asus zenbook 14 ux434

Pengalaman Pakai ASUS ZenBook 14 UX434

Dua layar dalam satu laptop? Inilah laptop ultrabook ASUS ZenBook 14 UX434FL yang sedang saya pegang.

Laptop jenis ultrabook dari ASUS ini mengungguli banyak hal untuk kita yang mendambakan perangkat kerja yang ringan, layar jernih, suara stereo dan tentunya handal.

Ultrabook Asus ini tidak seperti pesaing lainnya karena memiliki layar sekunder yang terintegrasi. Seperti apa saja hal-hal yang menarik dari ASUS ZenBook 14 UX434FL ini?

***

ASUS ZenBook 14 UX434
ASUS ZenBook 14 UX434

Laptop Asus ZenBook 14 UX434 ini adalah pembaruan untuk seri ZenBook 14 UX433 yang lebih lama. ASUS sendiri memang rutin untuk mengeluarkan seri laptop ZenBook, apalagi untuk para fans yang memang pengguna laptop ini.

Desain Menawan

Keunggulan dari laptop ini adalah dilengkapi dengan inovasi adanya ScreenPad 2.0. Desain ScreenPad 2.0 ini memungkinkan pengguna laptop untuk bisa mendapat tambahan layar yang juga terintegrasi dengan trackpad.

asus zenbook 14 ux434
Screenpad ASUS

ScreenPad 2.0 ini mencakup sejumlah tools yang bermanfaat. Mulai dari App Switcher, Mode Switch, Add Shortcut, Quick key, Handwriting, Slide Xpert, Number Key, dan sebagainya. Misalnya, Quick Key yang memungkinkan otomatisasi pengetikan keyboard yang kompleks menjadi cukup dengan satu sentuhan, pengenalan tulisan tangan untuk input yang alami, ataupun sebagai number key demi input data yang lebih cepat.

Dengan antarmuka yang intuitif, ScreenPad 2.0 memungkinkan banyak tugas-tugas bisa dilakukan secara multitasking.

asus zenbook 14 ux434
NanoEdge Display membuat bezel lebih tipis.

Pengguna yang sering menggunakan memasukkan data atau butuh dual layar pasti akan terbantu. Bisa menampilkan kalkulator ataupun mengatur musik lewat Spotify.

Di sisi lain, ASUS ZenBook 14 UX434 ini memiliki dimensi yang kompak. Ketika saya bawa untuk bekerja di luar ruangan seperti di kedai kopi. Walau teknologi NanoEdge Display bukanlah hal yang baru, tapi dengan adanya NanoEdge Display sudah pasti akan membuat ukuran layar laptop 14 terlihat tipis seperti laptop ukuran 13. Bahkan terlihat nyaris seperti tidak menggunakan bezel.

Dimensi Laptop Ringan dan Ringkas

asus zenbook 14 ux434
Lebih tipis daripada buku.

Dimensi laptop ini yang kecil membantu mobilitas saya berpindah-pindah. Saya tidak meragukan mengenai cakepnya desain dari laptop ini. Didukung tampilannya yang elegan dan minimalis, laptop ZenBook 14 UX434 memiliki dua varian warna. Namun, unit yang saya ulas adalah varian Icicle Silver.

Hampir seluruh bodi ultrabook ini diselimuti warna silver metalik yang cerah.

Terlebih situasi pandemi ini membuat saya juga harus putar otak untuk mencari peluang baru. Saya kadang mengisi kelas-kelas online dan tentunya butuh webcam yang jernih.

Kamera web laptop ini terletak di bagian atas layar. Posisi kameranya sudah dirasa pas untuk kita melakukan webinar sepanjang hari. Bisa dipastikan dalam satu minggu tentu ada kegiatan webinar yang kita ikutin, makanya butuh kualitas kamera dan laptop yang performanya baik.

Kualitas kamera web ZenBook 14 ini menggunakan modul ultra tipis yang telah menggunakan empat elemen lensa untuk menghadirkan gambar yang lebih tajam dan noise yang lebih rendah.

Performa

Saya menyadari kebutuhan pekerjaan dalam bekerja dengan laptop, tentunya memilih laptop yang punya perfoma handal adalah tujuan utama.

ZenBook 14 UX434 ini telah diperkuat dengan CPU Intel Core generasi ke-10. Pengguna bisa memilih mulai dari Core i5 sampai Core i7 yang masing-masing bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

asus zenbook 14 ux434
Spesifikasi ZenBook 14 UX434

Dengan prosesor Intel Core generasi ke-10 setidaknya bisa menjamin ekosistem penggunaan laptop jauh lebih panjang. Apalagi sebentar lagi sudah bisa menggunakan Windows 11.

Kebutuhan grafis seperti mengedit foto di Photoshop dan Lightroom masih berjalan lancar. Termasuk pengeditan video menggunakan Adobe Premiere. Semua ini karena penggunaan grafis Nvidia GeForce MX250 dan penyimpanan cepat berbasis SSD.

Penyimpanan SSD sekarang menjadi pilihan dibandingkan menggunakan HDD karena pengguna penyimpanan SSD jauh lebih cepat. Laptop ZenBook 14 UX434 ini dibekali kapasitas SSD 1TB dan RAM DDR4 hingga kapasitas 16GB.

asus zenbook 14 ux434
Bisa dipakai buat menjalankan aplikasi Capture One untuk keperluan fotografi

Ini berarti, dari sisi teknis, ZenBook 14 UX434 sudah cukup ideal untuk membuat dokumen kompleks, mengompilasi data, melakukan retouch foto, mengedit video, atau bersantai sambil bermain game.

Sisi lain, hadirnya sertifikasi military-grade (MIL-STD-810G) dalam laptop ini akan membantu kamu tipe ceroboh ketika meletakkan barang. Sertifikasi military grade ini menandakan laptop ZenBook 14 UX434 lolos pengujian berat. Testing seperti operasional di ketinggian, temperatur dan kelembaban ekstrim, serta pengujian terhadap guncangan, benturan ataupun jatuh, sudah dilakukan.

asus zenbook 14 ux434

asus zenbook 14 ux434

asus zenbook 14 ux434

asus zenbook 14 ux434

Mobilitas yang sering berpindah-pindah tempat, tentunya tak hanya pengamanan fisik dengan sertifikasi military-grade saja. Produk laptop ini ternyata telah mendukung modul TPM 2.0. Modul ini berfungsi untuk keamanan level enterprise yang memudahkan para pengguna untuk otentifikasi yang aman.

Saya bisa duduk sekitar 3-4 jam di sebuah kedai kopi untuk menulis artikel atau melakukan browsing internet. Nyamannya pakai laptop ini karena kita diberi kebebasan untuk bekerja seharian tanpa harus sering diisi ulang.

ZenBook terbaru juga memberikan kebebasan penggunanya untuk bekerja seharian tanpa harus diisi ulang.

Dukungan baterai mumpuni dengan kapasitas 50Wh 3S2P, 6-cell Li-ion Battery yang diklaim mampu bertahan hingga 13 jam penggunaan normal, serta dibekali fitur fast charging yang dapat mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit saja. Canggihnya fitur laptop ini tentunya membuat kita tidak perlu khawatir jika tertinggal membawa kabel charge.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan, laptop ini daya baterainya bisa diandalkan untuk penggunaan yang tidak terlalu mengkonsumsi daya. Seperti melakukan browsing sambil memutar musik. Tentunya pengujian ini akan berbeda tergantung penggunaan kita masing-masing.

Terakhir, di sisi audio sudah pasti sertifikasi Harman Kardon merupakan jaminan kualitas. Saya bisa memutar musik favorit atau menonton tayangan film dengan suara yang jernih dan maksimal.

Kesimpulan

Saya memang menggunakan laptop ZenBook 14 UX434 untuk keperluan mobilitas pekerjaan. Dan, laptop ini menawarkan spesifikasi menarik. Mulai dari Intel Core generasi ke-10, grafis yang jernih karena menggunakan Nvidia GeForce MX250, serta SSD adalah kelebihan utama yang patut dilirik.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1726

2 tanggapan pada “Pengalaman Pakai ASUS ZenBook 14 UX434

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: