[REVIEW + Kode Diskon] SUDIO Niva, Earphone Wireless Tanpa Kabel


Meskipun sebagian orang masih ragu untuk mencoba earphone wireless, namun bagi saya kehadiran earphone wireless membawa warna dan pilihan bagi penikmat musik yang membutuhkan ruang gerak lebih banyak. Kalian bisa melakukan hal-hal lain tanpa harus terganggu oleh kabel. Apalagi bagi kalian orang-orang dinamis yang senang mencoba teknologi termasuk aksesorisnya, maka saya ingin membagikan pengalaman saya bersama SUDIO NIVA.

Saya juga memiliki kode diskon khusus untuk kalian, jadi tetap membaca sampai akhir ya.

Kesan pertama saat mendapatkan paket SUDIO NIVA, produk terbaru SUDIO ini membuat penasaran untuk dicoba. Bukan tanpa alasan saya menyukai earphone wireless SUDIO. Earphone terbaru ini tidak menggunakan kabel. Sebelumnya, saya sudah pernah membuat review dua produk SUDIO terdahulu yaitu SUDIO Vasa Bla dan SUDIO Tre. Kalian bisa membacanya terlebih dahulu untuk mengetahui inovasi yang dimunculkan oleh SUDIO kali ini.

UNBOXING & IMPRESI AWAL

review-sudio-niva

SUDIO NIVA : Earphone, earbud, kabel charger USB mikro, buku panduan, kartu garansi

Kali ini kotak penjualan SUDIO lebih minimalis, namun juga tidak menanggalkan nuansa putih yang menjadi ciri khas brand asal Swedia ini. Paket saya terima melalui DHL dari Hong Kong dan tiba sekitar 5-6 hari kerja sejak konfirmasi pesanan. Isi paket terdiri dari 2 pasang earbud, kabel charger USB mikro untuk mengisi daya, sertifikat jaminan garansi internasional 1 tahun, dan buku panduan. Sedangkan untuk earphone disimpan dalam sebuah wadah sekaligus tempat pengisian daya.

Bicara mengenai tempat penyimpanan, sejujurnya bahan plastik yang digunakan untuk menyimpan NIVA cukup ringan, tetapi tidak sepenuhnya berkualitas premium. Saya merasa harus menyimpan cukup hati-hati, khawatir apabila jatuh pada permukaan keras bisa retak dan membuatnya tidak bisa digunakan untuk mengisi daya.

review sudio niva

Sudio Niva at Pulau Kemaro

review sudio niva

Cukup sambungan dengan perangkat kalian

Pada sisi samping terdapat tali kulit berwarna coklat yang tampak apik dengan wadah penyimpanan warna hitam. Selain warna hitam, ada satu warna lagi yang bisa kalian pilih yaitu putih. Namun, saya pribadi lebih menyukai warna hitam untuk kebersihan sedangkan warna putih juga cantik.

Masih pada tempat penyimpanan, ada 4 buah indikator berwarna biru apabila bisa sedang mengisi daya. Sedangkan pada bagian belakang ada micro USB untuk mengisi daya. Sederhana sekali.

CARA PENGOPERASIAN

review-sudio-niva

Desain minimalis, mudah cara pengoperasian

Tidak perlu bingung untuk menyalakan SUDIO Niva. Pertama aktifkan bluetooth pada perangkat kalian, seperti smartphone atau laptop. Kedua, cukup dengan menekan tombol di kedua earbud selama 3 detik. Lampu indikator biru akan berkedip. Ketika perangkat telah terhubung dengan earphone, kalian akan mendengar suara pairing earphone.

SUDIO Niva hanya ada 1 tombol pada setiap earbud, yang berfungsi sebagai pengontrol media saat memutar musik, berhenti dan beralih. Selain itu dapat juga digunakan untuk menjawab panggilan telepon hingga mengaktifkan Asisten Google.

review sudio niva

Special Gift for you

Apabila sudah selesai digunakan, kalian dapat menekan kembali tombol di earbud selama 6 detik hingga kondisi mati. Cara paling cepat dengan langsung memasukan earbud ke wadah penyimpanan. Namun, alangkah baiknya kalau saat earbud dikeluarkan sudah langsung menyala dan terhubung ke perangkat tanpa harus menekan tombol. Menurut saya cara ini lebih nyaman dan praktis.

BATERAI

SUDIO Niva diklaim memiliki daya tahan baterai 3,5 jam dengan satu kali pengisian daya. Ditambah tempat pengisian daya dapat mengisi daya hingga 4 kali. Total ada sekitar 17,5 jam yang bisa digunakan satu hari penuh. Pada saat saya mencoba SUDIO Niva, waktu pemakaian bisa hingga 3 jam sambil menemani saya bekerja di depan laptop. Waktu earphone dimasukkan kembali maka otomatis akan mengisi daya yang telah digunakan. Pengisian daya baterai wadah penyimpanan tidak terlalu lama, sekitar 1 hingga 1.5 jam untuk terisi penuh kembali.

KUALITAS AUDIO

review sudio niva

Bring your favorite music near you

Secara signifikan kualitas audio SUDIO Niva tidak jauh berbeda dengan Vasa Bla dan Tre. Sama-sama memberikan bass yang baik menurut saya, sedangkan mid bass baik namun tidak terlalu kuat. Apabila kalian penikmat musik genre tekno maka high treble tidak terlalu memukau. Suara yang dihasilkan saat menerima telepon jernih, tidak terlalu datar sehingga masih dapat mendengar suara lawan bicara.

SUDIO Niva memiliki output audio baik, bass kuat tapi tidak terlalu mendorong hingga ke treble. Tidak perlu khawatir masuknya suara-suara bising dari luar karena selama mencoba saya agak sulit mendengar ketika ada lawan bicara sedang berbicara. Hanya saja SUDIO Niva tidak menawarkan kontrol audio lanjutan yang bisa membuat kita mengatur sesuai keinginan.

WORTH IT TO BUY?

Ini adalah tahun ketiga saya berkolaborasi dengan SUDIO. Mirip seperti Apple Earpod tetapi kali ini desain SUDIO Niva lebih keren. Dari dua produknya terakhir, saya mengakui kalau SUDIO Niva adalah terobosan baru untuk orang yang memiliki gaya hidup dinamis namun tetap stylish. Earphone ini bisa digunakan untuk semua aktivitas, termasuk saat gym. Jika dua produk SUDIO sebelumnya memiliki kabel yang bisa kita lilitkan di leher. SUDIO Niva hadir menjawab kebutuhan pengguna yang inginkan versi kabel juga bisa dihilangkan. Bayangkan enaknya mendengarkan musik tanpa ada gangguan kabel. Kalian tetap bisa menjawab panggilan telepon dan mengontrol musik.

review sudio niva

Hello world 🙂

Saya menikmati kualitas suara dengan masa pakai baterai lama, termasuk tempat penyimpanan earphone. SUDIO Niva dijual seharga Rp 1.500.000 serta bisa kalian beli lewat http://www.sudio.com/id. Kalau kalian tertarik untuk mendapatkan SUDIO NIVA untuk diri sendiri atau kado orang tersayang, pastikan kalian menggunakan kode promo DEDDYHUANG saat check out untuk mendapat tambahan diskon 15% saat pembelian.

Kabar baiknya, Sudio Sweden sedang memberikan Promosi Hari Raya Lebaran 2018 bahwa setiap pembelian akan mendapatkan Gratis Giftbox (Kotak Kado), Gratis Tote Bag Sudio dan Gratis Ongkir ke Indonesia (promosi hanya dari tanggal 1-17 Juni 2018).

Specs:

  • Play time: 3.5h per charge
  • Portable case: Holds +4 charges
  • Earphones battery: 55mAh
  • Case battery: 500 mAh
  • Bluetooth version: 4.2
  • Range: 10 m
  • Driver: Dynamic

***

DISCLAIMER : SUDIO NIVA Black ini diberikan gratis untuk saya ulas dalam blog, saya tidak mendapatkan komisi dari tiap penggunaan kode diskon.

This blog receives a partnership/sponsorship/product review. Do not hesitate to contact email deddy.huang@yahoo.com

Iklan

26 pemikiran pada “[REVIEW + Kode Diskon] SUDIO Niva, Earphone Wireless Tanpa Kabel

  1. Wah, ad kode khusus utk diskon. It’s tempting to buy, actually.

    Unfortunately, I still don’t need it for now. Tp lbh tepatnya, mungkin krn blm ada budget-nya saja.

    Tp thanks utk review-nya Pak Deddy; keren 👌👍👍
    Tp mungkin bs sy share ke tmn atau kluarga sy yg lain, siapa tahu membutuhkan earphone ini.

  2. Hai Mas Deddy,

    Iya saya lagi nyari dan compare beberapa earphone wireless hehe. Kebetulan baca review Sudio NIVA ini. Teman saya sudah punya yang model lama sptnya Vasa Bla atau Vasa dan cukup awet katanya. Jadi tertarik beli model Niva ini.

    • BTW, mas Rahmat kalau boleh tahu dari mana kamu bisa ketemu artikel saya ini ya?

      Saya sebelumnya sudah pernah review untuk Vasa Bla dan Tre. Untuk yang Tre desainnya lebih menarik dari yang Vasa Bla. Siapa tahu mas Rahmat mau baca reviewnya.

      Untuk awet, sejauh ini saya pakai yang Tre nyaman karena penggunaannya untuk mendengarkan musik seperti biasa, kedua agar tidak ribet sama kabel. Cuma balik-balik ke selera saja.

      Kode promo diskon 15% nya bisa dipakai mas, lumayan bisa free ongkir juga kan.

  3. Koh, spec detail rentang frekuensinya dr brapa Hz sampai brp Hz?
    Impedancenya brp ohm?
    Sama dia brp dBA?

    Dari 3 data ini bisa ditebak kualitasnya suaranya 😀

    • Tipe: 6,2 mm speaker dinamis
      Sensitivitas: 105 dB SPL @ 1 kHz
      Impedansi: 32 Ohm @ 1kHz
      Respon Frekuensi: 18 Hz – 22 kHz

      Kira-kira gimana kalau menurut tebakanmu?

      • Kalau spec yg tertulis benar menunjukkan hasil uji kualitas, maka dg spec segitu sanga oke loh Koh suaranya.

        18Hz artinya untuk bass dia mampu menghasilkan detail suara frek rendah sangat ok.

        22kHz artinya untuk treble dia mampu memberikan kejernihan suara frek tinggi oke punya.

        105dB @ 1kHz kemampuan amplitude suaranya cukup lah untuk earplug headset. Setara bisingnya berdiri di samping jalan tol ramai.

        32 ohm gde banget ya, ini yg membuat suaranya terlalu “mendam”. Tapi kalau gadget tempat dia paired memiliki impedance di 32 ohm juga, suaranya akan oke banget kok.

        Tapi ya balik lagi, spec tertulisnya benar hasil uji lab atau merupakan data marketing? Hehe..

          • Ga ada Koh, karena kalopun ada ga semua hape dikalibrasi soal suaranya oleh pabrikan.
            Jadi 105dB di hape A akan beda dg hape B.

            Awas Koh, jangan jd anak durhaka dipanggil mama ga nyaut lol

  4. IEM bluetooh 1,5 jutaan gak banyak pilihan kayaknya ya kalau ngincer ‘sound quality’.
    apalagi yang tanpa kabel penghubung kanan-kiri gini. Udah keren dan suaranya ‘good’ aja harusnya bisa dibilang layak dipertimbangkan
    😀

    btw, saya malah fokus sama kalimat penutupnya. Pingin…
    hahahhaha

  5. Ko, apakah sudio niva punya tanda Right and Left?
    Atau kita bisa pasang sembarangan saja?
    Aku pernah baca untuk mendapatkan hasil audio yang bagus optimal, penggunaan bagian kiri dan kanan, kudu diperhatikan.

    • Saya baru saja tanya ke customer service Sudio dan diinformasikan kalo NIVA ada tanda Right and Left nya. Bagian Right adalah bagian utama nya untuk dinyalakan terus dipair sama Left sebelum koneksi dengan smartphone. Seperti rata2 earphone wireless berfungsi spt itu. Memang jika kemudian dipake untuk dengerin musik bisa ditukar Right dan Left, tapi untuk koneksi awal sptnya harus Right terlebih dahulu hehe.

      • Hai Mas Rahmat,

        I really appreciate, terima kasih mas Rahmat sudah menambahkan informasi dari yang ditanyakan oleh Kak Ros. Benar untuk menyalakan dan pair seperti yang dijelaskan.

        Tertarik untuk membelinya mas?

      • Tambahan untuk mas Rahmat, sebenarnya untuk lebih praktis adalah dengan menekan bersamaan bagian left dan right karena kalau satu saja dia tidak menyala mas 🙂

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.