Gadget Review

Laptop ASUS ExpertBook B9450 Ini Bobotnya Kurang dari 1 Kilo! Enak Banget Buat Kerja


Bekerja di era digital harus fleksibel dan adaptif. Tak mengenal waktu dan bisa bekerja di mana saja. Sehingga perlu mengikuti cepat perkembangannya.

Kita melihat orang yang sibuk bekerja dengan laptop di kafe, coworking space, atau tempat hangout lain yang dilengkapi internet. Dengan mobilitas yang tinggi seperti ini, para profesional tentu membutuhkan tak hanya perangkat kerja yang portabel, namun tetap kokoh dan aman untuk dibawa kemana saja.

***

Produktivitas saat bekerja sangat berpengaruh pada hasil. Persaingan kerja yang ketat membuat setiap kita dituntut untuk menjadi profesional. Saat ini hanya individu yang profesional dan memiliki keunggulan yang mampu berada di posisi lebih depan dari pesaingnya.

Menikmati profesi saat ini menjadi tukang foto makanan

Kadang ada satu atau dua keputusan yang perlu kita kerjakan secepat mungkin. Entah itu dari klien atau dari rekan bisnis lainnya. Seperti saya yang harus tetap standby untuk menjawab kebutuhan dari klien. Maka dengan bersikap profesional, kita jadi lebih mampu bertahan dalam bisnis maupun pekerjaan. Beberapa langkah ini yang saya lakukan :

1. Menjadi Ahli di bidangnya

Untuk menjadi ahli dalam hal apapun, dibutuhkan banyak latihan, praktek dan evaluasi diri. Maka tak jarang seseorang ahli bisa mengembangkan keunikan dalam diri untuk menjadi ahli. Saya sekarang sedang berlatih menjadi ahli sebagai fotografer makanan karena bentuk kesukaan dengan makanan.

Sejak setahun yang lalu saya menemukan keseruan dalam dunia fotografi. Dari sini saya mencoba meminta pendapat dari orang terdekat, belajar dari awal tentang hal apa yang perlu dikuasai. Setelah mendapat bekal baik, saya mulai lebih merasa percaya diri dengan kemampuan dan hasil foto.

2. Mengasah Skill dan Pengetahuan Secara Konsisten

Kita jangan membatasi diri dengan pengetahuan saat ini. Kalau tidak up to date, maka banyak kehilangan hal penting. Selama pandemi ini saya banyak diam di rumah untuk mengikuti kelas webinar dari depan laptop untuk mengasah kemampuan.

3. Manajemen Aktivitas yang Baik

Kadang waktu 24 jam terasa kurang. Maka tidak ada cara lain selain cara kita mengatur aktivitas sedemikian rupa agar waktu bisa maksimal. Pastinya tidak melupakan istirahat yang cukup.

Ritme kerja saya sebagai blogger dan juga fotografer makanan. Terkadang harus berpindah tempat untuk bertemu orang baru, diskusi mengenai pekerjaan lewat laptop atau menumpang kerja di cafe ditemani secangkir kopi. Otomatis aktivitas dalam keseharian cukup padat.

Ketika saya bekerja memotret di restoran, ada banyak perlengkapan yang dibawa, salah satunya laptop yang berfungsi untuk melihat hasil gambar secara langsung dan detil.

Keberadaan laptop yang handal tentu akan sangat membantu sekali. Saya bisa langsung mengecek email masuk, meminta persetujuan dari klien, membuat penawaran, rapat dengan klien atau pendukung saat saya sedang memotret dan butuh tampilan langsung. Semuanya tentu butuh sebuah laptop yang dapat menunjang produktivitas kerja tersebut.

Menurut saya nih, setidaknya ada dua kriteria laptop bisnis yakni:

Build quality lebih kokoh.

Laptop punya karakteristik tahan dibawa sewaktu travelling atau berpindah-pindah ruangan. Karena sering dibawa keluar sudah pasti kita akan mengalami risiko kecerobohan-kecerobohan umum, seperti kepentok, jatuh dari meja, atau keyboard ketumpahan minuman. Maka body laptop harus kokoh serta engsel enak dibuka.

Tampilan Laptop 

Tampilan laptop buat bisnis memang tampilan serius, formal, dan mengutamakan fungsionalitas. Terutama penggunaan keyboard harus memuaskan dalam hal travel key atau tombol-tombol lainnya.

Seperti laptop ASUS yang saya pakai seri ASUS yakni ZenBook Flip UM462. Laptop ini enak digunakan, bentuk kecil dan layar sentuh sehingga saya bisa dengan mudah saat mengkoreksi warna ketika memotret.

Pastinya saya membutuhkan sebuah laptop memiliki bodi yang kuat, tahan banting dan tak mudah rusak diperlukan bahan yang tepat. Apalagi laptop sering dibawa kemana-mana untuk meeting atau presentasi maka laptop bisnis tak hanya harus kuat namun juga harus ringan.

ASUS ExpertBook B9450 terbaru

Baru-baru ini ASUS mengeluarkan produk laptop untuk pebisnis, saya tertarik dengan model baru ini karena memenuhi kriteria memiliki body yang ringan dan performa lebih cepat.

Bagi pebisnis atau orang yang mobilitas kerjanya sering berpindah-pindah tempat, layak punya sebuah laptop pebisnis yang memang khusus seperti ASUS ExpertBook B9450, sebuah laptop bisnis yang bodi tahan banting.

Contohnya seperti kerjaan saya buat foto makanan, tak jarang ada risiko kecelakaan saat ketumpahan minyak di atas keyboard. Atau saya harus bawa semua perlengkapan memotret, ditambah laptop yang berat. Tapi dengan ExpertBook B9450 semua menjadi solutif.

Lalu, apa bedanya dengan laptop mainstream lainnya? Jelas ada banyak beda.

ASUS ExpertBook B9450 merupakan sebuah laptop bisnis premium yang hadir untuk orang yang bekerja secara mobile, karena ExpertBook B9450 dilengkapi dengan berbagai fitur canggih mendukung dari segi hardware dan software, juga sisi keamanan lebih baik.

Laptop ini dirancang dengan kebutuhan bisnis dan prioritas yang selalu berubah, jajaran produk ExpertBook pada dasarnya memadukan teknologi terbaru dengan desain minimalis. Hasilnya, seperti pada ASUS ExpertBook B9450 yang tampil sebagai laptop ringan sekaligus kuat dengan desain minimalis dan elegan. Sehingga cocok dengan lingkungan profesional.

Meski demikian ASUS tetap mengedepankan aspek ergonomis dan fungsionalitas yang dapat digunakan di berbagai skenario penggunaan. Berikut keunggulan ExpertBook B9450 yang perlu kamu ketahui:

1. Sistem Keamanan Canggih

Laptop bisnis mendapat perlakuan khusus, pengguna ExpertBook B9450 bisa mendapatkan sederet fitur pengamanan data kelas enterprise. Dimulai dari keamanan privasi pengguna, laptop ExpertBook B9450 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem.

Ada dua opsi login menggunakan sistem biometrik, yaitu melalui fingerprint sensor dan facial recognition sensor. Bagi saya fitur ini bermanfaat saat bekerja di luar ruangan karena orang sekitar tidak bisa tahu password yang dimasukkan.

Banyak  fitur keamanan ekstra yang tidak ditemukan di laptop mainstream. Seperti, ExpertBook B9450 punya fitur untuk mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan sistem proteksi password. Jika diaktifkan, pengguna yang ingin mengubah pengaturan BIOS atau mengakses data di SSD harus memasukkan password terlebih dulu sebelum dapat benar-benar mengaksesnya.

Bagi pengguna yang terbiasa memindahkan data penting dengan sembarang USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin, maka bisa memanfaatkan fitur USB Storage Block yang menjaga laptop agar tidak terkena penyebaran malware.

Fitur lainnya adalah Secure File Shredder. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghancurkan file digital hingga tidak dapat dipulihkan menggunakan metode apapun. Fitur ini berguna agar peretas tidak bisa memulihkan dan mengakses data yang telah dihapus.

2. Sistem Pendinginan Paling Canggih

Lamanya waktu menggunakan laptop akan berdampak suhu panas berlebihan. Performa laptop yang stabil sangat dibutuhkan untuk sebuah laptop bisnis.

Sistem pendinginan laptop bekerja secara optimal. Otomatis kamu bekerja bisa lebih nyaman dan tenang. Inovasi yang dihadirkan ASUS yaitu adanya Advanced Thermal Module yang inovatif. Sistem pendingin ini punya dimensi 25% lebih kecil dari sistem pendingin laptop pada umumnya namun tetap mempu memberikan performa pendinginan yang mumpuni. 

Ada tiga kelebihan dari Advanced Thermal Module. Pertama, sistem pendinginnya menggunakan tilted heatsink design, dimana heatsink mengalirkan udara secara optimal. 

Kedua adalah struktur sistem pendinginnya, dari heatpipe, heatsink, hingga case untuk kipas, merupakan satu bagian dan bukan terdiri dari beberapa bagian yang disambung. Menggunakan desain tersebut dapat meningkatkan performa pendinginan khususnya pada proses pelepasan panas dari komponen pendingin.

Kelebihan ketiga adalah setiap sirip yang ada di heatsink dibuat menggunakan bahan aluminium alloy. Bahan tersebut memiliki performa pelepasan panas yang sama dengan tembaga yang banyak digunakan di laptop pada umumnya, namun memiliki bobot yang lebih ringan.

Di dalam bodi ExpertBook B9450 mempunyai lapisan anti panas. Lapisan ini membungkus komponen utama ExpertBook B9450 sehingga panas yang dihasilkan dapat disalurkan melalui sistem pendinginnya. Lapisan anti-panas ini tak lain adalah graphite sheet yang dipasang di bawah keyboard dengan fungsi utamanya adalah mencegah panas berlebih untuk menyebar ke bagian keyboard.

Hasilnya sistem pendingin ASUS ExpertBook B9450 tetap dapat mempertahankan performanya secara optimal sepanjang waktu serta tampil dengan bodi yang tipis, ringkas, dan ringan.

3. Kinerja Tangguh Prosesor Intel Core Gen-10

Laptop bisnis ini sudah ditenagai prosesor Intel Core Generasi 10. Prosesor generasi terbaru dari Intel tersebut tidak hanya powerful tetapi juga hemat daya. 

ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian. Ada varian yang menggunakan Intel Core i5-10210U hadir untuk pengguna dengan kebutuhan standar, sementara pengguna yang membutuhkan performa lebih dapat memilih ExpertBook B9450 yang mengusung prosesor Intel Core i7-10510U. Kedua prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread sehingga sangat mumpuni untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Agar pengguna lancar dalam bekerja maka dibekali memori berkapasitas besar untuk menunjang proses multitasking. ExpertBook B9450 didukung oleh memori berkapasitas besar yaitu hingga 16GB yang mendukung fitur dual channel, serta dua buah media penyimpanan menggunakan NVMe PCIe x4 SSD dengan kapasitas hingga 2TB. Kombinasi komponen tersebut membuat ExpertBook B9450 memiliki performa dan responsivitas kencang.

Gabungan prosesor dan memori yang handal akan membuat laptop bisnis ini semakin responsif saat digunakan. Hasil dari benchmark juga tidak mengecewakan untuk ExpertBook B9450. Kalian bisa lihat dari gambar berikut ini.

Benchmark CPU menggunakan Cinebench R20
Benchmark GPU menggunakan 3DMark Night Raid
Benchmark CPU menggunakan PCMark 10
Benchmark SSD menggunakan CrystalDiskMark 6.0
Stress Test menggunakan 3DMark Night Raid 20x iteration

4. Ringan, Hanya 870 gram

Para profesional seperti saya pun membutuhkan sebuah laptop yang tidak hanya powerful tetapi juga ringkas serta ringan.

ExpertBook B9450 merupakan laptop bisnis paling ringan di dunia dengan bobot hanya 870 gram. Serta berdimensi yang sangat ringkas dengan bodi lebih kecil dari kertas A4 dan tidak lebih tebal dari baterai AA. 

Bezel layar tipis mengadopsi NanoEdge Display, yaitu teknologi yang memungkinkan layar memiliki bezel ultra-tipis. Ukuran bezel ExpertBook B9450 sendiri hanya 32,0×20,3cm yang tentu saja lebih kecil dari sebagian besar laptop sekelasnya yang menggunakan layar 14 inci.

Berkat bezel ultra-tipis tersebut, ExpertBook B9450 memiliki screen-to-body ratio hingga 94%. Ditambah dengan ketebalan hanya 1,49cm, ExpertBook B9450 dapat dengan mudah dibawa bepergian bahkan menggunakan tas berukuran kecil sekalipun.

Agar dapat tampil ringan namun tetap kokoh, ASUS ExpertBook B9450 menggunakan bahan khusus yaitu magnesium lithium. Bahan tersebut lebih ringan dari berbagai bahan yang digunakan di laptop lainnya, seperti magnesium aluminium dan aluminium alloy. Keunggulan magnesium lithium adalah materialnya yang ringan dan memiliki tingkat kepadatan hanya 1,51 . 

Itulah salah satu keunggulan ExpertBook B9450 sebagai laptop bisnis paling ringan di dunia.

5. Tangguh Segala Kondisi

Untuk memenuhi ekspektasi pengguna, ExpertBook B9450 hadir dengan fitur andalan ASUS yaitu memiliki sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G).

Laptop ExpertBook B9450 ini telah melewati serangkaian uji ketangguhan extreme sebanyak 21 jenis pengujian telah dijalani. Seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrim pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan di ketinggian serta suhu ekstrim. 

Apalagi bodi laptop menggunakan bahan magnesium lithium yang diproduksi melalui teknik CNC milling dengan 21 tahap manufaktur, membuat bodinya tidak hanya kokoh tetapi juga memiliki detail yang presisi.

Bodinya juga dilapisi menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating sehingga terhindar dari kerusakan fisik akibat oksidasi dan korosi.

6. Daya Tahan Baterai 24 jam

Sekarang pengguna ExpertBook B9450 bisa lebih leluasa bekerja sebab kemampuan baterai laptop ExpertBook B9450 bisa bertahan hingga 24 jam.

ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian baterai. Varian yang menggunakan baterai 33Wh dapat bertahan hingga 12 jam penggunaan, sedangkan varian yang menggunakan baterai 66Wh dapat bertahan hingga 24 jam penggunaan. Meski memiliki kapasitas baterai yang besar, ExpertBook B9450 tetap tampil sebagai laptop yang sangat ringan dengan bobot kurang dari 1 kilogram. Mantap kan! 

Benchmark daya tahan baterai menggunakan PCMark 10 dengan mode pengujian Modern Office

Laptop bisnis ini juga hadir dengan layar khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR) yang mengkonsumsi daya jauh lebih rendah dari laptop pada umumnya. Layar berteknologi PSR sangat cocok untuk pengguna yang sering menjalankan aplikasi bisnis dan kantoran seperti Microsoft Office, serta membuka dokumen PDF dan gambar statis.

Sudah mulai ngiler dengan laptop bisnis ExpertBook B9450 ini? Tenang, laptop ini bukan saja memiliki spesifikasi yang terbaru dan canggih. Namun, fitur-fitur unggulan yang akan membuat kamu lebih produktif.

Keyboard Spill Resistant

Laptop ini hanya memiliki satu warna yaitu Star Black yang sangat elegan untuk para pebisnis. Apalagi desain ErgoLift pada bodi memungkinkan bodi laptop dan keyboard terangkat saat digunakan. Posisi keyboard membuat pengguna nyaman saat mengetik sekaligus menjaga suhu laptop karena ada rongga udara ekstra di bagian bawah laptop ini.

Desain ErgoLift membuat laptop lebih nyaman saat mengetik
Jarak keyboard dan ketebalan yang bikin betah untuk mengetik
Number pad

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selain nyaman untuk mengetik, keyboard ExpertBook B9450 memiliki fitur spill resistant. Ketika terkena tumpahan air sehingga membuat ExpertBook B9450 lebih tangguh dari laptop pada umumnya. Keyboard ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan backlight yang dapat diatur tingkat kecerahannya melalui tombol shortcut yang ada di keyboard bagian atas.

