BerandaReviewSponsored PostMengelola Sistem Manajemen Pergudangan yang Efektif Bagi Manufaktur

Mengelola Sistem Manajemen Pergudangan yang Efektif Bagi Manufaktur

Author

Date

Category

Setiap tanggalan cantik tiap bulannya selalu menjadi incaran oleh orang-orang untuk membeli barang idaman. Mulai dari barang elektronik, fesyen, peralatan di rumah hingga pernak-pernik lainnya.

Saya sendiri pun selalu memasukkan barang-barang incaran dalam wishlist yang ada di marketplace. Apalagi kalau bukan menunggu hari promo dari toko favorit.

Biasanya penjual akan memberikan promo potongan harga atau juga bisa memberikan gratis ongkos kirim. Lumayan kan kalau bisa dapat promo gratis ongkos kirim, kita bisa jauh lebih hemat mencari barang.

Kunci terakhir dalam penjualan adalah dengan memberikan flash sale yang selalu dinantikan oleh banyak orang.

Flash sale menjadi sistem penjualan yang paling laku, di mana konsepnya akan memberikan tawaran harga yang lebih rendah (diskon), tetapi penjualan ini hanya berlaku dalam jang waktu yang sudah ditentukan. Biasanya jumlah produk (stock) pun terbatas.

Manufaktur Butuh Manajemen Pergudangan

Setiap saya habis menerima paket dari kurir, saya sering melihat tumpukan karung besar yang di bawa. Pernah saya bertanya dalam satu hari para kurir itu membawa minimal paket 50 alamat dalam satu kali pengantaran. Lalu, mereka akan kembali lagi untuk mengambil paket berikutnya.

Kenaikan jumlah pengantaran akan meningkat dua kali lipat dari biasanya pada saat tanggalan cantik seperti 11.11, 12.12 atau 1.1 nanti.

Dalam pikiran saya, berarti mereka butuh banyak ruang penyimpanan semacam gudang untuk menyimpan barang, sekaligus untuk manajemen admin.

Bagi penjual yang mulai membesar tentunya harus menghadapi hari-hari spesial karena biasanya pesanan membludak. Dan, pasti mereka akan butuh software ERP manufaktur sistem yang baik.

Dengan sistem manajemen yang baik tentu akan mempermudah para pengusaha dalam menjalankan bisnis mereka.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan software ERP manufaktur terbaik yang dapat membantu usaha kamu.

Sistem Mengelola Kegiatan Manajemen Gudang

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem yang digunakan untuk membuat perencanaan bidang-bidang dalam sebuah usaha, seperti sumber daya manusia, penggajian hingga logistik.

Sistem ERP terbukti mampu menyederhanakan operasional, meningkatkan efisiensi serta menghemat anggaran industri manufaktur.

ERP adalah sistem dan software yang dirancang oleh SystemEver untuk software ERP manufaktur pergudangan terbaik. Dalam mengelola seluruh kegiatan manajemen secara komprehensif dan terintegrasi, mulai dari pengelolaan keuangan- akuntansi, pengadaan barang, produksi, pembelian, pengelolaan SDM, ekspor-impor dan lain-lain.

Sistem ERP ini dapat memfasilitasi perusahaan manufaktur dengan informasi yang akurat dan real-time sehingga nantinya akan membuat keputusan bisnis yang baik didasarkan atas data yang didapatkan.

Pengguna Sistem ERP

Sistem ERP ini juga sangat banyak memiliki manfaat bagi industri manufaktur. Di antaranya, sebagai berikut :

Penyimpanan Data yang Aman

Penyimpanan data industri dengan bentuk kertas sangatlah tidak aman, tidak efisien dan membuang-buang anggaran. Kertas selain mudah rusak juga mudah hilang. 

Makanya kamu memerlukan software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan agar penyimpanan data lebih aman. Sudah bukan jamannya lagi menyimpannya dengan menggunakan flash disk atau hard disk, tidak ada yang bisa menjamin keamanan data di dalamnya, terlebih jika banyak orang yang dapat menggunakannya.

Penerapan sistem ERP pada industri manufaktur ini menggunakan sistem cloud ERP, membuat perusahaan dapat memberikan akses untuk karyawan yang memang bekerja untuk mengelola data di mana saja dan kapan saja.

Pengelolaan Inventaris secara Keseluruhan

Penggunaan software ERP manufaktur ini juga membuat perusahaan dapat memantau stok persediaan barang. Sehingga perusahaan dapat melihat produk mana yang menjadi banyak target pasar dan mana yang kurang diminati pasar.

Penyediaan Laporan Lengkap dan Akurat

Sistem ERP juga membuat industri manufaktur mendapat data lengkap tentang karyawannya. Bagaimana pekerjaan mereka, produktivitas, efektivitas serta efisiensi dari setiap kinerja karyawan di perusahaan manufaktur itu sendiri. 

Kapan Menggunakan Sistem ERP?

Memang, setiap perusahaan memiliki tantangan yang berbeda. Jangankan berbeda jenis industri, dengan sama-sama bergerak di industri manufaktur saja bisa memiliki tantangan yang berbeda pula.

Lalu, adakah parameter pasti yang menunjukkan bahwa perusahaan perlu menggunakan ERP? Tidak ada. Namun, Anda dapat mempertimbangkan dan memikirkan untuk mengkomputerisasi perusahaan Anda dengan sistem ERP jika terjadi hal-hal seperti :

  1. Karyawan memakan banyak waktu dalam melakukan pekerjaan yang seharusnya sudah dapat dikerjakan secara digital menggunakan komputer.
  2. Karyawan dan Anda memiliki akses yang lambat ketika membutuhkan data tertentu untuk mengambil keputusan.
  3. Perusahaan Anda sudah bergerak dan memiliki cabang ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia.
  4. Perusahaan sudah memanfaatkan komputerisasi tetapi aplikasi sangat banyak, lalu berbagai aplikasi tersebut juga tidak terhubung satu sama lain.

Testimoni Pengguna Sistem ERP

Jung Saem Mool adalah brand kecantikan ternama asal Korea Selatan, bagi Anda pencinta #Kbeauty tentu tidak asing dengan #jsmbeauty. Sebagai salah satu brand ternama, Jung Saem Mool memiliki kebutuhan untuk mengintegrasikan proses penjualan, ketersediaan barang, capital flow, hingga analisa data yang dapat membantu karyawan bekerja lebih efektif dan perusahaan dalam menentukan keputusan lebih efisien.

Mengapa Jung Saem Mool memilih SystemEver? Menurut Mr. Kwon Ki-deok (SCM Team Leader) SystemEver memudahkan karyawan dalam mengoperasikannya, karena memiliki excel interface. SystemEver memiliki cost structure yang transparan dan jelas. Sehingga cost analysis data menjadi lebih akurat dan membantu manajemen dalam menentukan keputusan.

Setiap perusahaan yang memiliki gudang penyimpanan stok ataupun persediaan barang pastinya membutuhkan sebuah pengelolaan gudang tepat agar distribusi barang produksi dapat dilakukan secara teratur dan tidak mengalami kerusakan bahkan sampai kehilangan barang-barang tersebut. Untuk itu, dibutuhkan sebuah pengelolaan yang terstruktur dan juga efektif karena pengelolaan stok barang yang buruk akan berdampak sangat merugikan pelaku usaha serta dapat mengurangi penjualan.

Software ERP Manufaktur bisa membantu bisnis yang sedang tumbuh dan berkembang menjadi lebih berkinerja dengan sistem informasi manajemen yang akurat dan realtime. Kapan pun dan dimana pun, kamu tetap dapat membuat keputusan bisnis terbaik. SystemEver Indonesia siap menjadi mitra bisnis yang terpercaya.

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

1 KOMENTAR

  1. jadi kalau ERP ini mampu memfasilitasi pengelolaan keuangan, akuntansi, pengadaan barang, produksi, pembelian, pengelolaan SDM dan lain-lain, maka opsi menggunakan ini sangaat bagus karena akan banyak menghemat anggaran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru