seluruh Australia. Selamat mengatur rencana liburan kalian ya!

Baca juga : Cara mudah membuat visa Australia

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

23 KOMENTAR

  1. Wah iya sih, emang enak sewa mobil ya kl ke Perth. Dulu juga gitu aku sama temen2. Setelah ke Perth lanjut ke kota lain di WA. Udah enak lah, tinggal pake GPS aja 🙂

  2. Kemarin di samsat pas perbarui SIM sempat liat bikin sim internasional emang 250 koh, tapi dipikir2 mungkin next time klo sudah bisa main ke negeri sebelah hehe, btw aku ngeliat lautnya tuh bersih bener ya, berharap Indonesia bisa ngikut mbangun kota tapi tetep bisa selaras ma alamnya

  3. Negri impiankuuuu
    Pernah ngelamar beasiswa S2 ke situ tapi nggak lolos hahaha

    Ih beruntungnya kokoooh >,<

    Aku mah apa atuh, ke malaysia dan singapur yang deket aja nggak pernah
    Boro-boro ke Perth
    T.T

  4. aku baru tahu sim internasional koh hehehe *kudet* biayanya kok murah y dibanding bikin sim a n c nembak wkwkwk…

    semoga bisa kesini keren bangets dan sebelum kesini belajar dulu rambu lalu lintas hahaha

  5. Semoga bisa 2020 ke aussie sekalian ke new zealand. Aku udh lama pengin kesana. Dan rencananya memang mau road trip. Kalo masalah sim international untungnya suami udah punya pas msh tinggal di Finland sempet bikin. Di indo cm berlaku 3 thn yaa? Di finland berlaku seumur hidup. Makanya dia ga usah memperbarui lagi sim nya.

  6. Semoga bisa 2020 ke aussie sekalian ke new zealand. Aku udh lama pengin kesana. Dan rencananya memang mau road trip. Kalo masalah sim international untungnya suami udah punya pas msh tinggal di Finland sempet bikin. Di indo cm berlaku 3 thn yaa? Di finland berlaku seumur hidup. Makanya dia ga usah memperbarui lagi sim nya.

  7. Semoga bisa 2020 ke aussie sekalian ke new zealand. Aku udh lama pengin kesana. Dan rencananya memang mau road trip. Kalo masalah sim international untungnya suami udah punya pas msh tinggal di Finland sempet bikin. Di indo cm berlaku 3 thn yaa? Di finland berlaku seumur hidup. Makanya dia ga usah memperbarui lagi sim nya.

  8. Iya ya kalau sewa mobil untuk beberapa hari di luar negeri akan lebih hemat dan efisien waktu juga. Apalagi baru pertama kali ke sana, kalau pakai angkutan umum salah-salah mulu ntar jadi bengkak juga pengeluarannya. Hihihi.

  9. Saya belum pernah ke Perth Mas Deddy (“,)
    Sampai sekarang masih jadi wish list saya.

    Hampir sama spt cerita teman saya yang kena tilang juga hanya karena salah mengartikan rambu lalu lintas di luar negeri.

    Memang kudu wajib paham ya tentang rambu. Apalagi kalau kita harus nyetir sendiri.
    Bisa-bisa itu dollar habis hanya untuk bayar denda tilang hihihi ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru