Cerdas Kelola Dana Traveling Bersama BNI Financial Planner


Ketika masih berstatus karyawan kantoran, gaji yang didapat tiap bulan pasti selalu saya sisihkan sekitar 20% untuk dana berlibur. Cara ini ampuh menyalurkan hobi traveling saya ke tempat baru. Setidaknya menyisihkan dana 20% saya belajar untuk lebih mengontrol diri dalam menggunakan uang.

Sejak terkena efisiensi perusahaan terakhir, kondisi yang dialami sempat membuat saya khawatir terhadap keuangan saya di hari esok. Bagaimana nanti saya memenuhi kebutuhan hidup seperti menabung sekaligus hobi traveling saya?

Traveling seperti kebutuhan rohani untuk diri saya melewati masa jenuh atau stress yang melelahkan pikiran. Bukankah generasi milenial saat ini butuh piknik 😆

Bersyukur saya memiliki keahlian dalam menulis sekaligus fotografi, setidaknya bisa membuat saya bertahan sampai saat ini. Tiap fee yang saya dapat dari klien pasti akan saya sisihkan sebagian untuk dana kebutuhan sehari-hari, dana hiburan, dana mengupdate ilmu, dana darurat seperti berobat sekaligus dana hobi yaitu jalan-jalan.

Mencari tips traveling yang paling hemat menurutku adalah disesuaikan kondisi finansial kita. Dari situ akan membedakan mengenai perjalanan dan dana berlibur.

Gaya traveling tiap orang berbeda. Ada yang memilih backpacker atau terima beres dari travel agent. Backpacker termasuk jalan-jalan hemat dengan biaya dan sifat perjalanannya lebih independen. Tidak perlu saling menunggu rombongan lain selain itu perlu cermat mengatur budget perjalanan.

Hal penting dalam menyiapkan dana berlibur adalah bertanya kepada diri sendiri tentang : Kapan perjalanan akan dilakukan? Apakah 1 tahun lagi atau beberapa bulan ke depan? Lamanya perjalanan akan mempengaruhi biaya yang diperlukan. Akomodasi selama perjalanan? Semua rincian dana yang akan dikeluarkan perlu kita hitung.

Nah setelah hal-hal tersebut bisa dijawab, maka kita dapat mulai membuat persiapan dana berlibur.

Kalian mau tahu seperti apa cara saya mengatur keuangan sendiri untuk tetap dapat traveling?

Tips ini sangat mudah dan bisa diikuti oleh kalian semua. Terinspirasi cerita-cerita orang yang telah berhasil melakukan gerakan “Kekuatan Uang 20000”. Berkeinginan ingin berhasil, saya memprogram ulang pikiran saya bahwa disituasi saya dengan penghasilan tidak tetap pasti bisa tetap rutin menabung seperti saat masih bekerja.

Setiap melihat uang 20 ribu akan langsung saya masukkan ke dalam sebuah botol transparan. Botol transparan ini berguna untuk memacu motivasi saya setiap melihat isinya sebentar lagi akan terisi dengan penuh. Pasti hati akan merasa senang.

gerakan-nabung-20000

Setiap lihat ada uang 20000 nganggur saya sisihkan dalam botol

Coba kalian hitung, andai sehari kita ketemu 2 lembar uang 20 ribu, dalam waktu 1 tahun uang kita ada sekitar Rp 14.400.000! Uang tersebut bisa kita gunakan untuk mewujudkan perencanaan yang telah kita rencanakan. Banyaknya uang 20 ribu yang kita tabung disesuaikan dengan konsisten serta niat kita untuk memiliki kondisi keuangan lebih baik.

Godaan terberat yang dirasakan adalah tergoda untuk mengambil uang yang telah disimpan. Ini bisa merusak komitmen awal dibangun. Beberapa kali saya tergoda mengambil beberapa lembar untuk keperluan yang memang terdesak. Maka menembus rasa bersalah, besoknya saya kembalikan dua kali lipat ke dalam botol transparan.

Boleh saya katakan menabung seperti ini menyenangkan, namun juga merupakan sebuah perjuangan. Saya lebih banyak berdiam di rumah saja daripada keluar rumah atau menerima ajakan teman untuk nongkrong di cafe atau menonton bioskop.

BNI Kantor Cabang Palembang

Bank BNI Kantor Cabang Palembang

Saya berencana datang ke Bank BNI untuk menabung sebagian yang telah dikumpulkan dari gerakan “Kekuatan Uang 20000”. Sekaligus mengurus internet banking ke customer service. Berdiri sejak 5 Juli 1946, BNI menjadi bank pertama milik negara yang melayani sudah berpuluh tahun hingga sekarang.

Melangkah kaki masuk ke kantor Bank BNI. Saya langsung disambut sekuriti dengan senyum ramah sambil membuka pintu dan bertanya kepentingan saya. Setelah terima nomor antrian darinya, saya duduk di sofa empuk sembari menunggu giliran panggil. Duduk berhadapan di meja customer service serta ruangan AC yang dingin, saya dilayani dengan sabar dan senyum yang hangat.

BNI Kantor Cabang Palembang

Mengantri di customer service BNI Palembang

bni financial planner

Sedang dijelaskan fitur Pengelolaan Keuangan Pribadi

Kelar menabung uang, saya akhirnya ikut memanfaatkan salah satu fitur BNI Internet Banking yaitu Pengelolaan Finansial Pribadi. Setelah mendengar penjelasan lengkap dari Mbak Lisma, customer service BNI Cabang Palembang sehabis mengetahui tujuan menabungku. Saya percaya fitur ini dapat membantu wujudkan perencanaan keuangan kita.

Kalian sudah tahu manfaat fitur dari BNI Internet Banking ini?

BNI Internet Banking telah memiliki beberapa fitur transaksional seperti Transfer, Pembelian serta Pembayaran Tagihan. Disamping itu, BNI Internet Banking memiliki fitur istimewa seperti pembukaan rekening Taplus & Tapenas, Pemblokiran Kartu Debit, Pembukaan & Pencairan Deposito serta Pengelolaan Finansial Pribadi (PFM).

Agar dapat memanfaatkan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi tentunya kita telah menjadi nasabah setia Bank BNI. Dalam fitur Pengelolaan Finansial Pribadi (Personal Finansial Management), terdapat layanan Perencanaan Tujuan Keuangan yang membantu nasabah mengelola keuangan untuk tujuan tertentu seperti keinginan membeli mobil, rumah, menikah, pensiun atau rencana lainnya.

Langkah pertama dalam perencanaan tujuan keuangan sangat gampang. Kita tinggal akses masuk ke BNI Internet Banking melalui http://www.bni.co.id lewat mode desktop. Pilih menu Pengelolaan Finansial Pribadi yang di dalamnya terdapat 6 (enam) kategori yaitu Atur Kategori, Atur Transaksi Tunai, Lihat Laporan, Pengaturan Tujuan, Ringkasan Multi Rekening, Kalender Transaksi.

Masuklah ke menu Pengaturan Tujuan yang merupakan halaman daftar rencana ke depan. Bagi kita yang baru pertama kali ingin membuat perencanaan, pilih menu Tambah Tujuan Keuangan. Selanjutnya kita akan masuk ke sebuah halaman untuk kita memilih tujuan perencanaan seperti Beli Mobil, Beli Rumah, Tetapkan Tujuan Anda, dan Rencana Masa Pensiun.

Sebagai contoh, saya memiliki impian traveling tahun depan. Maka saya mengisi semua deskripsi yang diminta termasuk nominal dan tanggal target. Nanti secara otomatis akan muncul Total Sisa Nominal Tujuan yang Masih Harus Disimpan dan Nominal untuk Disimpan per Bulan. Kita sudah mendapat gambaran tentang dana yang harus ditabung tiap bulannya. Apabila telah selesai mengisi data formulir yang diminta, tinggal menyelesaikan diproses.

Langkah selanjutnya akan memerlukan otorisasi menggunakan BNI s-Secure/BNI m-Secure. Apabila menggunakan BNI m-Secure dapat diakses melalui aplikasi di smartphone yang telah diunduh terlebih dahulu. Fungsinya sama seperti token internet banking. Selesai proses otorisasi, selanjutnya diarahkan memilih rekening afiliasi yang nantinya akan ditarik secara otomatis tiap bulannya ke tabungan Taplus atau Tapenas. Tabungan ini nantinya dijadikan sebagai rekening tabungan khusus.

BNI Tapenas merupakan Tabungan Perencanaan Masa Depan dengan jangka waktu menabung disesuaikan dengan kebutuhan, minimal 2 tahun dan maksimal 18 tahun. Sistem tabungannya akan mendebet otomatis dana yang ada ditabungan Taplus nasabah sebagai rekening utama tentunya setelah disetujui oleh nasabah.

Manfaat BNI Tapenas ini agar kita lebih disiplin dengan apa yang telah direncanakan. Dana yang sudah disetorkan, tidak dapat ditarik sebelum waktu jatuh tempo. Apabila tetap ingin ditarik akan dikenakan pinalty sebesar 1% dari total saldo. Selain itu, Tapenas menawarkan bunga sebesar 4% pertahun, lebih besar dari rekening Taplus 0.90% pertahun. Setoran awal minimal dimulai dari Rp 100.000 yang dapat kita naikkan jumlah setorannya apabila kondisi keuangan kita sedang lebih.

Kalau perencanaan finansial kita hanya sekitar 1 (satu) tahun saja, kita boleh memilih rekening Taplus sebagai rekening afiliasi yang akan ditarik tiap bulannya. Setoran awal untuk pembukaan rekening Taplus baru minimal Rp. 500.000.

Proses pembukaan rekening dapat dilakukan sendiri. Caranya perhatikan kolom Langkah yang belum dilakukan dan klik Taut Rekening untuk menyelesaikan pembuatan Tujuan Keuangan. Selanjutnya, klik tombol Proses dan nasabah akan diarahkan ke menu Transfer untuk memulai pendanaan awal dan transfer berulang. Pemotongan akan dilakukan setiap tanggal 5.

Kita dapat memantau perkembangan perencanaan lewat menu Lihat Perkembangan Tujuan Keuangan yang ditampilkan dalam bentuk grafik.

Bagaimana? Gampang sekali kan. Fitur ini mengajak kita berani bayar harga untuk menunda kesenangan sekarang untuk masa depan sendiri.

Ketika kebutuhan masa sekarang harus berbagi dengan kebutuhan masa depan, di situlah menabung menjadi hal penting. Semakin dini dana dipersiapkan, semakin besar tabungan. Jadi intinya, menabung itu tidak susah. Susah karena tidak biasa atau tidak disiplin. Kalau ada keinginan kuat, kenapa masih ditunda? Masih pikir-pikir untuk menabung? Masih ragu mewujudkan keinginanmu tahun depan? Ayo, tunggu apalagi segera menabung dan wujudkan keinginanmu!

Informasi dan detil lebih lengkap kalian dapat kunjungi Kantor Cabang BNI terdekat, hubungi BNI Call 1500046 atau 68888 dari ponsel atau kunjungi http://www.bni.co.id

Iklan

63 pemikiran pada “Cerdas Kelola Dana Traveling Bersama BNI Financial Planner

  1. Baca ini aku jadi pingin nyoba kekuatan uang 20000 nih…. semoga tahan godaan deh ya.. dulu aku nasabah bni jaman kuliah tp skrg zonk…perlu dipertimbangkan deh buat bikin rekening BNI lagi…

    Sukses ya koh lombanya!!!

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s