Kini Eranya Smartphone Gaming ZenFone Max Pro M1


Dulu waktu masih pakai seragam putih merah, saya dekat sekali dengan permainan dingdong. Sebelum muncul game konsol dan perangkat portabel game tiga puluh tahun belakangan. Tidak tahu dari mana asal sebutan nama dingdong tersebut, padahal permainan ini lebih dikenal dengan mesin arcade. Mesin ini dioperasikan dengan koin dan masih mudah ditemukan di daerah saya.

Nostalgia dengan permainan lama ini membuat saya jadi senyum sendiri. Sebab hiburan receh saya saat itu adalah permainan tersebut. Untuk bisa bermain dingdong saya harus menahan diri untuk tidak jajan di kantin. Apalagi waktu itu uang jajan hanya dikasih Rp 500. Andaikan sedang tidak punya uang, saya biasanya akan sembunyi mengambil uang sisa belanja dari dompet mama. Haha…

Jenis permainan dingdong mulai bergeser ke game console. Saya ingat pernah merengek nangis untuk dibelikan. Namun, saat itu memang belum mampu saya game tersebut. Saya lantas berpikir bagaimana agar saya bisa ikut main game console tanpa harus mengeluarkan biaya. Akhirnya, saya mencoba mendekati teman-teman sekolah saya saat itu agar mereka berbaik hati mengajak saya main ke rumah mereka sehabis sekolah.

Percayalah bermain game bersama teman itu lebih menyenangkan daripada sendiri. Kenangan seperti ini tentu saja masih melekat dalam benak saya, hingga berpikir kalau nanti saya punya uang yang banyak saya ingin membeli apa saja yang dulu saya belum impikan. Sekarang, setelah dewasa dan bisa mencukupi untuk diri sendiri. Kalau masih mengingat masa-masa kecil saya sebagai anak generasi 90-an. Tentunya sekarang tidak bisa lagi menemukan permainan dingdong kan?

review zenfone max pro m1

ZenFone Max Pro M1 menemani aktivitas sehari-hari

Hampir semua lapis usia menyukai bermain game. Mulai dari permainan yang ringan hingga yang membutuhkan waktu untuk kita berpikir. Waktu bermain game, ada rasa penasaran sewaktu kita kalah dalam babak menuju babak selanjutnya. Otak kita akan berpikir tentang bagaimana cara kita bisa menyelesaikan permainan tersebut sampai habis. Hal ini yang menjadi sensasi kenikmatan bermain game hingga membuat kita pun jadi seorang berpikir kritis.

Sayangnya ada keterbatasan ruang dan waktu kalau bermain game console yaitu saya tidak bisa bebas bergerak untuk aktivitas lain seperti traveling. Makanya kenapa sekarang saya berpindah ke mobile gaming lewat smartphone. Apalagi beberapa permainan masa kecil saya bisa dimainkan lewat smartphone. Memilih smartphone gaming juga tidak bisa sembarangan, harus memenuhi beberapa kriteria. Makanya saya memilih ASUS ZenFone Max Pro M1 sebagai smartphone gaming yang bisa memenuhi hasrat sekaligus kenangan masa kecil saya.

review zenfone max pro m1

Asus ZenFone Max Pro M1

Banyak jenis permainan yang bisa saya mainkan di dalam smartphone gaming, mulai dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG), Role Playing Game (RPG), dan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Ketiga jenis permainan ini termasuk favorit saya.

Salah satu kemampuan smartphone kekinian adalah bisa menjalankan berbagai video game di dalamnya. Smartphone gaming tersebut pasti memiliki kemampuan yang baik untuk menjalankan permainan secara halus. Pastinya fitur tersebut menjadi incaran banyak orang, terutama bagi kelompok milenial termasuk saya. Saya rindu sekali dengan permainan petualangan, setiap alur cerita dan grafis sangat memukau.

review zenfone max pro m1

Bertemu anak-anak kecil di Samosir

Intensitas traveling saya suka tidak menentu. Bisa dalam jangka waktu panjang atau pendek. Pada saat sedang santai, saya biasanya meluangkan waktu untuk bermain game. Dimanapun dan kapanpun. Pernah juga merasa bosan sewaktu di atas pesawat karena penerbangan yang lama atau jadwal delay sehingga membuat kita jadi suntuk. Pastinya kita semua pernah merasakan titik bosan karena lama menunggu.

Di sela waktu kosong seperti itu saya manfaatkan waktu untuk bermain game lewat smartphone. Smartphone gaming saya isi dengan permainan yang bisa dimainkan tanpa harus terhubung ke internet seperti Candy Crush, Plants vs Zombie atau jenis permainan kasual lainnya yang mudah dimainkan. Sebaliknya, apabila sedang ingin main game online jenis MOBA, biasanya saya akan memainkan Mobile Legend atau jenis ESports lainnya.

Saat sedang traveling, saya tidak pernah tahu akan bertemu dengan siapa. Mereka orang-orang baru yang saya kenal. Mereka pula orang-orang yang melengkapi cerita perjalanan saya. Biasanya saya akan dekati mereka untuk mengobrol sekaligus mengenal mereka.  Saya paling sering berjumpa dengan anak kecil di tiap tempat yang saya kunjungi. Anak-anak ini jauh dari yang kita bayangkan. Mereka justru lebih tangguh dan berani dari yang saya duga. Namun satu hal yang saya temukan persamaannya yaitu anak-anak kecil ini pemalu.

review zenfone max pro m1

Persiapan mendekati anak kecil yang rata-rata pemalu dan saya maluin

Sifat pemalu dari anak kecil ini alami tanpa direkayasa. Terlebih kalau mereka berjumpa dengan orang baru. Saya sampai pelajari bagaimana mendekati anak kecil agar mereka nyaman bersama kita. Salah satunya adalah dengan menyamakan kesenangan mereka yaitu bermain bersama. Melihat mereka seperti mengingatkan saya waktu masih kecil yang masih banyak keterbatasan dan pastinya rasa ingin tahu masih banyak. Saya biasanya akan ajak mereka untuk bermain game bersama atau menonton streaming video yang menarik perhatian mereka.

Makanya ini jadi alasan utama saya kenapa menggunakan smartphone yang memiliki performa gaming sekaligus daya baterai tahan lama. Smartphone gaming tersebut tentunya bukan saja bisa menampung semua jenis permainan yang saya mainkan. Tetapi juga smartphone tersebut harus tidak panas dan tahan lama sehingga tidak perlu khawatir harus mengisi daya terus menerus. Pasti akan menjengkelkan kalau lagi bermain game tiba-tiba baterai habis.

review zenfone max pro m1

Mulai bujuk si anak buat main game… Tadaaaa…

Oleh karena itulah mengapa saya puas sekali menggunakan ASUS ZenFone Max Pro M1 selama 6 bulan belakangan ini sebagai smartphone khusus gaming. Smartphone ini sepertinya menjawab keraguan sekaligus kebutuhan saya. Waktu itu saya sudah pernah memberikan ulasan mengenai ASUS ZenFone Max Pro M1, kalian bisa baca di sini. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya menggunakan ZenFone Max Pro M1 ini selama enam bulan lamanya. Mengapa smartphone ini sangat cocok bagi kalian penggemar gaming.

ASUS memang ingin memberikan solusi untuk para pengguna smartphone yang mendambakan sebuah smartphone canggih sekaligus tangguh dalam performa. Itulah mengapa sejak enam bulan lalu saya banyak sekali mendapatkan kiriman pertanyaan baik lewat email maupun direct message mengenai ZenFone Max Pro M1. Pertanyaan-pertanyaan dari para pembaca ini menarik.

review zenfone max pro m1

Bertemu tidak sengaja dengan salah satu pembaca blog, Rendi di Jakarta

Ada kejadian menarik yang saya alami yaitu waktu bulan lalu saya ke Jakarta untuk mengikuti acara. Suatu tidak kesengajaan saat bertemu Rendi, salah satu pembaca blog saya yang pernah bertanya ke saya mengenai smartphone gaming ini sampai akhirnya dia menunjukkan ke saya ZenFone Max Pro M1 miliknya. Rendi merasa puas sekali menggunakan smartphone ini. Bagi saya, tentu ada rasa senang bisa bertemu langsung dengan dia karena secara tidak langsung menambah pertemanan baru.

Banyak sekali alasan kenapa saya menyukai ASUS ZenFone Max Pro M1 ini sebagai smartphone gaming, namun juga bisa saya gunakan selama traveling untuk hiburan dan kamera. Keunggulan dari ZenFone Max Pro M1 ini memang menjadi daya tarik bagi saya saat digunakan. Penasaran kan apa yang membuat smartphone gaming ini begitu layak dilirik.

review zenfone max pro m1

Prosesor mumpuni untuk melahap semua aktivitas gaming

Seberapa canggih performa prosesor tentu akan sangat berpengaruh saat kita bermain game. Prosesor yang mumpuni akan sangat berpengaruh pada smartphone gaming, kita bisa menjalankan banyak aplikasi permainan di dalamnya tanpa ada lag. Saya sendiri sudah mencoba meng-install banyak aplikasi permainan di dalam ZenFone Max Pro M1. Apalagi banyak permainan online saat ini bukan hanya membutuhkan memori yang besar tapi juga prosesor yang mumpuni untuk tetap bisa dimainkan.

Performa prosesor di smartphone gaming sangat penting, menariknya ZenFone Max Pro M1 ini sudah diperkuat dengan prosesor octa-core mutakhir Qualcomm Snapdragon 636. Prosesor ini memiliki keunggulan lebih baik dibandingkan dari seri 625 dari sisi efisien penggunaan energinya serta performa yang baik termasuk menjalankan permainan kelas berat sekalipun. Selain itu, selama enam bulan pemakaian ASUS juga sering memberikan update firmware terbaru untuk ZenFone Max Pro M1 yang bisa meningkatkan performa.

Hal ini terbukti sewaktu saya mencoba mengetesnya lewat Antutu Benchmark, prosesor 636 mendapatkan angkat yang tinggi walaupun berada di kelas menengah tapi memiliki fitur kelas premium. Terbukti saya tetap bisa memainkan permainan berat tanpa lag.

review zenfone max pro m1

Layar lega dan nyaman buat bermain game

Layar full view display kini tengah digandrungi oleh milenial karena menjadi terobosan baru bagi kita yang menginginkan layar besar namun tetap terlihat ramping. Saya suka ASUS ZenFone Max Pro M1 ini punya layar 6 inci dengan bezel tipis, tampilan layar 6 inci ini terlihat seukuran dengan smartphone ukuran 5.5inci dengan body yang tipis. Dengan desain ramping ZenFone Max Pro M1 ini membuat nyaman untuk digenggam.

review zenfone max pro m1

Tetap bisa bermain game di dalam pesawat

Bukan hanya itu saja, layar full view display membuat tampilan layar ZenFone Max Pro M1 jadi lebih nyaman dan maksimal. Mata saya tidak perih apabila menonton streaming video, bermain game dengan resolusi terbaik serta membaca apapun lewat smartphone ini. Keunggulan ini berkat dukungan layar Full HD+ atau setara 2160 x 1080 display dan aspek rasio 18:9 sehingga kalau kita menonton Youtube bisa sampai ukuran 1080 dan vibrasi saat bermain game terasa lebih enak dipandang. Kenyamanan layar juga terlihat jelas sewaktu kita gunakan di luar ruangan atau terpapar matahari.

Buktinya, bermain game bersama anak-anak yang saya jumpai pun mereka juga betah berlama-lama di depan layar. Kami sangat menikmati momen ketika sudah bertemu dengan teknologi yang limitless.

review zenfone max pro m1

ZenFone Max Pro M1 untuk multimedia

Saat traveling, saya tidak selalu berada dekat dengan arus listrik untuk mengisi daya baterai. Kadang harus menggunakan power bank ketika sudah kehabisan daya baterai. Namun, pengisian power bank cukup lama selain itu saya juga harus menggunakannya untuk mengisi baterai kamera. Terasa sekali manfaat dari baterai ZenFone Max Pro M1 yang memiliki daya baterai besar yaitu 5000mAh. Saya sangat tertolong ketika traveling tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai, sebab bisa saya gunakan seharian penuh untuk bermain mobile game atau menonton video seharian penuh tanpa perlu takut kehabisan daya baterai.

review asus zenfone max pro m1

Lama daya tahan baterai

review zenfone max pro m1

Bermain game di dalam bus

Pengalaman saya sewaktu bermain game online, membuka media sosial, membalas email masuk hingga mendengarkan musik ternyata daya tahan baterai ZenFone Max Pro M1 bisa kuat tahan seharian hingga malam hari. Bahkan kalau dalam waktu standby tidak saya gunakan untuk aktivitas bermain game, ZenFone Max Pro ini bisa tahan hingga satu minggu. Inilah alasan mengapa disebut Limitless Gaming sebab kita tetap bisa bermain game serta aktivitas lainnya tanpa perlu khawatir dengan baterai.

Tak banyak orang tahu kalau masih banyak fitur-fitur lain dari ZenFone Max Pro M1. Bukan hanya sebagai smartphone gaming, ZenFone Max Pro M1 ini punya banyak fitur andalan yang sangat membantu mobilitas saya sehari-hari. Desainnya yang ergonomis membuat nyaman untuk digenggam di tangan. Beberapa fitur andalan lain yang saya suka antara lain:

review zenfone max pro m1

Tak hanya performa gaming yang baik, tapi juga kamera

Di kelas smartphone menengah namun performa mumpuni, ASUS ZenFone Max Pro M1 ini menggunakan Pure Android 8.0 yang mana tidak menggunakan Zen UI sebagai User Interface. Hal ini menguntungkan sebab kita akan benar-benar mendapatkan pengalaman menggunakan sistem operasi Android yang jauh lebih ringan tanpa ada bloatware atau aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak kita gunakan.

Berhubung menggunakan sistem operasi Pure Android, maka kamera pada ZenFone Max Pro M1 menggunakan Google Camera bawaan dengan tampilan kamera jauh lebih sederhana. Saya sangat puas dengan hasil foto kamera ZenFone Max Pro M1, tidak ada keluhan yang membuat saya tidak menyukai memotret menggunakan smartphone gaming ini. Terbukti banyak foto-foto perjalanan saya bisa menghasilkan foto yang menarik.

review zenfone max pro m1

Siap kagum melihat hasil foto menggunakan ZenFone Max Pro M1

Mampukah kamera ZenFone Max Pro M1 dipakai untuk traveling? Kalian bisa melihat sendiri beberapa hasil foto kamera ZenFone Max Pro M1 yang saya ambil selama traveling. Kualitas kamera yang dihasilkan tidak mengecewakan, foto-foto yang saya ambil masih bisa dinikmati serta dibagikan lewat media sosial. Fitur kamera unggulan yang saya suka yaitu Depth Effect atau kita bisa membuat latar foto menjadi bokeh.

Tren foto berlatar blur atau bokeh bukan hal yang mustahil. Kalau dulunya hanya bisa dilakukan oleh kamera digital. Sekarang teknologi kamera smartphone makin canggih, termasuk kamera ZenFone Max Pro M1. Saya senang sekali memotret ekspresi wajah orang atau lebih dikenal sebagai foto portrait karena gambar tersebut bisa sangat bercerita. Nah, mode potrait pada ZenFone Max Pro M1 ini sangat cocok sekali digunakan untuk kita yang ingin mendapatkan detail gambar atau memotret objek jadi lebih detail dan halus. Menariknya dari model deep effect ini kita bisa mengukur seberapa besar dan kecil matanya.

Hasil Foto Kamera ZenFone Max Pro M1

ZenFone Max Pro M1 bukan hanya bisa diandalkan untuk gaming saja, melainkan bisa digunakan untuk memotret saat kita sedang traveling. Selama trip mengelilingi Toba, Padang, Jogja dan Bali saya banyak mendapatkan gambar bagus menggunakan smartphone ini. Semua foto diambil menggunakan ZenFone Max Pro M1 dan tanpa diedit jadi sesuai dengan hasil tangkap kamera. Semoga jadi referensi bagi kalian.

Ternyata yang membuat hasil foto ZenFone Max Pro M1 terlihat menarik karena smartphone ini memiliki dual kamera menarik dengan resolusi 13MP (untuk RAM 3GB dan 4GB) dan 16 MP untuk RAM 6GB. Serta agar hasil foto lebih banyak cahaya, maka bukaan lensa atau aperture f2.0 serta sensor PDAF yang mampu menangkap gambar jadi lebih cepat. Sedangkan satu kamera lagi bisa digunakan untuk menangkap foto mode wide. Fitur dari kamera ZenFone Max Pro M1 ini sudah sangat cocok bagi kita yang menyukai fotografi smartphone untuk diupload ke media sosial.

Makin hari jenis permainan yang saya mainkan memang permainan yang membutuhkan memori penyimpanan besar. Namun ada juga jenis permainan offline yang tidak membutuhkan koneksi internet supaya saat saya sedang berada di atas pesawat atau daerah yang susah sinyal masih bisa tetap bermain game. Jangan sepelekan mengenai memori penyimpanan, saat ini jenis permainan keren bukan hanya olah data dan grafis yang tinggi tapi juga paket aplikasi yang berukuran besar. Bukan mustahil jenis permainan itu melebihi 1GB seperti PUBG, Mortal Kombat X, dan Tekken adalah beberapa contohnya.

Saya menggunakan ZenFone Max Pro M1 tidak hanya sebagai smartphone gaming untuk mengisi waktu kosong saat traveling. Tetapi juga menggunakan ZenFone Max Pro M1 sebagai kamera yang digunakan untuk foto-foto media sosial. Penggunaan memori yang besar ini tentunya membutuhkan memori penyimpanan yang memadai. Walau memori penyimpanan ZenFone Max Pro M1 bisa sampai 64GB namun ASUS memberikan bonus tambahan gratis 100GB Google Drive yang bisa saya gunakan untuk menyelamatkan data foto dan video secara online. Saya pernah punya pengalaman mengalami foto-foto traveling saya terhapus. Maka dengan adanya kapasitas memori yang lumayan besar ini membuat saya tidak perlu khawatir lagi. Sudah terbayang enaknya pakai ZenFone Max Pro M1 bukan?

review zenfone max pro m1

Triple Slot sim card memiliki keunggulan tersendiri bagi pengguna

ZenFone Max Pro M1 ini termasuk smartphone Dual SIM yang sudah mendukung 4G LTE. Kebiasaan pengguna smartphone saat ini lebih menyukai menggunakan dua nomor telepon untuk komunikasi. Slot SIM yang tersedia berjenis Nano SIM dan sudah mendukung jaringan 4G. Saya cukup terbantu karena tidak perlu repot membawa dua smartphone. Sehingga bicara mengenai konektivitas sudah pasti kita tidak perlu khawatir susah sinyal sewaktu bermain game favorit.

Serta kita bisa menggunakan dua SIM Card untuk kebutuhan mobilitas yang memiliki slot untuk SD Card dan bisa dipasangkan memori sampai 256GB tergantung kebutuhan. Apalagi ASUS ZenFone Max Pro M1 memiliki tiga varian yang bisa dipilih mulai dari RAM 3GB, RAM 4GB, dan RAM 6GB dengan masing-masing memori internal 32GB sampai 64GB. Pastinya dengan adanya tiga varian ZenFone Max Pro M1 ini bisa membuat kita menentukan pilihan sesuai kebutuhan kita. Seperti kebutuhan saya yang lebih banyak menggunakan untuk kebutuhan gaming serta daya tahan baterai lama, maka ZenFone Max Pro M1 ukuran RAM 3GB dan memori internal 32GB masih tergolong cukup.

review zenfone max pro m1

Fingerprint di bagian bodi belakang

Ketika mengetahui ZenFone Max Pro M1 memiliki fitur sensor sidik jari dan face recognition yang bisa menjaga keamanan smartphone lebih aman pastinya saya senang sekali. Sebab, dengan harga yang sangat terjangkau ternyata fitur ZenFone Max Pro M1 ini memiliki fitur yang biasanya terdapat di smartphone mahal. Sensor sidik jari sangat cepat mengenali jari tangan saya, tidak lebih dari 0,3 detik untuk membuka smartphone gaming ini.

review zenfone max pro m1

Selalu senang bertemu anak-anak kecil ditiap perjalanan

Hobi bermain game makin berkembang seiring perkembangan smartphone yang semakin canggih. Kalau dulu era smartphone masih mengenal permainan sederhana tetapi sekarang sudah banyak permainan yang memiliki kualitas dan genre lebih beragam. Bahkan tidak jarang kita bisa menemukan permainan dengan mutu grafis yang luar biasa keren. Tidak jarang masing-masing genre permainan punya penggemarnya.

Dilematis bagi para penikmat game pun muncul, mereka akan bertanya seperti apa smartphone gaming yang ideal? Bagi saya yang sudah merasakan kecanggihan ZenFone Max Pro M1 tentunya tidak ragu untuk merekomendasikan smartphone gaming ini untuk kalian. Sebab saat ini tujuan utama seseorang ketika ingin membeli sebuah smartphone bukan hanya kebutuhan komunikasi dan menunjang urusan pekerjaan saja tetapi juga untuk memenuhi hasrat dalam multimedia seperti musik, menonton video, dan bermain video game.

review zenfone max pro m1

Saya sudah coba ZenFone Max Pro M1, kamu?

Masa kecil memang tidak bisa diulang kembali, namun bisa kita ciptakan. Siapa tahu anak-anak kecil yang saya jumpai ini belum pernah mencoba teknologi permainan di smartphone. Saya belajar saat traveling dan bertemu orang-orang baru. Bagaimana teknologi bisa mendekatkan saya dengan orang baru, atau di saat waktu terbatas saya tetap bisa produktif.

Setidaknya kriteria smartphone gaming ada pada ZenFone Max Pro M1 mulai dari prosesor dan chipset yang gahar di kelasnya supaya saat bermain tidak lag. Kemudian pilihan RAM yang tersedia juga besar. Bagi kita yang berlama-lama di depan smartphone, tentu layar dan resolusi smartphone sangat penting untuk visual memanjakan mata. Terakhir, baterai yang besar adalah nafas hidup gaming di smartphone. Nah, sekarang apa ada smartphone lain yang melebihi kriteria smartphone gaming idaman seperti ZenFone Max Pro M1 ini?

Spesifikasi ZenFone Max Pro M1

Model ZenFone Max Pro M1 (ZB602KL)
Display, Resolution Full HD+ 2.160 x 1.080 pixel, 18:9 Full View Display

2.5D curve glass with 450nits

SoC Processor CPU Powerful 14nm Qualcomm Snapdragon 636 Octa Core Processor with  1.54x Antutu CPU score than SD625
GPU Qualcomm® Adreno™ 509 GPU
Memory RAM / Storage LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM

LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM

LPDDR4 6GB RAM, 64GB ROM

Supports up to 256GB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)

Camera System Rear (main)

Camera

16MP (6G/64GB), 13MP (3G/32GB, 4GB / 64GB), PDAF
Rear (wide)

Camera

5 Megapixel for bokeh mode
Frontcamera 16MP (6G/64GB) , 8MP (3G/32GB , 4GB / 64GB), softlight LED flash
Camera feature PixelMaster 4.0 camera mode:
Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
Wireless WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM card and SD slot Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

Network FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM

Data rate:

DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support

GPS GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS Pure Android 8.1 Oreo
Battery 5.000mAh capacity
Audio / Microphone Loud speaker, PMIC internal amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight 159 x 76 x 8.46 mm / 180 grams
Color Deepsea Black and Meteor Silver

 

Iklan

25 pemikiran pada “Kini Eranya Smartphone Gaming ZenFone Max Pro M1

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.