Selain tombol untuk mengatur kecerahan, terdapat juga berbagai tombol shortcut untuk mempermudah penggunaan. Beberapa di antaranya adalah tombol shortcut untuk men-capture layar, membuka aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows yang sedang digunakan, serta menonaktifkan webcam.

Uniknya desain ergoLift di ExpertBook B9450 dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan kamu untuk berbagi tampilan layar dengan mudah dan cepat. Saya membayangkan nyamannya ketika memakai laptop ini saat bekerja.

Terhubung dengan MyASUS

Bahkan di laptop ExpertBook B9450 telah mendukung fitur Link to MyASUS. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengkoneksikan smartphone yang sedang digunakan sehingga berbagai aktivitas di smartphone langsung dapat dilihat di layar ExpertBook B9450.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Link to MyASUS juga memiliki fitur file transfer untuk mengirim file dari dan ke smartphone tanpa harus menggunakan kabel data, screen mirroring untuk mengontrol smartphone secara langsung lewat layar ExpertBook B9450, dan screen extender yang memungkinkan tampilan layar ExpertBook B9450 dapat dihadirkan di smartphone. Selain itu dapat menjawab panggilan telepon dan membaca semua pesan yang masuk ke dalam smartphone tanpa harus menyentuhnya.

Beragam Konektivitas Modern

Kelengkapan konektivitas merupakan salah satu faktor terpenting. Contohnya dalam pekerjaan saya butuh banyak port di laptop untuk menghubungkan beberapa kabel dari kamera dan perangkat lainnya. Asyiknya laptop bisnis ini, selain memiliki port yang sangat lengkap juga dilengkapi dengan teknologi koneksi nirkabel terkini yang akan memudahkan segala kegiatan bisnis kalian.

Bahkan tidak hanya opsi konektivitas terbaru seperti interface USB Type-C, USB Type-A dan HDMI. Ada juga konektivitas melalui ethernet (LAN) yang dapat menggunakan adapter khusus melalui port Micro HDMI. Canggih bukan laptop ini!

ExpertBook B9450 dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 3 yang hadir menggunakan interface USB Type-C. Thunderbolt 3 merupakan port berteknologi terkini yang tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transfer data. Thunderbolt 3 di ExpertBook B9450 memiliki fungsi lain, yaitu sebagai 4K display output serta fasilitas pengisian daya.

Laptop paling ringan di dunia ini dilengkapi dengan modul Wi-Fi 6 (802.11ax) untuk memastikan penggunanya tetap dapat terkoneksi dengan kecepatan tinggi. Selain Wi-Fi 6 ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sebagai sarana konektivitas ke berbagai perangkat nirkabel lainnya.

Audio

Dalam kondisi pandemi covid-19 ini membuat sebagian sektor pekerjaan menjadi terbatas. Tapi terkecuali untuk sektor pekerjaan digital masih bisa teratasi karena mereka bisa bekerja di mana saja.

Beberapa perusahaan mulai memperbolehkan karyawan mereka untuk bekerja di luar kantor demi alasan efisiensi dan efektivitas. Karyawan bisa bekerja di rumah menggunakan laptop untuk melakukan video conference.

Menurut data dari Westuc, sebanyak 54% karyawan di perusahaan besar secara berkala melakukan video conference. Sayangnya, video conference masih memiliki banyak kendala khususnya dari segi perangkat yang digunakan. Beberapa kendala tersebut adalah masalah pada privasi dan keamanan, audio yang kurang baik, serta masalah pada konektivitas. ExpertBook B9450 memiliki solusi atas semua permasalahan tersebut.

Dan untuk melengkapi kenyamanan saat video conference dan bekerja, laptop ExpertBook B9450 memiliki speaker dengan sertifikasi dari Harman / Kardon. Selain memiliki kualitas suara yang sangat baik. Ada pula fitur Smart Amps Chip yang bisa mengontrol frekuensi suara secara cerdas sehingga mencegah kerusakan fisik pada speaker.

