Bagus Mana? ZenFone Max Plus M1 atau ZenFone 4 Max Pro


Enam bulan setelah ASUS meluncurkan ZenFone 4 Max Pro pada tahun 2017 lalu, berarti selama itu juga saya menggunakan ZenFone 4 Max Pro sehari-hari. Pada Maret 2018, ternyata ASUS Indonesia berhasil memboyong produk ZenFone terbaru yakni ZenFone Max Plus M1. Penamaan yang cukup panjang ini memang menjadi perbincangan dikalangan reviewer gadget.

Berhubung saya belum mendapatkan unit review, jadi saya mengandalkan sumber dari live streaming dari ASUS Indonesia untuk memberikan gambaran ZenFone Max Plus M1 pada kalian.

Seri ZenFone Max Plus M1 melengkapi seri ZenFone Max lainnya yang sudah pernah hadir di pasar. Ekspektasi saya pada ZenFone Max Plus M1 ini memiliki teknologi baru yang bisa merebut kembali pasar ASUS di tanah air. Beberapa pertanyaan sudah mulai masuk ke blog saya mengenai ZenFone Max Plus M1 ini kemudian mereka juga bertanya dengan membandingkan pada ZenFone 4 Max Pro. Kedua smartphone ini menggunakan nama Max di belakangnya.

Desain

ZenFone Max Plus M1

Desain ASUS ZenFone Max Plus M1

ZenFone Max Plus M1 menjadi produk pemanasan ASUS Indonesia di kuatral pertama tahun 2018, sebelum nantinya mereka akan mengeluarkan ZenFone 5. Seperti yang kita ketahui kalau trend smartphone saat ini memiliki desain layar lebar dan boundless display. Semua dibuat demi kenyamanan pengguna saat menggenggamnya.

Menyaksikan Galip Fu, saat membocorkan desain ZenFone Max Plus M1 sudah membuat saya menggebu-gebu dari depan laptop. Gokil nih! ASUS mulai bikin gebrakan dengan membuat desain 18:9, yakni layar ZenFone Max Plus M1 adalah 5.7 inch tapi disematkan dalam bodi 5.2 inch atau setara ukuran ZenFone 3. Salah satu ponsel idaman saya dari segi bentuk, sebab tidak terlalu besar dan kecil tetap nyaman.

Satu hal lagi, bodi belakang berbalut aluminium yang membuat smartphone ini makin menggoda dengan fingerprint pada bodi belakang.

Kamera

hasil foto kamera ZenFone Max Plus M1

Desain kamera ASUS ZenFone Max Plus M1

Informasi tertulis kamera ZenFone Max Plus M1 memiliki kualitas resolusi 16MP dual camera. Satu kamera berfungsi untuk lensa wide 120 derajat, lalu sudah dilengkapi dengan LED Flash. Sedangkan kamera depan yang biasanya digunakan untuk foto selfie juga memiliki kualitas resolusi 16MP.

Apabila dilihat dari data, saya membayangkan hasil foto kamera ZenFone Max Plus M1 lebih baik daripada ZenFone 4 Max Pro kemudian kemampuan auto fokusnya juga lebih cepat. Selain itu ASUS tetap memberikan gimmick kamera lainnya seperti Super Resolution yang bisa menangkap gambar menjadi 64MP serta PixelMaster. Desain kamera belakang ZenFone Max Plus M1 tidak menonjol sehingga membuat smartphone ini lebih elegan.

ZenFone Max Plus M1

Wide Angle 120 derajat

Hanya saja, kamera depan ZenFone Max Plus M1 tidak dual camera seperti ZenFone 4 Selfie. Padahal kalau ada lensa wide di kamera depan akan sangat berguna saat saya traveling atau foto grup.

Sekali lagi, mohon maaf saya belum bisa memberikan hasil foto kamera ZenFone Max Plus M1 pada tulisan kali ini.

Baterai

baterai ZenFone Max Plus M1

Kapasitas baterai ASUS ZenFone Max Plus M1 4130mAh

Nama “Max” memang menjadi ciri khas ASUS untuk seri smartphone sebagai ponsel yang memiliki kemampuan daya baterai yang awet dan tahan lama. Saya sudah membuktikannya pada ZenFone 4 Max Pro. Kapasitas baterai ZenFone Max Plus M1 adalah 4130mAh. WOW!

Pengalaman saya menggunakan ZenFone 4 Max Pro untuk urusan baterai saya pede mempromosikannya pada kalian. Sebab daya baterai bisa bertahan satu hari penuh. Maka, baterai ZenFone Max Plus M1 sudah pasti tidak saya ragukan lagi. Ternyata ASUS juga menambah fitur keamanan baterai seperti apabila kita terlalu sering mengisi smartphone hingga kepenuhan maka arus listrik akan otomatis dimatikan. Keren!

Performa

ZenFone Max Plus M1

ASUS ZenFone Max Plus M1 : RAM 4GB Internal 64GB

Performa ZenFone Max Plus M1 belum bisa saya uji coba. Hanya saja dari spesifikasi yang sudah tersebar, ZenFone Max Plus M1 menggunakan MediaTek MT6750 Octa-core sebagai otak yang menjalankan sistem kerja. Buruk? Ah tidak juga, MediaTek bagus juga dan tergantung dari kebutuhan penggunaan kalian. Jika hanya untuk bermain media sosial, prosesor ini sudah lebih dari cukup.

Galip Fu hanya menyinggung ZenFone Max Plus M1 menggunakan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Untuk saat ini RAM dan memori internal sudah lebih dari cukup. Sebab saya pengalaman saya menggunakan ZenFone 4 Selfie dengan performa yang sama hasilnya juga tidak mengecewakan.

Face Unlock

ZenFone Max Plus M1

Fitur Face Unlock ASUS ZenFone Max Plus M1

Ada yang baru untuk sistem keamanan ZenFone Max Plus M1 yaitu menggunakan face unlock. Walau bukan yang baru di dunia gadget, tapi face unlock ini merupakan teknologi pertama yang digunakan ASUS pada ZenFone Max Plus M1. Tentunya adanya face unlock akan memudahkan kita untuk membuka smartphone.

Triple Slot

ZenFone Max Plus M1

Triple Slot SIM ASUS ZenFone Max Plus M1

Barangkali ini menjadi jawaban ZenFans yang menginginkan ZenFone supaya dibuat menjadi triple slot sim, tidak hybrid. Memang perilaku penggunaan smartphone bagi orang Indonesia pasti punya lebih dari satu nomor. Sehingga mereka menginginkan bisa menggunakan dua nomor sekaligus pada satu ponsel tanpa harus mengorbankan slot memory card. Keinginan para ZenFans terjawab pada ZenFone Max Plus M1 yang memiliki dual slot sim dan memory card dapat menampung hingga 256GB!

Namun, bagi saya triple slot ini tidak berpengaruh pada kegiatan saya (tidak digunakan sama sekali) sebab saya tetap lebih menyukai menggunakan hybrid slot.

Fitur Lain

ZenFone Max Plus M1

Fitur Multi Windows

Setelah ASUS memberikan update ZenUI 4.0 maka terdapat fitur-fitur yang sangat membantu tanpa kita sadari. Misalnya, fitur long screenshot, multi windows, dual app (Facebook, Instagram, LINE, Messenger, Twitter, dan Whatsapp), hingga 3D shortcut. Pergeseran launcher lebih halus dan nyaman digunakan. Harapan saya Tim R&D ASUS dapat lebih menggembangkan ZenUI lebih menarik lagi.

Kesimpulan

ZenFone Max Plus M1

Memiliki 3 varian warna : Gold, Silver dan Black

Saya merasakan tahun ini ASUS mulai merubah strategi marketing mereka untuk tetap bisa bertahan di Indonesia. Tahun 2017, ASUS banyak meluncurkan smartphone mulai dari ZenFone 3 Max, ZenFone Live, ZenFone Zoom S, ZenFone 4 Max Pro, ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro. Tahun ini di awal bulan Maret 2018, ASUS kembali mengeluarkan ZenFone Max Plus M1 dengan desain layar 18:9 mengikuti perkembangan serta fitur-fitur baru yang tadinya belum ada di ZenFone sebelumnya. Maka bisa dipastikan nanti saat ASUS mengumumkan ZenFone 5 jelas animo lebih baik. Semoga #BackTo5

Balik lagi ke pertanyaan awal. Bagus mana? ZenFone Max Plus M1 vs ZenFone 4 Max Pro.

harga ZenFone Max Plus M1

Harga ZenFone Max Plus M1

ZenFone Max Plus M1

Desain layar yang ergonomis satu tangan

Spesifikasi ASUS ZenFone Max Plus M1

Spesifikasi ASUS ZenFone Max Plus M1

Dilihat dari live streaming launching ZenFone Max Plus M1, saya mencoba membandingkannya dengan ZenFone 4 Max Pro. Dengan harga yang tidak terpaku jauh, harga ZenFone Max Plus M1 dibanderol Rp 2.799.000! murah tapi tidak murahan.

Spesifik yang ditawarkan oleh ZenFone Max Plus M1 jelas lebih menggoda daripada ZenFone 4 Max Pro mulai dari desain dan kamera. Desain layar lebar 5.7 inch tapi sangat kompak ditangan karena seukuran layar 5.2 inch. Selain itu ZenFone Max Plus M1 juga memiliki kemampuan reverse charger dan USB OTG. Jelas ini nilai tambah bagi keunggulan ZenFone Max Plus M1.

Akhir kata, ZenFone Max Plus M1 memang Boundless display. Endless battery.

Selamat menentukan smartphone pilihan kalian ya, gaes!

Iklan

41 pemikiran pada “Bagus Mana? ZenFone Max Plus M1 atau ZenFone 4 Max Pro

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.