BerandaTravelingIndonesiaJelajah Alam Besemah : Green Paradise, Pagaralam

Jelajah Alam Besemah : Green Paradise, Pagaralam

Author

Date

Category

Jelajah Alam Besemah kali ini saya lanjutkan kembali ke kota Pagaralam. Sejak dulu kota ini memang sudah dikenal dengan keindahan alamnya. Maka wajar kenapa dinamakan Pagaralam karena dipagari oleh alam yang indah. Salah satu objek wisata yang sudah mulai dikenal oleh banyak orang yaitu Gunung Dempo dengan hamparan perkebunan teh. Kesejukan saat berada di kaki Gunung Dempo masih dapat kita rasakan. Apalagi kalau kita menyewa vila yang berada di pinggirannya.

kabut pagaralam
Gunung Dempo diselimuti kabut pagi, Aku kapan diselimuti kamu *eh*

Kami menikmati sarapan pagi yang nikmat dari Vila BESH Pagaralam tempat kami bermalam. Lokasi Vila BESH ini memang sangat strategis, apalagi kami mendapatkan kamar vila 506 dengan view kamar tepat langsung melihat pegunungan Dempo. Cuaca pagi masih berselimut kabut menutupi sebagian puncak atas Dempo. Saya pun tak melupakan secangkir kopi Pagaralam yang semerbak. Bayangkan nikmatnya sarapan pagi dengan pemandangan langsung menghadap ke pegunungan Dempo dan hamparan hijau kebun teh? Terasa nikmat yang tak terucapakan.

Alam yang ada di kota Pagaralam memberikan akses kepada tiap kita untuk menikmati puluhan air terjun yang indah, danau alam yang memesona serta situs megalith yang menjadi sejarah Besemah. Perjalanan mobil kami dimulai yang mengantarkan kami ke salah satu objek wisata alam Pagaralam yang tak kalah indahnya yaitu Green Paradise.

green paradise pagaralam
Gerbang masuk menuju wisata Green Paradise
harga tiket masuk green paradise
Info harga tiket masuk wisata Green Paradise, Pagaralam
bayar tiket masuk green paradise
Baru kali ini melihat mbak Ira tertawa lepas dan girang.

Sekilas nama Green Paradise masih asing di telinga saya, namun “racun” dari obrolan kak Robby membuat saya semakin penasaran dengan objek wisata alam keluarga ini. Green Paradise berlokasi di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara ini memiliki pesona alam yang sangat berbeda dengan objek wisata lain yang ada di kota Pagaralam.

Mobil kami menepi di halaman yang luas dengan rumah penduduk di sampingnya. Kebetulan pagi itu, Mbak Ira (itikkecil.com) sedang berbahagia maka dia membayar tiket masuk untuk kami semua.

“Berhubung hari ini, aku lagi bahagia… tiket masuk biar aku bae yang bayar,” serunya sembari mengeluarkan dompet dari tas Anello yang menarik mataku untuk ingin memilikinya juga.

Info bagi kalian yang ingin berkunjung ke Green Paradise, tiket masukpun sangat murah. Hanya dengan  membayar sebesar Rp 5000 untuk dewasa dan Rp 2500 untuk anak-anak, kita sudah bisa menikmati pemandangan sekaligus melakukan aktivitas wisata bersama-sama sepuasnya. Selain itu, kita juga diberikan dua bungkus makanan pakan untuk diberikan ke ikan-ikan di dalam kolam.

mini niagara green paradise
Sebut saja Niagara Kecil yang ada di Green Paradise. Foto oleh Radograph
selada air
Selada air berlimpah
selada air dan green paradise
Pemandangan indah Green Paradise

Masuk ke kawasan wisata alam Green Paradise ini memang menyuguhkan keindahan alam yang masih alami. Tiap kita yang berkunjung ke Green Paradise akan terbuai dengan gemericik air dan hamparan hijau Selada Air yang tumbuh lebat di atas perairan. Saya seperti melihat miniatur air terjun yang ada di sekitar lokasi wisata Green Paradise ini. Selain itu, di lokasi ini juga kita dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya bersama keluarga atau teman seperti berenang, memanen sayur selada, menunggang kuda, dan berbagai aktivitas rekreasi lainnya.

Terdapat sebuah air terjun sedang yang berada di bagian dalam Green Paradise. Saat kaki akan melangkah masuk kitapun sudah disuguhkan dengan panorama kolam luas dengan ikan Semah khas kota Pagaralam yang bisa menjadi hiburan bagi kita yang datang. Kita pun bisa memberikan makan dari pakan yang sudah diberikan sewaktu pintu masuk.

Di dalam kolam terdapat sumber mata air yang  mengalir memenuhi aliran-aliran yang ada di sekitar mengitari kolam besar berair jernih. Walaupun air tampak jernih dan segar, sayangnya tidak bisa diminum sebab sekali lagi karena ada pelihara puluhan ekor ikan. Bayangkan, sungguh ikan yang beruntung bukan bisa hidup di dalam air yang sehat dan segar? Menurut Kak Robby, tanaman selada air merupakan tanaman yang hidup di air yang bersih. Tandanya lokasi di sekitar Green Paradise ini memiliki indikator air yang bersih dan terawat.

Sesekali kicauan burung menemani kami di kala siang menelusuri berbatuan serta percikan air saat ingin turun ke bawah sekedar berfoto dari dekat.

sekitar green paradise
Area lebih dalam Green Paradise
kolam ikan semah pagaralam
Kolam ikan Semah di Green Paradise. Foto oleh Radograph
foto drone green paradise
Kiting aja senang main di Green Paradise, masa kamu gak?

Kami terhanyut oleh pemandangan hijau bahkan Kiting pun segera melakukan foto drone untuk mengambil beberapa footage yang biasa dia kerjakan. Saya baru pertama kali berkunjung ke Green Paradise, namun menurut penuturan Kak Robby dan Mbak Ira yang merupakan kali kedua berkunjung ke Green Paradise. Mereka memberikan komentar bahwa tempat ini sudah lebih baik dari pertama kali mereka datang. Suasana dan kebersihan sudah dijaga.

Akses menuju ke Green Paradise dapat menggunakan moda tranfortasi darat, baik roda dua maupun roda empat. Lokasi lumayan dekat pusat kota Pagaralam, sekitar 15 menit  dengan kendaraan bermotor. Selain itu jalanan menuju ke kawasan Green Paradise juga cukup mulus . Dari pusat kota Pagaralam, kita tinggal menuju Kecamatan Tanjung Sakti. Setibanya di ujung Dusun Bumi Agung ada belokan ke kiri. Kemudian sekitar 1 km sudah tiba di Dusun Sukarami dan di sini sudah terpampang papan tanda bertuliskan Green Paradise.

foto green paradise
Keindahan Green Paradise berlatar Gunung Dempo
spot foto bagus di green paradise
Spot kesukaanku di Green Paradise

Tertarik berkunjung ke Wisata Pagaralam dan Jelajah Alam Besemah?

Saat ini sudah ada akses menuju Pagaralam yang tadinya kota ini untuk menjangkaunya hanya bisa melalui jalan darat sekitar 8 jam. Sekarang Kota Pagaralam sudah bisa dijangkau dengan menggunakan jalur udara melalui Bandara Atung Bungsu dengan jadwal penerbangan seminggu 2 kali dari Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Pagaralam dan Pagaralam menuju Jakarta. Semoga dengan adanya tranportasi udara tersebut, membantu kalian yang berada di luar Sumatera Selatan dapat menjangkau Kota Wisata Pagaralam ini dengan lebih mudah dan cepat.

Harapan saya juga makin banyak destinasi jelajah alam Besemah di Pagaralam supaya dapat menjadi referensi bagi kalian yang menyukai panorama kesejukan alami.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

45 KOMENTAR

  1. Pagaralam ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang indah2 dan menarik, cuman kurang terdengar ya … Green Paradise menjadi tempat wajib dikunjungi kalau ke Pagaralam .. senang dengan aliran2 airnya … sejuk dan hijau

  2. Pelissss kalau daku mlipir ke SumSel bawa ke sana. Kebun teh, resort di sana, lalu mini niagara ini. Duhh ratjun tulisan tentang Pagar Alam dari Omndut ama koh Deddy ini memang ratjun sangat ratjun. 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru