The Best ASUS Laptop of 2017 : Salah Satunya Laptop Idamanku


Tahun baru akan datang dalam hitungan jam, tentunya banyak orang yang sudah bersiap euforia pergantian tahun. Di tengah kesibukan mempersiapkan pergantian tahun, tentunya bagi sebagian orang tahun baru waktunya memberikan kado bagi diri sendiri atau orang tersayang. Biasanya orang akan mencari barang elektronik baru untuk menunjang performa aktivitas mereka.

Apalagi bagi kita yang bekerja di industri kreatif seperti blogger, youtuber, dan content creator. Salah satu alat perang yang paling dinantikan adalah laptop. Selain jadi kebutuhan primer untuk aktivitas bekerja, laptop sekarang juga bisa dimanfaatkan untuk hiburan.  Mobilitas yang tinggi membuat kita merasa lebih praktis menggunakan laptop dibandingkan dengan komputer desktop.

Portabilitas laptop serta kemudahan terhubung dengan internet membuat fenomena bekerja tak selalu dari kantor saja. Kita bisa saja bekerja sambil traveling atau menyeruput kopi di kedai kopi. Dengan kebutuhan yang semakin meningkat, tentu perlu didukung dengan perangkat kerja berkualitas dan spesifikasi mumpuni. Tak sedikit brand yang menawarkan laptop-laptop terbaik mereka sepanjang tahun 2017 ini. Maka, salah satu brand yang bisa kalian lirik adalah ASUS.

Selain menyediakan produk premium, ASUS juga membuat produk dengan harga terjangkau. Terlebih kita mengenal ASUS dari produk laptop yang sudah teruji dan banyak mendapat penghargaan. Oleh karena itu, produk ASUS tergolong disukai oleh banyak segmen. Dimulai dari segmen umum seperti pelajar, ibu rumah tangga, segmen bisnis dan profesional hingga segmen gaming yang membutuhkan spesifikasi serta performa handal.

Selama satu tahun belakang saya mengikuti perkembangan dari ASUS. Ternyata ada produk laptop yang mereka keluarkan. Saya sempat kebingungan untuk membedakan seri laptop ASUS, ternyata seri-seri ini disesuaikan dengan segmen pasar yang disasar. Kelas ini menentukan kualitas sekaligus performa.

Asus X Series

Seri X termasuk jenis laptop ASUS yang paling diminati, sebab mayoritas penggunanya mencari laptop harga terjangkau tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan kerja mereka. Rata-rata pengguna di kelas ASUS X Series ini yang masih pelajar atau pekerja kantor yang belum terlalu membutuhkan performa tinggi. Selain itu untuk ukuran layar lebar minimal 14 inci, laptop ASUS X Series memiliki optical drive yang berfungsi memenuhi kebutuhan multimedia.

Kisaran harga laptop ASUS X Series berkisar dari 3.5 juta hingga 10 juta rupiah.

ASUS VivoBook Series

Pada segmen laptop mainstream, ASUS juga memiliki VivoBook Series untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna di Indonesia. Lini produk VivoBook menawarkan performa baik, serta didukung desain kekinian dan harga berada di level menengah. Bahkan untuk seri VivoBook sendiri juga memiliki seri untuk segmen pelajar yang tidak hanya memerlukan laptop yang kencang tetapi sekaligus juga hemat daya. Boleh jadi segmen orang yang memilih VivoBook adalah yang mencari performa juara dengan harga terjangkau.

Kisaran harga laptop ASUS Vivobook Series berkisar dari 6 juta hingga 15 juta rupiah.

ASUS ZenBook Series

Tak lupa ASUS juga mengeluarkan produk di kelas laptop premium yang cocok untuk para pebisnis maupun profesional. Desain yang elegan serta performa yang baik ada pada pilihan ZenBook Series. Mulai dari seri laptop tertipis di dunia hingga laptop dengan teknologi layar yang canggih. Seri ZenBook ini menjadi produk andalan ASUS di kelas premium yang cocok bagi kalian yang membutuhkan laptop desain mewah dan performa tidak diragukan.

Kisaran harga laptop ASUS ZenBook Series berkisar 16 juta hingga 26 juta rupiah.

Ada beberapa teman pernah bertanya pada saya mengenai produk laptop ASUS yang cocok bagi kebutuhan mereka. Tentunya saya jawab, tiap produk memiliki keunggulan masing-masing yang disesuaikan dengan budget belanja. Lantas dari banyaknya seri laptop ASUS yang telah dikeluarkan sepanjang tahun 2017, lewat tulisan ini saya akan memberikan 10 laptop ASUS terbaik 2017 saya sebagai referensi bagi kalian yang sedang mencari laptop baru di penghujung tahun ini.

#1 ASUS X441NA

Cari laptop murah dengan spesifikasi mumpuni? Laptop ASUS ini ditujukan bagi pengguna umum dari kalangan pelajar yang membutuhkan perangkat untuk membuat tugas atau berselancar di internet. Meski memiliki harga murah, bukan berarti spesifikasi yang dimilikinya tidak menarik. Dengan harga 3 jutaan, fitur-fitur untuk multimedia sudah tertanam di dalamnya.

Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai hingga 6 jam 45 menit. Namun, apabila digunakan seperti mengetik, browsing, menonton film hingga bermain game ringan, daya tahan baterai sekitar 5 jam. Cukup impresif.

#2 ASUS X555BP

Laptop dengan rentang harga sekitar 5 jutaan ini memiliki keunggulan yang mumpuni di kelas pemula – menengah. Bicara performa kinerja laptop ini termasuk salah satu laptop dengan performa stabil dengan harga yang ekonomis. Sebut saja prosesor AMD A9-9420 Dual-Core APU yang memiliki kecepatan di rentang 2,4-3,3GHz, pengolah grafis Radeon R5, media penyimpanan berupa hard disk seluas 1TB, serta RAM sebesar 4GB.

Keunggulan lainnya, laptop ASUS X555BP ini juga tersedia optical drive berjenis DVD-RW sehingga memudahkan apabila ingin bermultimedia. Apalagi kalau kalian penggemar PES 2018 maupun DOTA 2, prosesor AMD A10-9600P yang tertanam pada notebook ini memiliki performa yang gegas untuk notebook di rentang harganya.

#3 ASUS X550VX

Di kelas X series, Asus X550VX termasuk laptop gaming yang mengandalkan quad-core Skylake kecepatan 2,6GHz dan GeForce GTX950M. Dapat dikatakan X series ini termasuk generasi kedua yang lebih sempurna atau bagi kalian yang mengidamkan ROG versi murah, maka laptop ini adalah jawabannya. Apalagi kapasitas RAM laptop gaming kelas entry-level ini masih bisa ditambah hingga maksimal 16GB jenis DDR4 jika diperlukan

Sokongan grafis NVIDIA Geforce GTX950M versi GDDR5 ini memiliki keuntungan sangat bermanfaat bagi pengguna baik level gamer maupun profesional. Jadi laptop ini bisa jadi alternatif dari ROG.

#4 ASUS VivoBook A442UR

Jika kalian mencari laptop dengan prosesor kelas menengah seperti Intel Core i5-7200U generasi Kaby Lake dengan grafis dari Nvidia GeForce 930MX, maka laptop ASUS ini memiliki performa menengah dan masih layak digunakan untuk menangani aplikasi desain grafis, serta gaming kasual.

Laptop ini juga memudahkan pengguna dari sisi konektivitas, sebab lumayan lengkap karena menggandalkan LAN, Bluetooth, WiFi, Port USB 3.0, Port USB 2.0, Port USB Type-C, Port HDMI, DVD-RW drive, dan card reader.

#5 ASUS VivoBook S S510

ASUS VivoBook S510, salah satu varian unggulan yang baru dikeluarkan untuk segmen pengguna mainstream masa kini. Selain dimensi yang lebih ringkas sebab menerapkan bezel NanoEdge 7,8mm. Laptop ini bisa sejajar dengan banyak ultrabook high-end karena cukup tipis mulai dari 1,79 cm dan bobotnya yang juga ringan sekitar 1,7Kg.

Keseluruhan, build quality dari ASUS VivoBook S510 ini juga sudah lebih baik dari A series. Bicara performa tentunya dapat mendukung kinerja kerja. Harga 9,5 juta rupiah untuk versi i5, tentunya kalian bisa mendapatkan sebuah ultrabook desain cukup mewah, didukung finger print reader seperti laptop bisnis serta performa laptop kelas multimedia yang siap melayani banyak kebutuhan para profesional.

#6 ASUS VivoBook Pro N580VD

Kemampuan grafis laptop VivoBook Pro 15 N580VD ini tak bisa dipandang sebelah mata karena telah didukung GPU (Graphics Processing Unit) dari Intel HD Graphics 620 dan ditandemkan dengan Nvidia GeForce GTX 1050. Sehingga dengan harga yang masih terjangkau, laptop ini bisa jadi perangkat pertama untuk menjadi konten kreator handal.

Meski begitu, Vivobook Pro N580VD menjadi sebuah opsi perangkat multimedia yang cukup bagus. Modelnya terlihat modern, lengkap dengan kartu grafis tambahan, kemampuan multItasking yang baik, dan game-game dengan setting menengah yang tidak membutuhkan terlalu banyak kekuatan tempur.

#7 ASUS ZenBook UX410

Konten kreator saat menjadi satu istilah yang merujuk pada suatu profesi yang tengah digemari oleh banyak orang, terutama anak muda. Boleh saya katakan laptop ini pilihan pas dari sisi performa. Performa adalah kelebihan utama yang ditawarkan oleh laptop canggih Asus Zenbook UX410 karena mengandalkan dukungan prosesor Intel Core i7-7500U generasi Kaby Lake terbaru dual-core yang berlari dengan kecepatan standar 2,7GHz dan TurboBoost hingga 3,5GHz.

Untuk harga masih masuk akal dan sesuai dengan ekspektasi. Desain laptop ini sekilas tampak seperti MacBook Air dengan paduan warna silver dan rose gold. Apalagi slot RAM dapat ditambahkan hingga 32GB.

Baca review lengkapnya di sini.

#8 ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490

Asus Zenbook 3 Deluxe UX490UA adalah salah satu dari enam notebook premium yang diperkenalkan Asus di ajang The Edge of Beyond. Tak heran Asus Zenbook 3 Deluxe UX490UA menyebut dirinya sebagai ultrabook tertipis karena tebalnya hanya 12,9mm dan beratnya hanya 1,1 kg saja. Sisi audio, Asus Zenbook 3 Deluxe UX490UA mengandalkan dukungan empat buah speaker stereo berkualitas tinggi dan didukung oleh SonicMaster Premium dan Harman Kardon untuk memanjakan telinga pengguna.

Kelebihan ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490UA ini karena dukungan desain mewah dan kuat dengan aerospace aluminium, dimensi yang sangat tipis dan ringan, kualitas layar yang memukau, kinerja yang bersaing di kelasnya, fitur yang lengkap, dan baterai tahan lama menjadi daya tarik utama.

Baca review lengkapnya di sini.

#9 ASUS ZenBook Flip S UX370

Konsep laptop 2 in 1 memang sudah ada cukup lama. Meski demikian, laptop 2 in 1 masih erat kaitannya dengan perangkat premium yang hadir dengan bodi super ringkas, tetapi masih menawarkan performa komputasi yang tinggi seperti yang ditawarkan oleh ASUS ZenBook Flip S UX370.

Laptop ASUS Zenbook Flip S ini menawarkan performa komputasi yang masih sangat mumpuni untuk berbagai kegiatan profesional. ASUS ZenBook Flip S memiliki layar LED 13,3 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel). Layarnya juga memiliki sudut pandang yang lebar yaitu hingga 178 derajat dan telah dilapisi oleh Gorilla Glass. Layar ini juga memiliki bezel yang tipis, yaitu hanya 6,11mm.

Baca review lengkapnya di sini.

#10 ASUS ZenBook Pro UX550

ASUS meluncurkan varian laptop dengan dukungan layar 4K melalui seri ZenBook Pro. Yang menarik, sebagai pesaing MacBook Pro laptop tipis ini secara khusus dipersiapkan untuk kamu para insan kreatif terutama yang berkutat dalam ranah videografi, sehingga cocok bagi Youtuber yang lebih suka bekerja di sistem operasi Windows.

Lebih lanjut, ZenBook Pro UX550 ini ditanamkan prosesor Intel Quad Core i7 generasi ke-7 dan kartu grafis Nvidia GTX seri 10 yang didesain secara khusus untuk kebutuhan olah grafis tinggi bahkan hingga 3D gaming.

Di antara 10 The Best ASUS Laptop of 2017, tentunya kalian akan bertanya mana jenis laptop yang terbaik buat aktivitas kalian sehari-hari. Saya akan membantu kalian memilih jenis laptop yang sesuai kebutuhan kalian.

Best for Value

Kriteria untuk laptop murah terbaik dikelasnya saya jatuhkan pada ASUS X555BP. Alasannya produk ini disesuaikan dengan segmen pengguna sehari-hari. Sehingga perangkat laptop lebih fokus pada kepraktisan daripada gaya, portabilitas atau kekuatan. Itu bukan berarti laptop tersebut tidak bisa cepat, tapi biasanya dengan spesifikasi tersebut biasanya layar HD dan masih menggunakan media penyimpanan HDD. Di samping itu, harga yang ditawarkan masih terjangkau.

Best Powerfull

Di mana ukuran laptop saat ini menjadi pertimbangan dalam hal memilih laptop bertenaga untuk kebutuhan profesional. Saya terkesan dengan ASUS ZenBook Pro yang memang cocok bagi para profesional fotografer termasuk video editing. Laptop ini menggunakan penyimpanan SSD dan resolusi layar yang melebihi 1080p. Dipasangkan dengan komponen yang mobile dan kuat, terutama baterai yang awet, jenis ultrabook terbaik itu kalian bisa mendapatkannya lewat produk ini.

Best 2-in-1

Laptop 2 in 1 terbaik saat ini, dilengkapi dengan engsel putar 360 derajat serta layar yang bisa disentuh sudah pasti ASUS ZenBook Flip S. Sejak awal melihat laptop ini saya mulai tertarik dari fungsinya yang bisa dilipat dan layar sentuh. Fungsinya akan memudahkan kita saat sedang menggambar. Cocok juga digunakan untuk traveler maupun content creator yang mobile. Saat sedang ingin mencari hiburan, kita tinggal memutar layar sehingga menjadi layar sentuh.

Best Gaming

Butuh laptop untuk bermain game seperti PC desktop? Maka kalian pasti menginginkan salah satu laptop gaming terbaik. ASUS sendiri memiliki laptop gaming yang sudah dikenal lama yaitu ASUS ROG, namun harganya cukup mahal sesuai dengan performa. Nah, ASUS X550XV ini saya pilih sebab dengan harga yang masih terjangkau di angka 10 juta maka bisa mendapatkan kualitas mendekati ROG.

Best Overall

Sebagai traveler sekaligus menuliskan cerita perjalanannya lewat tulisan, tentunya waktu kerja saya bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun. Pastinya saya akan butuh perangkat kerja yang ringan sekaligus handal. Urusan desain sudah pasti masuk dalam kriteria, kalian pasti akan langsung jatuh hati saat sedang mengetik di keyboard empuk ZenBook satu ini. Maka saya memilih ASUS ZenBook 3 Deluxe yang menjadi terbaik dari yang terbaik apabila kalian mendambakan sebuah perangkat kerja yang “sempurna”.

Selamat menentukan pilihan kalian 🙂

Iklan

61 pemikiran pada “The Best ASUS Laptop of 2017 : Salah Satunya Laptop Idamanku

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.