BerandaTravelingIndonesiaWonderful Indonesia, Tanah Air Beta!

Wonderful Indonesia, Tanah Air Beta!

Author

Date

Category

Hati berdetak kencang saat saya menyebut “I am from Indonesia” di depan 30 orang perwakilan negara lain. Puluhan mata memandang dengan antusias. Sebagian belum pernah ke Indonesia. Bahkan mengira Indonesia itu terletak di Bali. Salahkah? Rasanya ini tugas kita untuk mengenalkan Indonesia lebih luas. Saya membuat kartu pos bergambar foto-foto perjalananku untuk dibagikan agar mereka tahu Indonesia itu luas.

Membuat kartu pos sendiri dan membawa oleh-oleh khas Indonesia
Mengenalkan Indonesia lewat kartu pos

Indonesia, negara yang diberkahi kekayaan alam yang beragam. Berbagai suku, etnis dan budaya membuat Indonesia begitu berwarna dan dinamis.

Kekayaan alam seperti pulau, pantai, laut, bukit, gunung, kuliner hingga budaya dan adat istiadat. Dalam perjalanan saya menemukan orang-orang baru, penduduk lokal yang mengajarkan pola hidup sederhana. Orang Indonesia identik dengan keramahannya, dan ini tercermin dalam setiap perjumpaan.

Alam dan Budaya dari Danau Toba 

wonderful indonesia
Terpana melihat lukisan alami di Danau Toba

Danau Toba, magnet wisata Sumatera Utara. Danau Toba merupakan kawah yang terbentuk dari letusan gunung berapi. Tak heran karena lokasinya yang tinggi alamnya sejuk. Lokasi danau terbesar di Indonesia ini berada di 7 kabupaten berbeda dengan penduduk mayoritas suku Batak. Sejauh mata memandang nuansa kehijauan dan birunya langit pada sekeliling Danau Toba sangat memanjakan mata.

wonderful indonesia
I can’t resist how wonderful Indonesia
wonderful indonesia
Upacara dan adat yang masih bertahan dari Batak
wonderful indonesia
Bermain dengan warga lokal

Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba. Di Pulau Samosir, saya menemukan banyak sekali tradisi lokal yang terawat dan terjaga. Bangunan adat, kebiasaan penduduk hingga upacara tradisional masih kerap dilakukan. Penduduk Samosir sudah mendiami Danau Toba ratusan tahun. Mereka adalah masyarakat yang tahu menghormati leluhur, menjaga silahturahmi antar marga. 

Mencari Nasi Padang Sampai Bukittinggi

bukittinggi, taman panorama
Bukittinggi dikelilingi oleh lembah berbukitan yang menyejukan mata

Bukittinggi, sebuah wilayah dengan lanskap alam dan budaya. Berada di antara Bukit Barisan, dikelilingi oleh dua gunung berapi yaitu Gunung Singgalang dan Gunung Marapi membuat Bukittinggi terasa sejuk. Modernisasi tak serta merta menggerus kearifan lokal yang membuat Bukittinggi tetap bersahaja.

makan bajamba
Tradisi makan yang masih terjaga bagi orang Minang
makan bajamba
Mencoba jadi warga lokal

Kota ini dikenal dengan kekayaan kulinernya yang luar biasa. Kita bisa dengan mudah menemukan restoran di sini dari yang kecil hingga mewah. Kota ini mengajarkan saya tentang berbagi dan menghormati sesama melalui tradisi Bajamba. Tradisi Bajamba merupakan ritual makan bersama di Sumatera Barat. Tata cara makan dengan satu piring besar di tengah, dikelilingi oleh lima hingga tujuh orang. Cara penyajiannya telah mengalami perubahan namun masih memiliki makna yang sama. Di atas piring besar tersebut ada banyak hidangan khas Minang untuk disantap bersama menggunakan tangan. Sebelum melakukan Bajamba, ada proses petatah petitih dari tuan rumah.

Proses makan dalam tradisi Bajamba sendiri memiliki makna yang dalam. Makan menggunakan tangan sesuai sunnah agama. Berbagi makanan ke orang di sekeliling serta mendahulukan orang yang dituakan untuk mengambil makanan.

Menanti Mentari Terbit di Borobudur

wonderful indonesia
Mentari masih sembunyi di balik candi termegah di Indonesia

Matahari belum menampakkan rautnya saat saya duduk di atas Candi Borobudur. Subuh terasa begitu syahdu di atas candi termegah di Indonesia. Berada di Kabupaten Magelang, Candi Borobudur memiliki posisi yang unik karena kelilingi oleh Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Keistimewaan ini membuat Borobudur nampak magis saat kabut pagi menyelimutinya.

wonderful indonesia
Terbius oleh pemandangan indah
wonderful indonesia
Borobudur diselimuti kabut pagi

Mengeksplorasi Borobudur membuat kita menelusuri tiga tingkatan kosmologi Buddha. Yang pertama, Kamadhatu, simbol dunia hasrat. Kedua, Rupadhatu, simbol perilaku manusia. Dan ketiga, Arupadhatu, simbol dunia tanpa bentuk & rupa sebagai kesempurnaan. Di candi ini ada sejumlah fragmen dengan 2672 pahatan relief mengenai kisah Buddha.

wonderful indonesia
Mengagumi setiap detail relief di Candi Borobudur

Saya menyeka air mata yang menggelayut di pelupuk mata, terharu oleh megahnya bangunan ini pada masa lampau. Sungguh tak saya duga bisa menginjakan kaki di Borobudur. Candi ini memberikan kesan manis bagi saya. Luar biasa!

Di Bali Hati Dibuat Terpana

wonderful indonesia
Campuhan Walk

Panorama indah, budaya yang kental dalam karakter penduduk adalah gambaran umum tentang Bali ketika saya datang. Sepanjang jalan saya melihat warga lokal tengah memanjatkan doa dan persembahan. Masyarakat Bali yang mayoritas pemeluk Hindu percaya ada karma dari setiap perbuatan yang dilakukan.

wonderful indonesia
Bali dianugerahi kekayaan alam berlimpah
wonderful indonesia
Desa Tegalalang. Melihat kreatifitas warga dalam menata sawah mereka

Bali selain dikaruniai alam yang indah juga diberkahi karya seni masyarakat lokal yang kreatif. Ubud sebuah kawasan berlokasi di antara persawahan dan hutan. Kekayaan budaya masyarakat Bali nampak dari lahan pertanian terasering di daerah Tegalalang. Beras bukan hanya makanan pokok orang Bali, tapi juga bagian penting dari tradisi lokal. Hamparan sawah yang membentang luas seakan mengaminkan Indonesia adalah negara gemah ripah loh jinawi.

“Dibaptis” di Laut Raja Ampat

wonderful indonesia
Menyelam di laut Raja Ampat

Raja Ampat adalah surga terakhir untuk keragaman flora dan fauna bawah air Indonesia. Ada kalimat, “Jangan mati dulu sebelum lihat Raja Ampat,” sebab ada beragam spesies ikan dan karang indah yang berada di barat pulau Papua. Kepulauan ini adalah tujuan wisata penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

wonderful indonesia
Anak-anak Desa Arborek bersiap akan menampilkan tarian

Tak hanya menawarkan keindahan alam bawah laut, Raja Ampat juga punya eksotika daratan dan keasrian perkampungan seperti Arborek. Meresapi keindahan alam Arborek tidaklah sulit, terjun saja langsung ke laut Arborek dari dermaga. Kita bisa langsung menyaksikan terumbu karang cantik dan merasakan sensasi saat menyelam dikelilingi ikan warna-warni nan cantik. Kita bisa bersantai dengan anak-anak kampung Arborek tangguh dalam menyelam.

Indonesia memang indah dan mengagumkan alam serta budayanya. Butuh waktu lama untuk dapat menikmati setiap jengkal wilayah bernama Indonesia. “Wonderful Indonesia”, tanah air beta!

wonderful indonesia

***

Apa kalian juga punya cerita menarik tentang indahnya Indonesia? Kalian juga bisa ikut partisipasi dalam Wonderful Indonesia Blog Competition dalam blog kalian. Info lebih lengkap ada disini.

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

55 KOMENTAR

  1. Meskipun aku belum pernah ke danau toba dan raja ampat, tetapi dengan membaca ini aku sudah bisa membayangkan betapa indahnya disana. Keren banget deh tulisannya Koh, maaf sedikit masukan ya Koh, Candi Borobudur itu lebih tepatnya di Kabupaten Magelang bukan Kota Magelang, karena Magelang ada Kota dan Kabupaten.

  2. Betul banget, masih banyak banget orang luar mengira Indonesia hanya Bali. Beberapa kali ketemu orang seperti itu. Ada juga sih yang beberapa tau Indonesia dan bilang pernah ke Bali.

  3. Indonesia emang bener-bener indah ya. Wonderfull..

    Ah terakhir ke Raja Ampat ya koh? Semoga terwujud aku kesana awal tahun depan hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

  4. Tulisan kokoh yang ini rupanya cukup membius saya. Terutama menambah rasa bangga saya karena bisa lahir di Indonesia dengan anugerah alam dari Tuhan yang begitu indah dan kaya.

  5. Enggak salah ya kita memilih jalur travel blogger di Indonesia. Negeri dengan ribuan pulau dan jutaan unik budaya di atasnya. Kita tidak akan pernah kehabisan bahan menulis..

  6. Baca tulisan Kokoh, mengingatkan lagi how blessed we are born as Indonesian. Unfortunately, many people still take it for granted. Konon, ada yang menghitung, diperlukan waktu hampir 3 tahun untuk menyusuri seluruh luas tanah air tercinta kita ini.
    Salam bangga Indonesia, Koh. Good post and semoga menang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru