BerandaTravelingInternationalHidden Gem : Dua Tempat Makan Halal di Macao

Hidden Gem : Dua Tempat Makan Halal di Macao

Author

Date

Category

Kuliner termasuk dalam bagian traveling. Mau kemanapun kalian pergi tentu akan mencari kuliner di tempat-tempat yang dikunjungi. Saya bukanlah orang yang suka mencari tempat makan. Justru lebih ke apa saja yang ketemu di jalan, saya melihat dan masuk untuk dicicipi. Alasan lain karena budget juga yang dibatasi per harinya. Kecuali kalau memang sponsor trip yang sudah diatur sedemikian rupa untuk dicicipi.

Berkunjung ke Macao, hal pertama yang biasa ditanyakan adalah apa saja kuliner yang bisa dicoba. Lalu, bagi traveller muslim tentu saja mencari makanan halal ketika berkunjung ke negara yang mayoritas non muslim. Selama perjalanan, walau saya bisa makan makanan non halal tapi saya juga pilih-pilih. Trik saya saat traveling untuk menjaga kondisi perut tidak bermasalah, saya lebih suka mencari makanan non halal atau comfort food.

makanan halal macau
Pedestrian di sekitar Senado Square Macao

Ternyata mencari tempat makan halal di Macao itu gampang jelimet. Gampang kalau kalian bisa berbahasa mandarin, tapi bahasa inggris juga masih bisa. Kalau tidak bisa benar maka bahasa tubuh. Kemudian, kalian bisa membaca Google Map dengan baik. Selebihnya yang bikin jelimet kita nama jalan di Macao menggunakan bahasa Portugis atau huruf mandarin.

Nah, berikut ini ada dua tempat makan halal yang aman bagi traveller muslim saat berkunjung ke Macao.

1) Loulan Islam Restaurant

makanan halal macau

Restoran ini cukup dikenal dan diulas oleh banyak traveller. Loulan Islam Restaurant berada di R. Do Teatro mengarah ke Sofitel Macao Hotel. Kalau kalian berjalan dari Senado Square sekitar 1 km. Lokasinya terbilang agak terpencil, karena kalian harus berbelok ke beberapa lorong. Cuma ketika kalian sudah sampai, restoran ini mudah untuk dikenali karena terpampang tulisan HALAL di depan pintu.

makanan halal macau
Cumi Goreng Pasir
makanan halal macau
Udang Telor Asin
makanan halal macau
Sayuran hijau

Sekilas, restoran ini seperti beraksen timur tengah dari interior. Ketika kami masuk, pelayan restoran ternyata orang Indonesia dan tanpa sungkan kami segera bertanya ke dia mengenai rekomendasi makanan. Menu makanan Loulan Islam Restaurant lumayan beragam. Restoran ini tidak hanya menyediakan masakan Cina, tapi juga ada menu timur tengah. Kami memesan beberapa makanan untuk dimakan bersama.

Meskipun harga makanan cukup mahal mulai dari 50-200 MOP/HKD dan minuman mulai dari 15-25 MOP/HKD, tapi bagi kami harga sebanding dengan porsi dan rasa. Enak! Kami makan berempat dengan pesan 3 menu saja sudah mengenyangkan perut.

Loulan Islam Restaurant
Rua do Teatro, Macao
+853 2853 0264
Open hour : 11.00 am – 11.00 pm

This restaurant has been authorized Halal by a Islamic organization.

2) Rasa Sayang

Ketika kamu sedang tersesat dan tiba-tiba ada yang memberitahu kamu ke jalan yang benar, maka itulah yang saya sebut hidden gem dalam sebuah perjalanan. Rasa Sayang, warung makan halal di Macao milik orang Indonesia yaitu Cak Wan dan Mbak Fia.

Awal mula saya dan Mas Zul bisa ketemu tempat ini karena kami sedang kesulitan menemukan jalan lewat map menuju warung makan sesuai informasi yang didapat mas Zul. Beberapa kali saya tanya ke orang setempat, mereka juga tidak tahu. Tiba-tiba ketika sudah kebingungan, kami berpapasan dengan dua orang perempuan yang lagi ngobrol pakai logat Jawa. Otomatis saya langsung bilang ke mas Zul, “Indonesia!”

Saya segera mengejar dua orang perempuan tersebut. Modal nekat saya tanya ke mereka lokasi tempat makan yang kami cari. Ternyata mereka juga tidak tahu, akhirnya kami bertanya lagi rekomendasi warung makan halal dari mereka. Mereka berdua menyebutkan sekitar 3 tempat warung makan halal milik orang Indonesia. Namun, mereka merekomendasikan “Rasa Sayang” sebagai the best walau harga makanan lebih mahal. Tanpa pikir dua kali, kami meminta dua TKW tersebut menunjukkan jalan menuju Rasa Sayang.

Lokasi warung makan ini ada di San Ma Lo atau lorong depan toko Mei Lai, dekat dengan minimarket San Miu. Masuk ke dalam lorong kecil dan sepi. Ketika kami tiba di depan warung juga sempat bertanya apakah warung makan ini masih buka? Sebab tidak ada tanda-tanda kehidupan. Ternyata kedua orang pemilik warung sedang berada di dalam sambil menikmati Youtube Via Vallen hahaha…

Kalian sudah bisa membayangkan bagaimana suasana di dalam warung. Tepat, sama seperti warung makan kita di Indonesia, lesehan dan di dinding penuh dengan tempelan menu-menu makanan seperti Ayam Penyet, Soto Ayam, Sate Ayam, Rawon, bahkan ada tempe goreng.

Warung makan “Rasa Sayang” tidak terlalu luas. Begitu masuk kita sudah bertemu dengan dapur dan tempat mereka menyajikan makanan. Kemudian ruang tengah untuk makan dan ruang belakang untuk mereka tidur. Untuk tempat mereka berjualan, per bulan biaya sewa sekitar Rp 20 jutaan. Sedangkan, kadang pasokan bahan dan bumbu masak mereka bawa sendiri dari Indonesia. Lalu, tentu yang jadi pertanyaan kenapa mereka bisa punya tempe? Ternyata, mereka memproduksi sendiri tempe di Macao. Keren!

Harga makanan yang dijual Cak Win dan Mbak Fia mulai dari 50 MOP atau sekitar Rp 80 ribuan. Ya, kurang lebih begitu untuk harga makanan hemat di Macao.

Rasa Sayang
Traversa dos Mercadores, 34A R/6, Macao.
Telp 28923047

Mencari makanan halal di Macao memang bukan tidak sulit, kalau kita tahu informasi dan bisa menemukannya. Terkadang informasi seperti ini memang jarang sekali dituliskan oleh orang-orang. Semoga saja tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang sedang traveling ke Macao.

Ada satu tempat lagi untuk mencari kuliner enak di Macao. Kalian bisa berkunjung ke Rua de Cunha.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

15 KOMENTAR

  1. perlu dicatat ini, biar kalau ke Macao bisa nyobain. Menunya Loulan mirip dengan yang ada di Indonesia ya ? Secara rasa lebih enak disana apa disini ?

  2. wih, nemu aja nih koh tempat makanan halal di macao >.<
    ada resto rasa sayang, letaknya bener-bener di gang begitu ya ko.
    keren koko masih bisa nemu tempatnya.

    saya waktu ke sana cuma sempet coba makanan portugis dan egg tart aja ko.
    semoga di lain kesempatan bisa berkunjung ke rasa sayang hihi

  3. Wuiih, thanks koh atas infonya. Berarti kalau ke Hongkong nanti, saya gk akan mampir ke sini. Ahahahah #NonHalalLover

  4. Aku pernah ke Loulam, waitressnya orang Solo yang masak orang Malang di September 2017 kemarin. gatau sekarang udah ganti belum. Jadi kami ngobrol bahasa jawa ama mereka. Iya enak makanannya, kami malah nebeng sholat di sana sekalian 😀

  5. Sebagai “petani konten”, kayaknya kita wajib nih cari tahu makanan halal di negara-negara non-muslim meskipun kita sendiri bisa makan apa aja. Info kayak gini pasti banyak dicari, hahaha.

    Cumi goreng pasir sama udang goreng telor asinnya menggoda bangeeettt

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru