7 Perbedaan ASUS ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro


Sebelum kalian melanjutkan membaca tulisan ini, saya ingin memberi tahu kalau tulisan ini masih bersifat ulasan singkat atau hands-on. Saya tidak mendapat unit review yang dapat saya gunakan sebagai daily driver. Jadi ada kemungkinan, review saya belum maksimal karena tidak dicoba untuk menginstal aplikasi, update firmware terbaru, serta daya tahan baterainya.

Sehingga, ulasan singkat saya ini lebih membahas tentang impresi pertama kali memegang kedua smartphone ini pada saat saya mengikuti launching ZenFone 4 Selfie Series Launch kemarin di Pullman Central Park Jakarta. Semoga dapat memberi gambaran bagi kalian yang sedang ingin mencari smartphone baru kuartal keempat di tahun ini.

Ternyata Gong Yoo tidak hadir sodara-sodara..
Diajak selfie sama Oppa Gong Yoo
Suasana hands-on ASUS ZenFone 4 Selfie Series

Terus terang, saya sangat membisu dengan ASUS sebagai brand yang sangat baik terhadap blogger, secara pribadi yang saya maksud adalah diri saya. Soalnya dalam tahun 2017 ini sudah tiga kali saya mendapat kesempatan hadir dan merasakan euforia grand launching produk mereka mulai dari ponsel dan laptop. Selain itu ada pula mini launching. Pastinya ada hal spesial yang ingin ditawarkan oleh ASUS pada konsumen yang sudah lama menggunakan produk asal Taiwan ini.

Mengapa ASUS Mengeluarkan Lagi Produk Selfie?

Seri ZenFone Selfie sebenarnya bukan hal yang baru, sebab seri sebelumnya telah lama dikenalkan pada pasar dan kali ini ZenFone ingin memuaskan kembali hasrat para pengguna yang memang mendambakan kamera depan untuk berswafoto jauh lebih jernih dan terang.

Galip Fu lagi menjelaskan trend selfie di Indonesia

Kita tahu kalau rata-rata pengguna smartphone di Indonesia termasuk dunia adalah para penggemar selfie. Kebiasaan untuk membagikan foto di media sosial adalah hal yang wajib. Namun, sudahkah perangkat smartphone tersebut mendukung untuk selfie?

Sebagai traveler dan pengguna ASUS, saya pernah mengalami beberapa kendala saat swafoto seperti auto brightness yang tidak pas serta fitur selfie panorama yang lumayan menyulitkan. Maka, setelah mengetahui ASUS akan mengeluarkan dua varian yaitu ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro. Serta membawa embel-embel kata Pro membuat saya berekspektasi terhadap fungsi kameranya nanti akan menjawab pertanyaan saya setelah beberapa kali mengulas ponsel ASUS pada blog deddyhuang.com

Perbedaan ASUS ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro

Serupa tapi tak sama, beberapa perbedaan antara ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro tampak akan membuat kita ragu untuk memilih mana yang cocok untuk kita. Tapi ASUS memang membidik pagi para pengguna sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki.

#1 Desain

ZenFone 4 Selfie Pro dan ZenFone 4 Selfie

Seri ZenFone 4 ini sepertinya mengalami perubahan DNA untuk desain, yaitu posisi fingerprint berada di depan. Selain itu desain bodinya tampak lebih petak dengan aksen curve 2.5D yang membuat tampilan ZenFone 4 Series lebih menarik dan nyaman digenggam tangan.

Ketika saya memegang kedua ponsel ini di tangan dan membandingkan build quality-nya. Saya sudah merasa user experience yang berbeda antara ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro. Perbedaan yang paling mencolok dari kedua ponsel ini yaitu bahan bodi belakang yang ternyata berbeda. Satu berbahan full metal, satunya lagi plastik yang menyerupai metal. Bobot beratnya juga berbeda, ZenFone 4 Selfie lebih ringan 3gr daripada ZenFone 4 Selfie Pro yang beratnya 147gr.

Tampak belakang ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro
Lebih tipis ZenFone 4 Selfie Pro
Lebih tebal ZenFone 4 Selfie tapi bodi bukan metal
Sama-sama 2.5D dan slot sim card

Bagi kalian yang lebih menyukai kenyamanan dan kokoh saat menggenggam maka pilihlah ZenFone 4 Selfie Pro, sebab bodi belakang berbalut metal. Sedangkan, sewaktu memegang ZenFone 4 Selfie memang sama nyamannya saat dipegang, walau bodi belakang merupakan plastik yang dibuat seperti metal.

Perbedaan lainnya terletak pada ketebalan kedua ponsel ini. Sudah pasti ketebalan ZenFone 4 Selfie Pro adalah juaranya karena memang lebih tipis daripada ZenFone 4 Selfie. Saya suka! Terasa nyaman dan mantap sekali saat dipegang.

#2 Kamera

Tagline “We Love Photo” dan “We Love Selfie and Wefie” sepertinya ingin dibuktikan pada kedua produk ini. Kamera ponsel menjadi nilai jual yang paling dicari bagi para pengguna. Teknologi sensor kameranya juga mengalami kemajuan. Termasuk ZenFone 4 Selfie Series yang ingin mengajak para pengguna untuk merasakan kemudahan swafoto kapanpun saat traveling.

Hasil foto kamera ZenFone 4 Selfie Pro.

Selfie kamera depan ZenFone 4 Selfie Pro. Suasana malam hari masih tetap terang ya.
Mode Wide Angle ZenFone 4 Selfie Pro
Hasil foto kamera utama ZenFone 4 Selfie Pro
Electronic Image Stabilization (EIS)
Mode potrait ZenFone 4 Selfie Pro dalam ruangan

Kamera utama dua ponsel ini memiliki resolusi yang sama yaitu 16 MP dengan bukaan aperture adalah f2.0 untuk ZenFone 4 Selfie dan f1.8 untuk ZenFone 4 Selfie Pro. Hal inilah yang membuat kedua ponsel kamera ini juga memiliki kemampuan foto mode Potrait yang tengah diikuti oleh para kompetitor lainnya. Namun sayang, hasilnya kurang begitu maksimal. Semoga saja kedepan ASUS memberikan update firmaware untuk memperbaiki fitur Potrait agar bokeh di belakang layar lebih natural.

#3 Sensor Kamera

Perbedaan dari kamera ponsel ini adalah sensor yang digunakan. Pada ZenFone 4 Selfie Pro menggunakan sensor Sony IMX362 yang terkenal cukup  bersaing untuk sektor kamera ponsel. Sedangkan untuk ZenFone 4 Selfie tidak ikut disematkan sensor Sony IMX362 tersebut.

Hasilnya? Kalian bisa mengira-kira sendiri, dan maaf saya lupa untuk mencoba kamera ZenFone 4 Selfie saking saya sangat penasaran dengan hasil kamera ZenFone 4 Selfie Pro.

ASUS mengadopsi fungsi dual pixel sensor yang dapat menangkap lebih banyak cahaya mencapai dua kali lipat lebih banyak daripada sensor kamera ponsel lainnya yang tidak menggunakan dual pixel sensor.

#4 Wide Angle dan Hasil Selfie Lebih Terang

Boleh dikatakan ZenFone Selfie ini menjawab kebutuhan pengguna Indonesia yang rata-rata saat ini tidak jauh dari kegiatan selfie dan wefie. ASUS pandai menangkap peluang bagi para konsumen yang kadang saat sedang sefie memiliki kesulitan untuk mendapatkan foto selfie yang terang.

Pada ZenFone 4 Selfie Pro, kamera depan mengadopsi resolusi duo pixel 24MP yang masing-masing terdiri dari 12MP dengan bukaan lensa f1.8 serta ASUS SuperPixel Engine yang menurutnya dapat mendukung saat pengambilan foto di malam hari.

Sedang kamera depan ZenFone 4 Selfie juga tak kalah saing. Walau tidak ada duo pixel, namun ASUS mengobatinya dengan memberikan resolusi 20MP dengan bukaan f2.4 pada kamera depan ZenFone 4 Selfie.

Mode Wide Angle 120 derajad

Persamaan kamera ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro ini memiliki sudut pengambilan foto lebih luas yaitu 120 derajad serta mode Wide Angle dengan kualitas yang berbeda. Apabila ingin mendapatkan resolusi lebih tinggi 20MP untuk mode normal dan 8MP untuk mode wide angle maka pilih ZenFone 4 Selfie. Sedangkan pada ZenFone 4 Selfie Pro kualitas resolusi mode wide angle hanya 5MP tapi kalian akan mendapatkan kualitas foto selfie lebih maksimal dengan 24MP.

#5 Rekam Video Selfie 4K UHD

Bukan saja kualitas kamera depan yang diutamakan oleh ASUS untuk ponsel terbarunya ini. Ternyata ZenFone 4 Selfie series ini dapat menjawab kebutuhan bagi yang menyukai kegiatan vlogging dengan kualitas lebih terang dan tajam.

Saya sudah mencoba kualitas rekam kamera depan ASUS ZenFone 4 Selfie Pro, dan bisa saya katakan sudah baik dan memiliki kecepatan auto fokus yang baik. Sudah sangat cocok bagi blogger maupun vlogger. Hanya saja, kalian perlu waspada dengan daya penyimpanan video apabila menyimpan dalam format 4K. Hasil rekam sekitar 10-15 detik bisa menyerap 250MB. Jadi hitung saja sendiri butuh berapa giga memori apabila kalian ingin merekam dalam format 4K.

#6 Slot Sim Card

ZenFone 4 Selfie Pro masih hybrid

Sangat unik yang saya temukan pada bagian sim card, perbedaannya sangat mencolok. Bagi pengguna nomor banyak, tentunya menggunakan dual sim card akan sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari. Bagi kalian yang mendambakan triple slot sim dengan dua sim card dan memori eksternal maka pilihlah ZenFone 4 Selfie.

Namun, triple slot sim card ini tidak akan kalian temukan pada ZenFone 4 Selfie Pro yang hanya mengadopsi sistem hybrid. Sehingga saat menggunakannya kita harus memilih menggunakan dual simcard atau pilih salah satu dengan memori eksternal. Mengapa begitu? Entahlah saya juga tidak tahu jawabannya. Tapi kalau saya lebih suka ponsel hybrid untuk keperluan sehari-hari.

#6 Harga

Saat acara peluncuran ASUS ZenFone 4 Selfie Series kemarin, secara langsung ASUS mengumumkan harga jual resmi di pasaran. Harga resmi ASUS Zenfone 4 Selfie Pro adalah Rp 4.999.000 dan harga resmi ASUS ZenFone 4 Selfie adalah Rp 3.499.000.

Selish harga yang cukup jauh ini memang akan membuat pengguna akan bingung memilih mana smartphone ASUS yang cocok untuk dimiliki menjelang akhir tahun ini.

#7 Sistem Operasi Terbaru

Tampilan keyboard di Zen UI 4.0 lebih nyaman dan elegan.

Barangkali ini bukanlah perbedaan, melainkan kabar baik bagi kalian yang ingin membeli ZenFone 4 Selfie Pro atau ZenFone 4 Selfie. Kabar baiknya yaitu kedua smartphone ini nantinya akan mendapat pembaruan sistem opreasi ke Oreo, serta memiliki fitur dual aplikasi sehingga kita bisa memiliki dua aplikasi whatsapp atau Instagram.

Saya termasuk pengguna smartphone yang menyukai user interface (UI) minimalis dan nyaman di mata. Kalau biasanya saya bilang UI ASUS ini kurang “manusiawi” tapi sejak ZenFone mendapatkan upgrade Zen UI 4.0 saya bilang ASUS sudah berbenah untuk lebih baik. Saat memegang ZenFone 4 Selfie Pro ada rasa ingin terus memegangnya dan mencobanya terus. Apalagi memilikinya, eh.

Kesimpulan

Kamu suka ZenFone 4 Selfie atau ZenFone 4 Selfie Pro?

Sudah lama saya menantikan ASUS menghadirkan produk smartphone yang dapat menunjang kebutuhan pengguna yang memang senang untuk berswafoto atau selfie. Hanya saja dari smartphone yang pernah dikeluarkan, ASUS nampaknya masih ragu untuk memberikan sentuhan pengalaman kamera depan yang menarik. Misalnya, masih mempertahankan Selfie Panorama yang mana cara penggunaannya cukup rumit dan kalau tidak pas, maka hasil foto tidak maksimal.

Kamera depannya terang walau low light

Nah, kali ini setelah saya ikut hadir saat launching dan berkesempatan hands-on sejenak. Impresi saya terhadap ASUS ZenFone 4 Selfie Pro cukup baik, sebab memungkinkan penggunanya mengambil foto pribadi dengan sempurna, sekaligus memberikan pengalaman menarik saat mengambil foto selfie agar banyak orang dapat masuk ke dalam frame.

Saya lebih menyukai ZenFone 4 Selfie Pro sebab desainnya yang gagah serta tipis membuat kita saat menggunakannya akan jauh lebih elegan. Kemudian, adanya sensor kamera yang dapat membuat hasil foto lebih terang. Saat uji tes kamera depan dengan produk kompetitor seperti OPPO F3, ternyata ASUS menang banyak karena lebih terang. Dual front facing camera yang diletakkan pada seri ZenFone 4 Selfie Series ini juga dilengkapi dengan efek beautification dengan sensitivitas cahaya 2 kali lipat lebih baik.

Jangan lupa, bagi kalian yang sedang menggemari untuk video selfie atau vlog, sekarang kualitas video kamera depan ZenFone 4 Selfie Series mampu merekam hingga resolusi 4K 60 fps dan memiliki teknologi Electronic Image Stabilization (EIS).

Kalau kalian penasaran ingin mencoba hasil kamera lebih terang dan tajam namun kalian bukalah pencinta performa seperti Antutu benchmark untuk digunakan aplikasi berat, maka saran saya pilihlah ZenFone 4 Selfie. Kalian sudah bisa menghemat 1,5 juta namun tetap mendapatkan pengalaman selfie lebih terang, halus karena didukung Beautification serta dua pixel camera yang ada wide angle.

Sebaliknya, kalau performa angka cantik di Antutu serta tidak melupakan kecerahan hasil foto selfie dan desain elegan, maka kalian perlu menambah kocek uang lebih sekitar 1,5 juta untuk mendapatkan ASUS ZenFone 4 Selfie Pro.

Kalau saya lebih menyarankan saat ini untuk membeli ZenFone 4 Selfie Pro karena desainnya tipis dan enak digenggam, walau hasil foto selfie menggunakan mode Wide Angle tidaklah real 24 MP karena mengalami reduksi resolusi. Namun tidak masalah, sebab foto selfie atau foto kamera saat ini jarang sekali untuk dicetak selain untuk dipamer pada media sosial kita.

Jadi, di antara dua smartphone terbaru ASUS, kalian lebih memilih siapa?

https://tracking.spn.so/mbmno99v1whwl5pu.js

Iklan

70 thoughts on “7 Perbedaan ASUS ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s