Untuk kegiatan video conference, telah dibekali ExpertBook B9450 dengan empat mikrofon yang ditempatkan secara khusus dan dilengkapi dengan 360-degree far field yang memungkinkannya untuk merekam suara lebih jelas. Mikrofon di ExpertBook B9450 dilengkapi dengan fitur noise cancelling yang memungkinkan suara di sekitar dapat diredam agar tidak mengganggu sesi video conference.

Kamera

ASUS ExpertBook B9450 memiliki kamera yang tidak hanya berkualitas, tetapi dilengkapi dengan berbagai fitur. Mulai dari IR camera dengan resolusi HD yang sangat mumpuni untuk kegiatan video conference. Selain itu, kamera tersebut juga telah mendukung fitur Windows Hello facial recognition sehingga dapat digunakan sebagai sarana keamanan ekstra.

Nah, untuk keamanan maka pada sisi kamera laptop ada webcam shield untuk dapat menutup secara fisik agar privasi tetap terjaga.

Dari keunggulan ExpertBook B9450 ini, tentunya tiap pengguna akan berbeda. Apalah artinya memiliki laptop yang ringan namun tidak dilengkapi dengan rasa aman. Karena itu ASUS sendiri memberikan pelayanan yang melebihi ekspektasi seperti menghadirkan program Perfect Warranty.

Layanan ini merupakan perlindungan tambahan untuk pengguna laptop ASUS jika terjadi kerusakan pada unit yang tidak ter-cover oleh garansi standar Asus, termasuk kerusakan akibat kesalahan pengguna.

Sudah semakin nyaman bukan untuk menjadi pengguna ExpertBook B9450?

Bagi para pengguna profesional yang menggunakan laptop untuk bekerja, tentunya akan dapat menikmati manfaat lebih jika memilih laptop yang memang dirancang untuk keperluan bisnis.

Spesifikasi yang lebih baik akan menghasilkan performa yang sepadan. Misalkan untuk saya sebagai fotografer makanan dan blogger. Pastinya akan jauh lebih nyaman untuk bekerja di luar ruangan.

Saya bisa menginstal beberapa aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom hingga untuk Adobe Premiere Pro untuk keperluan mengedit. Serta menulis ide-ide dalam blog.

Salah satu dari keunggulan yang saya suka dari laptop ExpertBook B9450 ini adalah bobot yang ringan sekali. Kurang dari 1kg yang sangat nyaman untuk dimasukkan dalam tas. Pastinya akan sangat membantu saya mengurangi bobot bawaan barang selain peralatan foto.

Pakai ExpertBook B9450 bisa membantu meringankan beban bawaan saya saat memotret

ASUS ExpertBook B9450 memang dirancang dengan memadukan teknologi terbaru dengan desain minimalis. Bagaimana sudah merasa cocok bukan?

Kalian bisa mendapatkan laptop bisnis ini dengan cara membeli di toko online. Harga ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan banderol mulai dari

  • Rp27.499.000 (Core i5, 512GB SSD, 8GB RAM, 33Whr battery, Win 10 Home)
  • Rp28.499.000 (Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home)
  • Rp30.999.000 (Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)
  • Rp32.499.000 (Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home)
  • Rp34.999.000 (Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)
  • Rp36.999.000 (Core i7, 2x1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)

Dan telah dapat didapatkan melalui channel online berikut ini:

BliBli : https://bit.ly/ExpertBook-B9450-BliBli

Bhinneka : https://bit.ly/ExpertBook-B9450-Bhinneka

Tokopedia : https://bit.ly/ExpertBook-B9450-Tokopedia

1 comment on “Laptop ASUS ExpertBook B9450 Ini Bobotnya Kurang dari 1 Kilo! Enak Banget Buat Kerja

  1. ainunisnaeni

    liat speknya aja udah ngiler, gimana nggak canggih kalau begini, buat kerja oke, buat dibawa kemana mana juga oke karena nggak berat
    buat bisnis memang sudah seharusnya memilih laptop yang mumpuni biar kerja juga makin cepet selesai, kerja jadi makin betah kalau alat pendukungnya seperti ini

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: