Korea Trip : Changdeokgung Palace, Huwon Secret Garden, Insadong, Cheonggyecheong Stream, Myeongdong, Namsan Tower


Hari Keempat : Ready for sightseeing!

Kesibukkan warga Korea baru terlihat mulai dari pukul 9 pagi ke atas, toko underground di stasiun subway pun juga baru buka sekitar pukul 10 pagi. Setiap underground station selalu ada toko-toko yang mengelar lapak. Mulai dari baju, makanan, dan aksesoris hape. Sebagai negara asal brand Samsung dan LG, tentu mencari softcase atau hardcase dua hape itu sangat mudah. Harga case yang murah mulai dari KRW 5000.

Bangun pagi dan langsung melihat Weather Bug menunjukkan suhu 1 derajad. Nampak embun di kaca dari lantai 19 kamar hostel semakin memperkuat bayangan kalau tadi malam suhu –1 derajad.

Rencananya pagi ini mau mengunjungi Changdeokgung Palace, salah satu tempat wisata umum yang dikunjungi. Di Seoul sendiri setidaknya ada sekitar 7 istana. Selain itu beberapa tempat yang memang searah.

Saya sendiri senang mengunjungi istana karena bisa melihat keunikkan arsitektur dari jaman Korea. Bukan berarti saya arsitek, tapi Changdeokgung Palace merupakan salah satu istana yang tertua. Bentuknya memang apa adanya seperti yang kita tonton lewat drama korea seperti Jewel in The Palace. Arsitekturnya masih terjaga yang merupakan gabungan dari kayu tebal dan batu bata. Saya menikmati sekali melihat arsitektur dan polesan gambar cat di langit-langit istana.

Masih berada di kawasan istana, kita juga masuk ke Huwon Secret Garden. Ditemani oleh seorang tur wanita korea berbahasa Inggris, tur singkat ini berdurasi 1 jam. Kita diajak mengelilingi taman yang memang tidak diperbolehkan berkeliling sendiri. Selama tur singkat, saya mendapat pengetahuan baru mengenai sejarah Korea. Latar belakang kenapa dinamakan Secret Garden karena taman ini terbentuk sendiri tanpa ada campur tangan manusia. Bentuk pohonnya tumbuh dengan sendirinya, bangunan istana dengan warna yang natural.

Setiap pavilion kecil yang kami singgah memiliki makna tersendiri. Misal, ada pavilion yang biasa digunakan raja untuk membaca sehingga banyak pohon rindang di sekitarnya. Ada pavilion untuk selir-selir raja, ada juga pavilion untuk raja berlatih bela diri. Uniknya ada gapura yang dinamakan Anti-Aging Gate.

Selesai melihat Changdeokgung Palace sekitar pukul 1 siang, kita berhenti sejenak di restoran Korea. Rasanya memang belum pas kalau belum mencicipin makanan Korea. Akhirnya masing-masing kami pesan menu makanan yang berbeda supaya bisa saling cicip. Saya sendiri pesan Hamburger Steak, sejenis steak babi tapi dibentuk kayak perkedel. Mohon maaf saya tidak bisa memberi referensi untuk kalian yang tidak makan babi atau vegetarian. Rata-rata restoran yang saya lihat semuanya menggandung babi dan jarang ada sayuran, kecuali Kimchi.

How to get there :

Ambil subway ke Anguk Station exit 3, jalan kaki sekitar 5 menit.

Ticket :

Huwon Secret Garden : KRW 5000

Changdeokgung Palace : KRW 3000

Insadong

Tujuan selanjutnya bergerak ke Insadong. Insadong seperti tempat shopping yang mana terdapat bangunan-bangunan arsitektur Korea lama dan baru.

Di Insadong ada Ssamziegil Shoping Mall, cukup berjalan ke arah Jongno Police Station. Di sana semacam mall terbuka. Di sana ada stand untuk membuat karikatur langsung jadi hanya 5 menit dengan biaya KRW 12.000.

How to get there:

Pergi ke Anguk Station exit 6 line 3 jalan lurus 100m dan belok kiri. Jalan kaki dari Changdeokgung Palace sekitar 30 menit ke arah kanan (pusat perbelanjaan).

Cheonggyecheong Stream

Sungai yang berada di daerah Myeongdong ini juga terkenal. Biasanya digunakan untuk lokasi syuting film korea. Pas kita sampai di sini juga terlihat orang sedang syuting film. Kalau kamu sedang capek berjalan seharian, stop saja sejenak sambil bermain dengan aliran sungai. Di sungai ini juga ada tradisi lempar koin. Tertarik coba?

How to get there :

Naik subway ke Myeongdong Station. Ikutin petunjuk keluar ke arah Cheonggyecheong. Begitu turun di Myeongdong Station kamu pun bisa stop untuk melihat toko di underground Myeongdong.

Namsan Tower atau N Seoul Tower

Selesai menikmati sore di aliran sungai, kita langsung pergi ke Namsan Tower atau yang terkenal dengan sebutan N Seoul Tower. Lokasinya juga tidak jauh dari Cheonggyecheong Stream. Tower ini juga termasuk daya pikat turis untuk melihat senja dari atas tower. Di dalamnya ada tempat yang disediakan untuk menggantung gembok. Saya dari Palembang juga sudah menyiapkan sesuatu untuk digantungkan di antara banyak gembok :mrgreen:.

Waktu yang pas untuk mengunjungi Namsan Tower sekitar pukul 5 sore karena kita bisa melihat sunset dan pemandangan kota Seoul di waktu malam. Ada juga teropong yang bisa digunakan hanya memasukkan koin KRW 500. Kalian bisa lihat foto panorama kota Seoul, cantik sekali bukan? Kamu bakal jatuh cinta dan kepengen tinggal lebih lama lagi di Seoul.

Dulu di Namsan Tower ada museum Teddy Bear, tapi pas kita ke sana museum Teddy Bear sudah tidak ada lagi di Seoul, berarti kita pergi museum Teddy Bear yang di Jeju.

How to get there :

Ambil subway ke Chungmuro Station (exit 2) dan naik bus di Namsan Shuttle Bus No 2 or 5. Tunggu di halte depan Cinema.

Berhubung cuaca malam itu sangat dingin, tangan saya seperti mati rasa. Kita langsung pulang ke hostel sekitar pukul 8 malam.

Iklan

5 pemikiran pada “Korea Trip : Changdeokgung Palace, Huwon Secret Garden, Insadong, Cheonggyecheong Stream, Myeongdong, Namsan Tower

  1. Ping balik: Korea Trip : Another Backpacker Story | Koh' Huang

  2. artikelnya berkualitas dan inspiratif saya sangat suka dengan tulisan agan
    menarik, enak bacanya dan bermanfaat
    saya penggemar agan salam kenal and salam sukses

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s