Good Job! Opening Ceremony SEA Games 2011


Animo masyarakat Indonesia, khususnya Palembang dalam menyambut Opening Ceremony SEA Games XXVI sudah dirasakan dari jauh hari sebelumnya. Mention dari kanca twitter tentang dimana bisa mendapat tiket nonton opening sampai pernak pernik seputar #seag2011.

Satu kesempatan saya bisa hadir langsung di Gelora Sriwijaya Jakabaring bersama keluarga Wongkito. Kami mendapat tiket duduk di tribun barat untuk undangan sebagai media.

389279_2578828280516_1548667308_2648663_1880941078_n

Gelora Sriwijaya Jakabaring. Sore itu masih berawan. Cukup terik juga cuaca sekitar pukul 4 sore. Penonton lainnya pun sudah tidak sabar untuk bisa masuk ke dalam GSJ. Setelah lolos lewat metal detector, kami pun bisa bernafas lega sejenak. Soalnya jalan kaki cukup melelahkan dari tempat parkir.

Seperti apa acara yang berlangsung selama 3 jam dan membutuhkan dana kurang lebih 150 milliar ini?

P1080077

Ini kali pertama saya masuk ke GSJ. Lapangan hijau yang luas bukan?

Saya coba berekspektasi sendiri, kira-kira nanti malamnya jadi spektakuler, gak? Di setiap kursi penonton juga disediakan goodie bag plastik yang isinya sesuatu banget yaitu payung, jas hujan, lampu led, dan lampu senter.

P1080069

17.00 PM

Momen ini para penari mulai menampilkan tarian tradisional untuk mengisi jeda waktu sebelum pembukaan #seag2011. Lalu, ada juga opening boyband Indonesia yaitu XO IX. Jeda ini lumayan membuat penonton memalingkan perhatian sejenak ditengah grasak-grusuk yang tidak jelas.

18.00 PM

Pre opening MC dari @nirina_zubir sama @indrabektiasli yang malam itu Nirina tampak manis dalam balutan songket Palembang. Banyolan khas mereka pun tampak lepas selama di tengah stadion.

P1080171

19.00 PM

Sorotan ratusan lampu laser dan LCD flat lebar di tengah stadion sudah dimainkan. Saya kagum sama animasi-animasi keren yang ditampilkan. Apalagi karpet elektrik yang berukuran 50 x 56m itu mendukung spektakulernya Opening Ceremony #seag2011. Satu lagi, spider cam yang baru pertama kali ada di Indonesia dan pertama kali digunakan di Palembang itu yang membuat keluwesan mendapat frame-frame dari segala sudut.

P1080178

P1080266

Penonton dimanjakan oleh decakkan kagum sorotan sinar laser warna-warni dan kembang api. Belum lagi menampilkan hampir 5000 penari dari anak-anak yang mereka bersatu padu untuk mensukseskan teater kolosa yang bercerita tentang Sriwijaya.

P1080249

P1080215

Para penari itu membawakan kostum yang beragam, menghafalkan komposisi tari, berlatih berhari-hari dan satu pertanyaan tanpa ada para penari tersebut, apakah Opening Ceremony #seag2011 ini mungkin?

Hujan menjadi faktor lain yang menjadi ancaman jalannya acara. Memang beberapa minggu ini hujan di Palembang bukan kepalang mainnya. Bisa dari pagi sampai malam. Belum lagi listrik yang setiap harinya juga padam. Jadi, ya sesuatu banget..

Dan walau ada pawang hujan yang stand-by. Kuasa Tuhan memang tidak bisa dilawan, jika Tuhan berkehendak hujan? Ya maka dalam kondisi hujan rintik opening ceremony ini tetap berlangsung! Salut buat para kontingen yang tetap bertahan di tengah gerimis dan pidato pun tetap berlanjut.

Adanya rintik hujan ini sempat membuat panik karena adanya konslet di giant screen, mix dan sound system yang tidak ada suaranya.

P1080324

P1080328

Aksi Susi Susanti pun juga tak kalah memukau saat dia melayang dari atas untuk menyalakan obor raksasa dari ujung tombak yang dia pegang. Bagaimana ya perasaan Susi Susanti saat itu? Saya yakin dia udah do the best.

P1080351

P1080383

Dibalik Layar

Memang sebagai penonton apa yang dilihat ya itulah yang dilihat bahwa pembukaan SEA Games 2011 di Palembang ini harus tampak spektakuler. Jakabaring – Palembang sekarang menjadi gong yang berbunyi ke negara di Asia. Dulunya tempat ini dikenal orang sebagai “Daerah Texas” dan “Tempat jin buang anak”. Hal ini karena letak geografis Jakabaring ini jauh dari kota, terletak di ulu yang harus melewati Jembata Ampera. Dulunya ini banyak padang rumput tinggi, namun berkat kesiapan pemerintah untuk menyanggupi kalau Sumsel Siap menjadi tuan rumah #seag2011 maka Jakabaring pun mulai dilakukan pembenahan.

Adalah @indrayr dan @helmyyahya dan @RachmatGobel yang menjadi konseptor dari pertunjukkan semalam. Silahkan cek timeline twitter mereka untuk tahu suka duka selama #seag2011.

Walau ada beberapa celah yang bisa dijadikan bahan celaan. apapun pun itu namun yang pasti semuanya setuju kan IN-DO-NE-SIA harus menang!

Inilah bentuk investasi waktu selama 3 jam dan uang 150 miliar yang kita dapat. Digantikan oleh pembukaan sea games 2011 yang spektakuler!

Iklan

13 pemikiran pada “Good Job! Opening Ceremony SEA Games 2011

  1. Ping balik: LRT Palembang Transportasi Baru Milik Wongkito Galo | Koh' Huang

  2. Ping balik: Akber Palembang : Dari Sriwijaya Ke Po Lin Fong Sampai Indonesia | Koh' Huang

  3. Ping balik: Let’s Get Party! Closing Ceremony SEA Games 2011 « Just Huang

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s