Hong Kong Trip : The Peak, Madame Tussauds, Sky Terrace


Hari Ketujuh : Hong Kong

Udara pagi hari ini masih 19 derajad, sejuk tapi tetap dingin. Di Hong Kong, setiap pagi selalu ada petugas yang membagikan koran gratis. Koran ini ada yang menggunakan bahasa Mandarin dan Inggris. Saya suka minta satu yang bahasa Inggris untuk dibaca saat di MTR.

Rencana jalan-jalan di hari ketujuh ini mau mengunjungi The Peak.

The Peak

The Peak merupakan titik tertinggi di Pulau Hong Kong dan bisa dikatakan lingkungan yang paling menarik untuk melihat pemandangan panorama kota Hong Kong. Pastinya udara di atas akan terasa dingin. Agar bisa melihat pemandangan panorama kota Hong Kong 360 derajad bisa naik ke Peak Tower. Pada siang hari kita akan melihat hamparan gedung pencakar langit, kalau malam hari hamparan kilauan lampu dari gedung-gedung tersebut.

Cara pergi ke The Peak dengan MTR ke Central. Keluar dari halte Central tinggal ikutin petunjuk jalan ke The Peak. Tiket masuk The Peak saya sarankan untuk beli yang combo 3 in 1 yang sudah termasuk tiket naik kereta The Peak, Madame Tussaud, dan masuk ke Sky Terrace dengan biaya $250.

Untuk naik ke atas, kita menggunakan Peak Tram. Kendaraan ini sendiri sudah ada sejak lama dan telah mengalami beberapa kali perbaikan. Naik tram mengarah ke atas terasa seperti kita sedang naik olala di Ancol.

Madame Tussaud

Nama Madame Tussaud sudah tidak asing didengar. Adalah museum yang didalamnya terdapat patung-patung lilin dari figur artis, tokoh politik, sampai pemusik. Madame Tussauds sendiri ada di beberapa wilayah dunia. Replika patung yang dibuat oleh Madame Tussaud bisa dilihat bagaimana detilnya mereka membuat hampir sama persis dengan tokoh asli.

Jumlah koleksi patung di dalamnya juga tidak begitu banyak, setidaknya sekitar 2 jam untuk berkeliling dan berfoto dengan replika patung. Keluar dari tur museum, ada stand sounvenir salah satunya menawarkan untuk membuat patung lilin tangan kita seharga $45. Lebih baik tidak tergoda untuk bikin souvenir lilin, karena bawa balik ke Indonesia lilinnya langsung lumer. Kemudian, awal masuk Madame Tussaud kita akan difoto sama petugas, saya pikir sifatnya gratis ternyata untuk menembus foto kita perlu biaya HKD 100.

Sky Terrace 428

Sky Terrace 428 atau yang berada di puncak Peak Tower ini tempat yang pernah menjadi lokasi syuting Master Chef Indonesia session 2 saat eliminasi masuk 3 besar.

Di dalam Peak Tower sendiri banyak toko dan restoran serta tempat hiburan, jadi dari sini kita tinggal naik ke puncak paling atas menggunakan lift.

Waktu menyusun itinerary ke Hong Kong saya sendiri juga penasaran tempat ini, kira-kira pemandangan seperti apa yang bisa dilihat dari puncak setinggi 428 meter. Ternyata, dari atas sini kita bisa melihat pemandangan kota Hong Kong secara 360 derajad. Menarik!

Museum of Tea Ware

Keluar dari The Peak, jika kita jalan ke seberang akan ketemu dengan Hong Kong Park. Sebuah taman kota yang di dalamnya terdapat beberapa satwa yang dilestarikan. Taman ini terasa rindang dan nyaman kalau sedang mencari inspirasi.

Keliling di sekitaran taman, kita melihat sebuah rumah dan tampaknya seperti museum. Ternyata museum teh. Berhubung sudah lewat, maka kita coba masuk ke dalam museum. Di dalam museum, saya mendapat pengetahuan baru mengenai sejarah dan jenis teh.

Central Pier – Harbour City

Rencananya mau balik ke hotel karena hari juga sudah sore. Pada saat mau balik ke arah MTR, teman saya nawar apa mau coba naik kapal. Maka tanpa menunggu lama, kita langsung mengiyakan. Sayang sekali kalau backpacker kita tidak mencoba fasilitas yang ada di negara itu dan menikmati yang ditawarkan.

 

Jalan ke dermaga kapal juga cukup jauh, tapi berkat petunjuk arah di Hong Kong yang jelas kita juga tidak kesulitan untuk mencari dermaga kapal dari terminal MTR. Harga tiket kapal untuk menyebrang dari Central Pier ke Harbour City seharga HKD 2.5, jauh lebih murah kalau naik MTR seharga HKD 9.

Pengeluaran Hari Ketujuh

  • MTR Tsim Sha Tsui – Central : HKD 9
  • Tiket combo 3 in 1 The Peak : HKD 250
  • Ferry Central – Harbour City : HKD 2.5
  • Makanan : HKD 39

Total dalam Hong Kong (dollar) : HKD 300.5 (Rp 390.650)

Iklan