Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)

Rumah sakit Mahkota Medical Centre Malaka ini dinginnya luar biasa bikin menggigil, selain untuk kenyamanan pasien, suhu dingin ini berfungsi untuk menjaga kesterilan ruangan dan alat-alat kesehatan. Kalau sedang mengantri dokter di ruang tunggu ada baiknya menggunakan jaket. Saya sendiri lupa membawa jaket sehingga memilih penghangat alami dengan menjepitkan kedua lengan di bawah ketiak. Memang mayoritas orang Indonesia datang ke Malaka untuk berobat selain berlibur pastinya.

ruang tunggu di mahkota malaka centre - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Ruang tunggu dokter di Mahkota Malaka Centre
ruang dokter mahkota malaka centre - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Setiap dokter punya asisten yang akan membantu pasien pas awal

Praktek dokter di Mahkota Medical Centre Malaka sudah ada sejak jam 8.30 pagi waktu setempat, kita sudah bisa memprediksi waktu medical check up dan bertemu dengan dokter. Ada baiknya sebelum berangkat ke Malaka, kita sudah membuat janji dengan dokter spesialis yang dituju. Hal ini agar kita bisa tahu apakah dokter sedang cuti, berhalangan atau sedang ada jadwal operasi. Ketika kita datang sendiri, hal ini tentunya juga harus dipikirkan bukan?

“Dari Indonesia ya?” suara perempuan dari samping saya. Saya yang sedang sibuk dengan ponsel di tangan mulai mencari sumber suara. Pasien asal Indonesia, terutama ibu-ibu memang dikenal suka mengajak mengobrol sambil menunggu dokter. Kadang dari sumber obrolan itu kita bisa mendapatkan informasi tambahan mengenai jenis penyakit atau dokter.

PERSIAPKAN KE MAHKOTA MEDICAL CENTRE MALAKA

panduan berobat ke malaka murah - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Selamat datang di Malaka

Malaka relatif dekat dengan Kuala Lumpur, hanya 2 jam perjalanan dari Kuala Lumpur menggunakan bus. Halte bus sendiri ada di bandara KLIA/KLIA2 dengan harga terjangkau. Kota Malaka kecil sehingga nyaman dan aman untuk kita melancong sekaligus berobat. Ada banyak hotel dan restoran murah tersedia di dekat Mahkota Malaka Centre. Sebelum berangkat, saya sudah mulai agak repot untuk berobat ke Malaysia seperti memesan tiket pesawat, akomodasi serta menghubungi pihak rumah sakit untuk bertanya jadwal dokter spesialis. Hal menarik dari jadwal praktek dokter di rumah sakit Malaysia adalah memiliki jadwal praktek yang tetap sehingga memudahkan untuk berkonsultasi.

kaunter bus malaka - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Beli tiket bus menuju Malaka dari KLIA2
air asia everyone can fly - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Air Asia sangat membantu dalam rute penerbangan hemat.

Beberapa poin yang lainnya, kalau kalian pengguna asuransi tentunya butuh untuk klaim rawat inap (bukan rawat jalan). Saya juga harus menyiapkan dokumen-dokumen pendukung. Tentunya cukup repot apabila diurus sendiri karena banyak detail yang harus dipersiapkan sebelum berangkat.

BIAYA BEROBAT MAHKOTA MEDICAL CENTRE

bagian informasi mahkota malaka centre - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Bagian informasi bisa bertanya dokter dan biaya

Berobat ke luar negeri memang murah?

Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke email mengenai biaya berobat ke Malaka. Saya mencari berbagai informasi dan mencoba bantu kalian lewat tulisan dengan tujuan bisa memberikan informasi terbaru.

Sudah jadi rahasia umum sebagian orang Indonesia memilih berobat ke luar negeri. Seperti penanganan medis yang lebih baik, diagnosis yang lebih cepat dan tepat, biaya yang lebih terjangkau dan klaim asuransi yang lebih mudah. Alasan ini saya coba tanya ke beberapa pasien orang Indonesia yang kebetulan sedang menunggu dokter dan mereka pun sepakat.

praktek dokter mahkota malaka centre - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Jadwal praktek rutin dokter di Mahkota Malaka Centre

Memang tidak ada orang yang ingin sakit, tapi resiko hidup tentu ada waktunya sakit hanya kita tidak tahu kapan. Tetapi, kini kita tidak perlu menunggu sakit kemudian baru pergi ke rumah sakit. Ada baiknya kita senantiasa melakukan medical check up rutin untuk meminimalisir adanya gangguan pada tubuh. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

