Keceriaan Anak Desa Yenbuba, Raja Ampat Bersama HOOQ


Mataku sedang berusaha keras memejamkan kelopak mata agar segera terlelap dan terbang dalam mimpi. Namun apa daya pesan Bang Icad tadi terus membayang di pikiranku.

“Istirahatlah besok perjalanan kita lebih lama di tengah laut,” seru Bang Icad berlalu meninggalkan kami yang tengah berkumpul menceritakan keseruan pengalaman kami mendaki Puncak Wayag, Raja Ampat.

Cerita mengenai kembara ke timur belumlah usai, manakala banyak pengalaman baru yang membuat saya memahami makna traveling. Bahwa jalan-jalan bukanlah suatu keseruan sesaat melainkan bagaimana cara kita melihat dari sudut pandang berbeda dan dapat saling berbagi dengan orang-orang baru yang kita jumpai.pejal

Beruntung selama di Raja Ampat saya menggunakan provider Telkomsel dengan titik sinyal lumayan kuat. Beberapa titik di desa wisata Raja Ampat memiliki sinyal kuat dari Telkomsel. Sisanya menghilang apabila kita berada di tengah laut. Hal ini persiapan bagi kita yang ingin berlibur ke Raja Ampat tidak perlu khawatir saat berada di desa wisata sinyal jaringan tetap ada. Sehingga dapat membantu kita untuk tetap terhubung dengan media sosial lalu selalu memberikan kabar tentang kondisi saya ke teman dan keluarga.

desa-yenbuba

Berada di bumi Papua sangat menyenangkan terutama bagi saya yang lahir dan besar di Palembang. Kondisi alam di Palembang jauh dari pergunungan dan tidak memiliki lautan luas. Namun di Raja Ampat, saya melihat hamparan hutan yang masih alami yang sangat luas. Belum lagi keindahan pantai dan perairan dangkalnya yang sangat jernih dan penuh dengan kehidupan.

Perahu cepat kami mulai menepi di sebuah kampung wisata dengan perairan dangkal yang jernih. Kampung Yenbuba di Distrik Mansuar dikenal sebagai perkampungan nelayan yang memiliki kearifan lokal untuk menjaga laut di sekitarnya agar tetap lestari. Maka wajar saja Bang Icad memberitahu kami sebelum turun kalau nanti siap-siap terpukau dengan pemandangan yang ada di Kampung Yenbuba.

Dari dalam perahu, saya melihat anak-anak kampung yang sedang berkumpul di tengah dermaga. Mereka tengah asik bermain sendiri. Suasana di sekitar hening dan damai. Hanya ada suara tertawa anak-anak tersebut. Beberapa dari mereka saling bekejar-kejaran dari arah ujung dermaga seolah menyambut kedatangan kami.

anak-desa-yenbuba

Misel tengah berada di antara anak-anak Desa Yenbuba

“Halooo adek-adek..” sapa kami dari dalam perahu.

Anak-anak tersebut tampak malu-malu saat berjumpa dengan kami. Ada yang bersembunyi di balik punggung temannya. Ini merupakan kali pertama kali saya berjumpa langsung dengan anak-anak Papua yang bakal menjadi penerus pariwisata Papua Barat nantinya.

“Kalian lagi main apa sih?” tanya Misel yang langsung berjalan mendekati anak-anak tersebut.

“Tidak ada kakak. Kita lagi kumpul saja. Sebentar lagi teman-teman datang kumpul di sini semua,” balas anak laki-laki tinggi dengan logat Papua. Sesekali teman-temannya tertawa, entah apa yang mereka tertawakan.

Misel memiliki inisiatif untuk mengajak mereka bermain bersama, melupakan sejenak tujuan kami untuk snorkling di perairan jernih di Kampung Yenbuba. “Ded, yuk, ajak mereka main. Seru nih!” ajak Misel.

Tanpa perlu menunggu lama, saya segera mengiyakan ajakannya. Kapan lagi kami bisa mengajak bermain anak-anak ini yang masih polos ini? Kedatangan kami seperti diterima dengan baik oleh mereka. Saya makin jatuh hati dengan Yenbuba dan perairan jernihnya.

anak-papua

Mereka tengah asik berjoget bersama

Perjalanan kali ini membuat kami sadar seperti melihat gambaran kehidupan penduduk lokal yang jauh dari perkotaan. Kemudian jauh dari perangkat elektronik yang saat ini tengah disenangi oleh anak-anak seusia mereka di perkotaan. Namun, anak-anak Raja Ampat ini mereka memiliki kebahagiaan mereka sendiri yang saya sebut sebagai Bahagia itu Sederhana. Permainan yang mereka kenal dan selalu dilakukan seperti berlari mengejar ban bekas di sepanjang jalur dermaga atau seolah tanpa ada beban langsung meloncat masuk ke dalam laut. Luar biasa!

keceriaan-anak-kecil

Teman-teman kecil pada berdatangan

“Dek kita main joget yuk,” ajak Misel langsung segera mengambil posisi di samping anak-anak tersebut. Misel pun segera menyerahkan smartphone-nya kepada saya untuk merekam momen joget mereka dalam Boomerang. Suasana menjadi pecah, anak-anak tersebut spontan mengikuti gerakan joget Misel. Mereka menari bersama, keceriaan dan kepolosan mereka sangat kami rasakan.

“Hahaha.. kakak ayo kita joget kembali!” tawa mereka puas sambil saya tetap merekam momen singkat tersebut.

bahagia-itu-sederhana

Keceriaan anak Desa Yenbuba menonton bersama HOOQ

hooq-menang-juara

Mereka mengerumuni ingin menonton film yang diputar di HOOQ

Tampaknya selalu ada keceriaan yang terlukis di raut wajah mereka. Tiba-tiba dari arah berjauhan, rombongan teman mereka berlari dari arah jauh mengerumuni kami. Mereka langsung menjatuhkan pantat dan duduk di bawah mendekati kami sembari melihat keseruan yang tengah berjalan. Terlintas dipikiran saya untuk mengajak mereka berkenalan dengan internet. Walau mereka berada jauh dari kita, tak ada salahnya untuk mengajak mereka untuk bersenang-senang bersama.

“Misel, coba deh ajak mereka nonton film kartun. Siapa tahu mereka suka?” tanyaku ke Misel.

“Oh iya bener juga, Ded. Tapi nonton pake apa ya? Emang ada sinyal di sini.”

“Kan ada HOOQ. Nih di hapeku ada, kok. Pas tuh sinyal Telkomsel lagi kencang. Lagian aku ada beberapa film yang udah di download.” Saya menyodorkan ponselku yang sudah terbuka aplikasi HOOQ dengan film genre anak-anak. Misel segera menyambut uluran tanganku dan mengajak anak-anak tersebut untuk menonton. Saya menikmati kepingan pemandangan kebahagiaan tampak dari garis melengkung di senyuman mereka.

“Terima kasih HOOQ. Untung ada kamu,” seru saya dalam hati melihat pemandangan keceriaan mereka tengah asik menonton film. Sesekali mereka tertawa sendiri melihat adegan lucu yang ada di dalam film.

HOOQ selalu menemani aktivitas sehari-hari

HOOQ selalu menemani aktivitas sehari-hari

Tiap ada perjalanan jauh saya selalu persiapkan hal-hal yang perlu dibawa. Selain mempersiapkan perlengkapan pribadi, sudah tentu perangkat gadget tidak boleh terlewatkan. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat menemani kita kapan saja dan dimana saja agar perjalanan kita tidak membosankan. Apalagi perjalanan menuju ke Raja Ampat dari Palembang saya membutuhkan waktu hampir 24 jam perjalanan baik darat, udara dan laut.

Untungnya ada HOOQ, sahabat perjalanan saya dikala sedang sendirian dan membutuhkan hiburan berkualitas. Bukan hanya waktu perjalanan jauh saja, melainkan di saat saya sedang mengetik di depan laptop dan membutuhkan hiburan. Biasanya saya membuka HOOQ sebagai obat penawar merilekskan pikiran. Sudah lama saya menggunakan HOOQ sebagai layanan penyedia konten video yang memiliki lebih dari 10.000 film dan drama serial. Selain itu, HOOQ juga memiliki konten film Indonesia dari era terdahulu sampai sekarang. Bayangkan nikmatnya kita masih dapat menonton film-film tempo dulu.

hooq-time

Akses HOOQ bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja

Kita pasti pernah mengalami masa susahnya menonton film bioskop dan video harus lewat laser disc dan VCD yang membuat kita untuk tetap duduk di tempat sambil menonton karena player-nya tidak bisa kita bawa kemana-mana. Kemudian, menonton film yang sebelumnya telah diunduh terlebih dahulu. Nah, sekarang ada cara jauh lebih mudah dengan HOOQ. Lewat HOOQ kita tinggal membuka lewat smartphone atau laptop lewat hooq.tv kita dapat menonton film-film berkualitas baik. Bahkan bisa mencari film-film sesuai dengan genre yang diminati.

Dengan kata lain, HOOQ merupakan bioskop dalam saku ketika kita ketinggalan menonton film atau menunggu jadwal film di bioskop lokal. Maka, aplikasi HOOQ dapat menjadi alternatif!

cara-instal-hooq

Bagi kalian yang baru pertama kali menggunakan HOOQ jangan bingung cara penggunaannya. Pastikan kalian sudah mengunduh aplikasi HOOQ lewat Playstore atau Apps Store. Apabila aplikasi HOOQ sudah berhasil diunduh ke dalam smartphone selanjutnya kita tinggal mendaftar menjadi member HOOQ supaya mendapatkan informasi terbaru tentang HOOQ.

Untuk mendaftar masuk ke HOOQ, kita harus menggunakan alamat email atau nomor telepon. Apabila kalian menggunakan provider Telkomsel, lebih baik daftar menggunakan nomor telepon sebab Telkomsel memberikan promo gratis kuota untuk streaming film di HOOQ setiap kita membeli paket kuota internet. Selanjutnya, untuk melengkapi proses pendaftaran nantinya kita akan dikirimkan SMS berisi kode verifikasi yang harus dimasukkan ke dalam menu.

Setelah berhasil melakukan pendaftaran masuk ke dalam HOOQ. Kita sudah bisa menonton film-film kesukaan bahkan film yang jadul yang belum sempat kita tonton. Lengkap!

alasan-hooq

Contohnya sewaktu saya di Raja Ampat, saya dapat menikmati tontonan berkualitas lewat HOOQ. Saya dapat menentukan jenis film-film yang ingin ditonton untuk dimasukkan dalam daftar tontonan. Beberapa tayangan edukasi untuk anak juga tersedia di HOOQ. Hal yang membuat saya nyaman menggunakan HOOQ adalah konten film HOOQ dapat kita akses melalui perangkat elektronik sampai 5 unit dalam satu akun HOOQ. Sehingga kita tetap dapat mengakses lewat perangkat elektronik lainnya dimana saja. Cara ini cocok bagi kita yang memiliki anak balita yang ingin mengakses tayangan edukasi sehingga memperkecil kesempatan adik-adik kita untuk mengakses tontonan yang tidak sesuai umur.

Menonton film secara online telah menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang baik di kota besar ataupun daerah. Buktinya hasil survei APJII yang dirilis pada bulan Nopember 2016 terdapat sekitar 132,7 juta pengguna internet di Indonesia, sebanyak 41% merupakan orang-orang yang menyukai menonton film secara online atau streaming online.

5-keunggulan-hooq

5 alasan memilih HOOQ

Ribuan Koleksi Film

Keunggulan HOOQ yang membuat saya betah adalah pilihan koleksi film yang banyak. Tercatat HOOQ berisi konten film sebanyak lebih dari 10.000 dengan durasi lebih dari 35.000 jam. Pastinya akan terus bertambah tiap bulannya. Artinya, ada banyak jumlah genre film yang mencapai 26 jenis genre mulai dari action, action cartoons, all movies, anime, horror, indonesia era lama, melodrama sampai film Bollywood tersedia di HOOQ. Kita seperti diajak bernostagia kembali dengan film-film yang tersedia di HOOQ. Cukup menelusuri judul film maka film tinggal diputar. Mudah kan?

Kategori film HOOQ menawarkan sejumlah film lokal Indonesia yang legendaris. Saat ini HOOQ telah mempunyai 1.250 film dan 6.000 episode serial televisi yang berasal dari Indonesia. Berkat keunggulan dari HOOQ kita mudah menemukan film-film komedi lawas dari Indonesia seperti rangkaian film, seperti Ateng dan Iskak, Warkop DKI, Catatan Si Boy hingga Ada Apa Dengan Cinta.

Ada Subtitle

Konten film yang tersedia di HOOQ juga memiliki konten bukan hanya Bahasa Indonesia saja, melainkan ada bahasa lainnya seperti Bahasa Inggris sehingga kita tidak perlu khawatir karena HOOQ memiliki fasilitas layanan subtitle yang membantu kita tetap dapat menikmati tontonan bermutu. Walaupun memang belum sepenuhnya tiap konten film memiliki fasilitas subtitle. Semoga saja fasilitas ini terus ditingkatkan atau memanfaatkan fasilitas subtitle online.

Bebas Iklan

Biasanya hal yang mengganggu kita sewaktu sedang asyik menonton streaming online adalah tayangan iklan yang tiba-tiba datang. Otomatis membuat konsentrasi menonton kita juga berkurang. Unggulnya HOOQ memiliki tayangan yang bebas dari iklan sehingga membuat kita yang menonton tidak perlu merasa terganggu oleh iklan-iklan, apalagi saat di tayangan anak kadang muncul iklan yang dirasa tidak sesuai umur mereka.

Ragam kategori film di HOOQ

Susah Streaming? Bisa Nonton Offline

Saya merasakan HOOQ sangat fleksibel dalam penggunaannya. Selain kita bisa menonton kembali tayangan yang sudah pernah untuk diputar kembali. Ternyata HOOQ mampu memberikan kita akses untuk mengunduh film setiap harinya sebanyak 5 film secara bersamaan. Sehingga film kesukaan yang ingin kita tonton tidak terlewatkan dan dapat ditonton secara berulang-ulang meskipun tidak ada koneksi internet.

Layanan Berbayar

HOOQ termasuk layanan video online berbayar. Tujuannya supaya kita dapat menikmati kualitas film yang terjamin dan legal. Dulu saya perlu mengeluarkan puluhan ribu untuk menyewa VCD original lewat rental, namun bergesernya zaman membuat penyewaan VCD original perlahan menutup usahanya. Mencoba membeli film bajakan? Wah rasanya kita tidak menghargai karya orang lain. Makanya sewaktu mengenal HOOQ saya seperti kembali ke momen menonton film-film yang sudah lama ingin saya tonton dengan resolusi film berkualitas. Selain itu resolusi film di HOOQ juga bisa dipilih dari kualitas rendah, menengah, sampai tinggi.

harga-paket-langganan-hooq

Wajar kalau HOOQ membuka layanan berlangganan, tujuannya agar kita tidak terganggu oleh iklan-iklan di film ataupun kualitas film yang jelek. Pilihan layanan berlangganan di HOOQ mulai dari Rp 18.700/7 hari sampai Rp 49.500/30 hari kita sudah dapat menikmati layanan film-film di HOOQ sepuasnya kapan saja dan di mana saja. Selain itu tidak ada perbedaan layanan dalam tiap paket HOOQ sehingga kita bisa menikmati sepenuhnya konten yang tersedia.

bioskop-hooq

Misel bertanya kepada saya “Ded, kuota internet kamu emang nggak boros kalau dipakai buat nonton di HOOQ?” mimik wajahnya menggambarkan rasa penasaran.

Sebelum berangkat ke Raja Ampat, saya terlebih dahulu sudah mengunduh beberapa koleksi film-film favorit lewat HOOQ. Film-film yang telah kita unduh ataupun tandai menjadi film yang akan ditonton nantinya akan selalu terhubung dengan akun HOOQ kita. Kapan saja dan dimana saja kita mau menonton HOOQ lewat smartphone, laptop atau Smart TV akan langsung terhubung. Kita tinggal login masuk ke halaman HOOQ dan memasukkan kembali kode verifikasi yang dikirimkan.

cara-mendownload-film-hooq

HOOQ memiliki fitur download film yang bisa kita manfaatkan apabila kita terhubung dengan jaringan internet yang cepat dan stabil. Film yang berhasil diunduh nantinya dapat kita tonton langsung lewat aplikasi HOOQ secara offline. Makanya, saat ada kekosongan waktu di Raja Ampat saya banyak menghabiskan waktu dengan menonton film-film serial yang belum sempat saya tonton.

Apalagi kalau bertemu dengan anak kecil membuat saya juga memasukkan kategori film Anak-Anak agar saat berjumpa dengan anak-anak kecil bisa diajak untuk menonton bersama. Ini rahasia saya agar bisa dekat dengan anak kecil 😆

fitur-hooq

Cara mengunduh film favorit lewat HOOQ sangat mudah. Di tiap film yang kita cari selalu ada opsi download yang nantinya akan terunduh secara otomatis lewat HOOQ. Sebelum mengunduh film kita nanti dapat memilih kualitas video mulai dari kualitas rendah, menengah, dan tinggi. Kalau bingung bisa memanfaatkan filter yang nantinya akan mensortir jenis film yang kita inginkan. Apabila kalian tidak memiliki kuota internet yang cukup, selain kita bisa menggunakan jaringan wifi untuk terhubung dengan HOOQ. Ternyata dapat juga menggunakan layanan data provider yang telah bekerjasama dengan HOOQ. Salah satunya dari Telkomsel yaitu simPATI GIGAMAX.

Paket simPATI GIGAMAX ini termasuk paket internet murah yang maksimal untuk internet bahkan untuk menonton film di HOOQ. Pilihan paket HOOQ ini sudah termasuk biaya internet berlangganan dari aplikasi HOOQ. Sehingga tidak mengganggu kuota utama internet kita. Asik kan?! Apalagi paket kuota simPATI GIGAMAX bisa digunakan untuk menonton HOOQ harganya terjangkau mulai dari 49 ribu mendapatkan kuota HOOQ 1GB hingga 299 ribu yang mendapatkan kuota HOOQ hingga 22GB. Kita bebas memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kita.

simpati-gigamax

Untuk mendapatkan paket simPATI GIGAMAX ini bisa dilakukan lewat kode *999# langsung dari smartphone kita atau bisa juga melalui aplikasi MyTelkomsel yang langsung terhubung. Bagi kalian yang tidak menggunakan provider simPATI tetap dapat menikmati HOOQ dengan pilihan pembayaran lainnya yaitu kartu kredit dan kode voucer. Terbukti paket yang ditawarkan ini merupakan solusi bagi kita yang membutuhkan hiburan dimana saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir konsumsi data internet kita.

terimakasih-hooq

Senyuman manis tanda salam perpisahan.

Senyuman manis tanda salam perpisahan.

Tiba-tiba dari arah kampung banyak anak-anak kecil berlarian menuju arah kami. Satu per satu dari mereka memberikan kami salam dan menyapa kami. Total lebih dari 10 anak kampung Yenbuba yang mengelilingi kami melihat keseruan kami sedang menonton film kartun. Barangkali ini merupakan pengalaman baru mereka menonton film streaming, sebab kondisi kami selama di Raja Ampat jauh dari listrik dan televisi. Arus listrik baru dapat kami rasakan mulai dari pukul 6 sore hingga 6 pagi menggunakan tenaga genset.

Hati saya tersentuh ternyata kebahagiaan yang paling sederhana itu adalah bagaimana cara kita dapat berbagi apa yang kita miliki dan bermanfaat. Ekspektasi kami awalnya hanya sekedar snorkling ternyata kami mendapatkan lebih dari itu. Kebersamaan dan keceriaan. Terima kasih anak-anak kampung Yenbuba, kampung kalian memiliki pesona bahari yang tak terlupakan. Mereka tersenyum, tertawa lepas tanpa ada beban, tulus mengalir dari hati seperti memberikan dan membagi keceriaan itu kepada siapa saja, siapa pun itu yang berada di dekatnya. Itu lah keceriaan seorang bocah kecil yang sangat polos.

Finding Nemo di Desa Yenbuba, Raja Ampat

Finding Nemo di Desa Yenbuba, Raja Ampat

Rasa terima kasih saya pun akhirnya terbayarkan karena dapat berinteraksi dan tidak melewatkan momen bersama HOOQ yang telah menghubungkan kami. Keceriaan yang timbul dengan landasan hati terdalam adalah keceriaan yang akan abadi karena itu setiap keceriaan yang akan muncul dari raut wajah kita harus dimunculkan dengan balutan keikhlasan hati untuk menampakkan kemegahannya.

“Kakak, terima kasih ya!” seruan anak-anak Yenbuba melambaikan tangan mereka ketika kami bertolak meninggalkan kampung. Saya menangkap rasa kebahagian mereka walaupun singkat tetapi berkesan. Perahu kami berlabuh perlahan meninggalkan Kampung Yenbuba yang membuat saya belajar akan bahagia itu sederhana.

Kemudahan mengakses HOOQ lewat smartphone membuat momen kebersamaan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja termasuk berjumpa dengan orang baru. Semoga saja anak-anak Kampung Yenbuba ikut merasakan bahagia itu sederhana yaitu dapat menonton tayangan film anak-anak dan mereka tertawa lepas. Indahnya!

Kalian juga dapat mencoba pengalaman menonton film-film berkualitas yang tersedia lewat HOOQ. Caranya dapat segera mengunduh aplikasi HOOQ lewat smartphone, tablet, laptop atau Smart TV kalian. Pastinya kita dapat menikmati beragam film hits terbaru dari Bollywood sampai Hollywood. Lengkap! Ayo tunggu apalagi?!

Dapatkan informasi terbaru HOOQ lewat akun media sosial mereka :
Facebook : HOOQid
Twitter : @HOOQ_ID
Instagram : @HOOQ_ID
Email : support@hooq.tv

Iklan

93 pemikiran pada “Keceriaan Anak Desa Yenbuba, Raja Ampat Bersama HOOQ

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s