harga paket data internet

Perbandingan Paket Data Internet UNLIMITED, Mana yang Unggul?

Perkembangan teknologi juga mempengaruhi cara kita berinteraksi dan mengubah kebutuhan dalam keseharian.

Semenjak merebaknya pandemi Covid di seluruh dunia, semua orang, termasuk kita disarankan untuk tetap melakukan aktivitas bekerja dan belajar di rumah.

Kegiatan belajar dan bekerja dari rumah ini tentunya membutuhkan koneksi internet yang jauh lebih banyak.

Kita butuh data internet agar bisa mengakses sosial media, melakukan panggilan video, dan berbagi foto.

Bisa Hidup Tanpa Kuota?

gratis kuota internet unlimited
Nyaman internet pakai kuota UNLIMITED selama di rumah

Sebagai pekerja digital atau kita yang sehari-hari sulit lepas dari internet, sudah menjadi obrolan dalam grup tentang mana paket data internet yang memberikan harga terjangkau dengan kuota besar?

Kalian pernah memasuki titik jenuh saat paket kuota data habis lalu membeli kartu perdana baru yang sudah terisi kuota?

Jujur saja, saya pernah lelah kalau misalnya perlu gonta ganti sim card baru demi paket data murah. Apalagi saat ini kita memang jarang menggunakan fasilitas sms ataupun telepon.

Kuota dalam paket internet mengacu pada batasan data yang bisa digunakan untuk proses upload atau download. Jika kuota habis, koneksi internet akan putus.

Adanya batasan kuota internet dijual dalam paket berbasis kuota. Contohnya kuota harian, mingguan dan bulanan. Kuota data ini tentunya akan mempengaruhi kita saat proses upload maupun download.

Kita pasti bertanya, kenapa nggak dibikin kuota UNLIMITED saja?

Pertimbangan Memilih Kuota Data UNLIMITED

Paket internet UNLIMITED merupakan pilihan paling tepat bagi masyarakat dari semua kalangan, khususnya di masa pandemi seperti ini.

Sebab, dengan paket internet tanpa batas ini, para orang tua tidak perlu khawatir kegiatan belajar anaknya akan terganggu karena kuota internetnya tiba-tiba habis. Atau, kalau kita bekerja pun bisa lebih luwes.

Tentunya, dalam memilih layanan paket internet UNLIMITED ini, ada beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan.

1. Pilih yang Bebas Akses ke Semua Aplikasi

Biasanya paket internet UNLIMITED dibatasi hanya untuk beberapa aplikasi saja. Pembatasan akses ini dilakukan karena berbagai alasan. Nah, cobalah memilih paket internet yang tidak memiliki batasan akses untuk penggunaan sehari-hari.

Seperti, akses untuk hiburan di Youtube, Instagram, Tiktok, dan lainnya.

Tentunya, kalau akses UNLIMITED dibatasi, kenyamanan dalam menggunakan layanan juga berkurang.

2. Layanan dengan FUP Pemakaian Harian

FUP (Fair Usage Policy) sendiri merupakan batasan pemakaian internet yang disediakan oleh provider penyedia layanan internet. Biasanya ketika pemakaian telah mencapai kuota tertentu, kecepatan akan diturunkan namun tetap bisa digunakan.

Dengan adanya layanan internet seperti ini, kamu tetap bisa akses internet, meski pemakaiannya telah melebihi batas harian. Konsekuensinya kecepatannya agak sedikit berkurang.

Kecuali kalau kamu ingin menambah batas kuota harian, tinggal membeli booster kuota saja.

3. Bandingkan Paket Internet UNLIMITED

Sebagai konsumen, kita bebas memilih provider internet. Apalagi jumlah provider internet di Indonesia tergolong banyak.

Makanya penting untuk menimbang keunggulan dan kekurangan dari masing-masing paket internet UNLIMITED yang ditawarkan.

Paket Data UNLIMITED Kurang dari 80 Ribu!

Sebagai contoh, saya mencari informasi beberapa paket internet UNLIMITED dari berbagai provider seperti Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan smartfren.

Benefit

Smartfren XL TRI ISAT TSEL

Package

Unlimited 75K Xtra Combo Lite 21GB AON Unlimited + 6GB Freedom U 21GB Combo Sakti Unlimited 17GB

Total Quota (GB)

Unlimited (FUP 1GB/day) 21 Unlimited (FUP 1,5GB/day) 18

17

Main Quota

Unlimited (FUP 1GB/day) 16 6 3

Local Quota

5

Unlimited

FB, IG, Youtube, WA, Line, Gojek

FB, IG, Youtube, WA, Line, Maxstream, MusicMax

Local Unlimited

01.00-17.00

Daily Apps Quota

Unlimited (FUP 15gb/month)

Streaming Quota

Unlimited (FUP 15gb/month)

Voice on net

Unlimited 5

300

Voice off net

10

SMS on net

400

Validity

28 30 Follow SIM Card Validity 30

30

Local Unlimited Validity 30

Price Rp 75.000 Rp 65.000 Rp 60.000 Rp. 60.000

Rp 75.000

Kita coba urai satu per satu yuks!

1. Telkomsel Combo Sakti Unlimited

Paket internet ini diberikan 17GB dengan harga 75 ribu rupiah.

Meski unlimited, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai paket combo sakti unlimited Apps tersebut.

Paket combo sakti unlimited ini dibagi menjadi 4 bagian. Seperti diberikan kuota telepon ke sesama, SMS, internet utama yang berfungsi untuk mengakses konten internet apa saja serta kuota Apps untuk mengakses aplikasi WhatsApp, Line, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, dan Instagram.

Unlimited yang diberikan pun berbeda. Meski keduanya sama-sama dilabeli kuota unlimited.

Untuk unlimited internet, pengguna masih tetap bisa mengakses internet sepuasnya dengan kecepatan maksimal 128Kbps.

Sedangkan untuk unlimited apps tetap bisa mengakses aplikasi WhatsApp, Line, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, dan Instagram tanpa penurunan kecepatan karena FUP.

2. Indosat Freedom U

Paket Freedom U dari IM3 Ooredoo ini cukup terjangkau dengan harga 60 ribu rupiah. Dengan kuota utama 3GB dan kuota aplikasi 15GB. Apabila kuota utama habis, maka berlaku kecepatan 64Kbps.

Hadir dengan kuota sepuasnya Instagram, Spotify, YouTube, JOOX, WhatsApp, Facebook, Grab, Twitter, Messenger, LINE, Gojek.

3. Tri AON Unlimited 6GB

Provider Tri juga tidak ingin kalah dalam mengenalkan paket unlimited. Kuota utama 6GB ini bisa digunakan untuk data. Kelebihannya masa berlaku panjang, kuota dapat terakumulasi dan dipakai hingga jangka waktu tahunan.

Hanya saja untuk kuota unlimited ini dapat digunakan dari jam 01.00 hingga jam 17.00. Setiap harinya diberikan 2 GB setiap hari sesuai dengan batas pemakaian pengguna. Apabila melebihi batas pemakaian wajar, maka akan turun kecepatan pada 256 Kbps.

Selain itu kuota yang diberikan bisa digunakan bisa untuk aplikasi apa saja baik untuk mengakses aplikasi Youtube, Grab, Gojek, Spotify, Joox, WhatsApp, Facebook, Instagram, Netflix, atau Amazon Prime Video sekalipun, termasuk memeriksa email atau browsing web.

4. XL Xtra Combo Lite 21 GB

Paket kuota XL ini diberikan kuota utama 11GB, bonus kuota aktivasi 5GB, dan tambahan kuota aktivasi di 365 kota tertentu 5GB.

Selain itu juga diberikan akses ekstra unlimited turbo untuk akses Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, dan Gojek.

5. Smartfren UNLIMITED 75K

Smartfren sekarang punya promo tak kalah menarik. Keuntungan smartfren UNLIMITED yaitu banyak pilihan paket UNLIMITED yang ditawarkan, mulai dari tahunan, bulanan, mingguan, hingga harian.

Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp. 9.000 hingga Rp. 100.000, tergantung dari masa berlakunya.

Yang menarik, pelanggan paket smartfren UNLIMITED diberikan akses nelpon gratis tanpa batas ke sesama pengguna dan menelepon gratis ke nomor pelanggan operator lain untuk beberapa menit.

harga paket smartfren unlimited
Harga paket smartfren UNLIMITED

Paket UNLIMITED smartfren juga menghadirkan beragam pilihan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, mulai dari batas pemakaian wajar 500MB seharga Rp. 50.000, per bulan, 1GB seharga Rp. 75.000, per bulan, hingga 1,5 GB per hari seharga Rp 100.000, perbulannya.

Namun berapapun batas pemakaian yang kamu pilih, kamu tidak perlu khawatir karena batas ini akan diperbarui setiap harinya. Dengan FUP maksimal 500MB dan 1GB sesuai paket.

Menariknya, smartfren tidak membagi-bagi penggunaan paket UNLIMITED-nya untuk aplikasi tertentu. Jadi memang UNLIMITED 24 jam di semua aplikasi dan juga bisa di semua lokasi dengan jaringan 4G 100%! #UnlimitedBisaSemua

Smartfren Masih Unggul untuk Penggunaan Sehari-Hari

smartfren unlimited
Pakai smartfren UNLIMITED untuk kebutuhan internet kalian

Saat ini, penggunaan paket data internet menjadi pilihan utama buat kita.

Melihat kebutuhan tersebut, maka setiap operator pun menawarkan berbagai paket internet, sehingga kita punya banyak sekali pilihan.

Bagi saya, paket UNLIMITED dengan FUP masih menjadi pilihan. Sistem FUP ini juga memakai kuota, di mana ketika kuota FUP tersebut sudah digunakan, internet masih tetap bisa digunakan, namun kecepatannya akan turun.

Dan, smartfren termasuk yang menguntungkan untuk kamu yang menggunakan internet untuk kebutuhan standby aplikasi, masih bisa Youtube atau menjadi kartu provider andalan buat anak-anak selama belajar di rumah.

Unggulnya mulai dari UNLIMITED berlaku 24 jam di semua aplikasi. Kuota UNLIMITED dapat digunakan dari awal pemakaian, tanpa harus menunggu kuota utama habis. Smartfren juga memberikan UNLIMITED berlaku 24 jam berbeda dengan operator lainnya. Sehingga kita bisa mengakses internet kapanpun dan di mana saja. #UnlimitedBisaSemua

Begitulah kurang lebih pembahasan paket internet UNLIMITED yang paling dicari banyak orang.

Semoga artikel ini membantu kamu serta menjadi informasi yang bermanfaat.

Kalau kamu sekarang pakai smartfren UNLIMITED juga kan? Fyi, Sekarang lagi ada kesempatan buat dapetin CASHBACK 100% loh setiap beli pulsa atau paket data dimana pun loh.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1729

11 tanggapan pada “Perbandingan Paket Data Internet UNLIMITED, Mana yang Unggul?

  1. Saya pakai kartu telkomsel halo saja, suka lupa isi pulsa dan banyak kartu yang mati, untuk pemakaian sehari-hari pastinya selalu smartfren yang masih terbaik, dulu sih ada merk Bolt itu juga bagus tapi bangkrut.

  2. Saya pakai Indosat yang unlimited 25K, paling hemat untuk sebulan. Karena data hanya sebatas untuk berkirim teks. Saya belum ketemu yang lebih murah lagi.

      1. Yup, buat di jalan aja. Terima pesan dan baca web. Kalau di tempat kerja dan di rumah sudah ada wifi, jadi ndak begitu perlu. Pas kerja juga ndak bisa entertaiment via streaming kan? Jadi ndak perlu paket besar.

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: