Cashback Buddy Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah


Suka bengong ketika melihat beberapa teman-teman traveller yang bisa mendapatkan tiket pesawat murah ke domestik dan luar negeri. Harga tiket yang mereka dapat bisa bikin saya tidak percaya. Misalnya, mereka bisa dapat tiket dari Kuala Lumpur ke Hanoi cuma Rp 14.000. Atau harga tiket lain yang bisa mereka dapatkan cuma separo harga karena ada promo. Lha kok bisa? Saya cuma bisa bengong ketika melihat tagihan invoice tiket pesawat mereka memang tercantum angka demikian.

Kadang saya bertanya ke mereka, tapi kadang juga mereka hanya beritahu sekilas. Soalnya kalau tiket promo biasanya siapa yang cepat dia dapat. Pada saat mereka kasih tahu, tiket promo yang akan dibeli juga sudah habis duluan. Jadinya ada rahasia yang sudah jadi rahasia umum, dan ada yang benar-benar rahasia. Contoh kalau rahasia umum ya beli tiket pesawat jangan pada saat peak season atau waktu yang memang sudah jadi lonjakan penumpang misalnya akhir pekan atau libur nasional.

tiket pesawat murah

1. Menentukan Jadwal Berangkat

Periode kapan kalian akan berangkat, hanya kalian yang tahu. Selain itu kalau kalian rencanakan berangkat bersama teman berarti semuanya punya kesepakatan bersama. Waktu mau berangkat ke Korea tahun 2013 lalu, saya sudah membeli tiket pesawat sejak satu tahun sebelumnya karena Low Cost Carrier. Pilih waktu liburan di bulan-bulan yang masih aman misalnya sekitar bulan Februari – April atau September – November.

Selain itu, hari dan tanggal juga berpengaruh saat kalian memesan tiket pesawat. Saya pernah mencoba membeli tiket di atas tanggal 20-an selisih harganya lumayan dibanding pesan di awal bulan.

2. Beli Tiket Pesawat Pakai Cashback Buddy

Pernah nggak kalian kepikiran pada saat belanja barang online lalu kita dikasih cashback dari nominal yang kita keluarkan? Salah satunya kalian bisa mendapatkan promo cashback tiket pesawat lewat ShopBack Cashback Buddy. Hanya saja cashback buddy tersedia untuk pengguna laptop atau komputer sebab membutuhkan browser seperti Chrome, Firefox dan Safari. Jadi sebagai permulaan awal, kalian harus mengunduh extension Shopback ke dalam browser yang digunakan. Untuk mengunduh extension Shopback bisa dari link di sini.

tiket pesawat murah tiket pesawat murah

Sistem belanjanya seperti biasa saja. Kalian mengakses lewat situs ShopBack kemudian bukalah kategori Travel untuk mencari rekanan ecommerce yang menjual tiket pesawat. Bukan hanya tiket pesawat saja yang bisa kalian belanja, tapi bisa untuk booking hotel, belanja gadget untuk perlengkapan traveling juga bisa.

Nanti akan ada pop up yang keluar berapa persen cashback yang diberikan. Setelah muncul pop up, aktifkan terlebih dahulu tulisan “Aktifkan Cashback”, kemudian belanja seperti biasa saja. Tanda kalian sudah masuk ke situs merchant yang memiliki cashback adalah ada pop up dari browser. Mudah kan?

Cashback yang akan kita terima akan diberikan dalam waktu 48 jam atau paling lama seminggu. Cashback ini akan masuk ke akun ShopBack kalian dan bisa juga ditransfer ke rekening.

3. Cari Penerbangan Alternatif

Trik ini sempat terlupakan oleh saya, namun ketika menulis ini saya jadi diingatkan kembali. Maksudnya kadang waktu kita mencari harga tiket penerbangan ke kota yang ingin dituju boleh jadi harganya lebih mahal. Alternatifnya, kita bisa menjadi rute penerbangan lain yang menuju ke kota lain terdekat baru kemudian menyambung transportasi lain. Waktu di Korea, saya mengambil penerbangan dari Kuala Lumpur ke Busan, untuk menghindari harga tiket ke Seoul yang lebih mahal. Keuntungannya saya jadi bisa singgah ke Busan sejenak.

Bisa juga kalau kota tersebut punya dua bandara seperti Jakarta punya Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma, biasanya harga tiket pesawat yang turun di Bandara Halim Perdana Kusuma lebih murah sedikit. Tapi tetap juga kalian harus memperhitungkan jarak tempuh dan biaya tambahan lainnya setelah sampai.

4. Ikutin Semua Akun Media Sosial Maskapai

Menurutku, era digital saat ini membuat media sosial jadi salah satu jalur tercepat buat mendapatkan informasi, termasuk kalau ada promo harga tiket pesawat. Kalau kalian memang maniak untuk promo, follow semua akun media sosial maskapai penerbangan termasuk travel agent. Bila perlu, kalian juga bisa berlangganan newsletter mereka via email supaya bisa tahu kapan waktunya free seat, promo diskon dan lainnya. Promo dari maskapai kadang suka ada yang tengah malam lho, jadi siap-siap saja buat begadang.

5. Join Grup-Grup Pemburu Tiket Promo

Informasi dari teman saya yang biasanya sering mendapatkan tiket pesawat murah dan promo, dia juga punya komunitas sendiri yang suka berbagi informasi. Di dalam grup facebook maupun whatsapp yang sifatnya lebih rahasia. Saya akhirnya diberi tahu kalau ada grup facebook yang mana anggota di dalamnya sering memberikan informasi mengenai promo menarik.

6. Tandai Promo Situs Layanan Tiket Online

Teknologi sekarang dituntut untuk serba praktis, makanya kenapa smartphone menjadi barang penting bagi traveller karena semua data dan informasi disimpan didalamnya. Makin banyak Online Travel Agent yang menawarkan promo tentunya membuat kita semakin banyak pilihan tempat untuk membeli. Situs-situs layanan tiket online ini sering juga memberikan promo-promo yang tidak diduga hingga membuat kita jadi bingung untuk memilih. Biasanya kalau memang saya ada rencana traveling, saya sudah mulai menandai OTA mana saja yang memberikan promo menarik.

tiket pesawat murah

Cara-cara di atas masih sebagian kecil rahasia yang saya ketahui. Mencari tiket pesawat dengan harga murah sebetulnya butuh kesabaran dan cermat. Telaten melihat perbedaan harga dan jangan sampai salah ketika melakukan pembayaran. Prinsip saya ketika mendapatkan harga tiket pesawat murah saya tidak langsung keburu nafsu membeli, sebab ketika beli tiket pesawat saya juga harus memikirkan biaya untuk jalan-jalannya.

Semoga kalian bisa mendapatkan tiket pesawat promo yang diimpikan yaaa.

Iklan

5 pemikiran pada “Cashback Buddy Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.