BerandaReviewEventAyo ke Palembang Nikmati Festival Gerhana Matahari Total 2016

Ayo ke Palembang Nikmati Festival Gerhana Matahari Total 2016

Author

Date

Category

Fenomena alam yang akan terjadi di Indonesia dalam waktu dekat ini adalah Gerhana Matahari Total 2016 (GMT). Banyak persiapan yang telah dilakukan setelah pengumuman bahwa Indonesia akan dilaluin Gerhana Matahari Total yang hanya berlangsung selama 1 hingga 3 menit. Tepatnya tanggal 9 Maret 2016 nanti, fenomena alam ini dapat disaksikan secara utuh di Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera.

Gerhana Matahari Total 2016 Palembang

Selain 11 kota di atas, akan ada beberapa kota yang juga dapat menyaksikan peristiwa ini. Namun, hanya gerhana matahari sebagian (parsial) saja yang dapat terlihat. Beberapa kota tersebut adalah Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon.

Sebenarnya apa itu Gerhana Matahari Total?

Gerhana Matahari Total ini merupakan fenomena alam yang terjadi ketika piringan Bulan menutupi seluruh area piringan Matahari. Uniknya, fenomena ini tidak terjadi di seluruh daerah. Selain itu baru akan terjadi setiap 33 tahun tapi ada juga yang meneliti bergantung dari arah putar dan daerahnya.

Dulu pada saat terjadi Gerhana Matahari Total tahun 1983, banyak mitos yang menyebabkan pemerintah tidak siap bahkan melarang masyarakat untuk menyaksikan gerhana karena nanti bisa buta. Oleh karena minimnya informasi yang ada pada saat itu, maka kali ini kesempatan Gerhana Matahari Total 2016 akan benar-benar dipersiapkan oleh pemerintah setempat.

Tentunya adanya fenomena alam ini dapat mendongkrak potensi pariwisata. Saya sebagai putra daerah merasa bangga dan terpanggil untuk ikut mempromosikan Kota Palembang. Sebagai informasi, dari Dinas Budaya dan Pariwisata Sumatera Selatan telah memiliki agenda untuk menyambut Gerhana Matahari Total 2016 tanggal 8-9 Maret 2016. Pengen tahu agenda acaranya seperti apa?

Nantinya lokasi venue Festival GMT 2016 di Palembang mulai dari Jembatan Ampera, Helipad Hotel Aryaduta Palembang, Menara di arena ski air Jakabaring Sport City, Menara Pulau Kemaro hingga Lapangan Bukit Golf Palembang.

8 Maret 2016 :
Atraksi Budaya – Festival Ogoh-Ogoh Umat Hindu di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang
Pagelaran Mitos GMT 2016
Glowing Night Run

9 Maret 2016 :
Puncak Gerhana Matahari Total 2016
Lomba Foto Internasional
Breakfast sensasional
Pertunjukan Barongsai 30 Meter
Pelepasan 1000 Balon dan Lampion
Tour Edukasi GMT 2016

Khusus sarapan pagi di atas Jembatan Ampera, kita akan menikmati hidangan suguhan khas Palembang. Akan ada banyak stand booth yang berjualan. Jadi ayo siapkan agenda kamu untuk mampir ke Palembang ya!

 

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

5 KOMENTAR

  1. […] acara puncak Gerhana Matahari, berada di lokasi yang sama juga diadakan rangkaian acara menyambut Festival Gerhana Matahari Total seperti aksi panggung, festival ogoh-ogoh, ruwatan Sungai Musi, seni dul muluk, booth jualan, lomba […]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru