BerandaReviewPerjalanan Hidup Lebih Bermakna dengan ASUS ROG Phone 6, Ponsel Pertama Ditenagai...

Perjalanan Hidup Lebih Bermakna dengan ASUS ROG Phone 6, Ponsel Pertama Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1

Author

Date

Category

Menentukan smartphone yang bisa menunjang aktivitas pekerjaan memang tidak mudah. Apalagi harus didasarkan pada detail job desk serta budget yang disediakan untuk membeli smartphone terbaik di era new normal sangat dibutuhkan untuk menunjang produktivitas kerja.

Di era new normal, sebagian orang sudah tidak lagi harus beraktivitas di rumah, termasuk dalam hal pekerjaan. Saya sendiri menggunakan ASUS ROG Phone 3 guna menunjang produktivitas kerja. Selama menggunakan smartphone gaming ini dipakai kerja ternyata bisa memenuhi hampir semua aspek hidupku.

Kebutuhan paling mendasar dari smartphone adalah baterai besar, layar besar dan kamera yang mumpuni. Lho, kok bisa sih smartphone gaming begitu powerful?

Pilihan smartphone terbaik untuk menunjang produktivitas kerja tentunya sangat dibutuhkan. Baik dalam urusan bisnis atau usaha, maupun pekerjaan di kantor.

Saya sudah 2 tahun menggunakan ASUS ROG Phone 3, smartphone gaming Android yang memiliki spesifikasi yang mumpuni. Awalnya coba-coba karena penasaran, eh jadi keterusan karena sulit lepas. Tujuannya biar mampu mendukung dalam beraktivitas.

Mulai dari urusan dokumen, mendesain, serta masih banyak fitur lainnya yang dapat membantu aktivitas.

asus rog phone
Mengajar untuk mahasiswa dengan memanfaatkan ROG Phone sebagai layar tambahan.

Hal yang paling saya rasakan ketika menggunakan smartphone gaming bukan karena saya seorang gamer. Melainkan ketika menggunakan smartphone gaming memang mampu memberi pengalaman melebihi ekspektasi. Patut diakui bahwa bermain game terbaru sanggup dilibas dengan mudah dan jadi lebih imersif, akan tetapi produktivitas saya bisa lebih teruji.

Salah satu contohnya, saya bisa menjadikan smartphone ASUS ROG Phone menjadi layar tambahan. Dan, itu ternyata sangat membantu pada saat saya sedang mengajar. Saya bisa langsung membaca slide-slide presentasi berikutnya tanpa mengganggu layar laptop.

Bukan hanya di situ saja, saya bisa mendapatkan kemudahan dalam transfer data seperti foto, video dan dokumen menjadi lebih gampang lewat aplikasi MyASUS yang di dalamnya ada Link to MyASUS.

Secara singkat, MyASUS berguna untuk mengatur pemakaian laptop. Lalu, jika dipasangkan dengan aplikasi Link to My ASUS di ponsel ROG Phone-mu, juga berguna untuk interaksi dengan ponsel bersangkutan. Apalagi saya menggunakan laptop ASUS sebagai perangkat kerja kedua, sehingga saya bisa menghubungkan laptop dengan ASUS ROG Phone yang sudah terpasang aplikasi Link to MyASUS.

Aplikasi Link to MyASUS sangat bermanfaat untuk produktivitas!
Link to MyASUS juga dapat memudahkan kamu untuk memindahkan data.

Lalu, apa saja yang bisa saya lakukan kalau ASUS ROG Phone sudah terhubung ke laptop?

Kamu bisa transfer file antar perangkat (dari laptop ke ponsel dan sebaliknya) secara nirkabel alias menggunakan koneksi WiFi. Kamu juga bisa melakukan mirroring atau remote access. Selain itu, yang paling menarik, kamu bisa memakai ponsel sebagai webcam laptop. Semuanya menjadi sangat mudah!

Kegiatan mengajar bisa lebih praktis dan tidak perlu khawatir kehilangan ide.

Terus terang saja setelah menemukan salah satu kemudahan fitur dan fungsi dari ASUS ROG Phone 3, saya jadi lebih mudah dalam hal mengajar materi webinar. Tidak perlu khawatir blank saat membawakan materi karena ada arahannya.

Bahkan, beberapa kali ASUS ROG Phone saya gunakan sebagai kamera webcam pada saat webinar.

Apa nggak jadi bikin pekerjaan kita lebih produktif dengan pakai smartphone gaming? 

Tidak cukup puas hanya untuk kebutuhan pekerjaan saja. Memiliki smartphone gaming ROG Phone memang bukan pilihan salah. Selain kita bisa memanfaatkan fitur yang canggih, kita juga  diberikan rasa nyaman.

Sekarang eranya semua serba ingin cepat dan praktis. Dulunya kalau untuk membuat konten promosi saya selalu membawa kamera profesional agar bisa mendapatkan hasil gambar yang jernih. Namun, sejak canggihnya kamera ponsel maka posisi kamera profesional pun kini menjadi posisi yang tergeserkan. Seperti, untuk apa lagi saya bawa kamera profesional kalau kamera ponsel saja sudah cukup?

rog phone
Abadikan momen dengan kamera smartphone ROG Phone
asus rog phone
Mode malam hasilnya jernih dan bagus.
asus rog phone
Bisa memotret landmark kota.

Saya juga tidak tak sekadar menulis di blog dan media sosial. Melainkan saya juga butuh kualitas gambar yang baik sebagai jurnal hidup melewati momen-momen untuk dikenang kembali.

Kepraktisan dari kamera smartphone adalah selalu standby berada dalam genggaman tangan. Selain itu, hasil foto bisa langsung diunggah. Paling penting adalah ramah untuk foto human interest yang membuat kita bisa memotret objek tanpa merasa terintimidasi.

asus rog phone
Gak perlu khawatir cuaca, karena kamera ROG Phone udah mumpuni

Kamera ROG Phone 3 yang saya gunakan sudah lebih cukup untuk mengatasi kekhawatiranku. Dengan sektor kamera utama bagus dan kamera selfie mumpuni, apalagi memori internal lega sehingga bisa membuat saya memotret tanpa perlu khawatir.

Saya senang sekali memotret hewan kucing. Tahu nggak kalau setiap pagi selalu ada kucing-kucing liar yang datang di depan teras rumah. Mereka tidak mengganggu, lebih senang duduk sambil saya kasih makanan kucing. Setelah itu saya bisa memotret menggunakan ROG Phone untuk mengabadikan kelucuan mereka.

Soal hasil foto? lumayan tidak jelek-jelek amat untuk diupload ke media sosial.

Berhubung saat ini konten digital bukan hanya gambar, melainkan perlu dukungan video maka menjadi kewajiban untuk saya pun membuat konten video.

Hal yang menarik dari ASUS ROG Phone ini karena sudah memiliki fungsi dari fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) yang sudah disematkan dalam smartphone gaming. Tentunya akan sangat membantu untuk mengatasi buram pada video akibat gerakan yang terjadi saat perekaman. Selain itu juga bisa mengatasi masalah yang terjadi akibat guncangan, memperbaiki frame demi frame sehingga menghasilkan gambar yang stabil. Dua fitur inilah yang menarik dari ASUS ROG Phone.

Bisa langsung mengedit video dan foto langsung dari ROG Phone

Apalagi ternyata bukan hanya adanya fitur OIS dan EIS saja, melainkan kita masih bisa menikmati fitur seperti mode Pro Video, Time Lapse, Slow-Mo, dan Motion Tracking. Lengkap sekali untuk diulik bagi pengguna ASUS ROG Phone.

Dengan segala kecanggihan fitur dan fungsi dari ASUS ROG Phone 3 yang saya gunakan ini. Saya merasakan smartphone 2 tahun yang lalu ini sudah perlu di-upgrade baru agar saya bisa lebih produktif dan merasakan nyamannya kembali menggunakan smartphone gaming.

Berdasarkan data We Are Social, Indonesia merupakan salah satu pasar gim terbesar di dunia. Tercatat pada Januari 2022 saja, sudah ada sebanyak 94.5% pengguna internet dengan rentang usia 16-64 tahun yang memainkan video gim.

Dari jumlah tersebut, 68.1% memainkan gim langsung dari ponsel pintar mereka.

Di waktu senggang bisa rileks dengan bermain game

Sesekali di waktu senggang saya pasti juga ingin melepas penat dengan bermain game. Ada beberapa jenis game favorit saya yang selalu ada di ROG Phone, seperti Genshin Impact, Mobile Legend dan jenis permainan lain.

Hal yang pasti disukai dari bermain game di ROG Phone adalah refresh rate yang tinggi sehingga menghasilkan visual gambar yang halus dan tajam. Jomblo seperti saya juga tidak perlu sedih karena bisa lebih leluasa untuk menikmati dengan bermain game di waktu kosong.

Apalagi ASUS ROG sendiri baru-baru ini mengumumkan hadirnya ASUS ROG Phone 6! Makin membuat si jomblo ini berbinar-binar untuk memilikinya.

Bulan lalu, saya ikutan datang menyaksikan peluncuran ASUS ROG Phone 6 di Ballroom Pullman Central Park. Dalam hati, saya berteriak kencang kalau saya ingin smartphone gaming ini! Kalau boleh untuk menggantikan ASUS ROG Phone 3 yang sudah lama saya pakai untuk sehari-hari.

ASUS ROG Phone 6 diluncurkan

Hadirnya ASUS ROG Phone 6 merupakan inkarnasi sang legenda ponsel gaming yang tak tertandingi di dunia dengan performa yang jauh lebih “buas” ketimbang pendahulunya. Faktanya memang secanggih itu smartphone gaming ini.

Kehebatan ROG Phone 6 ini hadir berkat “ramuan jitu” antara performa Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang luar biasa, dengan sistem pendinginan terbaru untuk permainan tanpa batas, layar 165Hz untuk visualisasi yang revolusioner, dan baterai besar 6.000mAh untuk gameplay lebih lama kapan saja dan di mana saja.

Pertama kali menggenggam ROG Phone 6! Rasanya pengen punya.

Saya sendiri pengguna ROG Phone 3 sudah merasa cukup senang, namun sekarang sudah ROG Phone 6. Tentunya membuat saya juga ingin menguji kehebatan smartphone gaming ini bukan?

ASUS ROG Phone 6 sudah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming.

Snapdragon® 8+ Gen 1 merupakan platform mobile tingkat premium canggih yang menghadirkan pengembangan peningkatan daya dan kinerja agar pengalaman menggunakan perangkat meningkat.

Ada 3 hal yang ditawarkan prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform untuk mendorong pengalaman bekerja sekaligus bermain game lewat smartphone gaming menjadi lebih baik lagi.

  1. Bermain game dengan kinerja terbaik dan imersif. Snapdragon telah mengemas fitur tampilan paling canggih dari True HDR10 dan Physical Based Rendering (PBR), membuka akses untuk game berkualitas desktop pada perangkat mobile.
  2. Optimalisasi game sepenuhnya untuk 10 game teratas dioptimalkan untuk platform tier-premium Snapdragon karena permainan terbaik dalam bisnis membutuhkan performa yang elit. Adapun 10 game teratas tersebut termasuk game terlaris PUBG Mobile, Lineage II Revolution dan Fortnite yang telah dimainkan oleh jutaan gamer di seluruh dunia.
  3. Jaminan update driver perangkat lunak yang dapat memberikan kinerja perangkat keras lebih baik.

Tiga hal yang ditawarkan ini tentunya bagi pengguna ASUS ROG Phone 6 makin mendapatkan pengalaman penggunaan yang luar biasa di kelasnya.

Sudah siap untuk mengetahui seperti apa kecanggihan ASUS ROG Phone 6 terbaru ini. Kita siap untuk mulai memasuki babak baru!

Bagi pengguna non gamer seperti saya, menggunakan smartphone gaming selain mencari produktivitas bekerja, menyalurkan hobi memotret tentu juga untuk hiburan.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri jika smartphone kini sudah menjadi barang yang sangat penting. Tidak hanya sebagai alat komunikasi dan bertukar pesan semata, smartphone juga bisa dijadikan alat penunjang kegiatan pekerjaan termasuk multitasking.

asus rog phone 6
ASUS ROG Phone 6 yang begitu menggoda.

Sewaktu memegang langsung ASUS ROG Phone 6, tangan saya langsung gemetaran bukan karena takut tapi karena senang smartphone gaming ini masuk ke Indonesia setelah proses panjang.

Berikut ini 9 poin yang menarik yang saya rasakan ketika melihat ASUS ROG Phone 6 secara langsung.

1. ROG Vision yang Keren pake Banget!

ROG Phone 6 tersedia pilihan dua warna yaitu Storm White dan Phantom Black. Sementara ROG Phone 6 Pro tersedia dalam warna tunggal Storm White.

Warna Storm White terlihat begitu aduhai menawan sekali. Putih susu yang terlihat elegan  serta gahar dari ROG Phone 6 pun tergambar. Sampai saya mengafirmasi diri bahwa ini smartphone gaming yang saya inginkan akhir tahun ini. Alasannya karena ROG Phone 6 memiliki desain dan warna yang keren sekali.

Dua warna ROG Phone 6

Dengan layar AMOLED dan terdapat ROG Vision di bagian belakang semakin membuat desain smartphone terlihat mempesona.

Ada 6 skenario yang dapat ditampilkan lewat ROG Vision. ROG Vision ini berfungsi untuk menampilkan animasi yang dapat disesuaikan untuk beberapa skenario, seperti: panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X, dan sebagainya. Kamu bakal jadi pusat perhatian saat lagi terima telepon di depan umum, seluruh pasang mata akan tertuju melihat kerennya ROG Phone 6.

asus rog phone 6
ROG Vision yang bikin semua mata tertuju padamu

Lalu,  layar AMOLED bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan atau disesuaikan tampilannya . Pengguna bisa sesuaikan selera dan style pemakai. Pilihan animasi bisa ditentukan sesuai skenario tertentu, seperti Mode X, layar aktif, panggilan masuk, dan lainnya. ASUS juga sudah menambahkan 60 animasi baru ke ROG Phone 6 Pro dan kalau belum cukup, kita bisa mengunduh lebih banyak atau membuat animasi sendiri di editor ROG Vision.

Hadirnya Aura RGB Ligthing adalah ciri khas dari ASUS ROG Phone yang tidak bisa dilewatkan. Aura RGB Lighting adalah efek pencahayaan khusus yang dapat menampilkan seluruh rangkaian skema pencahayaan: stati, menyala, atau siklus warna pada logo ROG.

Efek pencahayaan ini bisa memicu untuk skenario fungsi telepon seperti panggilan masuk, notifikasi, dan lainnya. Benar-benar bikin ngiler bagi calon pengguna ROG Phone 6 karena smartphone ini unik banget.

2. Layar Revolusioner untuk Gaming yang Imersif

Kebutuhan layar smartphone yang bening bukan hanya untuk keperluan gaming saja melainkan bisa untuk segala skenario.

Tahu kah kalau ASUS ROG Phone 6 Series memakai layar AMOLED HDR10+ seluas 6,78 inci dari Samsung Amoled Display dan disetel oleh ROG. Kejernihan layarnya sanggup menampilkan warna yang akurat untuk kamu bermain game ataupun mengedit video langsung dari smartphone.

Untuk kenyamanan dan keamanannya, layar ROG Phone 6 ini sudah diproteksi dan diperkuat dengan Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat kuat. Daya kuat layarnya sudah cukup sanggup menahan bobot berat saat smartphone kita selipkan di kantong atau terkena goresan kunci di dalam saku.

Mata pengguna juga akan terlindungi saat menggunakan ponsel ini lebih lama berkat teknologi Eye Care Display. Bayangkan saja kalau saat ini penggunaan smartphone sudah semakin lama, otomatis akan membuat mata lebih cepat lelah. Hadirnya teknologi Eye Care Display ini pasti akan membuat kita lebih betah berlama-lama tanpa perlu terasa mata perih.

Dengan refresh rate maksimum 165 Hz RefreshRate, layar ROG Phone 6 Series adalah yang tercepat dan tertajam yang tersedia di pasaran saat ini.

Touch-sampling rate mencapai hingga 720 Hz Touch Sampling Rate dan latensi sentuh 23 ms yang menakjubkan telah menjadikan layar ini menjadi pamungkas bagi gamer yang ingin memiliki keunggulan kompetitif atas pesaing mereka. Latensi sentuh yang kecil ini akan membuat jari kita lebih mudah untuk multitasking aplikasi atau saat bermain game yang membutuhkan gerak dan respon yang cepat.

Pastinya, ROG Phone tetap tampilan ROG UI berbasis Android 12 yang ringkas dan ringan.

3. Performa Maksimal Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1

Prosesor Qualcomm terbaru.

Boleh dibilang sang legenda smartphone gaming lahir kembali dengan kinerja performa yang jauh lebih tinggi dan jauh lebih baik ketimbang pendahulunya.

ROG Phone 6 Series memang dibangun dari awal untuk menjadi smartphone tercepat di pasar.

Salah satu alasan saya menyukai smartphone gaming karena sudah pasti performanya sudah tidak perlu diragukan lagi. ASUS ROG Phone 6 ini berkat prosesor terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform membuat clock speed CPU yang jauh lebih cepat, yakni 3,2 GHz.

Bisa kita bayangkan kalau dengan clock speed CPU atau waktu membacanya lebih cepat tentunya sanggup melibas game-game berat, bahkan untuk kita multitasking pekerjaan pun jadi ringan.

Penyebabnya karena  kombinasi antara CPU dan GPU Adreno 730 secara mengejutkan menciptakan kinerja CPU dan GPU yang 10 persen lebih tinggi. Efisiensi daya CPU juga meningkat 30 persen. Untuk meminimalisir bottleneck, ROG Phone 6 Series diperkuat RAM LPDDR5 hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS3.1 hingga 512GB. Kamu bisa memilih ROG Phone 6 sesuai kebutuhan dan budget.

ROG Phone 6 series hadir dengan varian RAM Storage 8GB/256 GB, 12 GB/256 GB, dan 18 GB/512 GB. Ini merupakan upgrade yang signifikan dimana pada varian terdahulunya, storage yang diberikan untuk varian dasarnya hanya 128GB.

Hasil benchmark menunjukkan data bahwa performa ASUS ROG Phone 6 Series makin kentara saat memainkan game-game casual khususnya dari genre survival.

Berbagai pengujian pada game survival dilakukan dengan mengatur permainan pada setting paling maksimal, yaitu Extreme HD untuk grafis dan ultra-frame rate, dan settingan lain ON. Skenarionya jelas, untuk memberikan beban yang besar pada ponsel ini.

Hasilnya, pada mode yang intens sekalipun gameplay tetap terasa sangat smooth. Frame rate stabil di angka 60 fps. Saat mulai bertarung, temperatur mulai merangkak naik dan berada di kisaran 37-41 Celsius dan ini sama sekali tak mengganggu.

Fitur lain yang saya sukai dari ROG Phone adalah Game Genie, dashboard legendaris yang sudah ditingkatkan. Ada banyak fungsi yang dihadirkan pada Game Genie terbaru, seperti jalan pintas kembali ke Armory Crate, memblokir semua notifikasi dan panggilan masuk, mencegah perubahan brightness secara mendadak, mengubah refresh rate, melepaskan RAM yang tidak digunakan oleh aplikasi di latar belakang, mengaktifkan perekam layar, melakukan pencarian di internet dan YouTube tanpa meninggalkan game, dan masih banyak lagi.

Semuanya dalam satu skenario untuk membuat ROG Phone 6 menjadi smartphone gaming lebih personalisasi.

4. GameCool 6 Cooling System yang Canggih

Mitos mengenai smartphone gaming cepat panas itu akan segera dipatahkan ketika sudah memegang ROG Phone 6.

Smartphone gaming ini mampu memainkan game-game yang demanding dengan performa yang tak tertandingi dan konsisten, berkat teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System yang mengagumkan. Generasi kelima dari sistem GameCool yang canggih ini adalah pembaruan terbesar untuk pendinginan sejak diperkenalkannya seri ROG Phone. 

Kamu yang senang bermain game seperti Genshin Impact atau APAC pun tidak perlu gundah gulana karena dengan ROG Phone 6 sudah pasti permainan akan lancar tidak panas.

Struktur internal pada sistem pendinginan ini lebih ditingkatkan untuk pembuangan panas yang lebih efisien daripada sebelumnya. Sistem pendingin CPU All New 360° CPU Cooling Technology yang baru telah didesain ulang lalu difokuskan pada tata letak dual-PCB yang ditempatkan di tengah. Dengan memanfaatkan metode yang eksklusif ini untuk mengisi celah udara antara dua PCB dengan senyawa termal khusus, kinerja pendinginan pun meningkat hingga 10°C.

Masih mau bilang kalau main game dari smartphone bisa bikin tangan kepanasan? Tunggu sampai kamu sudah mencoba ROG Phone 6 ini.

5. Baterai Monster Lebih Awet

Ketakutan pengguna smartphone ketika mereka berada di luar ruangan seharian adalah daya tahan baterai. Apalagi untuk kita yang tidak ingin ribet dengan membawa kabel kemana-mana, maka kehandalan baterai pasti paling diincar.

Hal yang saya suka dari ROG Phone ini adalah memiliki baterai “monster”.

ASUS merancang ROG Phone 6 Series dengan desain MMT yang unik, karena terdiri dari dua baterai 3000 mAh. Jadi, pengguna bisa merasakan kekuatan Monster Battery 6000 mAh.

Baterai kapasitas besar ini pastinya memberikan beberapa manfaat. Mulai dari pengguna bisa merasakan kenyamanan saat bermain game tidak cepat habis baterai, sampai tidak perlu repot membawa kabel charger.

Tidak hanya sampai disitu saja, ROG Phone 6 mampu menurunkan suhu saat pengisian daya, desain ini memungkinkan pengisian daya 65W. Penurunan daya saat ponsel memainkan gaming yang berat juga tidak menghasilkan panas yang berarti. Artinya, pengguna ROG Phone 6 akan sangat dimanjakan.

Desain baterai dua sel ini juga memungkinkan untuk memposisikan motherboard di tengah frame. Alhasil, terciptalah keseimbangan berat yang sempurna dan ASUS bisa menanamkan solusi pendinginan yang unggul.

Perbaikan lebih lanjut yang dapat dirasakan adalah ROG Phone 6 bisa terisi penuh dalam 42 menit yang mana 10 menit lebih cepat dibandingkan dengan ROG Phone 5.

6. GameFX Audio untuk Sound yang Imersif

Umumnya saat bermain game maka indera pendengaran kita akan ikut dimainkan juga. Rasanya kurang puas kalau bermain game tapi tidak menyalakan audio untuk mendengar setiap pertempuran game yang berjalan.

Pengalaman saya bermain game atau menonton streaming video dari ROG Phone 3 sudah sangat nyaman. Namun, ternyata ASUS memperbarui lagi agar pengalaman sound di ROG Phone 6 semakin ditingkatkan melalui pengaturan speaker yang canggih dan penyetelan yang luar biasa oleh Dirac.

Dirac termasuk sistem terbaru yang bertumpu pada dua Speaker Super Linear 5-magnet 12×16 simetris yang didukung oleh amplifier mono Cirrus Logic CS35L45. Hasilnya yang dapat kita rasakan adalah suara audio yang lebih bulat dan menggelegar. Telinga kamu dijamin akan nyaman sekali.

Bersama dengan pemrosesan sinyal digital terbaik dari Dirac, ROG Phone 6 Series akan menghadirkan pengalaman sound yang lebar, jernih, dan kedalaman suara yang lebih baik daripada ponsel lain di pasar.

7. Kontrol Maksimal dengan AirTrigger 6 dan Ultrasonic Buttons

Khusus para gamer pastinya akan merasa frustasi kalau bermain game lewat smartphone ternyata tidak memiliki kontrol yang baik. Itulah sebabnya ROG Phone 6 Series sudah diperkuat teknologi AirTrigger 6 terbaru yang menawarkan sensitivitas yang lebih baik, pemosisian yang lebih baik, dan lebih banyak kontrol gerak.

Dalam segala kondisi, bermain di ROG Phone 6 lebih mengasyikkan

Para gamer atau calon atlet e-Sport tentunya akan menyukai AirTrigger 6 oleh karena teknologi ini dilengkapi hingga 18 titik sentuh spesifik yang dipetakan pada layar (dengan AeroActive Cooler 6 terpasang). Sistem AirTrigger 6 bahkan dapat digunakan di luar game untuk mengaktifkan tindakan atau aplikasi yang berguna dengan gerakan meremas sederhana saat dalam mode portrait. 

Hal baru dari AirTrigger adalah fitur Tekan & Kiri yang memungkinkan pengguna untuk memetakan tindakan yang berbeda saat menekan tombol pengaktif ultrasonik dan tindakan yang berbeda saat mengangkat jari dari tombol. Tambahan baru lainnya adalah, sekarang pengguna dapat menggunakan giroskop untuk membidik atau mengontrol sudut pandang. Cukup tekan dan tahan tombol ultrasonik terlebih dahulu, lalu pengguna dapat mengontrol area tampilan dengan menggerakkan atau memiringkan ponsel.

Dijamin gamer akan mendapatkan pengalaman bermain game yang memukau.

8. Kamera Terbaik Dibanding Ponsel Gaming Manapun

Bagi gamer tentunya fungsi kamera bukanlah utama saat mencari smartphone gaming. Namun, bagi pengguna yang mencari produktivitas bisa jadi fungsi kamera paling dicari. ASUS ROG Phone 6 hadir dengan spesifikasi yang tidak tanggung, ROG Phone 6 tetap  memberikan pengalaman kamera terbaik dibandingkan ponsel gaming mana pun.

Ciri khas dari smartphone gaming ROG Phone 6 ini adalah tone warna yang natural sehingga mampu memberikan kontras warna yang baik dan jelas.

Ponsel ROG Phone 6 ini hadir dalam formasi tiga kamera belakang. Kamera utamanya terletak pada bagian belakang mengandalkan sensor SONY IMX766 50MP. Kamera ini menawarkan mode utama 12,5MP menggunakan filter warna Quad Bayer atau mode asli 50MP. Selain itu, kamera ROG Phone 6 memungkinkan perbesaran 2x lossless asli dalam kondisi pencahayaan siang hari. Ia akan beralih ke zoom digital 2x berdasarkan mode 12,5MP pada kondisi pencahayaan rendah untuk menangkap cahaya yang cukup.

Sedangkan, kamera kedua adalah lensa sudut ultra lebar 13MP yang mampu merekam sampai sudut 125 derajat dengan koreksi distorsi secara real time.

Terakhir, kamera ketiga adalah lensa makro 5MP.

Adapun untuk kamera depan beresolusi 12 MP yang bisa merekam group selfie dalam kualitas tinggi dan melakukan video streaming secara langsung.

Keunggulan lain dari ASUS ROG Phone 6 yang mungkin tidak dirasakan adalah smartphone gaming ini memiliki fungsi Splash Resistant. ROG Phone menjadi World first IPX4 Splash Resistant Gaming Phone berfungsi kalau kita sedang menggunakan ROG Phone 6 di kondisi kena percikan air hujan.

9. Aksesoris Tambahan Guna Menunjang Permainan

Membaca kebiasaan para pemain game, ASUS merancang untuk mengedepankan pengalaman bermain game. Hanya di ROG Phone 6 memungkinkan pengguna untuk bermain game dalam skenario menarik seperti bermain game layaknya sebuah console game.

Untuk itu ada 3 aksesoris yang cocok, mulai dari :

1) Glass Screen Protector

Merupakan aksesoris untuk melindungi layar seri ROG Phone 6 dari goresan dan benturan dari benda keras. Selain itu Glass Screen Protector juga mudah ditempelkan ke layar seri ROG Phone 6.

2) AeroActive Cooler 6

Urusan daya panas smartphone ini tidak cukup sampai di sini saja. Pembuangan panas  ternyata memainkan peranan yang penting dalam meningkatkan kinerja ASUS ROG Phone 6 Series.

Ternyata kuncinya adalah AeroActive Cooler 6 terbaru. AeroActive Cooler 6 ini hadir dengan Thermoelectric AI Cooling System yang terintegrasi, berbasis chip pendingin Peltier, untuk mengoptimalkan pembuangan panas menurut temperatur CPU.

Teknologi ini akan berkomunikasi dengan ROG Phone 6 Series melalui sambungan USB-C untuk menurunkan temperatur permukaan dekat CPU sampai 25°C. Sehingga, pengguna bisa merasakan kenikmatan sekaligus kenyamanan saat menggunakan smartphone gaming ini.

Selain itu juga mobilitas saat memainkan game yang demanding tanpa panas berlebihan di tubuh ponsel.

Aksesoris opsional ini bebas kabel dan bekerja dengan daya dari baterai ponsel. Pendingin dapat memilih mode pendinginan optimal tergantung pada suhu CPU. Misalnya, dengan loading game yang berat, Cooler akan menyalakan chip pendinginnya untuk pendinginan yang lebih baik. 

Tak hanya itu, aksesoris pendingin ini juga dilengkapi mode pendinginan meliputi mode Cooling yang hanya menggunakan kipas saja, mode Frosty yang menggunakan kipas dan thermoelectric cooling chip di mana daya dari perangkat, dan mode Frozen yang menggunakan kipas dan thermoelectric cooling chip dimana daya dari eksternal charger.

Untuk menambah keseruan bermain, aksesoris pendingin ini juga memiliki pencahayaan RGB di bagian belakang bodinya berupa mata ROG yang bisa berubah warna.

3) Kunai 3 GamePad

Terakhir, pengguna pasti akan menyukai Kunai 3 GamePad yang bisa menjadikan perangkat seri ROG Phone 6 seperti kontroler game sesungguhnya. GamePad ini menawarkan tiga mode pemakaian yaitu mode Handheld di mana seri ROG Phone 6 dan ROG Phone 6D bisa disematkan di antara kedua kontroler.

Mode lainnya ialah All in One yang memungkinkan pemain bisa menggunakan GamePad sebagai kontroler penuh dengan hadirnya grip pegangan di bawahnya. Selanjutnya mode Mobility hampir sama seperti mode All in One namun pegangan atau grip di bawahnya tidak ada. Di samping itu, GamePad ini memiliki beberapa tombol fungsi untuk permainan seperti Analog Triggers, ALPS Joysticks, empat tombol di kanan serta tombol arah di kiri, dan control key. Tersedia juga pencahayaan RGB di sisi kiri bawah dekat tombol arah.

Semakin menarik bukan. Kalau kamu suka aksesoris yang mana? Kalau saya suka Kunai 3 GamePad biar main game jadi lebih menyenangkan menggunakan stick.

ROG Phone 6 memang dirancang ASUS untuk bisa kuat bermain game dalam jangka waktu yang lama dan suhu tetap bisa terjaga jadi tidak terlalu panas.

Saya mengamati bahwa ASUS berani memberikan terobosan fitur baru serta mendengar masukan para ROG Fans hingga tampak sebenarnya berlebihan. Namun, apa sih yang nggak untuk penggunanya? Sebagai pengguna ROG Phone 3, saya pun merasakan adanya hasrat khusus untuk mencoba langsung ROG Phone 6 ini.

Semua fitur yang ditawarkan memberikan kenikmatan sendiri dalam pemakaiannya. Baik untuk bermain game hardcore atau casual serta pemakaian sehari-hari.

Berikut ini fitur dan fungsi menarik dari ROG Phone 6 yang saya jumpai.

  • ROG Phone 6 series dibekali dengan SoC terkencang dari Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Dipadukan dengan teknologi cooling Gamecool 6 yang bisa memenuhi ekspektasi pengguna. ROG Phone sudah sejak lama menjadi salah satu tolak ukur smartphone gaming.
  • Dilengkapi sistem pendingin bernama GameCool 3 dan AeroActive Cooler 3
  • Menggunakan Layar berukuran 6,59 inci dengan refresh rate maksimum 165Hz, touch sampling rate 720Hz dan latensi sentuh 23 ms.
  • Baterai berkapasitas super besar yaitu 6.000 mAh
  • Fitur AirTrigger 6 yang menawarkan sensitivitas lebih baik.
  • Konektivitas ultra-cepat 5G dan WiFi 6
  • Side-mounted USB-C sebagai fasilitas untuk mengkoneksikan aksesoris sekaligus charger
  • Audio kualitas Dirac yang dapat meningkatkan efek suara di dalam game dan membuat pengalaman bermain lebih nyata
  • Aksesori untuk Pengalaman Gaming Maksimal, terdiri dari ROG Kunai 3 Gamepad, AeroActive Cooler 6, dan Glass Screen Protector.
  • Memiliki fitur Splash Resistant dan menjadi World first IPX4 Splash Resistant Gaming Phone

Saya yakin memang sekarang sudah saatnya untuk beralih ke ASUS ROG Phone 6 dengan segala fitur dan fungsi yang dimiliki bisa membuat saya menjadi lebih tangguh dalam pekerjaan.

Berapa Harga ROG Phone 6?

Pakai ASUS ROG Phone 6 bikin hidupmu lebih bermakna karena kamu menjadi serba bisa dan tidak perlu khawatir segala aktfitasmu terhambat.

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober – 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia. Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000. So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

Layar
  • 6,78 inci, 9:20,4 (1080 x 2448)
  • AMOLED, 165Hz, HDR10
  • Corning Gorilla Glass Victus
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm)
RAM & Penyimpanan
  • 8GB RAM, 256GB 
  • 12GB RAM, 256GB
Kamera Belakang
  • 50 MP, f/1.9, (wide), 1/1.56?, 1.0µm, PDAF
  • 13 MP, f/2.2, (ultrawide)
  • 5 MP, (macro)
Kamera Depan 12 MP, 28mm (wide)
Audio
  • Speaker depan stereo (Dirac HD Sound)
  • Colokan 3,5mm, 32-bit/384kHz audio
Baterai Li-Po 6000 mAh
Sensor Sidik jari (di bawah layar, optikal), accelerometer, gyro, proximity, compass
Konektivitas
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, tri-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth 5.2, aptX Adaptive
  • GPS
  • NFC
  • USB Type-C 3.1 (samping), USB Type-C 2.0 (bawah)
Warna Phantom Black, Storm White

 

***

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

37 KOMENTAR

  1. Kenapa aku tertarik dengan hp gaming, Krn batre sbnrnya, baru kemudian kamera. Soalnya buatku yg rutin traveling, hp dengan batre awet penting bangeeet. Apalagi aku ga suka bawa powerbank koh. . Makanya lebih milih hp gaming gini, Krn mostly batrenya pasti kuat dan pasti ga lagging kalo dipake buka banyak aplikasi ?.

  2. Anakku yang kecil (usia 8 tahun) itu hobi nge-game dan dia udah ngerti banget gimana badasnya ASUS ROG Phone. Aku sampai heran sih, kayaknya efek sering ngobrol sama sepupu2nya yang gamer. Makanya tiap hari ngerayu bapaknya biar ganti HP Rog Phone. Tapi bapaknya nolak mulu karena meraa gak butuh buat game. Ternyata, performanya gak cuma dibutuhkan para gamer ya. Buat kita2 yang butuh produktivitas tinggi di dunia digital, HP ini juga mumpuni banget.

  3. Ini gadget yang rupawan sih.
    Soalnya prosesornya dan si batrenya itu sangat bisa diandalkan gak hanya buat nge-game tapi buat pekerja konten.

  4. wow 1 gadget bisa multifungsi dan hasilnya keceee! kudu banget nih diperjuangin biar bisa memilikinya hihi,, ASUS makin berkembang ya produknya makin canggih deh

  5. Kalau punya ini sih, sangat akan membantu aktivitas ya, Mas. termasuk saat bermain game juga. Yang saya suka juga kameranya sangat jernih dan batterainya yang besar. Jadi saat dipakai bekerja di luar juga bisa diandalkan. Semoga segera punya nih hehehe.

  6. Beuh cakep banget sih Koh ROG Phone 6 ini. Performanya gahar abiss. Kameranya juga ngga kalah buas, bikin makin jatuh cinta deh. Tapi aku paling kepincut ama baterainya bisa sampe 6000 mAh gitu. Moga menang ya koh..

  7. Aku pernah underestimate sih sama smartphonenya ASUS. Tapi, membaca semua hal tentang ASUS ROG Phone, aku jadi penasaran. Pingin nyobain juga. Apalagi, aku juga suka main game. Pasti seru.

  8. Satu kataa wowww….
    1 gadget bisa multifungsi dan hasilnya cetar semuaa…
    Kereen banget bikin mupeng Pak Deddy…
    Memang praktis kalau py gadget sudah komplit, sayapun merasakan kepraktisannya, nah biasanya gadget saya tunggu lungsuran suami ?

    Boleh tar uliik ulik suami supaya ganti gadget ROG Phone 6

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru