Kuliner: Lontong Kupang dan Sate Kerang, Surabaya


Asik jalan-jalan ke pantai yang ada di Surabaya, perut saya mulai kelaperan dan saatnya untuk mencoba kuliner Surabaya. Dan pilihan saya jatuh ke Lontong Kupang dan Sate Kerang.

Lontong Kupang

Lontong Kupang

Awalnya saya bingung, kupang itu apa ya? Ternyata setelah tanya sama penjual kupang itu kayak kerang tapi ukurannya mini. Kalau orang Palembang biasa nyebutnya remis. Enaknya kupang itu kalau ditambahin dengan petis. Wah apa pula itu petis? ternyata petis itu kepala udang campur daging kepiting. Kalau di Palembang lebih dikenal calok alias terasi. Hahaha…

Sate Kerang

Sate Kerang

Bicara soal lontong, ternyata ada bedanya lontong Surabaya dengan Palembang. Ya iyalah… lontong buatan Surabaya teksturnya kerasa lembut, jadi mungkin untuk lidah saya kurang pas. Setelah tanya ama temen eh digurauin.. ya iyalah.. orang Surabaya itu kan lembut-lembut dan baik hati.. hehehe.. tapi emang bener orang Surabaya itu baik dan ramah.

Iklan

15 pemikiran pada “Kuliner: Lontong Kupang dan Sate Kerang, Surabaya

  1. numpang lewat ya. Kalau mau jalan-jalan ke medan, or kalau mau wisata kuliner di medan, jangan lupa mampir di blog indrahalim.com ya… di situs itu lengkap reviewnya tuk resto or kedai yg menyediakan makanan enak di medan.. thx!

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s