Beberapa kali bertemu dengan orang saat sedang menunggu dokter, saya sekaligus mencatat informasi mengenai harga berobat. Berikut Biaya Berobat ke Malaka yang berhasil saya kumpulkan sesuai tindakan yang sering dilakukan :

  • Biaya konsultasi dengan dokter spesialis berkisar RM 60 – 250 tapi tergantung dengan kondisi pasien.
  • Pasang ring jantung (Angioplasty) estimasi antara RM 28.000 – 38.000.
  • Bypass jantung: RM 58.000 – 68.000.
  • Penggantian Tempurung Lutut (Total Knee Replacement) RM 17.000 – 28.000.
  • Operasi Katarak RM 4.000 – 7.000.
  • Gastroskopi (Endoskopi Atas) RM 600 – 1.000.
  • Kolonoskopi (Endoskopi Bawah )RM 1.100 – 1.750.
  • Operasi kelopak mata RM 5.000 – 6.000.

Dengan acuan 1 RM sekitar Rp 3500 (rate Agustus 2019). Semisal kalian ingin mengambil asuransi kesehatan tentunya kalian harus mencari asuransi kesehatan yang bisa cover untuk perawatan rumah sakit di luar negeri, setidaknya mengambil plan kamar Rp 2.000.000 per malam dan total pengobatan pertahun sekitar 3 Milyar. Bisa menggunakan sistem cashless atau reimburse. Sedangkan klaim asuransi berobat di luar negeri juga mudah. Selain itu juga banyak pasien dari Indonesia yang mencari second opinion untuk menjalani perawatan masalah seperti tulang belakang atau spine (saraf kejepit), program bayi tabung, autoimune, stroke, parkinson, urologi, dan lainnya. Sebagian biaya memang akan berbeda-beda karena profil pasien tidak sama.

Sewaktu menunggu antrian dokter, saya juga sempat mengobrol dengan salah satu survivor pasien kanker paru-paru stadium 4. Dia bercerita dulu didiagnosis kanker paru-paru stadium 4. Awalnya untuk berjalan saja sudah lemas, sesak dada dan suara yang parau. Untunglah setelah melewati kemoterapi 26 kali dan melakukan pemeriksaan PET CT scan, dokter menyatakan bersih dan terbebas dari kanker. Ibu itu melihat banyak pasien kanker stadium 4 dapat terobati dengan baik di Mahkota ini.

Bukan heran kalau Mahkota Medical Centre menjadi salah satu rujukan pasien kanker di Malaysia. Alasannya karena rumah sakit ini dilengkapi dengan alat-alat yang ter-update dan memiliki dokter spesialis kanker serta ahli nuklir sendiri. Jarang rumah sakit di Malaysia yang mempunyainya. Saya dapat informasi rumah sakit ini memiliki alat baru yakni PET CT Scan dan Tomotherapy Radixact X-7. Kedua mesin ini yang terbaru se-Asia Tenggara. Ditambah mesin radiasi V Mat dan IGRT sehingga meminimkan waktu antri pasien.

KANTOR PERWAKILAN RESMI MAHKOTA – REGENCY HOSPITAL (AUTHORISED REPRESENTATIVE OFFICES / ARO)

panduan berobat mahkota malaka centre - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Mahkota Malaka Centre punya kantor perwakilan resmi

Ibu-ibu yang mengajak saya mengobrol berasal dari Surabaya, dia banyak memberikan informasi mengenai dokter dan biaya berobat di Mahkota Medical Centre, Malaka. Kebetulan dia sedang menunggu giliran untuk konsultasi dokter orthopedi untuk memeriksakan lututnya selepas menjalani operasi penggantian tempurung lutut (Total Knee Replacement). Si ibu ini seringkali datang dengan keluarganya sebelum sebelum ini untuk melakukan pemeriksaan rutin dan beberapa pengobatan di Mahkota. Dia bercerita jika selama ini dibantu semua urusan persiapan perjalanan seperti temu janji dengan dokter, Transport dan akomodasi, urusan kelengkapan dokumen asuransi, masalah penitipan&pembelian obat dan lainnya melalui Kantor Perwakilan Resmi Mahkota-Regency Hospital (Authorised Representative Offices / ARO) di Surabaya Pusat.

