Agar Melancong ke Luar Negeri Tetap Lancar Internet


Waktu pertama kali traveling ke Korea, saya masih menggunakan hape BlackBerry yang jelas tidak bisa digunakan karena tidak ada data internet ketika sedang di luar Indonesia. Masih mengandalkan catatan-catatan kecil untuk menuju tempat wisata. Kalau sudah mentok, baru bertanya ke orang sana. Untungnya orang lokal baik untuk membantu.

Jalan-jalan ke luar negeri memang asyik sebab kita bisa melihat pembangunan dan kemajuan negara lain. Apalagi saat ini serba ingin eksis dan dipamer langsung ke media sosial, maka internet termasuk hal yang primer. Bagi saya, fungsi internet saat traveling yang pertama bukanlah untuk pamer. Tapi membantu saya untuk mencari jalan menuju tempat yang ingin dikunjungi. Terakhir barulah pamer :mrgreen:

INTERNET ROAMING

Ada orang yang tidak mau bayar harga untuk internet saat sedang berpergian ke luar negeri. Menurut mereka tidak terlalu membutuhkan sebab masih bisa menggunakan akses wifi gratis kalau di tempat publik. Ya, nggak apa-apa. Itu pilihan.

Cuma kalau saya, lebih memperhatikan keamanan saat menggunakan wifi di tempat publik. Kita tidak tahu apa nanti perangkat kita disadap. Biasanya akses wifi publik akan meminta kita memasukkan email untuk mereka kirimkan promo.

Solusinya, kalian bisa menggunakan internet data roaming dari provider. Kita tidak perlu membeli sim card negara setempat. Indonesia punya tiga provider yang menurut saya sinyalnya cukup baik, yaitu provider merah, biru dan kuning. Kebetulan saya menggunakan provider biru.

Mengapa?

Kalau kalian mau tetap internetan di luar negeri tapi tetap praktis.

Masing-masing provider ini punya nilai jual sendiri. Hal pertama yang kalian lakukan tentunya mengecek langsung ke customer center sebelum kalian berangkat atau membuka situs mereka. Kebetulan saya menggunakan provider Biru. Kalau provider biru, kuota paket internet prabayar tetap bisa digunakan di luar negeri. Kita hanya perlu membayar biaya data roaming saja. Misalnya dari Indonesia, data kalian masih punya sisa 10GB artinya nanti di sana kalian masih tetap bisa pakai selama data roamingnya sudah aktif.

Data roaming yang disediakan mulai dari internet roaming, telepon roaming, sms roaming. Namun untuk saat ini internet roaming lebih digunakan daripada telepon roaming sebab untuk telepon sudah bisa digantikan lewat Whatsapp Call, LINE Call atau aplikasi suara lainnya.

Saya tidak membuat perbandingan mana harga yang lebih murah antar provider. Masing-masing provider punya keunggulan lewat persaingan tawaran paket roaming data. Ada provider yang unggul di negara tertentu dan provider lainnya unggul di negara lain.

DURASI JALAN

Kalau kalian bepergian ke luar negeri hanya dalam waktu singkat, misalnya tidak lebih dari 3 atau 7 hari. Tapi juga tersedia untuk waktu 30 hari.

Asyiknya menggunakan data roaming provider ini, kita tidak perlu repot mengganti SIM Card atau mencari wifi gratis. Contohnya waktu saya ke Singapura, beberapa teman saya banyak bertanya apa saya menggunakan sim card lokal. Saya jawab tidak. Selain itu, tempat yang saya kunjungi lebih banyak berjalan kaki sehingga mencari wifi gratis tentu sulit.

HARGA

Saya coba bandingkan harga dari provider merah, kuning dan biru. Ketiga provider ini punya skema yang menarik dan tidak. Misalnya provider merah yang menawarkan paket 3 hari dengan batas kuota 1GB. Sedangkan provider kuning menawarkan unlimited hanya 250 ribu rupiah. Kalau saya sesuai kebutuhan menggunakan provider biru dengan harga 150 ribu tapi saya bisa menggunakan kuota paket internet bawaan.

paket data roaming internasional indosat

Paket Data Roaming – Provider Kuning

paket data roaming internasional telkomsel

Paket Data Roaming – Provider Merah

paket data roaming xl pass

Paket Data Roaming – Provider Biru

Jadi kalau soal harga, balik-balik sesuai dengan budget dan kebutuhan kalian saja.

NEGARA TUJUAN

Berhubung saya lebih ke trip Asia, dan paling dekat dari Indonesia itu Malaysia dan Singapura tentunya dari tiga provider ini menyediakan paket data roaming untuk negara Asia. Selain itu mereka juga menyediakan untuk negara-negara lain termasuk Afrika dan Eropa. Bagi kalian yang beribadah Umroh juga tersedia layanan data roaming tersendiri. Intinya apa saja negara yang mereka coverage, sekali lagi kalian harus mengecek lewat situs resmi mereka atau datang ke customer service.

KENDALA

Saya pernah menggunakan data roaming di Malaysia, Singapura dan Macau. Hanya saja ketika saya ke India ternyata saat itu provider biru sudah tidak bekerjasama dengan provider setempat. Termasuk ketika saya merekomendasikan paket data roaming ini ke teman sewaktu kita sama-sama ke Macau, ternyata paket data roaming mereka tidak bisa digunakan. Padahal cara setting sama.

Cara kerja data roaming ini nantinya, kita akan menumpang dengan provider rekanan di negara tersebut. Jadi ketika di Indonesia, kalian sudah membeli paket data roaming. Saat kedatangan, sambungkan layanan di negara tujuan. Pastikan layanan data roaming di ponsel kalian dalam keadaan aktif.

Beberapa kali saya mendapat kendala saat aktivasi internet data roaming. Untungnya saya mengenal salah satu orang yang bekerja di provider biru jadi saya minta bantuannya mengecek status kartu saya. Saran ini bisa kalian tiru, jadi ketika kalian datang ke customer service pastikan benar kalian bilang kalau nanti di negara yang dikunjungi ternyata tidak bisa terhubung, kita masih bisa minta bantuan.

CARA BERLANGGANAN DATA ROAMING

paket-data-roaming

Tampilan toko hijau menjual paket roaming data internasional

Biasanya saya langsung ke customer service provider untuk langsung di-setting. Ini cara yang paling aman. Kita juga bisa membeli paket sendiri lewat aplikasi provider. Hanya saja sekarang setelah saya mencari informasi mengenai data roaming, ternyata aplikasi ketiga seperti Traveloka, Tokopedia, Ayopop dan lainnya juga menjual paket internet data roaming.

Informasi terbaru lain, kalau ini berdasarkan beberapa teman blogger yang mendapat endorse ataupun tidak. Mereka menggunakan wifi pocket seperti PassPod dan JavaMifi. Nanti saya akan tulis kalau sudah menggunakan layanan sewa wifi ini.

Semoga informasi ini berguna buat kalian saat sedang jalan-jalan ke luar negeri.

***

DISCLAIMER : Tulisan ini bukan tulisan berbayar dari sponsor. Murni berbagi informasi kepada pembaca deddyhuang.com

Iklan