Shenzhen Trip : Window of World, Dong Men Shopping Street


Hari Kedelapan : Hong Kong – Shenzhen

Bangun tidur sekitar pukul 5.30 pagi, saya mengucap syukur dan berkata dalam hati “Tidak terasa hari

ini pun sudah harus berpindah negara.”

Waktu pertama kali backpacker di Kuala Lumpur saya merasa kok kayak sudah lama, padahal baru beberapa hari. Cuma ini setelah mau masuk ke Shenzhen saya kepikiran wah sebentar lagi balik ke Indo, padahal masih kepengen melanjut ke negara lain.

Shenzhen

Shenzhen negara yang sudah diambil alih ke China. Walaupun letaknya dekat dari Hong Kong tetap diperlukan visa untuk masuk ke imigrasi China. Tapi jangan kuatir karena kita bisa langsung membuat Visa on Arrival yang proses buatnya saat saya bikin tidak lebih dari 10 menit dengan biaya RMB (renminbi) 168.

Cara pergi ke Shenzhen dari Hong Kong sangat mudah. Dari MTR pergi ke halte terakhir Lo Wu. Perjalanan dari MTR TST ke Lo Wu sekitar 40 menit, makanya kita sengaja untuk keluar pagi hari supaya bisa tiba di Shenzhen sebelum pukul 12 siang.

Begitu sampai di Lo Wu kita sudah masuk ke wilayah Shenzhen – Lou Hu. Lokasi kantor pembuatan visa berada di lantai 2 tinggal ikutin petunjuk maka kita sudah bisa mendapatkan visa yang berlaku selama 5 hari di Shenzhen.

 

Selesai membuat VoA sekitar pukul 11 langsung menuju Metro (MRT nya Shenzhen) ke Dong Men karena pesanan hotel di Shenzhen berada di kawasan Dong Men yaitu Hotel Garden Inn dengan tarif permalam 250 ribu. Hotel dengan fasilitas nyaman dan luas. Lokasi hotel Garden Inn ini letaknya dekat dengan halte Metro, begitu keluar dari Dong Men pilih pintu keluar A1 dan tinggal jalan lurus beberapa blok toko sudah ketemu.

Window of World

Sampai di hotel sekitar pukul 12 siang, petualangan pun dimulai ke Window of World (WoW) untuk melihat miniatur ikon negara yang ada di dunia. Cara pergi ke Window of World tinggal naik Metro jurusan Window of World, begitu keluar kita sudah sampai di tempat wisata. Harga tiket masuk ke Window of World RMB 160.

 

Window of World ini merupakan taman miniatur ikon-ikon yang terdapat di seluruh dunia. Misal ada patung liberty, air terjun niagara, menara eiffel, sampai ke Borobudur. Berkeliling Window of World dirasa cukup 6 jam, karena luasnya area taman dan spot foto yang menarik.

Di dalamnya juga ada stand yang menjual makanan, souvenir, atau penyewaan kostum adat sekitar RMB 20.

Dong Men Shopping Street

Tidak terasa sudah menunjukkan pukul 6 sore, kaki pun terasa capek. Maka kita putuskan untuk pulang ke hotel dan pergi kembali ke Dong Men Shopping Street yang letaknya berseberangan. Kawasan Dong Men sendiri terkenal untuk belanja jadi ikutin saja keramaian maka sudah sampai di Dong Men Shopping Street.

Kalau kita tertarik sama barang yang kita pengen, tipsnya tawar dari harga terendah msapai 75%. Biasanya mereka membuka di atas RMB 100 dan bilang kalau kualitasnya bagus, tapi tetap tawar sampai harga 75%. Kalau mereka tidak mau kasih biasanya mereka akan panggil balik, kalau tidak kita bisa cari di toko sebelahnya yang juga jual produk yang sama.

Saya kalau ada kesempatan lagi ke Hong Kong, akan balik lagi ke Shenzhen untuk berbelanja!

Pengeluaran Hari Kedelapan

  • MTR Tsim Sha Tsui – Lo Wu : HKD 38
  • Imigrasi Voa Lo Hu : RMB 168
  • Metro Lo Wu – Shaibu : RMB 1
  • Metro Shaibu – WoW : RMB 10 (pp)
  • Makanan : RMB 65
  • Tiket masuk Window of World : RMB 160

Total dalam Hong Kong (dollar) : HKD 38 (Rp 49.400)

Total dalam RMB : RMB 404 (Rp 646.400)

Iklan