Gadget Review

Rekomendasi Lensa Full Frame Sony Termurah Hasil Memukau

lensa full frame sony

Kalian pengguna kamera Full Frame Sony seperti saya? Tentunya lensa adalah hal yang wajib untuk kita punya. Sudah hampir dua tahun saya menggunakan Sony A7II, sebelumnya saya menggunakan Olympus OMD EM10II. Menurut saya kamera ini masih layak digunakan di tahun 2020. Kecuali, kalau ada anggaran lebih saya ingin upgrade ke seri Sony A7III.

Seperti yang kita ketahui bersama kalau Sony sepertinya ingin membangun raksasa perusahaan untuk brandingnya sendiri. Harga lensa Sony Full Frame bisa mencapai seharga body only. Jadi kecil harapan kalau saya Sony bakal mengeluarkan lensa full frame harga terjangkau, selain Sony FE 50mm f/1.8.

Lensa Full Frame Sony Termurah

lensa full frame sony
Sony Full Frame 50mm f/1.8 Lens

Sony FE 50mm f/1.8 termasuk lensa yang ringkas dan ringan dengan panjang fokus normal, sekitar 50 cm dari jarak objek. Lensa ini saya beli oleh karena bukaan lebar yang cukup menarik sehingga dapat menghasilkan gambar yang lumayan tajam. Namun terus terang karena anggaran yang terbatas. Ini alasan terutama sih.

Mendapat predikat “Lensa Full Frame Sony Termurah” tentunya fitur yang ditawarkan pun ada bagian yang tidak maksimal. Namun untuk saya tetap bisa digunakan selama tahu kondisinya.

Lensa ini sangat cocok buat kalian yang mencari lensa prime (single focal length) dan pemula yang memiliki anggaran terbatas. Barangkali ini lensa pemula yang bagus serta memadai untuk sebagian besar kebutuhan fotografi.

Focal Length

lensa full frame sony
Focal length sekitar 50cm

Bagi saya yang gemar memotret makanan, focal length memang menjadi pilihan rumit ketika tidak didukung oleh anggaran.

Jarak fokus menentukan sudut pandang yang menentukan jarak subjek yang diperlukan untuk memotret yang diinginkan.

Pada body full frame, Sony FE 50mm f/1.8 mendekati kita memandang sebuah pemandangan dengan mata kita sendiri. Sehingga ruangnya akan sangat nyaman untuk kita memotret objek apabila memiliki sudut ruang yang luas.

Biasanya sering saya gunakan dalam mode : potret, pernikahan, dokumenter, jalan, gaya hidup, olahraga, arsitektur, landscape, makanan, serta aplikasi fotografi studio di rumah termasuk fotografi produk.

lensa full frame sony lensa full frame sony lensa full frame sony lensa full frame sony lensa full frame sony lensa full frame sony

Selain itu kalau lensa ini dipasang ke body Sony APS-C maka akan terjadi penambahan 1.5x, lensa 50mm menghasilkan sudut pandang yang setara dengan lensa 75mm pada badan bingkai penuh. Sudut pandang yang lebih ketat ini bermanfaat untuk tujuan yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya dan potret berbingkai lebih ketat mempertahankan perspektif yang lebih baik.

Kekurangan Lensa Full Frame Sony 50mm f/1.8

lensa full frame sony
Bodi lensa terbuat dari plastik. Ya kali harga murah mau pakai bahan alumunium.

Tak lengkap rasanya kalau tidak mengikutsertakan kekurangan dari lensa ini. Waktu awal membeli lensa ini, beberapa teman mengatakan sayang sekali mengambil lensa ini karena kekurangan lensa ini adalah kemampuan menangkap fokus yang lambat.

Solusinya adalah ketika ingin memotret, pastikan kita sudah mengunci fokus objek gambar sebelum memotret supaya hasilnya tajam.

Memang benar mengenai kecepatan autofokus yang lambat menjadi kekurangan dari lensa ini. Namun, masih bisa diatasi dengan kebutuhan foto yang kalian inginkan. Belum lagi di antara lensa prima, aperture f /1.8 masih dianggap tidak terlalu menarik, tapi kalau dibandingkan dengan lensa secara umum, aperture f/1.8 sangat lebar. Dibandingkan dengan aperture maksimal 50mm lensa kit contohnya.

Triknya adalah gunakan aperture lebar untuk mendapatkan kecepatan rana yang lebih cepat, ideal untuk menghentikan gerakan, termasuk subjek yang bergerak dan kamera yang bergetar, bahkan dalam kondisi cahaya yang sangat rendah. Pengaturan ISO yang lebih rendah adalah alternatif untuk kecepatan rana yang lebih cepat dan pengaturan ISO yang lebih rendah berarti gambar dengan noise yang lebih rendah. Juga gunakan aperture lebar untuk membuat kedalaman bidang yang dangkal.

Kesimpulan

lensa full frame sony
Lensa full frame sony termurah nih.

Lensa ini juga cocok untuk membuat latar belakang menjadi sangat kabur dan membuat subjek terlihat jelas dengan latar belakang yang menarik dan tidak mengganggu. Istilah kerennya foto bokeh.

Balik lagi ke perkataan teman saya mengenai sayang sekali mengambil lensa Sony FE 50 f/1.8 ini ya makanya dong kalian bantuin saya buat ganti lensa baru. Hahahaha… untuk sementara lensa ini masih nyaman saya gunakan untuk kebutuhan komersial maupun foto santai. Ukuran yang kompak, ringan dan harga yang terjangkau berkisar 3 juta saja.

Share juga dong pengalaman kalian menggunakan lensa full frame sony 50mm f/1.8.

***

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Disclosure: This is just my personal experience. Thanks as always for your support!

0 comments on “Rekomendasi Lensa Full Frame Sony Termurah Hasil Memukau

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: