Sudio Vasa Bla, Bluetooth Earphones Kualitas Audio Baik


Tiap kita pasti membutuhkan perangkat earphones kualitas audio baik untuk aktivitas sewaktu menggunakan ponsel atau mendengarkan musik dari laptop. Saya lebih memilih menggunakan earphone untuk menghindari polusi suara. Kadang kali kalau lagi mau tenang sewaktu mengetik atau berada di tempat umum, saya sadar diri untuk tidak membuat polusi suara sewaktu mendengarkan musik. Cukup saya sendiri yang menikmatinya, kecuali ada yang mau diajak untuk berbagi seperti scene “Begin Again”  film yang dimainkan sama Adam Levine.

Sebelumnya saya sudah punya earphone yang sudah lama menemani saya beberapa tahun ini, Nokia Purity Monster dari Beats yang saya dapatkan saat itu sekitar 1 jutaan. Alasan membelinya tentu karena earphone bawaan dari ponsel sering kali kualitasnya mengecewakan, maka tidak ada salahnya membeli earphone dengan kualitas audio yang lebih baik juga bisa digunakan untuk menelepon.

Mungkin saya bukanlah ahli dalam musik, boleh dikatakan trend musik terbaru saat ini saya juga tidak mengikuti sepenuhnya. Bagi saya sebagai penikmat musik tentunya cukup menikmati saja sudah cukup. Ada bass dan treble-nya keluar. Tidak ada genre yang khusus juga, pokoknya selama musik dan lagunya asik untuk saya dengar di telinga sudah lebih dari cukup.

paket-dhl-sudio-vasa-bla

Beberapa minggu lalu, saya mendapatkan kiriman dari Sudio Sweden yang berasal dari Estonia, Eropa Utara. Produk yang dikirimkan adalah earphone bluetooth untuk saya coba lalu berbagi pengalaman selama menggunakan Sudio Vasa Bla. Bagaimana performa audio serta kualitas earphone Sudio? Nama Sudio sendiri diambil sebagai penghormatan kepada Phil Collins, musisi legendaris oleh salah satu pendiri perusahaan Sudio. Berikut ulasannya.

Unboxing Sudio Vasa Bla

Umumnya tiap earphone premium memiliki packaging yang baik dan bagus. Ya iyalah, belinya mahal masa dikasih packaging asal-asalan?

Unboxing Sudio Vasa Bla from Sudio Sweden

Unboxing Sudio Vasa Bla from Sudio Sweden

Kesan pertama sewaktu membuka bungkus kotak Sudio berwarna putih sudah mendapatkan kesan mewah. Seolah mendapatkan kado dari seorang teman dengan pita berwarna merah. Kotak permukaannya halus, hanya ada tulisan “sudio” yang memberitahu kalau bukalah aku segera :mrgreen: Ternyata masih ada satu kotak lagi di dalam kotak yang sudah dibuka. Di dalamnya lah baru berisi earphone yang sedari tadi membuat saya semakin penasaran untuk dicoba.

Warna kotak disesuaikan dengan warna earphone dari Sudio Vasa Bla yaitu white, black, blue, dan pink. Saya memilih warna biru dikarenakan warna hitam dan putih sepertinya sudah terlalu umum orang gunakan. Sayangnya belum ada warna merah atau kuning yang menjadi warna favorit saya.

Isi dalam paket penjualan earphone terdiri dari dua kotak kecil warna putih yang di dalamnya ternyata sudah berisi dengan Sudio Vasa Bla, pouch kulit, kabel USB, karet pengganti berbagai ukuran, clip on, kartu garansi dan buku petunjuk. Bahkan ada kartu ucapan yang membuat saya merasakan ekslusif sewaktu mendapatkan Sudio Vasa Bla. Cara yang baik untuk menciptakan momen berkesan, penting bagi tiap produk yang ingin menimbulkan awardness. Sederhana tapi istimewa.

Lihat dan Rasakan

Sewaktu ditawarkan Sudio Sweden untuk mereview, saya diberi pilihan untuk memilih antara Sudio Vasa atau Sudio Vasa Bla. Kedua earphone ini merupakan produk unggulan dari sudiosweden.com/id yang dijual secara online dan sudah masuk ke market Indonesia. Akhirnya saya lebih memilih Sudio Vasa Bla lantaran Vasa Bla merupakan earphone jenis compact dan menggunakan bluetooth. Berbeda dengan Sudio Vasa yang masih seperti earphone biasa dengan kabel yang panjang. Pastinya kalian juga pernah merasakan ribet untuk membetulkan tali earphone yang kusut sewaktu mau digunakan bukan? Namun, ini hanya preferensi saja sebab saya belum punya earphone bluetooth jadi ada rasa penasaran untuk dijajal kemampuannya.

Nama Sudio mungkin masih baru kita dengar. Brand yang fokus di earphone dengan desain minimalis ini memang sedang mencuri perhatian kita sebagai penikmat musik dan mencari kualitas audio yang baik. Kombinasi seperti ini juga dipadukan dengan desain earphone yang simpel nan elegan. Sehingga kita tetap bisa tampil gaya sewaktu menggunakannya di telinga atau sebagai aksesoris di leher dan bisa digunakan setiap waktu. Pilihan warnanya yang eye catching membuat tiap orang yang melihat menjadi penasaran karena warnanya memang solid dan terang. Jadi lebih gampang ditemukan apabila keselip di antara tumpukan.

Saya senang dengan kepala audionya yang kecil dan sangat nyaman saat di telinga. Presisi untuk struktur di telinga saya juga tepat, tidak licin. Kalau misal karet pelindungnya dirasa kurang kita bisa digantikan dengan karet tambahan yang sudah diberikan dalam paket penjualan. Selain itu, aksen warna emas, kabel tipis yang lebar serta tulisan “Sudio Vasa Bla” memang menambah kesan premium untuk earphone harga 1,4 jutaan ini.

kontrol-earphone-vasa-bla

Pada bagian kiri earphone  terdapat seperti pengontrol volume. Desainnya yang petak dengan tekstur dove menambah nilai plus bagi saya, tapi ternyata fungsinya bukan sebagai pengotrol volume melainkan lubang USB untuk mengisi daya. Sedangkan, bagian kanan barulah pengontrol volume sekaligus mengaktifkan Sudio Vasa Bla. Sangat disayangkan desain tombol pengatur volumenya yang memang terbuat dari karet tapi tampak kusam. Kontras sekali dengan warna aslinya, kerasa mengganggu secara estetika. Namun, saya mengira ini oleh karena warna, saya rasa untuk warna putih atau hitam tidak seperti warna biru yang saya pilih.

Let’s Try Sudio Vas Bla

Ini kali pertama saya mencoba earphone bluetooth saya pun membaca buku panduan tentang bagaimana cara menggunakan Sudio Vasa Bla dengan baik dan benar. Ternyata caranya gampang sekali. Terdapat tiga buat simbol yaitu “+”, “-“, dan “>|” yang masing-masing memiliki arti sebagai volume up, down dan tombol play pause. Untuk menyalakan Sudio Vasa Bla supaya terhubung dengan perangkat ponsel atau laptop, cukup ikutin langkah-langkah berikut:

  1. Matikan Bluetooth yang ada di ponsel/laptop kalian.
  2. Tekan dan tahan pusat (play/pause) tombol pada earphone remote sampai lampu merah dan biri berkedip (sekitar 3 detik)
  3. Aktifkan kembali bluetooth di ponsel/laptop dan pilih “Sudio Vasa BLA” lalu pilih menghubungkan. Tunggulah beberapa saat agar earphone bisa mendeteksi perangkat kalian.
  4. Untuk matikan, cukup tekan dan tahan pusat tombol selama 3 detik.

Kalau sudah terhubung, kita akan mendengar bunyi tanda Sudio Vasa Bla sudah berhasil terhubung dan siap untuk digunakan. Enjoy!

Kualitas Suara

Hal pertama yang perlu dicoba sudah tentu kualitas bass dan treble dari Sudio Vasa Bla dari lagu-lagu yang saya putar dengan genre R & B dan korea. Dua genre ini sangat asik sebab perpaduan musiknya memang memiliki tingkatan yang berbeda. Untuk pertama kali coba, saya merasakan kurang nyaman dari audio yang dikeluarkan, barangkali ekspektasi saya masih dalam bawaan seperti menggunakan Nokia Monster. Saya belum merasakan bass dan treble dari suara yang keluar dari Sudio Vasa Bla. Kesannya sama seperti earphone pada umumnya, namun setingkat lebih baik daripada earphone standar bawaan saat pembelian ponsel baru yang suaranya masih bisa terdengar dari luar.

When you are feeling blue, just plug your "Blue"

When you are feeling blue, just plug your “Blue”

Selama beberapa minggu pemakaian Sudio Vasa Bla, bersamaan juga dengan jadwal saya roadshow keliling daerah Sumsel – Bengkulu untuk memberikan seminar. Sekalian saja saya bawa Sudio Vasa Bla dalam pouch kulit berbalut warna biru. Selama perjalanan, saya mencoba menikmati kembali mendengarkan musik atau streaming Youtube. Ternyata, lama-kelamaan saya sudah mulai beradaptasi baik dari bentuknya sampai audio yang dikeluarkan dari Vasa Bla.

Saya terkesan dengan kualitas suara dari produk ini. Driver yang ada dalam Sudio Vasa Bla bisa mengeluarkan suara yang akurat, mendekati earphone Nokia Monster milik saya sebelumnya. Bassnya juga baik walau tidak terlalu mendalam, masih bisa merasakan dentuman yang menengah.

Daya Tahan Baterai

Saya sudah menggunakan Vasa Bla sebagai earphone utama saya untuk beberapa minggu terakhir. Awalnya ragu dengan daya tahan baterai Sudio Vasa Bla karena memang sumber utama arus berasal dari baterai yang diisi. Hanya saya tidak mendapatkan informasi mengenai berapa kapasitas baterai Vasa Bla.

Selama saya menggunakannya untuk waktu seharian dengan durasi 2 jam kemudian dilanjutkan kembali. Kurang lebih kekuatan Vasa Bla mampu bertahan 8 jam pemakaian atau bisa 2 sampai 3 hari sesuai dengan pemakaian. Saya menggunakannya tidak aktif karena tidak mungkin juga seharian penuh menggunakan earphone. Sehingga bagi saya 2 atau 3 hari adalah waktu yang ideal untuk lamanya waktu penggunaan dengan durasi sekali pemakaian adalah 2 jam. Sedangkan untuk waktu pengisian daya baterai, saya kaget dengan kemampuan fast charging yang bisa kita gunakan kembali setelah mengisi kurang lebih sekitar 15 menit sampai 30 menit, maka Sudio Vasa Bla bisa kita gunakan kembali.

Akhirnya, Sudio Vasa Bla Layak Dimiliki?

sudio-vasa-bla-blue

Keunggulan Sudio Vasa Bla terletak pada kebebasan tanpa kabel atau wireless freedom. Selama ini menggunakan earphone dengan kabel yang panjang tentunya mengganggu aktivitas kita apalagi harus terus menempel dengan jack audio 3.5mm. Maka, sesuai dengan tagline Sudio memang betul kebebasan tanpa kabel lebih asyik karena kita bisa bebas gerak kemana saja sambil tetap mendengarkan musik atau menjawab panggilan. Berolahraga, bekerja di depan laptop, ataupun berkendaraan jauh lebih praktis dengan tidak adanya kabel yang melilit panjang. Sudio memahami hal tersebut maka dibuatlah Vasa Bla sebagai aksesoris sekaligus teman keseharian kita.

Ekspektasi saya mulai berimbang dan menilai secara objektif kembali kualitas dari Sudio Vasa Bla bahwa, untuk harga sekitar 1,4 jutaan ini tidak buruk juga. Suara yang dikeluarkan berkualitas stereo. Desainnya pun elegan dengan kemampuan daya baterai bisa 8 jam. Selain itu juga bisa digunakan untuk menerima panggilan telepon karena sudah ada mikrofon built-in dan mengontrol volume suara ponsel. Produk ini sangat kompatibel dengan seluruh perangkat yang memiliki fitur bluetooth.

save-30-vasa-bla-deddy

Saat ini kalau kalian juga tertarik dengan Sudio Vasa Bla bisa didapatkan dengan mudah langsung secara online. Kalian tinggal memilih warna yang disukai ada putih, hitam, biru, dan pink. Dengan harga normal Rp 1.433.899 juga sudah termasuk bebas ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Kabar baiknya, kalian bisa manfaatkan kupon diskon 30% apabila pada saat transaksi pembayaran checkout kalian cukup masukkan kode “DEDDY” sebagai voucher potongan yang diberikan secara cuma-cuma. Harga setelah diskon menjadi 900 ribuan! Worth it bukan.

Dapatkan informasi lebih lanjut dan pemesanan produk:

Sudio Sweden
http://www.sudiosweden.com/id
Facebook : facebook.com/SudioSweden
Instagram : instagram.com/SudioSweden
Twitter : twitter.com/sudiosweden

Iklan

38 pemikiran pada “Sudio Vasa Bla, Bluetooth Earphones Kualitas Audio Baik

  1. suweee kena custom 300 rb. jatuhnya sama aja di angka 1,4 . angka segini mah mendingan dpt jaybird 3 dari amazon. suara biasa aja. jauh sama kelas jaybird. harga kemahalan untuk kualitas segini. build quality emang bagus, cuma saya sound quality di harga segini harusnya dah dapet APTX. just ordinary nothing special.

    • Wah, serius mas kena custom lagi? Nanti saya coba tanyain ya. Kira-kira dapat pencerahannya.

      Kalau saya buat personal sehari-hari pakai udah cukup untuk dengarin musik tanpa ada gangguan suara dari luar mas.

      Makanya ada plus dan minusnya juga dari satu produk. Kalau build quality bagus, halus. Ambil warna apa mas?

  2. saya sudah pesan online. tp barang belum datang.. saya pake tuh kata deddy nya. lumayan dapat iphone case cuma2 pula yang seharga 380 rb. sy cuma bayar 975 rb total.

    • oh iya lupa bilang makasi buat vouchernya. hihihi semoga bagus dan lebih kuat bass nya dibandingkan sama jbl reflect mini bt yang saya lego karena kesengsem sama reviewnya mas deddy. hehhee

  3. Duh ko aku uda tiga kali beli earphone blutut hiks, bukan lantaran rusak tapi hilang ditelan angin wkwkwkw. Suka pakai earphone klo naik motor sih, terus kadang gapake helm dan ketika berpapasan dengan truk ato bis besar anginnya mak wuuuuuuuuut. Ilang deh earphone di kuping kwkwkw. Ini kemarin baru beli lagi tapi gak segitu harganya 😦

    Earphone wajib buat aku yang demen traveling, buat dengerin lagu India wkwkw.

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s