ASUS ZenBook Terbaru Teman Perjalanan Paling Ringkas


Goncangan kecil dalam mobil mulai terasa. Jarak pandang dan perut mulai tidak bersahabat, seperti naik roller coaster penuh liku. Saya duduk di bangku belakang, berusaha memejamkan mata sejenak. Energi untuk bercanda dengan teman di mobil harus dijaga. Medan jalan yang tidak mudah dan lazim bagi kita yang terbiasa melihat bangunan-bangunan tinggi. Infrastruktur jalan yang masih sangat terbatas.

“Wah kita harus turun semua dari mobil nih,” suara pak Eri membangunkan saya. Sebuah jalan turunan bebatuan dan genangan air di hadapan kami menghentikan jalan kami.

Kendaraan kami melewati batu-batu kerikil

Jembatan penghubung putus dan kami menembus kerikil-kerikil untuk bisa sampai ke Desa Denge, desa terakhir yang masih bisa diakses menggunakan kendaraan dari Labuan Bajo lebih kurang 4 jam perjalanan dan kemudian dilanjutkan berjalan kaki menanjak selama 2 jam lebih menuju Desa Wae Rebo, Manggarai Barat.

Puluhan anak kecil langsung mengerumuni mobil kami yang berjumlah empat. Anak-anak itu langsung berlarian mendekati mobil paling depan kemudian mereka saling membahu membuat jalan dan mengangkat batu kerikil yang tertimbun.

“Siap yaa…” teriak pak Eri memberi aba-aba agar sopir segera menekan gas dan kami mendorong dari belakang.

“Yeaaaahhh! Teriak kami ketika mobil berhasil didorong ke atas melewati hambatan batu di depan.

Sayup-sayup saya mendengar ada suara yang cukup keras dari dalam mobil ketika sudah berhasil naik ke atas.

Melewati Perjalanan yang Tak Mulus

Melewati jembatan kayu berusia tua

Bulan Januari bukanlah waktu tepat untuk kita berlibur ke Labuan Bajo menikmati alam bawah laut. Cuaca hujan berakibat Syahbandar, petugas pelabuhan tidak mengijinkan kapal-kapal untuk berlabuh. Kami Malam sebelumnya kami sepakat untuk merubah rute perjalanan kami untuk dialihkan ke Desa Wae Rebo. Kami hanya diberitahu untuk menyiapkan diri karena nantinya akan hiking menuju desa sekitar 2 jam perjalanan.

“Tadi ada suara dari arah belakang itu apaan ya?” tanya Hardi ketika kami sudah turun di pos awal menuju arah Desa Wae Rebo.

Saya segera melirik ke bagasi belakang. Tumpukan koper milik teman-teman lain ternyata terjatuh dan menindih ransel saya yang berisi laptop dan kamera. Serasa detik waktu berhenti beberapa saat. Saya segera mengatur tumpukan koper dan mengambil ransel untuk mengecek kondisi laptop saya.

Bisa mati gaya kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, bagi blogger laptop adalah hal penting. Saya segera mengeluarkan laptop untuk dinyalakan.

“Untung nggak apa-apa,” seruku lega setelah mengecek kondisi laptop.

“Kamu yakin bawa laptop ke atas?” lanjut Hardi bertanya. Bagi pekerja konten seperti saya, harta yang paling berharga tentunya adalah laptop. Bisa stress kalau terjadi sesuatu dengan laptop saya ketika traveling, semua data penting ada di dalam laptop. Dimanapun dan kapanpun membawa laptop saat traveling semacam keharusan untuk berjaga-jaga.

Basah Kuyup Sampai ke Puncak Wae Rebo

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Eksis dulu sebelum naik ke Wae Rebo

Untuk naik ke atas Wae Rebo, kita bisa meminta bantuan warga setempat untuk menjadi penunjuk jalan menemani kita sampai ke atas. Warga juga tidak segan untuk menjadi porter yang membantu untuk membawa barang hingga ke atas. Kekuatan warga lokal yang telah terbiasa naik dan turun ke Wae Rebo memang menjadi keahlian tersendiri. Ada pantangan bagi warga lokal untuk tidak berjalan di saat malam hari.

Kaki mulai terasa kram ketika baru berjalan tiga puluh menit. Jarak naik ke atas kampung di atas awan ini sejauh 9 km. Bagi kita bukan orang setempat, berjalan kaki sejauh itu bukan hal yang mudah. Apalagi medan jalan ke atas berupa tanah dan kerikil. Seolah halusinasi dan mulai menyerah tapi kami tidak punya pilihan selain melanjutkan perjalanan sampai akhir. Belum terlihat tanda-tanda rumah kerucut khas Wae Rebo. Nafas mulai terasa terbatas karena suhu udara di atas ternyata semakin dingin.

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Medan jalan yang terjal menuju Wae Rebo

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Butuh waktu sekitar 2.5 jam untuk sampai ke Wae Rebo

“Hebat kamu. Nggak berat itu isi tas!” seru mbak Dewi melihat tanganku sedang dikibas.

Rintik hujan sulit dibendung. Bodohnya saya menitipkan salah satu tas berisi pakaian ke porter tapi lupa mengambil ponco. Terpaksa saya harus membiarkan tubuh basah kuyup oleh hujan selama berjalan. Beruntung saya ada membawa kantong plastik ukuran besar untuk membungkus ransel yang berisi laptop dan kamera. Menjaga keseimbangan di atas jurang bukit bukanlah hal yang mudah. Bobot peralatan dan laptop memang cukup membuat saya kesusahan sendiri. Tubuh saya mulai agak menolak karena suhu udara dingin. Bayangkan saya harus menenteng ransel berisi peralatan kerja saya agar tidak kebasahan.

Beban Berat Harus Dibagi

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Mencoba ketahanan ZenBook 13 saat diinjak. Mantap!

Sejenak teringat saat kaki dan tangan mulai kram melanjutkan perjalanan ke Wae Rebo. Andai saya punya laptop ASUS terbaru yang paling ringkas di dunia. Seminggu sebelumnya, saya sempat bertemu dengan teman-teman blogger usai mereka mengikuti acara launching laptop ASUS ZenBook yaitu ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan Zen13Book 15 UX533. Ketiganya merupakan ultrabook premium yang menggunakan desain frameless NanoEdge Display yang menghadirkan bezel ultra-tipis. Serta diperkuat prosesor terbaru Intel Core generasi ke-8, baik Core i5 ataupun Core i7.

Dua hal yang membuat saya terkesima dengan laptop ASUS terbaru ini karena ukurannya yang memang ringkas tidak memakan banyak tempat penyimpanan. Teknologi ini membuat mobilitas pekerjaan saya jadi lebih luwes, saya suka ukuran ASUS ZenBook 13 UX333.

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Laptop ASUS terbaru ini bukan hanya ringkas saja melainkan memiliki daya tahan yang sudah teruji. Daya tahan seperti apa? Coba bayangkan kalau punya laptop yang punya sertifikasi Military Grade MIL-STD 810G. Laptop ASUS sudah teruji untuk tahan dari goncangan, terlindas, dan terinjak.

Punya laptop kok maunya buat diinjak-injak sih? Tenang, laptop yang memiliki sertifikasi seperti ini tentunya akan membuat saya dan kamu lebih nyaman dan merasa aman saat traveling. Saat traveling kita tidak tahu kondisi medan jalan dan resiko yang terjadi. Satu lagi, hasrat saya untuk benar-benar membuktikan ketangguhan laptop ASUS terbaru tersebut.

Mengenal Lebih Dekat ASUS ZenBook 13, 14 dan 15

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Tiga varian ASUS ZenBook terbaru

ASUS ZenBook terbaru ini memiliki tiga ukuran rasio layar yang diperuntukkan untuk kita sesuai mobilitas. Ada ukuran 13 inch, 14 inch, dan 15 inch. Tiga ukuran ini menyesuaikan setiap kebutuhan kita. Bagi saya yang suka bepergian, ZenBook 13 ultralight sangat cocok menjadi teman perjalanan. Saat traveling tetap terhubung dengan pekerjaan seperti membalas email klien, mengedit foto dan video, serta membuat materi tentunya harus bisa mengakses di manapun. Sedangkan, untuk kalian yang membutuhkan layar yang lebih besar bisa memilih ukuran 14 inch dan 15 inch.

asus zenbook 13, asus zenbook 14, asus zenbook 15, asus zenbook best buy

Banyak fitur-fitur menarik dari ASUS ZenBook 13 inch, 14 inch, dan 15 inci yang saya suka. Varian ZenBook terbaru ini bisa menyesuaikan setiap kebutuhan. Baiklah saya akan ceritakan ke kalian mengenai fitur-fitur unggulan dari Asus ZenBook 13 inch, 14 inch, dan 15 inch yang saya suka.

Ringkas

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Selama ini saya mencari laptop idaman yang bisa menunjang kebutuhan sebagai konten kreator. Bekerja untuk membuat artikel baru, revisi, kemudian mengedit foto saat dibutuhkan memang harus membawa laptop kemanapun pergi. Bekerja secara profesional dengan klien tentunya untuk hasil yang memuaskan. Saya mulai melirik laptop ultraportable karena laptop jenis ini bukan hanya fungsi melainkan portabilitas untuk dibawa kemana-mana lebih mudah.

Contohnya ZenBook 13 terbaru ini memiliki chassis ultracompact dan ultralight. Sangat ringan dan kompak untuk dimasukan ke dalam ransel atau ditenteng sambil bekerja di kedai kopi. Apalagi telah dilengkapi dengan teknologi ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life. Resolusi layarnya Full HD (1920 x 1080 pixel) telah dilengkapi dengan berbagai teknologi visual eksklusif seperti ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life Video untuk pengalaman visual sempurna.

ErgoLift Design dan NumberPad Virtual

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Frekuensi penggunaan laptop dalam satu hari tidak terbatas. Ada yang bisa satu hari penuh berkutat dengan tulisan-tulisan, membalas email dan pesan. Saya pernah mencoba laptop yang membuat pengalaman saat mengetik kurang nyaman karena tombolnya keras. Papan keyboard pada ASUS ZenBook 13, 14, dan 15 tentunya sangat empuk dan responsif bagi kita yang sering mengetik.

Desain ErgoLift pada ZenBook 13/14/15 membuat bodi laptop terangkat saat dibuka kemudian membentuk sudut 3 derajat saat digunakan. Sudut tersebut dapat meningkatkan kenyamanan saat mengetik sekaligus meningkatkan performa audio serta sistem pendinginan juga dipikirkan oleh ASUS.

asus zenbook 13, asus zenbook 14, asus zenbook 15, asus zenbook best buy

NumberPad virtual

Bukan hanya itu saja, keunikan dari ZenBook 13/14/15 terbaru ini karena memiliki NumberPad virtual pada touchpad untuk ZenBook 13 dan 14. NumberPad berguna untuk pengguna yang sering memanfaatkan tombol numpad untuk memasukkan data ataupun melakukan perhitungan lewat aplikasi kalkulator. Sementara di ZenBook 15, ASUS tetap menghadirkan tombol numpad fisik karena dimensi laptop ini cukup besar untuk menampung tombol tersebut. Bahkan pada saat fitur NumberPad aktif, fungsi touchpad masih tetap dapat berfungsi.

Perfoma

Mendambakan performa laptop yang tidak lemot dalam membaca setiap gerakan aktivitas kita tentunya dibutuhkan kualitas laptop yang baik. Saya juga tidak pengen kalau saat sedang membuka aplikasi harus menunggu loading waktu sehingga membuat kenyamanan bekerja jadi terganggu. Lini laptop terbaru ASUS ini ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-8 serta didukung oleh GPU NVIDIA GeForce untuk performa dan grafis terbaik di kelasnya.

Opsi GPU NVIDIA GeForce MX150 tersedia untuk ZenBook 13 dan 14. Sedangkan ZenBook 15 ditenagai oleh GPU yang lebih kencang yaitu NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q. Tinggal kita pilih sesuai kebutuhan. Asyiknya semua model ZenBook terbaru kali ini juga sudah menggunakan NVMe PCIe SSD berperforma tinggi dengan kapasitas hingga 512GB, serta dilengkapi dengan RAM hingga 16GB. Semua spesifikasi tersebut membuat lini ZenBook terbaru sangat ideal digunakan sebagai laptop sehari-hari yang serba guna, baik itu untuk bekerja, menikmati hiburan, membuat konten, hingga bermain game kasual.

Baterai

Kondisi perjalanan yang jauh dan terbatas arus listrik membuat kita akan kesulitan sendiri untuk mengisi baterai laptop. Bayangkan di Kampung Wae Rebo sendiri yang tidak ada sinyal dan listrik terbatas, tapi saya juga sesekali harus melanjutkan menulis draft pada malam hari. Sebagai laptop yang bisa menemani berbagai kegiatan, pastinya saya butuh ketahanan baterai yang tinggi. ASUS ZenBook terbaru dibekali baterai hingga 14 jam untuk seri ZenBook 13 dan 14, serta 16 jam untuk seri ZenBook 15. Luar biasa mantap!

Military Grade

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Disadari atau tidak, masih banyak traveler yang ceroboh termasuk saya. Saat bepergian jauh, pastinya laptop akan terus mengalami goncangan. Potensi terjatuh dari tangan juga tidak bisa dihindarkan. Itulah alasan kita perlu memastikan keselamatan laptop selama perjalanan. Lini laptop ASUS ZenBook 13, 14 dan 15 termasuk laptop yang diperkuat dengan konstruksi rangka dari magnesium alloys. Sasis (rangka) yang ringan dan kuat ini bisa meminimalkan resiko saat dibawa bepergian.

Sertifikasi standar military-grade MIL-STD 810G kokoh sehingga mampu meredam guncangan level tertinggi, seperti terjatuh, terlindas, terinjak bahkan terbanting. Paling tidak hal pertama memastikan laptop yang kita bawa kuat dan tepat untuk para pekerja yang punya mobilitas tinggi. Bayangkan berapa harga servis layar kalau retak dan pecah? Saya pengen banget punya laptop seperti ini!

Port Konektivitas Lengkap

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Sebagai laptop yang bisa menemani berbagai kegiatan penggunanya, semua model ZenBook terbaru sudah dilengkapi dengan gigabit-class WiFi serta ASUS WiFi Master Technology, memastikan jajaran laptop ini selalu memiliki koneksi jaringan yang stabil. Sebagai tambahan, Bluetooth 5.0 memungkinkan ZenBook terbaru dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat terkini. Kelengkapan fungsi port konektivitas tentunya sangat mempermudah saya untuk memindahkan data.

Keamanan

Bukan hanya memiliki sertifikasi standar military-grade MIL-STD 810G membuat laptop seri ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433 dan ZenBook 15 UX533 berbeda. Semua model seri ZenBook terbaru ini dilengkapi dengan 3D infrared (IR) camera yang punya kemampuan untuk memindai wajah, bahkan dalam kondisi gelap sekalipun. Seru banget fitur ini ya, kita tidak perlu repot untuk mengetik kata sandi lagi. Apalagi semua laptop sudah menggunakan Windows 10 Home dengan sekuritas yang aman.

Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Daftar Harga ASUS ZenBook Terbaru

Foto di depan rumah Wae Rebo #2019PakaiZenBook Laptop lama harus diganti sama ASUS ZenBook terbaru

Pelajaran yang dipetik saat mendaki ke Wae Rebo adalah perlu latihan fisik yang cukup karena melewati medan jalan yang menantang. Peralatan yang perlu dibawa juga harus dipersiapkan apalagi kalau saat liburan saya juga harus menyiapkan konten sebagai blogger untuk bekerja.

Produktivitas yang maksimal juga perlu didukung oleh perangkat yang mumpuni agar kreativitas juga lancar dieksekusi. Rasanya sudah bukan zamannya untuk membawa laptop berbobot berat dan ukuran yang tidak ringkas. Belum lagi resiko saat perjalanan apabila laptop tertindih atau kena goncangan. Makanya ketika awal melihat ASUS mengeluarkan laptop ultraportable dengan lisensi military grade seperti ZenBook 13/14/15 ini menjadi laptop idaman yang ringkas dan aman.

Bekerja sekaligus berlibur menjadi lebih aman, ya kan?

Spesifikasi ZenBook 13/14/15

Main Spec. ASUS ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, ZenBook 15 UX533
CPU Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz)

Intel Core i7 8565U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.6GHz)

Operating System Windows 10 Home
Memory Up to 16GB LPDDR3 RAM
Storage Up to 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 13,3” (16:9) FHD (1920×1080) with NanoEdge Display (UX333)

14” (16:9) FHD (1920×1080) with NanoEdge Display (UX433)

15,6” (16:9) FHD (1920×1080) with NanoEdge Display (UX533)

Graphics Discrete graphics NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q (UX533)

Discrete graphics NVIDIA GeForce MX150 (UX333 & UX433)

Integrated Intel UHD Graphics 620

Input/Output 1 x USB3.1 Type-C (GEN 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 1), 1 x HDMI, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x MicroSD Card Reader
Camera HD IR/RGB Combo Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio Harman Kardon certified audio system with ASUS SonicMaster surround-sound technology, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery 50WHrs 3-cell battery (UX333 & UX433)

73WHrs 4-cell battery (UX533)

Dimension (WxDxH) 302 x 189 x 16,9 mm (UX333)

(WxDxH) 319 x 199 x 15,9 mm (UX433)

(WxDxH) 354 x 220 x 17,9 mm (UX533)

Weight 1,19Kg with Battery (UX333 & UX433)

1,67Kg with Battery (UX533)

Colors Royal Blue, Icicle Silver, Burgundy Red
Price Start from Rp15.299.000
Warranty 2 tahun garansi global
Iklan