7 Sisi Menarik Chin Swee Caves Temple Genting


Tak ada perubahan ketika pertama kali saya backpacker ke Kuala Lumpur dan mengunjungi Genting Highland Kuala Lumpur. Hanya saja kalau dulunya kami seperti tersesat berada di kawasan Resorts World Genting (RWG). Sekarang, tidak perlu takut tersesat, sebab ditemani oleh Irene dan Jay dari RWG. Mereka berdua yang memandu kami berkeliling sekitar Chin Swee Caves Temple Highland Genting.

Chin Swee Caves Temple Genting

Perlu diketahui kalau saat ini theme park indoor dalam kawasan Genting sudah tidak beroperasi. Kondisinya sedang direnovasi hingga tahun 2018 diprediksikan baru selesai. Sebab, akan dibangun Twentieth Century Fox Malaysia yang merupakan kawasan theme park indoor dan outdoor lebih besar lagi.

Luasnya kawasan Genting ini membuat kita harus naik turun tangga eskalator di tiap sudut. Beruntung, informasi arah jalan lumayan jelas sehingga apabila tersesat masih dapat mencari petunjuk arah dengan mudah.

Lalu, apa yang menarik dari Chin Swee Caves Temple ini?

Sekilas Tentang Chin Swee Caves Temple Genting

Chin Swee Temple Genting Malaysia, berada di ketinggian 4600 di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan yang begitu indah. Saat pertama kali berkunjung ke Chin Swee Temple ini saya langsung jatuh hati dengan suasana ketinggian yang sejuk. Apabila langkah kaki masih kuat, cobalah untuk naik ke atas Pagoda 9 lantai. Dari atas puncak ketinggian pagoda, kita dapat melihat pemandangan 360 derajad dari segala penjuru Genting Highland.

Chin Swee Caves Temple Genting

Kuil bagi umat Taoisme ini dulunya merupakan plot area berbatuan dan hutan. Berada dalam Grup Genting, Chin Swee Caves Temple ini dibuka pada tahun 1994 setelah dua puluh tahun sebelumnya mengalami pembangunan secara berkala.

Sekarang, walau Chin Swee Caves Temple mengalami modernisasi kita tetap dapat menikmati pemandangan indah di puncak ketinggian. Chin Swee Caves Temple lokasinya strategis dan mudah diakses baik oleh Awana SkyWay atau melalui jalan darat.

Lantas kenapa saya merekomendasi kalian saat ke Genting perlu ke tempat ini? Tentu saya punya beberapa alasan yang akan membuat kalian akan menyukai tempat ini.

#1 Melakukan Perjalanan Dari Neraka ke Surga di Alam Baka

Chin Swee Caves Temple Genting

Bagian yang menarik perhatian yaitu apabila kalian keluar dari Awana Skyway, maka akan melewati lorong jalan yang di sampingnya terdapat patung-patung bercerita tentang perjalanan dari neraka ke surga di alam baka. Di tiap lorong hingga ke atas, bercerita sebagai lapisan neraka yang pada akhirnya kita akan diadili sesuai dengan perbuatan kita semasa hidup. Makin tinggi kita naik ke atas, maka makin menyeramkan hukuman di alam baka.

Ternyata saat kita menelusuri jalur “Journey to Enlightment” ini membawa satu perasaan intropeksi diri terhadap perbuatan-perbuatan yang pernah kita lakukan semasa hidup. Berharap pada saat hari penghakiman kita tidak mengalami siksaan negara di alam baka. Betul bukan?

#2 Mengunjungi Kuil

Chin Swee Caves Temple Genting

Saat kemarin tiba di Chin Swee Temple, saya sengaja berpisah dari rombongan untuk pergi ke kuil yang terdapat di bawah bangunan Chin Swee Temple. Kuil terletak di level 7 dan saya ditemani oleh Jay. Barangkali bagi wisatawan luar, belum begitu yang tahu letak kuil dan kita bisa memanjatkan doa lewat dupa dan kim chua, uang kertas. Dulu waktu saya datang pertama kali ke Genting boleh menemukan letak kuil ini tidak disengaja juga.

Berbeda dengan kuil/kelenteng di Indonesia yang kita bisa membayar sukarela, di Chin Swee Temple ini sudah mematok harga 10 RM untuk membayar dupa dan kim chua.

Chin Swee Caves Temple Genting

Kuil memang tidak terlalu penuh oleh pengunjung. Saya memilih diam sejenak memandang tiap detail ornament sekaligus arsitektur di dalam kuil. Paduan warna merah, kuning dan emas memang mendominasi pada sebuah kuil umat Taoism. Luas kuil ini memang tidak megah, hanya terdapat beberapa patung dewa berpostur besar. Selain itu, terdapat pantangan bagi perempuan yang sedang “kotor” dilarang untuk masuk ke dalam kuil.

#3 Menikmati Semilir Angin Sejuk

Chin Swee Caves Temple Genting

Masih dalam kawasan kuil, kita juga dapat menikmati semilir angin menyentuh lembut ke kulit. Udara dari atas ketinggian ini sangat cocok bagi kita yang membutuhkan pergantian udara dari rongga paru-paru. Sangat cocok bagi kalian yang ingin melakukan meditasi atau pemulihan jiwa. Kita pun dapat berjalan ke samping melihat kumpulan kura-kura yang memang dipelihara sedari dulu.

#4 Berburu Foto Instagramable

Kegiatan lain yang dapat kita lakukan saat di Chin Swee Temple adalah mencari spot foto yang instagramable. Chin Swee Temple ini seperti hamparan lapangan luas, namun kalau kalian jeli maka dapat menemukan spot foto yang instagramable.

Terdapat patung Buddha dan Kuan-Yin berukuran besar berdiri dibelakang sekitar Chin Swee Caves Temple. Kalian dapat menemukan spot foto terbaik yang sayang apabila dilewatkan begitu saja.

#5 Naik Gondola Awana Skyway

Ada sensasi tersendiri sewaktu naik gondola dari Awana Skyway Genting. Berada di lantai paling atas SkyAvenue Mall, kita dapat membeli tiket gondola menuju Chin Swee Temple. Harga tiket sekali menyebrang yakni RM8, naik RM2 dari tahun 2013 saat saya datang. Sedangkan kalau kalian ingin merasakan sensasi lebih menantang dapat mencoba gondola berlantai kaca bening. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menantang tersebut, kita harus mengeluarkan kocek sebesar RM50.

Chin Swee Caves Temple Genting

Chin Swee Caves Temple Genting Chin Swee Caves Temple Genting

Sensasi menggelitik selama naik gondola dengan kecepatan 6 m/detik dari SkyAvenue Station melewati Awana SkyWay menuju Chin Swee Temple adalah pengalaman mendebarkan menyeberang batas jurang sejauh 3.4 km. Apalagi kalau menumpang cable car glass floor. Kaki dan dengkul serasa lemas seketika. Pemandangan yang bisa dilihat sepanjang penyeberangan adalah kumpulan hutan lindung di sekitar Resorts World Genting.

Chin Swee Caves Temple Genting

Saran saya sewaktu naik gondola Awana SkyWay adalah mengatur nafas agar tidak cepat panik apabila gondola sedikit berguncang karena kencangnya angin. Awana SkyWay ini akan terus beroperasi setiap hari mulai dari pukul 7 pagi hingga tengah malam.

#6 Chin Swee Caves Temple Vegetarian Restaurant

Chin Swee Caves Temple Genting

Berjalan kaki di pintu masuk atau tempat shuttle bus gratis yang datang tiap satu jam untuk mengantar kita dari Genting Highland hingga ke Chin Swee Caves Temple. Shuttle bus ini alternative transportasi bagi kalian yang memiliki phobia ketinggian naik gondola. Maka untuk menghemat budget RM8 hingga RM40 bisa mencoba naik bus gratis yang akan mengantarkan kita persis di depan pintu utama bangunan.

Berada di lantai dasar, maka bagi kalian yang ingin mengisi perut setelah lelah berjalan kaki dapat singgah sejenak di rumah makan vegetarian yang menghidangkan beragam menu makanan.

#7 Bersantai di Starbucks

Chin Swee Caves Temple Genting

Kalian sbux lovers? Rasanya jangan melewatkan untuk mampir sejenak merenggangkan kaki sehabis berkeliling di kawasan Chin Swee Caves Temple dengan minum kopi atau cokelat hangat di Starbucks. Outlet ini akan memanjakan kalian serta melepas dahaga.

Baca juga : Malaysia Trip : Resort World Genting, Chin Swee Temple

Chin Swee Caves Temple Genting

Chin Swee Caves Temple Genting

Chin Swee Temple dibangun oleh Tan Sri Dato Lim Goh Tong, pendiri Genting Highland, dibangun untuk menghormati para leluhur yang berasal dari Fujian, Tiongkok. Kuil Chin Swee Caves ini memang sederhana namun menawarkan pemandangan menakjubkan bagi pengunjung yang ingin menikmati ketenangan.

Kabut tipis sering kali datang menyapa seolah menampakkan dirinya bahwa kita sedang berada di ketinggian. Sesekali hujan sering kali turun pada tempat ini, namun tak berlangsung lama.

Apabila kalian umat Tridarma, saya sarankan dapat bersembahyang di dalam kuil kemudian menikmati panorama dari atas kuil merasakan semilir angin. Selesai dari Chin Swee Caves Temple kalian dapat kembali berkeliling kawasan Genting sekitarnya. Tunggu tulisan saya selanjutnya ya!

Selamat berkelana menikmati udara sejuk selama di Genting!

Iklan

40 pemikiran pada “7 Sisi Menarik Chin Swee Caves Temple Genting

  1. Pas kemaren main ke KL belom sempet main ke Genting katanya masih tahap pembangunan dan bla bla bla, lha kok ini sudah bagus ya tempatnya, pengen naik gondola nya itu…tapi kalau disuruh naik gondola yang kacanya bening walau dibayarin tiketnya yang 50RM itu kayaknya aku cuma mau bilang makasih deh hahaha…. jiper duluan..

  2. eh keceh2 kok
    apalagi yang ngejepret kokoh
    aku paling suka yang perjalanan surga ke neraka
    iya sih klo di aku kayak liat jembatan sihirotul mustaqim
    jadi bisa introspeksi diri

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s