Makna Hari Blogger Nasional, 27 Oktober


logohuangTepatnya 27 Oktober 2007 silam, saat event nasional bertajuk “Pesta Blogger 2007” di Jakarta maka dari Menteri Komunikasi dan Informasi, bapak M. Nuh secara ‘latah’ mencetuskan tiap tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Maka, karena ‘latah’ tersebut paling tidak sudah ada satu tanggal khusus yang bisa dijadikan momentum. Entah momentum apa maksudnya disini.

Eksistensi Narablog/Blogger di Indonesia sudah mencapai jutaan. Dan sampai sekarang mungkin akan makin meningkat. Blog sendiri mengalami perubahan secara tidak disadarin perannya. Namun, tetap mengacu pada peran utama yaitu kehausan para pengguna internet terhadap sumber informasi. Contoh, mahasiswa suka cari referensi dari Google yang akan dirujuk ke halaman blog seseorang.

Kehadiran blog saat itu masih bersifat halaman-halaman rujukan saja melalui blogroll. Kalau mau lihat blog orang lain ya dengan cara klik link di blog teman kita. Saat itu belum ada fasilitas blog yang sudah terintegrasi seperti upload gambar otomatis, RSS.

Kalau ditanya sekarang, yang ditanya dulu apa blogmu?

Blog makin banyak dan tumbuh. Pengkategorian konten pun sudah beragam. Ada yang digunakan untuk pendidikan, memasarkan produk, bahkan sampai perusahaan pun membayar blogger untuk menulis pencitraan yang baik. (Semoga saya juga dilirik perusahaan :mrgreen: )

Jika mengupdate status di facebook/twitter serenyah itu. Kenapa tidak untuk blog? Jujur sampai sekarang saya pun masih suka senyum-senyum sendiri kalau baca arsip blog yang lama. Senyum kok bisa ya saya menulis seperti ini. Well, itulah pembelajaran setidaknya bagi diri sendiri. Kalau pembaca bisa ikut terpuaskan itu jadi nilai plus.

Maka, mari kita rayakan makna blogger bersama dalam diri masing-masing. Untuk apa blog kita ini hadir di internet? popularitas? pencitraan?

6 pemikiran pada “Makna Hari Blogger Nasional, 27 Oktober

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s