Hong Kong Trip : Disneyland, Ngong Ping, Ladies Market


Hari Keenam : Hong Kong

Memang dari kamar guest house ini saya tidak dapat melihat ke arah pemandangan luar. Cuma masih disyukurin dapat kamar yang nyaman dan bisa tidur nyenyak. Pagi di Hong Kong saya mengisi perut dengan sebungkus Indomie yang dibawa dari Palembang, untungnya di guest house ini disediakan dispenser air panas, jadi ala kadarnya mie instant tinggal diseduh.

Hong Kong Disneyland

Tepat pukul 8.30 pagi, perjalanan hari ini mau mampir ke Hong Kong Disneyland (HKD). Setelah diskusi semalam bersama teman lainnya, kita putuskan untuk tidak masuk ke dalam HKD dengan alasan kalau kesana perlu waktu 1 hari penuh sampai malam, sedangkan masih ada beberapa tempat lagi yang mau kita kunjungin. Jadi jika mau ke HKD silahkan cocokkan itinerary dengan menambah 1 hari untuk berkeliling di wahana bermain Disneyland. Harga tiket masuk HKD 399, tapi kalau beli sama ibu penyewa guest house bisa HKD 370.

Secara garis besar Hong Kong Disneyland seperti surganya kalau kita penggemar Disney. Banyak tokoh kartun Disney yang bisa ditemuin dan yang paling mudah adalah Mickey dan Minnie Mouse. Di dalamnya ada wahana permainan, jika mau membeli souvenir asli Disney silahkan sisihkan uang karena harganya tentu mahal.

Cara menuju ke Hong Kong Disneyland dengan naik MTR Tsim Sha Tsui ke Disneyland. Cuma saat beli koin MTR kami salah baca peta MTR, jadi membeli tiket dari Tsim Sha Tsui ke Sunny Bay seharga HKD 13.40. Saat mau ke Sunny Bay kita bakal transit ke halte Lui King baru berpindah ke MTR Sunny Bay. Setelah sampai ke Sunny Bay, tinggal pindah ke MTR jurusan Disnyeland dan setelah sampai baru membeli tiket baru seharga HKD 9.2. MTR jurusan Disneyland ini dirancang khusus semuanya serba tokoh Disney.

Duduk di dalam MTR Disneyland terasa nyaman karena suasana di dalamnya dan juga tempat duduk lebih ekslusif, pastinya pengunjung lebih merasa betah.

Ngong Ping, Lantau Island

Asik berfoto dan menikmati pemandangan HKD walau dari luar, selanjutnya tempat yang ingin dikunjungi adalah Desa Ngong Ping yang berada di Pulau Lantau yang berada di dataran tinggi Hong Kong. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Hong Kong yang dikembangkan untuk pembangunan Kota Thung Chung. Terdiri dari pantai dan desa-desa nelayan.

Cara menuju ke Desa Ngong Ping kalau dari Hong Kong Disneyland adalah dengan membeli tiket dari MTR Disneyland ke Thung Chung. Sesampainya di Thung Chung tinggal ikutin arah ke halte bus Ngong Ping. Biasanya kalau cable car sedang maintance mereka akan memberikan informasi di halte dan akan kasih tahu arah bus ke Ngong Ping. Halte bus jurusan Ngong Ping ada di nomor 23. Harga tiket bus HKD 35 untuk pergi – pulang.

Sebelum berangkat backpacker, saya sudah dapat informasi terlebih dahulu dari website Ngong Ping kalau cable car sedang dalam masa maintance. Padahal sebelumnya kita sudah kepengen naik cable car kelas kristal jadi serasa melayang karena lantai bawah terbuat dari kristal tembus pandang.

Perjalanan menggunakan bus dari Thung Chung ke Pulau Lantau berkelok-kelok, tapi bisa sambil menikmati pemandangan pantai yang bersih. Ngong Ping sendiri berada di dataran tinggi sehingga suhu udara akan terasa sejuk, saat itu suhu udara 19 derajad.

Hati terasa senang begitu bus berhenti dan sudah ada gapura Desa Ngong Ping. Masuk dari gapura warna merah disana banyak toko yang menjual souvenir.

Begitu keluar dari bus, hembusan udara yang dingin sempat membuat saya mengigil. Udara dinginnya hampir sama saat berada di Genting, Kuala Lumpur. Melirik ke kanan ternyata ada kedai yang menjual makanan dan dipilihlah semangkok mie dengan kuah yang hangat!

 

Dari arah jauh, tampak Giant Buddha atau Tian Tan Buddha yang hampir mirip seperti di Chin Swee Temple yang ada di Genting. Begitu sampai kita akan melewati gapura tinggi dan di samping kiri dan kanan terdapat patung prajurit yang mewakili dua belas astrologi Cina. Dari arah jauh kita sudah bisa melihat megahnya Giant Buddha.

Di dalamnya juga ada rumah makan vegetarian dan kuil untuk sembahyang. Kalau ingin makan di restauran vegetarian caranya membeli paket makanan yang dihitung per kepala HKD 78 dan sudah termasuk tiket masuk ke dalam patung Buddha untuk melihat museum Buddha seharga HKD 40.

 

Oleh karena penasaran, maka rugi sekali kalau tidak mendaki ke atas mendekati Giant Buddha. Di sana kita bisa melihat hamparan pemandangan luas dan merasakan hembusan udara yang segar dan bersih. Berapa jumlah pijakan anak tangga? Silahkan dihitung sendiri. 

 

Wisdom Path

Pemandangan yang bisa dilihat di Ngong Ping selain Big Buddha yaitu Wisdom Path. Menuju ke lokasi Wisdom Path tinggal ikutin petunjuk jalan yang telah disediakan. Cukup berjalan kaki dan kita akan menikmati sunyi-nya hutan.

Wisdom Path atau Jalur Kebijaksanaan merupakan jejak yang dirangkai dengan 38 balok kayu panjang yang berisi ayat-ayat Sutra Buddha berabad-abad silam. Isinya jika diselamin akan menenangkan hati karena berupa kalimat doa.

Ladies Market, Mong Kok

Sekitar pukul 3 siang kami pun bergegas pulang karena jadwal bus untuk kembali ke Terminal Thung Chung pukul 3.20 sore. Kalau lewat dari jadwal maka harus ikhlas untuk menunggu 1 jam berikutnya.

Sampai di Thung Chung saya lanjutkan untuk pulang ke hotel sejenak untuk istirahat karena selanjutnya hanya ke Ladies Market yang berada di kawasan Mong Kok. Pulang dari Thung Chung ke halte Tsim Sha Tsui HKD 17.

Sekitar pukul 6 sore setelah selesai mencari makan malam, maka tinggal naik MTR dari Tsim Sha Tsui – Mong Kok dengan harga HKD 5.

Ladies Market entah dari mana sebutan tersebut. Ladies Market sendiri tempat yang cocok untuk membeli souvenir khas Hong Kong seperti gantungan kunci, kaos, sepatu, dll. Mirip Kuala Lumpur di Pasar Seni. Keahlian negosiasi tawar menawar sangat dibutuhkan disini. Jangan takut untuk menawar sampai 75% dari harga yang dikasih. Harga rata-rata untuk gantungan kunci isi 6 $35-$40 sedangkan untuk kaos $90 dapat 6 kaos. Kalau dia buka $100 untuk 5 kaos, tawar untuk jadi 7 kaos.

Harap hati-hati saat transaksi membeli barang yang diinginkan. Periksa secara detil kualitas barang yang ingin dibeli.

Bagaimana cara tawar menawar di pasar malam? Jika kesulitan bahasa, gampang tinggal pakai kalkulator dan tawarkan harga yang diinginkan. Kalau kita tawarnya terlalu murah biasanya mereka langsung mengusir. Tapi tenang, masih ada toko di sebelahnya lagi yang menjual barang yang sama.

 

Sepanjang Mong Kok Street selalu tampak ramai oleh anak-anak muda yang berseliweran menghabiskan malam. Biasanya mereka sambil makan jajanan kecil atau menikmati atraksi dari orang seperti berjoget, nyanyi, maupun unjuk bakat lainnya. Bayangkan mereka seperti memblok seluruh jalan hanya untuk atraksi.

Pengeluaran Hari Keenam

  • MTR Tsim Sha Tsui – Sunny Bay : HKD 13.40
  • Sunny Bay – Disneyland : HKD 9.2
  • Bus ke Ngong Ping : HKD 35 (pp)
  • MTR Disneyland (Thung Chung) – Tsim Sha Tsui : HKD 17
  • MTR Tsim Sha Tsui – Mong Kok : HKD 10 (pp)
  • Makanan : HKD 67

Total dalam Hong Kong (dollar) : HKD 151.6 (Rp 197.080)

10 pemikiran pada “Hong Kong Trip : Disneyland, Ngong Ping, Ladies Market

  1. Ping balik: Travelling is Possible! | Koh' Huang

  2. hai…
    kl blh tau…wktu di hong kong nginap di guest house apa? tolong infonya. cocok ga kl bw balita 4 tahun?
    thanks

  3. xri xri buru2 comment wong blm dibaca semua jg, hehehe…peace….
    saking senengnya nemu tulisan spt yg kita inginkan. klo yg ke Peak gmn caranya krn kita ga pingin ke madame tusaaud secara sdh pernah wkt di thailand. klo ga ambil paket gmn caranya? tx

    • Kalau itu tinggal beli tiket yang hanya untuk tiket naik tram dan masuk sky terrace. Gak usah beli tiket combo 3 in 1 yang ke madame tussaud.
      Sent from my BlackBerry® smartphone

  4. halo…tks ya…tlisannya sangat2 membantu krn semua jelas….
    ga mampir ke macau n shenzen ya…tgl 24 juli ini kita sekelg brkt

  5. Kezia : ‘mama aku mau ke rumah mickey mouse’
    Me : ‘kalo sekarang belum bisa nak’
    Kezia : ‘nanti aja gpp ma, pas Kezia 7 tahun aja…

    Me : (rolling eyes, karena skrg Kezia udah 5,4 tahun, time remaind to fullfill Her wishes is 18 month from this day, coba kmrn titip uncle Huang aja ya… ^^)

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s