Asus ZenPower Ultra 20100 mAh, Power Bank Kualitas Unggulan


Sudah 3 minggu ini saya melakukan roadshow ke sekolah-sekolah SMA dan SMK yang ada di Sumatera Selatan dan Bengkulu. Jalur lintas Sumatera menjadi jalan yang sering dilewati apabila berpindah dari satu kota ke kota lain. Sudah bisa dibayangkan lelahnya pantat, juga kepala terantuk kaca mobil karena jalanan yang berlubang. Paling bikin merana itu adalah sinyal ponsel yang hilang karena melewati hutan-hutan dengan tikungan jurang yang lumayan menegangkan. Seperti itulah gambarannya kondisi jalanan lintas Sumatera.

Biasanya kalau sinyal hilang di tengah hutan paling cepat bikin baterai ponsel habis baterai karena dia akan terus mencari sinyal yang menyebabkan baterai cepat panas. Apalagi kapasitas baterai ponsel saya termasuk kecil hanya 2000 mAh. Solusinya pasti power bank menjadi teman perjalanan. Saya sebelumnya sudah punya power bank ukuran 11000 mAh dengan ukuran yang portable seperti kartu nama.

Kesempatan kali ini, saya mendapatkan kiriman power bank baru dari ASUS Indonesia untuk dicoba ketangguhan produk terbaru mereka. Seperti apa kinerja power bank ASUS ZenPower Ultra  20100 mAh ini? Kapasitas yang besar dan menyanding nama tenar ASUS membuat saya penasaran dengan performanya.

Unboxing Asus ZenPower Ultra 20100 mAh

Unboxing Asus ZenPower Ultra 20100 mAh

Unboxing Asus ZenPower Ultra 20100 mAh

Hal yang paling menyenangkan dari review gadget adalah pengalaman unboxing barang tersebut. Saya sudah tidak sabar untuk unboxing melihat bentuk dari Asus ZenPower Ultra 20100 mAh. Dus kotak memiliki disesuaikan dengan warna unit, kebetulan saya mendapatkan warna Silver metalik. Sewaktu dibuka dus kotak kita akan langsung menemukan ZenPower Ultra 20100 mAh, kabel USB tanpa kepala charger, buku panduan dan pouch untuk menyimpan power bank.

Desain Nyaman Digenggam

zenpower-ultra-2010mah

Awalnya saya mendapatkan paket power bank ASUS ZenPower Ultra ini terasa bobot yang berat. Kesan pertama yang saya rasakan sewaktu menggenggam power bank ini adalah besar, panjang, kokoh dan nyaman digenggam. WOW!

Hal yang menarik dari ASUS ZenPower Ultra 20100 mAh ini adalah bentuknya yang petak dengan sudut-sudut melengkung. Sama seperti saudara sebelumnya yang memiliki kapasitas 10100 mAh. Boleh dikatakan bentuk ZenPower Ultra ini adalah dua kali lipat dari saudaranya. Warna yang tersedia ada 3 jenis yaitu black, silver, pink. Mana yang bagus? Sesuai selera kalian saja.

bentuk-asus-zenpower-ultra

kapasitas-baterai-zenpower-ultra

Walaupun bodi aluminium memberikan kesan licin, namun sewaktu digunakan jarang saya rasakan barangkali karena ukurannya yang panjang membuat nyaman digenggam saat berdempetan dengan ponsel. Macho!

Dari sisi atas power bank terdapat tombol power, lampu indikator, dua port USB, micro USB, serta LED yang berfungsi sebagai senter. Fungsi-fungsi standar ini tentunya sudah sangat familiar bagi kita yang setiap hari menggunakan power bank apabila sedang krisis baterai.

Fast Charging Qualcomm Quick Charge 2.0

pengisian-baterai

Adanya fitur fast charging menjadi keunggulan bagi ASUS ZenPower Ultra. Segmentasi pengisian daya baterai yang cepat 1,75 kali dari penggunaan power bank biasanya. Ketika saya mencoba ZenPower Ultra dari kondisi ponsel saya baterai kosong ke pengisian 45% sekitar 30 menit apabila digunakan dalam kondisi ponsel dimatikan. Kalau dihitung dengan kapasitas power bank 20100 mAh saya bisa mengisi sekitar 10 kali pengisian dengan kapasitas baterai 2000 mAh.

dual-port-zenpower-ultra

Selain itu, sewaktu asik nongkrong dengan teman kita juga bisa berbagi pakai ZenPower Ultra. Soalnya ada dual port USB yang bisa digunakan bersama dan dengan waktu pengisian yang sama. Menarik!

