5footway Inn Boat Quay : Hostel Murah Dekat MRT di Singapura


Akomodasi hotel termasuk salah satu pengeluaran yang esensial saat traveling. Semakin lama waktu kita di suatu kota maka pengeluaran hotel juga makin membengkak. Salah satu kota yang menurut saya perlu persiapan budget untuk didatangi adalah Singapura. Sebab Singapura termasuk negara yang mahal untuk layak huni. Wajar saja kalau para backpacker akan mencari sesuai budget. Termasuk saya sendiri.

wisata singapura

Merlion Singapore

Cari hotel murah di Singapura? Kalau kalian punya budget lebih boleh saja memilih hotel. Rata-rata harga hotel di Singapura berkisar 1 juta. Solusinya kalian bisa mencari hostel murah di Singapura. Hostel sejenis penginapan yang dihuni oleh beberapa orang dalam satu ruangan. Biasa dalam satu ruangan terdiri oleh 4 hingga 10 orang, tergantung besarnya ruangan. Ada banyak sekali hostel murah di Singapura dengan lokasi yang strategis.

Kalau bukan karena Kerala Blog Express mungkin saya tidak mampir ke Singapura untuk bermalam. Alasan lain karena saya belum begitu banyak explore Singapore. Penerbangan saya ke Trivandrum, India memang paling dekat lewat Singapura. Maka sebelum berangkat saya sudah mencari beberapa hostel murah di Singapura. Penginapan yang menjadi pilihan saya ada di 5footway Inn Boat Quay lewat Traveloka. Harga per malam saya bayar sekitar Rp 230.000/malam untuk kamar dorm isi 4 orang.

5footway inn boat quay

5footway Inn Boat Quay. Lokasi antara MRT Raffles Place dan Clarke Quay

Beruntung saya mendapatkan penawaran upgrade dari pihak hostel dari kamar dorm menjadi kamar private room tanpa dikenakan biaya tambahan. Jadi, berikut ulasan pengalaman saya menginap di 5footway Inn Boat Quay.

1. Lokasi Dekat MRT

Salah satu tips mencari hostel murah adalah lokasi yang strategis. Bila perlu cari hostel yang dekat dengan transportasi umum, seperti MRT. Sebab akan memudahkan kita serta hemat biaya. Kalian pun tidak perlu capek untuk mencari lokasi hostel. Lokasi 5footway Inn Boat Quay terletak di antara MRT Clarke Quay dan Raffles Place. Maka saat saya baru tiba di Changi Airport, saya tinggal naik MRT lalu turun di halte MRT. Dengan mengeret koper, saya berjalan kaki sekitar 500m saja dari pintu keluar MRT menuju 5footway Inn Boat Quay.

2. Lokasi Dekat Objek Wisata

5footway Inn Boat Quay berada di tepian sisi Boat Quay, tidak jauh dari UOB Bank. Bagi kalian yang senang menghabiskan waktu malam tanpa perlu repot mencari tempat makan atau minum, maka Boat Quay ini jawabannya. Di sepanjang ruas jalan kalian bisa menemukan bar dan restoran yang buka hingga malam hari. Selain itu, ada banyak objek wisata terdekat yang dapat dijangkau dengan jalan kaki. Kalian bisa menyusuri jalan mulai dari Merlion Park, Esplanade, hingga Marina Bay Sands wood decking memandangi Hotel Fullerton. Semuanya objek wisata ini bisa dengan mudah kalian jangkau dan gratis!

3. Kamar Private Double Room 5footway Inn Boat Quay

Begitu membuka pintu masuk, kita harus naik ke lantai atas. Anak tangga kayu menjulang ke atas. Apabila kalian membawa koper karena kalian harus siap membawa sendiri koper ke atas karena memang tidak ada jasa porter. Di tiap dinding ada petunjuk arah yang mengarah ke resepsionis, ruang makan, atau kamar. Saya pun segera menuju resepsionis dengan menunjukkan kode booking kamar saya. Proses check inberjalan lancar dan butuh deposit $20 untuk kunci kamar yang akan dikembalikan saat check out.

5footway inn boat quay

Tangga masuk menjulang ke atas

Kamar saya sudah dipersiapkan oleh staff 5footway Inn Boat Quay. Letaknya tidak jauh dari resepsionis dan kamar tersebut cukup diakses menggunakan kartu, termasuk lemari menyimpan pakaian.

Ruang kamar private double berukuran sekitar 2 x 3 meter. Posisi kasur berada di deck atas, sehingga kita perlu naik tangga untuk bisa mencapai kasur. Harap hati-hati saat naik, karena posisi kepala dekat dengan plafon. Apalagi postur tubuh tinggi mudah sekali menyentuh plafon. Di atas sudah disediakan arus listrik sehingga kita bisa mengisi baterai gadget kita sampai besok pagi.

5footway inn boat quay

Kasur empuk ukuran double

5footway inn boat quay

Posisi kasur di atas, harap hati-hati saat turun ke bawah

5footway inn boat quay

Ruang bawah hanya ada meja dan kursi serta lemari.

Sedangkan ruangan bawah dibiarkan kosong, hanya ada meja dan kursi serta lemari. Cukup banyak ruang gerak yang bisa saya lakukan seorang diri. Kesan saya dengan ruangan kamar 5footway Inn Boat Quay sangat nyaman. Mirip seperti kita tidur di hostel kapsul tapi dengan ruang gerak lebih banyak. Saya bisa meluruskan kaki setelah seharian panjang eksplorasi Singapura tanpa perlu khawatir mengganggu orang lain, apabila saya menggambil kamar dorm.

Harga untuk kamar private double room semalam berkisar $70-90. Menurut saya kamar ini cocok apabila kalian traveling berdua.

4. Kamar Mandi Shower

5footway inn boat quay

Kamar mandi pria lengkap dengan shower

Menginap di hostel, kita akan berbagi fasilitas dengan tamu lainnya termasuk dalam hal kamar mandi. Namun jangan khawatir sebab kamar mandi di 5footway Inn Boat Quay punya banyak ruang mandi. Jadi kalian bisa memilih salah satu ruang mandi yang sudah dilengkapi dengan shower air panas dan dingin. Sedangkan untuk toilet kering terpisah dengan ruang mandi.

Saran saya, kita juga perlu membawa peralatan mandi pribadi, sebab dari 5footway Inn Boat Quay tidak menyediakan seperti sabun dan shampoo.

5. Menu Sarapan Pagi

Salah satu cara berhemat saat traveling adalah memilih hostel yang sudah menyediakan sarapan pagi tanpa perlu khawatir. Biasanya tiap hostel akan menyediakan roti dan sereal sebagai sarapan pagi. Saya puas dengan menu sarapan pagi di 5footway Inn Boat Quay, walau hanya roti dan sereal. Kalian bisa bebas sepuasnya mengambil roti dan sereal sampai perut kenyang. Saya pun mengambil beberapa lembar roti untuk persiapan saat di jalan apabila lapar dan belum bertemu tempat makan.

5footway inn boat quay

Menikmati sarapan pagi dengan pemandangan sejuk khas Singapura

Bagi kalian yang menyeduh teh atau kopi tidak perlu khawatir karena sudah disediakan dispenser. Sehingga sangat cocok kalau kalian membawa Tupperwaresaat traveling. Tapi ingat, tutup Tupperwarejangan sampai hilang ya! Selain itu selesai kalian sarapan, jangan lupa untuk mencuci peralatan makan kalian di wastafel. Inilah salah satu serunya tinggal di hostel.

Bonus menarik menginap di 5footway Inn Boat Quay menurut saya adalah kita dapat menikmati sarapan pagi dengan tenang, ditemani kicauan burung serta melihat Marina Bay Sands dari jauh!

Pros :

  • Lokasi strategi sehingga kita bisa hemat biaya
  • Kamar bersih dan fasilitas wifi kencang
  • Sarapan tercukupi
  • Harga permalam cukup terjangkau

Cons:

  • Kurang cocok bagi teman-teman disabilitas karena tidak memiliki lift.

5footway Inn Boat Quay termasuk salah satu hostel murah di Singapore yang strategis dekat MRT. Bagi saya hostel ini salah satu pilihan bagi traveleryang berkantong pas-pas-an. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, pengalaman menginap di 5footway Inn Boat Quay sangat mengesankan.

Lokasi 5footway Inn Boat Quay terletak antara Clarke Quay dan MRT Raffles Places, keduanya berjarak 5 menit berjalan kaki. Saya paling senang nongkrong di teras dengan pemandangan Marina Bay Sands, gedung parlemen lama, Asian Civilisation Museum, serta cakrawala Central Business District.

5footway inn boat quay

Menikmati sunrise indah di Singapura

Ada kabar baik untuk kalian semua yang punya rencana berlibur ke Singapura dan ingin mencoba bermalam di 5footway Inn Boat Quay. Dapatkan diskon 10% dengan cara langsung memesan kamar ke 5footway Inn lewat email ke : marketing@5footwayinn.com kemudian berikan kode promo “DH10”. Tenang, kode kupon ini bukanlah suatu afiliasi saya dengan pihak mereka. Jadi ini semacam free diskon bagi kalian. Ingat ya kode ini cuma bisa dipakai sampai September 2018.

Suatu hari nanti saya pasti akan kembali lagi ke Singapura dan mencoba kembali bermalam di project-project 5footway Inn di daerah lain seperti Chinatown 1, Chinatown 2, Ann Siang, dan Bugis.

Address :
5footway.inn Project Boat Quay | 76 Boat Quay | Singapore

Iklan

45 pemikiran pada “5footway Inn Boat Quay : Hostel Murah Dekat MRT di Singapura

  1. Ping balik: See and Do : Jalan Hemat di Singapura | Koh Huang

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.