12 Tempat Wisata di Kerala Ini Kaya Alam dan Budaya (End)


Hari-hari di Kerala adalah kejutan, kita tidak diberi bocoran apa saja yang akan dilakukan. Namun baru akan diketahui ketika malam hari setelah tiba di kota baru. Minggu pertama di Kerala, bukan hanya saya tapi peserta lain juga merasakan kejenuhan yang sama yaitu tidak ada waktu kosong untuk bersantai menikmati kota yang disinggahi. Berangkat pagi dan baru tiba malam hari di kota baru. Kadang makan siang dan malam pun telat.

Dalam hati saya bilang, waduh ini kenapa ya tapi itulah resiko dari media trip yang berusaha memasukkan semua pesan sponsor sehingga kadang melupakan esensi apa yang ingin mereka targetkan. Akhirnya, saya ingin tetap menjaga mood supaya perjalanan saya tidak sia-sia. Saya bersyukur warga lokal sangat baik dan membuat energi saya disalurkan dengan memotret sisi human interest orang sekitar.

Minggu kedua di Kerala saya berharap mendapatkan pengalaman lebih menantang. Sebelumnya kalian bisa membaca catatan perjalanan minggu pertama di Kerala.

7. Kozhikode

Distrik Kozhikode ini biasanya dipanggil Calicut yang merupakan nama kota di India Selatan. Letaknya di bagian barat bagian Kerala. Kami tidak begitu banyak melakukan aktivitas di kota ini, hanya kunjungan melihat orang-orang sedang melukis dinding dan naik tuk-tuk. Ya, di sini pengalaman pertama saya naik tuk-tuk.

Mittai Theruvu

Mittai Theruvu

Mittai Street

Mittai Street

Ada satu pusat perbelanjaan yang lumayan dikenal yaitu Mittai Theruvu. Ruas jalan ini bernama Mittai Street yang menjadi pusat bisnis kota. Apa saja yang dijual di kawasan Mittai Street? Kalian bisa menemukan berbagai toko yang menjual kain, parfum, dan aksesoris.

kerala blog express

Seorang ibu sedang bingung memilih baju

Waktu datang ke sini, saya senang sekali karena bisa melihat langsung interaksi warga lokal. Saya jamin kalian pasti akan puas berbelanja pakaian di sini. Harga pakaian dijual mulai dari 100 rupee untuk sebuah baju atau sekitar 20 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk kain saree sekitar 800 rupee. Bayangkan kalau perempuan yang datang ke kawasan ini untuk belanja, bisa berapa kantong yang dibawa?

8. Wayanad

Kami tiba di kota Wayanad cukup malam, sekitar jam 8 malam dari Calicut. Kawasan Wayanad memiliki panorama alam yang menarik seperti hutan dan jalur hiking. Sayangnya media trip ini cukup padat sehingga membuat kami tidak bisa banyak mengulik apa yang menjadi daya tarik dari Wayanad. Namun, hati kecil saya berkata kota Wayanad ini memiliki nilai sejarah sekaligus aktivitas warga lokal yang menarik.

kerala blog express

Aktivitas rappeling di Wanayad

kerala blog express

Saya ketagihan dengan rappeling.

Pengalaman yang saya rasakan di Wayanad adalah rappelling atau turun ke permukaan batu secara vertikal dengan menggunakan tali berganda melingkar di sekitar tubuh dan tetap pada titik yang lebih tinggi. Ini adalah pengalaman pertama saya dan seru! Selain itu kami diajak untuk melihat Ezhuthapara Caves yang merupakan temuan lukisan pra-sejarah pertama di India. Bentuknya berupa bongkahan batu besar di Eddakal, nama kawasannya.

kerala blog express

Ezhuthapara Caves, banyak jejak goresan di batu

kerala blog express

Left to Right : Amandine (French), Tianna (US), Maria (Bulgaria), and Neeharika (India)

kerala blog express

Mau ikut babang mandi?

Terakhir, kalian bisa bersantai dengan bamboo rafting. Aktivitas bamboo rafting ini berada di Sungai Vythiri. Dengan ditemani seorang pemandu dan menggunakan jaket penyelamat, kita diajak untuk mengelilingi Sungai Vythiri sambil menikmati kicauan burung atau jika beruntung kalian bisa menikmati suguhan pria-pria tampan India sedang mandi di sungai.

