BerandatravelMonpera, Potret Perjuangan Rakyat Sumatera Selatan Tempo Dulu

Monpera, Potret Perjuangan Rakyat Sumatera Selatan Tempo Dulu

Author

Date

Category

monpera01

Kenapa Kesini?

Monumen ini sudah ada sejak 17 Agustus 1975 dan baru diresmikan tanggal 23 Februari 1988 oleh Menko Kesra Alamsyah Ratu Perwira Negara. Terletak di pusat kota Palembang tepatnya di depan Masjid Agung Palembang, monumen ini diberi nama Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA).

Sebagai salah satu ikon kota Palembang, monumen ini memiliki sejarah sendiri untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan waktu melawan para penjajah. Saat itu dikenal dengan Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang. Pertempuran ini melibatkan seluruh rakyat Palembang melawan Belanda.

Apa yang Dilirik?

Bentuk museumnya unik, di bagian depan museum terpajang burung Garuda simbol kebangsaan Indonesia.

Tersimpan sejarah yang menjadi saksi bisu bagaimana sengitnya para pejuang melawan penjajah Belanda. Di dalam museum ini akan diperlihatkan berbagai jenis senjata yang digunakan dalam pertempuran termasuk berbagai dokumen perang dan foto-foto tempo dulu.

Di setiap bingkai-bingkai foto yang dipajang diberi keterangan yang membantu kita ikut tengelam dalam suasana dan membayangkan bagaimana suasana perang saat itu.

Sambil menikmati berkeliling museum, alunan musik khas bahasa Palembang juga bergema di seluruh lantai museum.

monpera03

monpera05

monpera07

Ada 6 lantai dan lantai paling atas, kita bisa melihat pemandangan kota Palembang, termasuk Jembatan Ampera. Kalau ingin naik ke lantai paling atas, harap hati-hati karena tangga yang kecil lalu harus keluar ke lubang seperti tank.

monpera06

monpera08

Jadi…

Sangat disayangkan museum ini jumlah koleksinya sudah tidak terurus. Beberapa sudut masih tampak kosong. Ruangan yang pengap. Padahal kalau ada koleksi seperti patung pahlawan, baju perang, atau salinan dokumen dengan teks tempo dulu tentu akan menambah pengetahuan warga untuk berkunjung.

Lokasi

Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA)

Jalan Merdeka No. 1,
Kelurahan 19 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I,
Palembang, Sumatera Selatan

Jam Kunjung

Buka setiap hari pukul 08.00-15.30 WIB
Senin & Hari libur nasional: Tutup

Tiket Masuk

Dewasa dan anak-anak: Rp 2.000

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru