Backup Data dengan Mudah dari Komputer, Western Digital My Passport Ultra


Beberapa kali klienku ini bertanya apa saya masih memiliki file foto menu makanan yang pernah difoto tahun lalu?

Alasannya, ponsel tidak sengaja reset ke pengaturan awal. Sehingga semua data milik klien langsung lenyap, termasuk foto-foto menu makanan yang pernah saya buat.

Tentu saja saya bilang masih menyimpan hasil foto-foto sebelumnya. Sebab, menyimpan portofolio foto pribadi atau klien adalah keharusan bagi fotografer.

Makanya, kenapa harga jasa fotografi saya juga termasuk biaya pemeliharaan dalam penyimpanan data. Saya juga perlu rajin untuk melakukan backup data.

Coba kita hitung berapa kerugian seandainya fotografer bilang tidak ada? Mau foto ulang menu itu? biaya lagi donk.

Pentingnya Memiliki Hardisk Eksternal

Saya yakin, kalian pun juga akan melakukan hal yang sama. Untuk mencegah hal-hal tak menyenangkan inilah perlu membuat cadangan dari semua data penting yang kita miliki dan menyimpannya di tempat aman.

Selain data bisa lenyap karena serangan virus, ada juga hal-hal lain yang bisa membuat data penting yang tersimpan bisa hilang. Misalnya pengaruh bad sector sehingga kita tidak bisa mengambil data.

Saya pribadi lebih menyarankan kalian untuk menyimpan data-data penting itu di beberapa tempat, salah satunya tentu hardisk eksternal.

Beberapa alasannya karena penyimpanan lewat hardisk eksternal lumayan hemat biaya untuk jangka panjang. Kita tinggal membeli hardisk eksternal dengan kualitas baik, fitur keamanan serta memiliki pilihan kapasitas sesuai kebutuhan.

Sehingga hardisk eksternal salah satu item yang perlu kamu miliki untuk menyimpan berbagai data penting dan bisa dibawa kemana saja.

Western Digital My Passport Ultra 2TB

review western digital my passport

Melihat ke belakang dan mengintip ke depan, perkembangan harddisk eksternal sudah lebih menyesuaikan sama kondisi kita di lapangan.

Misalnya saja dari ukuran yang lebih compact. Kalau mau dibandingkan, dulu bentuk hardisk eksternal ukurannya tebal, sekarang tipis serta ringan sekali sehingga membuat kita lebih mudah untuk membawa kemana pun.

Ngomong-ngomong soal hardisk eksternal, beberapa brand yang menurut saya cukup bandel kualitasnya diantara merk lain adalah Western Digital (WD) yang mengeluarkan WD My Passport Ultra.

Kebetulan kemarin saya dapat pinjaman unit review untuk mencoba pengalaman menggunakan hardisk eksternal tersebut.

Hardisk Eksternal Murah

review western digital my passport

Desain hardisk eksternal ini cocok buat kalian yang pengen bentuk minimalis namun tidak monoton.

Kesan modern terlihat dari bentuknya, walau berbahan plastik sedemikian rupa sehingga terlihat seperti metal. Bodinya pun terbagi menjadi dua bagian. Bagian atas memiliki desain polos dengan lapisan matte, sedangkan bagian bawahnya berpola diagonal.

Selain itu di bagian belakang, juga diberikan semacam karet di masing-masing sisi sebagai anti slip.

review western digital my passport

Keunikan dari produk WD My Passport Ultra ini adalah bobotnya yang ringan sekali sehingga mudah bagi kita menyelipkan di dalam tas.

Sekarang ini banyak orang tidak bisa lepas dari gadget. Apa yang kita bisa baca tentunya masalah portabilitas, kemudahan untuk dibawa. Ketika device banyak yang menjadi portable, orang-orang semakin rewel atau pemilih, mana yang harus dibawa senantiasa bersama mereka.

Gadget pelengkap seperti hardisk eksternal bisa jadi akan menjadi bagian sering dibawa.

Isi Paket WD My Passport Ultra

review western digital my passport

Paket dalam pembelian WD My Portable Ultra ini terdiri dari hardisk eksternal, kabel data menggunakan USB Type C dan ditambah konektor USB Micro. Serta juga ada buku petunjuk pemakaian.

Kabel data yang diberikan lumayan panjang, namun kalau menurut saya kabel kurang lentur saat penyimpanan. Mata saya suka gatel saja buat meluruskan kabelnya kembali

WD My Portable Ultra yang saya gunakan memiliki kapasitas 2 TB.

Untuk saat ini kapasitas 2TB ini sudah cukup bagi saya. Saya bisa membackup data dan foto-foto milik klien sekaligus portofolio. Selain itu, jenis hardisk eksternal ini merupakan HDD. Tentunya akan ada perbedaan dari kecepatan membaca dari hardisk eksternal jenis SSD.

Melakukan backup foto perlu dilakukan dengan rutin dan berkala. Tujuannya agar kita bisa memisahkan mana data yang perlu diselamatkan serta dihapus jika tidak diperlukan.

Selama pemakaian WD My Passport Ultra ini, untuk mengukur kinerja WD My Portable Ultra ini saya menggunakan Crystal Disk Mark dengan menggunakan ASUS ZenBook 14 yang sudah mendukung USB Gen 3.1 terbaru.

Uji Performa Hardisk Eksternal

Percobaan menggunakan WD My Passport Ultra ini dengan mencoba memindahkan data dari laptop ke dalam hardisk eksternal Western Digital, serta juga dari kartu memori kamera.

Saya mencoba memindahkan data sebesar 70 GB yang berisi foto-foto beresolusi besar. Kecepatan yang dirasa cukup baik dan cepat untuk kelas HDD. Setidaknya kecepatan untuk membaca data menggunakan Crystal Disk Mark di bawah desktop Windows 10 bisa mendapat sekitar 395MB/detik.

crystal disk mark

review western digital my passport

Lalu, kecepatan untuk menulis sekitar 95MB/detik yang dirasa memang tidak begitu memuaskan tapi lumayan jika kalian memang tipe orang yang masih sabar menunggu bisa sambil memasak mie instant.

Kurang lebih butuh waktu sekitar 20 menit saja untuk memindahkan data sebesar 70GB ke dalam hardisk eksternal WD My Passport Ultra ini.

Kecepatan pemindahan data ini cukup baik dibandingkan hardisk eksternal lama milik saya yang memang sudah ketinggalan teknologi.

Saat membaca data, WD My Passport Ultra ini suaranya tidak terlalu bising, relatif masih halus kalau saya bilang. Memang akan lebih enak dibalut sama karet seperti SanDisk Extreme Portable yang pernah saya ulas kemarin di sini. (nanti insert link).

Fitur Lain WD My Passport Ultra

review western digital my passport

Layaknya sebagai perangkat penyimpanan data, kehadiran hardisk eksternal memang tidak memerlukan fitur yang rumit seperti perangkat gadget lainnya.

Sebab hal terpenting adalah fungsi utamanya bisa berjalan untuk menyimpan data. Selain itu durabilitas saat menyimpan data pun aman. Kita bisa tetap bekerja untuk menarik data saat diperlukan.

Western Digital juga memberikan fitur aplikasi WD Backup. Fitur ini bisa kamu jalankan secara otomatis untuk melakukan backup sesuai jadwal yang diinginkan.

Selain fitur back up, WD My Portable Ultra ini juga ada fitur proteksi password. Hal itu dapat dilakukan sebab WD telah membekali perangkat ini dengan enkripsi 245-bit AES.

AES (Advanced Encryption Standard) ini standar enkripsi pengamanan pada sebuah perangkat. Semakin besar jumlah bit-nya, menunjukkan banyaknya “penghalang” sebagai pengamanan dalam perangkat. Dan angka 245 yang diaplikasikan pada My Passport sudah termasuk mumpuni.

Bagi kamu pengguna perangkat sistem operasi Windows tinggal colokan ke USB. Dan, perangkat akan langsung terdeteksi otomatis.

Rekomendasi

Menggunakan WD My Portable Ultra 2TB ini membantu saya untuk kegiatan fotografi sekaligus menyimpan data penting lainnya.

Data-data seperti foto klien atau data dari ponsel bisa saya amankan.

Untuk dikelas HDD, hardisk eksternal WD ini sudah lebih dari cukup dari sisi kecepatan serta desain untuk teman-teman yang baru ingin mencari hardisk eksternal pertama kali. Apalagi harga WD My Portable Ultra ini lumayan terjangkau sesuai kapasitas.

Kehadiran Western Digital My Passport Ultra dengan produk yang berkualitas ternyata sangat membantu kita untuk mengatasi permasalahan penyimpanan data. Desain yang sederhana, performa mantap serta harga kompetitif boleh dilirik.

Link pembelian : Tokopedia dan Shopee

Kamu wajib punya produk ini!

Penulis: Deddy Huang

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.