Saya tinggal di resort di tengah hutan, jauh dari namanya sinyal telepon. Bisa dibayangkan resort yang ditempatin memiliki udara dingin dan lembab, serta monyet-monyet berkeliaran. Sejatinya resort tempat saya bermalam lebih cocok untuk pasangan honeymoon.

9. Kannur

Kami berpindah kota lagi dari Wayanad menuju Kannur melalui Kozhikode. Kannur adalah kota administratif. Jaraknya sekitar 518km dari utara bagian Trivandrum. Apa yang menarik dari kawasan kota yang sedang ingin mengembangkan sektor pariwisata?

kerala blog express

Pantai pasir putih di Kannur

kerala blog express

Pengalaman pertama mencoba kayaking di Kerala

kerala blog express

Berlomba kayaking sampai 6km

Kalian bisa mencoba kayak di Dharmadam. Jujur saja ini adalah pengalaman pertama saya mencoba kayak atau mendayung kapal kecil di tengah laut berombak sejauh 6 kilometer. Sumpah demi nama Kerala, saya sempat berucap dalam hati kalau saya sudah siap cemplung ke air karena pada saat ingin mendayung keseimbangan badan saya goyang. Saya merasa takut karena ketika semua peserta lain sudah jauh meninggalkan saya untunglah ada pemandu yang membantu saya. Akhirnya saya diberitahu untuk tetap tenang dan terus mendayung. Setelah mendapat ritme bermain kayak saya akhirnya bisa mengontrol perahu sampai garis finish. Fiuh… menegangkan!

kerala blog express

Bermain ATV di Muzhappilangad Beach

Petualangan saya tidak hanya bermain kayak saja, Kannur sepertinya sedang konsentrasi dengan wisata olahraga. Maka aktivitas selanjutnya yang saya lakukan adalah bermain motor ATV di Muzhappilangad Beach! Ya Lord.

Pantai Muzhappilangad merupakan pantai terpanjang di Asia yang memiliki hamparan pasir putih sejauh empat kilometer! Kalian bisa puas untuk memacu kembali adrenalin lewat ATV kemudian menghabiskan waktu bersantai menikmati kelapa muda.

kerala blog express

Sudut instagramable Kannur Eye

Masih ada dua tempat lagi yang menarik di Kannur. Ternyata Kannur juga memiliki instagramable spot yang membuat orang berbondong-bondong datang untuk berfoto. Lokasinya ada di Payyambalam Beach yang merupakan pantai lokal yang memiliki #KannurEye, sebuah penyangga berbentuk persegi warna kuning.

Terakhir, kalian bisa melihat sejarah lewat Benteng St. Angelo yang dibangun oleh orang Portugis Viceroy pertama India, menawarkan pemandangan pelabuhan yang menyenangkan. Kapel, sisa-sisa terowongan serta ombak yang menabrak tepi bebatuan benteng adalah beberapa pemandangan yang menarik.

kerala blog express

Berjumpa rombongan orang sedang main di St. Angelo Fort

kerala blog express

Muhammed Ali

Kami pun berkesempatan bertatap muka langsung dengan Kannur District Collector, Muhammed Ali. Bisa saya pastikan semua orang yang berada di dalam ruangan sepakat kalau si bapak muda ini ganteng abis! Coba dibawa ke Indonesia bisa jadi aktor tampan menghiasi sinetron televisi.

10. Kasaragod

Kerala memilki 14 distrik, tidak terasa hampir 2 minggu perjalanan saya berpindah distrik yang ada di Kerala. Kasaragod merupakan salah satu distrik yang menjadi bagian dari Kannur. Kami tidak banyak eksplorasi kawasan in karena menjadi tempat untuk berpindah dari Kasaragod menuju Kochi. Terasa sebentar lagi perjalanan #TripofAlifetime akan berakhir.

kerala blog express

Theyyam

Ada satu kebudayaan yang menarik ketika tiba di Kasaragod, saya menyaksikan pertunjukan warga lokal yang masih percaya pada hal-hal ritual seperti Theyyam. Saya percaya bahwa dibelahan dunia, sebelum adanya agama kita sudah memiliki agama kepercayaan, maka di Kerala pun demikian. Orang menyebutnya Theyyam. Nantinya orang yang dianggap sebagai perantara dewa ini dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Malayalam. Kalian dapat bertanya apa pun dan meminta petunjuk dari Theyyam.

kerala blog express

Bekal Fort

kerala blog express

Say cheese!

Kemudian singgah sebentar melihat Bekal Fort, sebuah benteng tua bekas peninggalan kolonial. Menurutku ini salah satu benteng yang menarik dengan halaman yang luas, suasana tenang serta pemandangan menarik.

11. Ernakulam

kerala blog express

Kereta AC 3 menuju Kochi

Di penghujung akhir acara #KeralaBlogExpress kami diberikan pengalaman menarik yaitu overnight at train to Kochi. Selama 7 jam perjalanan di kereta AC 3 adalah pengalaman yang seru serta tidak bisa dilupakan.

Sejujurnya ada beberapa lagi jenis kereta di India mulai dari paling melarat hingga paling mewah. Kelas AC 3 yang saya coba boleh dibilang cukup layak. Tapi bayangkan kalau kelas melarat yang mana kalian tidak ada tempat duduk sekalipun. Kemudian kalau perjalanan itu butuh waktu 10 jam berarti selama 10 jam kalian berdiri seperti di dalam Trans Jakarta dengan ransel yang berat! Seram!

Kami tiba di Ernakulam sekitar pukul 4 pagi. Ernakulam sendiri merupakan kawasan ibukota Kochi sehingga terdapat beberapa kantor dan pusat bisnis.

12. Kochi

kerala blog express

Kochi Metro Line

Inilah akhir rangkaian perjalanan saya selama di Kerala. Kochi merupakan kota tujuan terakhir sekaligus perpisahan saya dengan teman-teman dari negara lain. Kesan saya dengan Kochi adalah kota bisnis yang modern dan metropolitan. Suasana di Kochi sangat berbeda dengan Trivandrum. Pembangunan gedung bertingkat lebih banyak dan hidup.

kerala blog express

Interior dalam metro Kochi

Ada beberapa kegiatan menarik yang membuat saya senang berada di Kochi. Pertama, setelah 2 minggu perjalanan menyantap kari setiap waktu maka di Kochi tepatnya Grand Hyatt Kochi kami disuguhkan makanan Thailand. Ya Tuhan ini surga sekali bagi saya. Kedua, saya mencoba naik metro pertama di Kochi yang baru berjalan satu tahun. Ketiga, ada banyak bangunan tua bersejarah yang menarik seperti museum, gereja, serta pusat belanja.

kerala blog express

Kerala memiliki sistem pemerintahan komunis

I do not have think twice, If I had chance to come back Kerala. I know this media trip is very tight so I can not explore more about the culture, food, and history.

Kerala dalam satu hembusan nafas adalah negara di India selatan yang menarik dengan kultur budaya dan kearifan lokal masih terjaga. Sesekali saya merasa ada kemiripan dengan budaya Indonesia. Orang-orang lokal yang menyambut kedatangan kami dengan meriah, kadang saya juga menerima pesan masuk dari orang lokal di media sosial bertanya pendapat saya tentang negara mereka. Menceritakan apa saja yang harus saya lihat untuk lebih mengenal Kerala.

Dua minggu bukan waktu yang sebentar juga lama. Masih ada banyak Kerala Tour Package yang belum saya lihat. Rasanya baru saja saya terjadi, ketika saya harus berlarian di ruang tunggu KLIA karena salah masuk gate dari G ke H. Tiba di Trivandrum di waktu malam dan saya menjadi peserta paling akhir tiba, tanpa sambutan meriah seperti peserta lainnya. Kemudian besoknya press conference dengan media lokal setempat dan perjalanan kami dimulai dari bus. Ada rasa bangga ketika melihat nama INDONESIA terpajang di wajah bus.

Ini adalah perjalanan media trip Internasional yang membawa saya ke pengalaman baru di dunia blog. Terakhir, jika tanpa dukungan vote dari kalian, mungkin saya tidak bisa sampai ke Kerala. Terima kasih teman-teman yang membantu mewujudkan mimpi saya, doakan semoga ada kesempatan lain untuk saya menginjakkan kaki di negara atau kota baru.

DISCLAIMER : Trip ini merupakan perjalanan selama dua minggu di Kerala Blog Express session 5 bersama Kerala Tourism. Diikuti oleh 30 blogger internasional dari 30 negara.

Iklan

13 pemikiran pada “12 Tempat Wisata di Kerala Ini Kaya Alam dan Budaya (End)

  1. Oh, berarti kalau mau belanja langsung aja ke Mittai Teruvu ya, Koh Huang 😀 Btw naik kereta kelas melarat itu seem banget lihatnya yak oooh noo…ga bisa bobo syantik dong wkwkwkwk.. Keren2 deh perjalanan Kok Huang ini 14 macem cerita penuh warna 😀 Cool!

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.