hotel murah dekat mahkota malaka centre - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Deretan hotel murah dekat Mahkota Malaka Centre

Mengenai perwakilan rumah sakit Malaysia di Indonesia atau Authorised Representative Offices Mahkota Medical Centre, Malaka ada di beberapa kota besar, contohnya Surabaya Pusat. Kalian yang tinggal di Surabaya, sekitar Jawa Timur, serta seluruh Indonesia yang bingung mengenai cara berobat ke Malaysia tentu lebih baik datang atau menghubungi ke kantor perwakilan resmi untuk mendapatkan informasi yang benar, lengkap, dan akurat. Selain itu, kalian juga bisa dibantu selama proses pengobatan mulai dari sebelum keberangkatan, bertemu dengan dokter spesialis, biaya pengobatan serta kepulangan ke Indonesia.

Poin lebih apabila menggunakan kantor perwakilan resmi atau Authorised Representative Offices Mahkota Malaka Centre :

  1. Bagi kamu yang baru pertama kali berobat ke Malaka. Tentunya ada rasa bingung sekaligus minim informasi. Apalagi sejak tulisan saya pertama kali mengenai Panduan Berobat ke Malaka ternyata ada banyak sekali pesan yang masuk ke email. Rata-rata bertanya mengenai cara berobat ke Malaka, biaya berobat di Malaka, rumah sakit Malaysia, cara booking rumah sakit di Malaysia, dan yang paling sering adalah biaya berobat ke Malaysia. Kehadiran kantor perwakilan resmi sangat membantu.
  2. Kita bisa langsung mendapatkan estimasi biaya yang dibutuhkan. Harga yang diberikan oleh kantor perwakilan resmi langsung dari Mahkota Malaka Centre. Sehingga sangat nyaman sekali untuk kita bisa tahu kisaran biaya yang dibutuhkan.
  3. Banyak promo menarik misalnya voucher RM 200 atau sekitar Rp 750.000 untuk potongan MCU apabila berangkat lewat kantor perwakilan resmi.
  4. Kalau tidak mau repot urus akomodasi dan hotel selama berobat di Malaka, pihak perwakilan resmi ini juga bisa bantu! Luar biasa banget kan.
  5. Pihak perwakilan resmi juga menyediakan jasa pendampingan medis untuk kamu yang kesulitan berangkat sendiri menuju rumah sakit yang dituju.
  6. Layanan GRATIS! Dari memastikan jadwal konsultasi dengan dokter, pre konsultasi hasil medis sebelum berobat, transportasi dan akomodasi sampai pengurusan asuransi.

MAHKOTA REGENCY, PERWAKILAN RESMI MAHKOTA MEDICAL CENTRE

Salah satu rumah sakit yang menjadi pilihan orang Indonesia berobat ke Malaysia adalah Mahkota Medical Centre yang memiliki tagline Hands That Treat, Hearts That Heal, tepatnya berlokasi di Melaka, Malaysia. Bukan tanpa alasan orang memilih berobat ke Malaka, selain biaya berobat yang relatif terjangkau, Mahkota Medical Centre Mlaka juga merupakan salah satu rumah sakit terbaik di Semenanjung Melaka yang telah beroperasi selama 25 tahun lebih. Mahkota Medical Centre menjadi salah satu pelopor utama Health Tourism di Malaysia. Setiap tahunnya menyumbang 100.000 pasien Indonesia setiap tahunnya.

Kualitas pelayanan medis sangat bagus banget, bahkan mereka mendapatkan predikat “Surgical Hospital” di Malaysia. Tau juga kah kalian jika rumah sakit ini yang punya adalah manajemen Singapura, HMI – Health Management International, dan penduduk Singapura juga bisa berobat ke Mahkota ini dengan menggunakan Kartu Kesejahteraan mereka yakni MEDISAVE, rumah sakit ini juga dilengkapi dengan 10 Pusat Keunggulan serta kurang lebih 90 dokter spesialis sehingga siap melayani pasien dengan keluhan penyakit apapun alias general hospital. Selain itu pula Mahkota Medical Centre ini sudah ditunjang dengan peralatan dan teknologi yang mutakhir di bidang medis.

mahkota regency website - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Mahkota Regency – www.MahkotaRegency.id

Dari sisi peralatan memang saya bisa rasakan sendiri ketika mendapat cerita dari mama saya ketika melakukan Endoscopic Ultrasound. Kalian tahu nggak ini alat apa sih ya? Alat ini dapat melihat saluran pencernaan seperti Pankreas Liver dan Kantong Empedu. Dan jika tampak ada hal yang berbahaya maka bisa diangkat dengan biopsi secara endoskopi.

Informasi tambahan buat kamu!

Selain Mahkota Medical Centre sendiri, ada Regency Specialist Hospital sebagai “Sister Hospital” yang terletak di Johor Bahru, Malaysia. Belakangan ini popularitas Johor Bahru mulai menyaingi Kuala Lumpur yang telah dikenal. Ada banyak tempat pilihan wisata yang dapat dikunjungi di Johor Baru diantaranya Legoland, Hello Kitty Land, dan Angry Bird Land. Bagi kalian yang hobi berbelanja nih, ada Johor Premium Outlet (JPO) yang siap memanjakan kalian dengan barang branded dengan diskon yang keren abis.

Reception Counter - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)

Ward Counter - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)

Cafe - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)

2 Bedded Ward - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)

Regency Specialist Hospital memiliki 5 Pusat Keunggulan dengan kurang lebih 50 dokter spesialis dan semua dokter bisa berbahasa Melayu. Pastinya adanya dokter yang bisa bahasa Melayu – Indonesia membuat kita lebih nyaman lagi pada saat konsultasi bukan?

Sebenarnya menarik juga berobat ke Regency Specialist Hospital, soalnya sudah ada penerbangan langsung ke Johor Bahru, hari minggu dokter masih praktek loh dan disana dikarenakan masih sister hospital tentunya fasilitas teknologi kesehatan juga sama canggih seperti di Mahkota Medical Centre, Malaka. Mengenai dokter spesialis, di Regency Specialist Hospital ini memiliki dokter spesialis jantung kardiologi & paru-paru, usus, saraf, wanita & anak dan gawat darurat. Terlebih lagi, di Regency Specialist Hospital ini memiliki dokter spesialis bedah untuk anak anak mulai dari bedah urologi, ginjal, dan masih banyak yang lain. Regency Specialist Hospital memiliki klinik TCM (Traditional Chinese Medicine) atau pengobatan Cina tradisional yang menggabungkan pengobatan medis dan herbal.

Banyak sekali informasi update yang saya peroleh mengenai panduan berobat ke Malaka. Sekarang rasanya kamu tidak perlu khawatir lagi, sebab selain kalian bisa menemukan informasi panduan berobat ke Mahkota Medical Centre Malaka di blog saya. Saya lebih menyarankan kalian bisa menghubungi kantor perwakilan resmi dari Indonesia sebelum pengobatan.

Kalian bisa menghubungi kantor Perwakilan Rumah Sakit Malaysia yang secara resmi ditunjuk oleh Rumah Sakit di Malaysia yakni Kantor Perwakilan Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang ada di Surabaya Pusat. Bantuan mereka dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi hasil medis dan yang pasti bebas biaya apapun.

Kantor Pelayanan & Informasi Resmi RS Mahkota Medical Centre – Regency Specialist Hospital, Surabaya Pusat

Jl. Baratajaya XIX No. 31C, Surabaya

Blog: www.MahkotaRegency.id

mmcsurabayaoffice@gmail.com

HP/ WA 083830028050

Telp. 031 – 5020588

 

BACA JUGA :  9 Tempat Traveling Seru Musim Panas Sambil Kuliner Enak di Perth
ss - Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)
Maaf saya bukan dokter, kawan

Berobat ke Malaysia bisa jadi pilihan ketika kamu ingin mencari second opinion. Pilihan berobat ke luar negeri tentunya banyak pertimbangan mulai dari memilih rumah sakit, dokter hingga biaya. Tidak ada salahnya mencoba menggunakan layanan perwakilan resmi sehingga kita tidak perlu repot untuk mengurus segala keperluan. Semua sudah diurus dan gratis. Semoga sekarang kalian tidak lagi mengira saya adalah dokter, seperti salah satu isi surat pembaca saya yang salah alamat.

Advertisements
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

5 thoughts on “Panduan Berobat ke Melaka : Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (Plus Rincian Biaya)

  1. Kemarin aku sempat kepikiran buat cari vaksin anakku di Malaysia karna produk vaksin nya kosong di Indonesia, Dsa anakku juga saranin ke Malaysia. Pas kesana ternyata biaya berobat lebih murah ya, cuma kalau di Malaka aku belum coba sih, jadi pengen ke Malaka

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.