Quick Recharge

mini-usb-port

Kapasitas yang besar tentunya membuat kita berpikir pengisian power bank yang lama. Ternyata tidak seperti yang dipikirkan. Teknologi Quick Recharge yang disupport oleh Qualcomm ternyata bekerja dengan baik. Saya mengisi ZenPower Ultra dalam kondisi lampu indikator sisa 1 titik saat waktu tidur malam. Esok paginya saya sudah bisa mendapatkan ZenPower Ultra terisi penuh atau membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam pengisian apabila kita menggunakan kepala charger output 9V/2A untuk kapasitas 20100 mAh. Namun, kalau kita menggunakan kepala charger output 5V/2A butuh waktu sekitar 10 jam. Artinya kita tidak perlu khawatir cukup tinggalkan saat tidur maka power bank akan terisi penuh.

Keunggulan Quick Recharge ini menggunakan waat 5V/2A yang berasal dari kabel USB bawaan. Maka untuk menjaga pengisian daya baterai lebih stabil selalu gunakan kabel USB bawaan. Sedangkan untuk kepala charger bisa kita gunakan kepala charger yang mudah ditemukan.

Ketangguhan ZenPower Ultra

pouch-zenpower-ultra

Memilih power bank memang tidak boleh sembarang, sebab salah saja kita membeli power bank abal-abal dapat mengakibatkan kerusakan di ponsel kita. Sudah banyak pengalaman buruk yang saya temukan apabila menggunakan power bank yang abal-abal. Hal yang paling mengerikan adalah baterai ponsel lebih cepat soak dan kembung. Penyebabkan karena tidak stabilnya arus yang dikeluarkan.

asus-powersafe

Banyak juga merk yang menjual dengan harga murah namun tidak dilengkapi dengan keamanan yang menjamin. Asus ZenPower Ultra memiliki fitur-fitur keamanan yang lengkap untuk memastikan keamanan pengguna, ZenPower didukung dengan 11 teknologi ekslusif PowerSafe untuk memonitor suhu, menjaga tegangan input dan output dengan lancar, mencengah terputusnya koneksi secara mendadak serta mencegah waktu charge baterai yang berlebihan. Mulai dari Temperature Protection sampai Over Charge. Fitur ini menjaga saat kita pengisian daya power bank apabila terlalu lama pengisian lampu indikator akan menunjukkan kalau ZenPower Ultra sudah terisi penuh. Selanjutnya, daya arus listrik akan dimatikan supaya power bank tidak kelebihan daya sewaktu kita mengisinya terlalu lama.

Kasus-kasus yang kita jumpain tentang power bank meledak ternyata disebabkan karena hubungan arus pendek yang tidak aman. Makanya saya merasa aman dan nyaman dengan ketangguhan ZenPower Ultra.

lighting-asus-zenpower-ultra

Selain itu, ZenPower Ultra juga dilengkapi dengan lampu senter yang dapat kita manfaatkan disaat darutat. Cara kerjanya gampang sekali, cukup ditekan tombol power selama beberapa detik maka lampu senter akan menyala. Sama juga dengan cara mematikan lampu senter dengan cara menekan tombol selama beberapa detik.

Kesimpulan

Selama roadshow beberapa minggu kemarin, saya sengaja mencoba ketangguhan dari ZenPower Ultra sejauh mana produk power bank terbaru dari Asus. Kesan pertama terasa berat saat di tangan dan dibawa kemana-mana, namun, setelah adaptasi ternyata ukuran dan beratnya sangat pas. Wajarlah kalau dengan kapasitas yang besar tentunya akan berimbas dengan bobot berat.

Tidak ada keluhan selama menggunakan Asus ZenPower Ultra 20100 mAh sebab memang terbukti tangguh, kuat dan tahan lama. Ketahanan ZenPower Ultra ini bisa saya dapatkan untuk 3 sampai 4 hari lamanya tanpa perlu khawatir untuk mengisi kembali. Dalam satu hari saya bisa mengisi sebanyak 2 kali sampai penuh kemudian dilanjutkan besoknya kembali. Perihal keamanan saya juga nyaman karena ada PowerSafe yang menjamin arus listrik ZenPower Ultra tidak kelebihan maupun kekurangan, sehingga sangat aman untuk dibawa kemana saja.

Harga yang ditawarkan untuk Asus ZenPower Ultra 20100 mAh berkisar Rp 759.000. Sekilas memang mahal, tapi kalau bicara kualitas suatu power bank yang sudah teruji dan memiliki nama sekelas Asus tentunya power bank ini adalah investasi bagi kita yang menjaga keamanan dan merawat ponsel kita untuk lebih baik.

Iklan

44 pemikiran pada “Asus ZenPower Ultra 20100 mAh, Power Bank Kualitas Unggulan

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s