Langit Musik, Cara Keren Nikmati Musik Digital Secara Legal


Minggu lalu saya bersama rombongan teman-teman berjalan ke Pagaralam, Sumatera Selatan. Perjalanannya lumayan membutuhkan waktu yang lama dari Palembang ke Pagaralam menggunakan jalur darat. Jarak yang biasanya bisa ditempuh 8 jam sekarang menjadi 12 jam saat kami tiba. Maklum, jalur lintas Sumatera harus berbagi dengan jalur truk pengangkut batu bara yang keluar pada sore hari. Kadangkala jalur untuk dua mobil berubah menjadi satu mobil sehingga terjadi kemacetan di tengah jalan.

Solusinya? Bermain gadget salah satu cara untuk menghabiskan waktu di tengah kemacetan yang panjang. Tapi saat berkumpul dengan teman masa kalian lebih memilih menjauhkan orang yang di dekat kalian?

Tiba-tiba teman saya memberikan ponselnya untuk dwijadikan sumber lagu selama perjalanan macet kami menuju Pagaralam. Alhasil kekosongan waktu kami di tengah kemacetan bisa diisi dengan musik-musik terbaru sampai tempo dulu. Memang betul, lewat musik kita dapat membawa suasana menjadi lebih hidup dan mengembalikan mood kita yang sedang turun.

Keceriaan kami bersama di tengah kemacetan dalam perjalanan bersama Langit Musik

Saya menjadi penasaran dengan koleksi lagu-lagu dari ponsel milik teman saya. “Koleksi lagu kamu kok banyak gitu, memangnya memori hape kamu penuh?” tanyaku. Bayangkan saja lebih dari 10 jam lagu-lagu terus diputar dari berbagai macam genre musik hingga tanpa terasa kami tiba juga di Pagaralam menerobos kemacetan.

Biasanya jumlah koleksi lagu harus berbagi dengan memori ponsel atau memori penyimpanan eksternal. Sehingga kita harus pintar untuk memilah lagu-lagu kesukaan kita untuk disimpan di dalam ponsel. Betul kan?

Lewat teman saya, dia memberitahukan kalau saat ini kita tidak perlu lagi menyimpan lagu-lagu di dalam memori penyimpanan ponsel kita. Selain, lagu-lagu yang yang punya belum tentu terjamin legalitas dan kualitas suaranya. Ternyata, solusinya dapat memanfaatkan layanan musik streaming online yang sekarang sedang trend di lingkungan kita. Diantara layanan musik streaming yang sudah ada mana yang asyik buat terus kita gunakan?

New Langit Musik
New Langit Musik

Langit Musik merupakan layanan untuk musik streaming dan mengunduh lagu secara legal, tanpa dikenakan biaya data (khusus pelanggan Telkomsel). Kenapa hanya Telkomsel saja? Dulunya Langit Musik hasil kerja sama Telkomsel dengan PT. MelOn Indonesia yang merupakan perusahaan gabungan antara perusahaan induk Telkom Indonesia dan perusahaan telekomunikasi Korea yaitu SK Telecom. Namun, sejak Desember 2016 kepemilikan sepenuhnya milik Telkom Group. Artinya, Langit Musik 100% milik Indonesia.

Aplikasi Langit Musik yang ada saat ini adalah versi terbaru 4.0.3. Versi terbaru ini mengalami pernyempurnaan di banyak hal yang akan memberikan pengalaman streaming lagu lebih seru. Kalau dulunya kalian pengguna aplikasi Langit Musik pasti akan mengalami perubahan tampilan dan fitur-fitur terbaru yang ada di New Apps Langit Biru. Beberapa perubahan yang dirasakan yaitu :

  • Perubahan logo aplikasi Langit Biru
  • Lebih mudah untuk mendengarkan lagu secara offline.
  • lebih mudah pada saat registrasi awal.
  • Tampilan menu “My Music” terbaru.
  • Perbaikan sistem agar aplikasi lebih optimal.
  • Kenyamanan saat streaming disaat terjadi kendala tidak ada jaringan.
  • Tampilan lirik lagu lebih baik.
  • Ada notifikasi update apabila ada informasi terbaru.

Hal yang menarik dari Langit Musik karena dapat diakses bukan hanya lewat smartphone saja melainkan bisa melalui laptop atau desktop. Apalagi jumlah koleksi lagu Langit Musik memiliki 6.000.000 lagu di katalognya mulai dari lagu lokal hingga internasional, serta dengan kualitas suara yang sangat baik dengan kualitas dolby digital.

Selain itu ternyata di Langit Musik kita juga bisa streaming jutaan lagu kemudian diunduh untuk diputarkan dalam kondisi offline. Cara ini dilakukan oleh teman saya, dia sudah menyimpan koleksi lagu-lagu yang sudah dipersiapkannya selama perjalanan jauh ini. Apalagi dengan Langit Musik punya banyak rekomendasi playlist dari “Music Director” yang bisa kita pilih dan menikmati musik sepanjang hari. Kalian sudah siap berpetualang bersama Langit Musik?

Hadir dengan slogan “Musiknya Hidup Kamu”, dalam versi terbarunya, Langit Musik seolah ingin lebih memenuhi kebutuhan para kita sebagai penggunanya. Misalnya, ada fitur playlist yang memungkinkan kita untuk melakukan pencarian lagu dengan mudah. Playlist pada Langit Musik terbaru berdasarkan jenis musik, mood, dan disesuaikan dengan tema tertentu. Tidak hanya sampai disitu, kita dapat membuat playlist-nya sendiri kemudian dan membagikannya lewat media sosial, yaitu Facebook dan Twitter. Ini nih cara asik menikmati musik!

Rasakan pengalaman baru bersama aplikasi New LangitMusik

Fitur selanjutnya bernyanyi lewat lirik lagu seolah kita sedang merasakan pengalaman bernyanyi bersama artis favorit kita. Jadi kalau kita sedang ingin belajar lirik lagu favorit bisa langsung ikut bernyanyi.

Memiliki layanan streaming jutaan koleksi lagu berbagai kategori mulai dari musik Indonesia terbaru, musik internasional sampai tembang lawas dari para penyanyi-penyanyi bersuara emas. Cukup menggunakan satu aplikasi saja kita sudah bisa mendengarkan musik secara gratis. Cara lainnya apabila kalian ingin mendengarkan musik secara offline kapan pun dan di mana pun berarti tinggal berlangganan menjadi pengguna Premium yang harganya terjangkau.

Umumnya kita bingung memilih jenis musik dan lagu yang ingin didengarkan saat itu. Sehingga kita terus memutar koleksi lagu yang terus diulang. Lewat aplikasi Langit Musik kita mendapatkan rekomendasi musik dari Music Director. Pilihan dari Music Director ini dapat merekomendasikan musik-musik untuk segala suasana (mood)  secara acak (random). Hari ini kamu sedang suasana apa? Sedih? Senang? Tenang, ada musiknya.

Musik yang kita dengar lewat Langit Musik merupakan kualitas musik dengan suara terbaik. Kalian tentu tahu dengan kualitas teknologi Dolby Audio? Kualitas Dolby Audio mampu menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas. Cocok untuk suasana sedang berkumpul dengan teman jadi bisa ikut mendengarkan musik bersama.

Mendengarkan musik tidak akan mengasyikkan kalau cuma kita sendirian. Lewat Langit Musik kita bisa mengeksplore tiap menu-menu yang ada di dalamnya. Kesan pertama sewaktu membuka aplikasi Langit Musik seperti aplikasi pemutar musik dengan tampilan yang sederhana dan kita tinggal memilih musik apa saja yang ingin diputar. Tampilan muka halaman utama Langit Musik sepertinya dibuat agar tidak membingungkan kita sebagai penikmat musik. Terdiri dari menu Explore, #TagStation, Trending, My Music, dan Notifications. Selain itu juga ada opsi pencarian musik apabila kita kesulitan menemukan lagu.

Menu Pencarian Akurat

Cara termudah yang membantu kita saat sudah mengetahui judul atau nama penyanyi kita bisa mengetik lewat fasilitas pencarian. Nantinya akan ditampilkan secara lengkap mulai dari pencarian paling sering (Top Search), Nama Artis, Judul-Judul Lagu, Album serta Playlist. Setelah menemukan lagu yang diinginkan selanjutnya tinggal diputar.

Menu Explore

Dapatkan rekomendasi pilihan musik spesial dari Langit Musik. Lewat Music Director ini berada di menu Explore yang membuat kita dapat memilih menu For You dan Browser. Dalam For You, kita dapat melihat rekomendasi lagu-lagu yang dipilihkan secara otomatis oleh Music Director. Selain itu juga terdapat histori lagu yang sudah pernah kita putar sebelumnya.

Menu Explore – Music Director

Sementara untuk menu Browser punya isi lebih lengkap. Keunggulan Langit Musik dengan memberikan rekomendasi lagu sesuai dengan lagu paling baru (New Releases), deretan lagu hits (Top Hits), penyanyi yang disukai (Trending Artist) dan dua terakhir yaitu lagu sesuai mood kita dan genre lagu yang kita sukai. Terdapat 9 kategori Moods mulai dari kondisi Chill, Energetic, Glommy, Love Drama, Falling in Love, Mixed Emotion, Breakup, Family Time dan Unsteady. Sama juga untuk kategori Genre terdapat 9 genre yang asik mulai dari Rock, Global, Everlasting, Stay Calm, Switch Your Mood, Mood Booster, Sing a Long, Party, dan Lets Dance.

Bayangkan saja dengan beragam pilihan kategori musik yang ada di Langit Musik ada berapa banyak kumpulan lagu yang ada di dalamnya? Hitung sendiri ya 😀

#TagStation

Menu #TagStation

Ternyata fungsi tagar saat ini dirasakan membantu kita dalam pencarian agar lebih mudah. Tagar TagStation yang ada di dalam Langit Musik merupakan kumpulan lagu-lagu yang dicari secara acak oleh Music Director. Walaupun hanya berupa tagar-tagar dalam gambar feature tapi kita seperti diajak untuk menebak-nebak lagu apa yang sesuai dengan tagar. Sebab, tiap tagar yang ada tidak ada informasi lagu yang akan diputar. Tapi diberikan deskripsi singkat mengenai tagar tersebut. Buat kamu yang anak kekinian dan terbiasa bermain dengan tagar, barangkali tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru.

Trending

Fitur Trending

Pernah membayangkan siapa urutan tangga lagu terbaru dan sedang trend di kota kita? Dengan adanya fitur Trending ini membuat kita mengetahui informasi terbaru tentang lagu-lagu TOP HITS yang ada di tiap kota yang ada di Indonesia, termasuk kota kita sendiri. Adanya fitur Trending ini membuat kita tetap mengikuti trend lagu terbaru. Saya jadi penasaran kira-kira apa saja 10 lagu hits yang ada di Sumatera Selatan 😀

My Music

Sesuai nama fiturnya, menu My Music semacam halaman personalisasi bagi akun Langit Musik milik kita. Halaman ini berisi histori aktivitas kita mendengarkan musik di Langit Musik. Nanti ada informasi seperti jumlah lagu dan album yang telah kita dengarkan. Masih dalam fitur My Music kita pun dapat membuat Playlist lagu sendiri kemudian membagikan list playlist lagu tersebut lewat media sosial seperti Facebook dan Twitter.

My Music. List album lagu yang dapat kita bagikan lewat media sosial.

Fungsi lainnya, kita juga dapat mengatur lagu yang kita inginkan untuk disimpan secara offline sehingga kapan pun bisa kita putar kembali tanpa menggunakan koneksi data internet. Cuma untuk bisa mengatur lagu secara offline, kita perlu upgrade layanan Langit Musik ke Premium terlebih dahulu.

Notifications

Guna fitur Notifikasi ini tentunya akan bermanfaat bagi kita untuk tetap terhubung dengan update informasi musik terbaru. Notifikasi informasi bisa didapat lewat akun Langit Musik milik teman kita atau orang yang kita ikuti misalnya penyanyi favorit kita. WOW! Menarik sekali bukan kita juga bisa mengikuti para pengguna aplikasi Langit Musik lainnya dan berbagi informasi lagu yang asik didengar.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan program-program promo yang diberikan oleh Langit Musik. Promo program yang diberikan Langit Musik sifatnya informatif sehingga kita tidak melewatkan apabila ada informasi penting.

Pengaturan

Menu pengaturan yang ada di Langit Musik dibuat sedemikian sederhana sehingga bisa digunakan oleh siapa saja dengan mudah. Di menu pengaturan ini kita dapat mengelola akun Langit Musik mulai dari pemberitahuan update, bahasa, privasi, equalizer musik hingga mengatur penyimpanan akun Langit Musik hingga 10GB.

Selain itu, kita juga bisa mengelola akun profil. Dalam profil akun Langit Musik kita bisa mengetahui informasi semua aktivitas yang sudah kita lakukan termasuk mengetahui profil akun Langit Musik milik teman yang nantinya dapat dijadikan referensi. Selain itu juga ada menu pemberitahuan, merubah pengaturan bahasa, equalizer, penyimpanan dan menu tentang langit musik yang berisi syarat ketentuan dan kebijakan privasi.

Seperti yang disebutkan diatas, bagi kalian pengguna perangkat Android bisa mendapatkannya melalui aplikasi PlayStore. Sebagai catatan perangkat smartphone kita telah memiliki sistem operasi Android versi 4.4 ke atas. Apalagi proses mengunduh aplikasi terbilang cepat karena saya menggunakan koneksi jaringan operator Indonesia nomor satu dan sudah masuk teknologi jaringan generasi keempat 4G LTE yaitu Telkomsel.

Siapa saja bisa mengakses aplikasi Langit Biru untuk mendengarkan semua koleksi lagu streaming. Pastikan pada saat mendaftar kita menggunakan nomor Telkomsel seperti kartuHALO, simPATI, dan Kartu AS.

Setelah mengunduh aplikasi dan sebelum lanjut, kita akan disuguhkan tampilan form pendaftaran dengan salah satunya mencantumkan nomor ponsel. Terlebih dahulu bisa memilih menu daftar, untuk melihat dan menikmati konten secara gratis dengan tempo waktu yang telah ditentukan. Cara registrasinya mudah karena nanti akan dikirimkan kode unik yang dikirimkan ke nomor telkomsel yang kita daftarkan. Selesai berhasil verifikasi kode unik tersebut kita sudah langsung masuk ke halaman profil Langit Musik milik kita! Mudah kan? Kita tinggal mengisi profil diri kita saja.

Setiap kali mendengar lagu baru, pasti ingin segera menyimpannya ke dalam ponsel. Atau, kalau kita hanya ingin mendengarnya lagi tanpa harus mengunduhnya? Nah, buat kalian pengguna Telkomsel dapat mengunduh dan melakukan streaming secara resmi melalui LangitMusik.

Langit Musik merupakan layanan musik digital dari Telkomsel yang memiliki lebih dari 1 juta lagu yang bisa diunduh dan didengarkan secara streaming lewat aplikasi di Android. Walaupun aplikasi Langit Musik bersifat gratis ternyata juga ada layanan Premium dengan fasilitas lebih baik. Cara untuk meng-upgrade layanan Langit Musik dari menu Subscription ada pilihan paket untuk PREMIUM untuk 30 hari dan 7 hari. Kemudian ada tombol UPGRADE untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Ada dua paket yang ditawarkan oleh Langit Musik yaitu layanan Basic dan Premium. Perbedaan kedua layanan tersebut :

  1. Langit Musik Basic, di mana pelanggan dapat menikmati LangitMusik secara gratis (tidak ada biaya berlangganan), namun pelanggan tidak dapat mengunduh lagu dan hanya dapat melakukan streaming preview content (mendengar lagu selama 1 menit saja) melalui Android.
  2. Langit Musik Premium, di mana pelanggan dapat menikmati seluruh layanan LangitMusik mulai dari full track streaming dan unlimited download.

Keunggulan layanan Langit Musik Premium kita dapat menikmati seluruh layanan Langit Musik mulai dari full track streaming dan unlimited download. Dibandingkan dengan Langit Musik Basic hanya bisa mengunduh lagu gratis sebanyak 10 lagu/minggu. Selain itu, dengan layanan Langit Musik Premium bisa menyimpan lagu secara offiline dan tidak ada iklan yang berjalan. Terakhir pembayaran langganan Langit Musik Premium dapat dilakukan dengan cara pemotongan langsung pulsa telepon.

Layanan berlangganan Langit Musik Premium terdiri dari Premium 7 hari untuk Rp 6.600,- dan Premium 30 hari untuk Rp 22.000-.

Dengan begitu banyak keuntungan yang didapatkan dengan music streaming, saya percaya bahwa trend ini akan terus berkembang dimasa ke depan. Apalagi adanya Langit Musik ini dapat memberikan kendali tanpa batas bagi para penikmat musik untuk menikmati apapun dan kapanpun. Seolah music streaming telah menjadi cara baru yang mudah bagi pelanggan. Para musisi pun akan sangat diuntungkan, karena music streaming merupakan solusi efektif untuk mempopulerkan karya mereka dan untuk menjangkau para penggemarnya, namun tetap menjaga hak cipta dari karyanya.

Yang tidak kalah pentingnya, dengan Langit Musik, masyarakat dapat menikmati musik secara legal dan mudah. Musik yang diunduh dari aplikasi Langit Musik tidak dapat dimainkan menggunakan aplikasi pemutar musik selain aplikasi Langit Musik itu sendiri. Hal ini karena seluruh musik pada aplikasi ini dilengkapi oleh sistem DRM (Digital Rights Management) sehingga semua label dan musisi dipastikan aman dari pembajakan. Selain itu, lagu-lagu pada Langit Musik memiliki kualitas suara Dolby Digital, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penikmat musik.

Seperti halnya aplikasi musik sejenis yang juga bisa ditemui dengan mudah saat ini, Langit Musik juga menyediakan fitur menu yang cukup mudah di pahami. Seperti dalam barisan menu yang disajikan dengan sistem dropdown, menampilkan sub menu seperti “Explore”. Di dalam menu ini akan tersaji lagi sub menu yang dilabelkan sebagai Music Director yang menyimpan deretan lagu baru, favorite, dan sesuai musik rekomendasi yang diberikan aplikasi.

Selama mencoba aplikasi New Langit Biru lewat Android, saya menemukan pengalaman yang dapat menambah pengalaman mendengarkan musik jauh lebih menyenangkan. User Interface aplikasi Langit Musik tidaklah rumit dan sangat memudahkan dalam menikmati konten yang ada di dalamnya. User friendly.

Keunggulan New Langit Musik

  1. Tampilan pemutar lagunya tinggal di-swipe ke bawah seperti di-minimize.
  2. User interface-nya simpel dan warna yang pas.
  3. Otomatis melacak lirik lagu sehingga memudahkan kita sewaktu ikut bernyanyi.
  4. Pilihan lagu yang banyak termasuk lagu tempo dulu.
  5. Alunan lagu yang disajikan terdengar baik tanpa distorsi, bahkan untuk kualitas speaker rendah sekalipun kualitas Audio masih bisa diperdengarkan dengan baik.
  6. Kualitas rekaman lagu yang tersimpan lebih jernih, dibandingkan dari hasil download file ‘MP3’ dari online.

Kekurangan New Langit Musik

  1. Adanya fitur perubahan tema tampilan halaman, sering kali perubahan tema tampilan membuat kita lebih betah.
  2. Beberapa kali memutar lagu masih ditemukan lagu yang tidak ada liriknya.
  3. Perlu ditambahkan fitur “Near Me” sehingga kita bisa menemukan sesama pengguna aplikasi Langit Musik di sekitar kita.
  4. Loading memutar lagu terasa agak lambat.

Perkembangan musik semakin pesat telah mengantarkan kita ke era digital, dimana semua aktivitas dilakukan dengan mengandalkan perangkat smartphone yang mengakibatkan perubahan perilaku gaya hidup kita sehari-hari. Trend seperti ini mempengaruhi berbagai sisi dalam kehidupan, termasuk juga pada cara kita menikmati musik. Musik tidak lagi hanya dinikmati dengan cara konvensional seperti dengan menggunakan kaset, CD atau menyimpan musik di memori ponsel. Namun juga melalui perangkat smartphone dan jaringan data seluler.

Kehadiran aplikasi Langit Musik ini boleh dikatakan menyatukan momen kebersamaan saya bersama teman-teman. Terbukti selama perjalanan pergi dan pulang dari Palembang ke Pagaralam, kami banyak memutar lagu-lagu nostalgia layaknya sedang berada dalam mobil travel dengan musik-musik memorable. Kami bisa bernyanyi bersama melewati kemacetan dan jalan yang panjang 😀

Terimakasih sudah mengenalkan saya dengan aplikasi Langit Musik!

Bagi kalian yang ingin mencoba layanan Langit Musik, segera unduh aplikasi lewat PlayStore. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang Langit Musik, kamu bisa cek di F.A.Q Langit Musik atau tanya-tanya di @LangitMusik616 via Twitter dan Instagram.

***

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger.

Iklan

37 thoughts on “Langit Musik, Cara Keren Nikmati Musik Digital Secara Legal

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s