realme watch harga

Ini Smartwatch Pertamaku! Pengalaman Pakai realme Watch

Boleh dibilang saya agak telat mengenal smartwatch yang katanya jam tangan pintar. Di saat orang sudah gonta-ganti smartwatch, saya justru belum pernah mencoba.

Saya masih menikmati memakai jam analog tanpa perlu embel-embel namanya smartwatch. Serta tidak perlu repot untuk terus mengisi baterai. Memang smartwatch ini diperuntukkan bagi orang-orang untuk berolahraga. Buat tahu seberapa jauh mereka sudah berlari, mengayuh sepeda dan lainnya.

Tapi, kali ini saya nggak bisa menolak lagi untuk tidak menggunakan smartwatch karena kebetulan saya mendapatkan realme Watch dari menang lomba blog beberapa waktu lalu. Alhamdulilah ya.

Semoga saya belum terlambat buat mencoba pengalaman menggunakan smartwatch ya.

review realme watch
realme Watch – review

1. Review realme Watch

Kalau kalian tanya apa rasanya punya smartwatch? Gila gaes, rasanya senang banget. Secara ya ini smartwatch pertama saya gitu. Jadi senang aja rasanya pas unboxing realme Watch ini.

Kotak berwarna kuning gonjreng khas realme ini memang sudah menggoda untuk segera dibuka. Aroma buka bungkus setiap produk review memang menyenangkan. Tsaah..

review realme watch
Isi paket realme Watch

Di dalam boks penjualan ada smartwatch realme, buku petunjuk, serta kabel pengisi daya. Boks memang berukuran panjang, tapi kalau mau dikemas dalam bentuk lebih kecil seharusnya juga bisa untuk menyempitkan tempat penyimpanan.

2. Desain Smartwatch

review realme watch
Penampakan realme Watch

Saya mengambil smartwatch realme ini lalu mencium aroma lateks dari karet pergelangan. Merasakan halusnya layar kaca smartwatch realme ini.

Bentuk realme Watch ini sekilas akan membuat kita teringat pada smartwatch keluaran Apple, berbentuk persegi petak dengan sudut tumpul.

Hanya saja jelas ada beda dengan smartwatch Apple. Produk realme Watch ini punya layar 2.5D dan finishing mengkilap dari samping sehingga kalau terkena pantulan cahaya bisa terlihat mewah. Ya, bikin kamu nggak malu saat pakai.

review realme watch
Bentuknya mungil dan ringan

Meski terlihat kecil di pergelangan tangan saya, realme Watch ini punya layar resolusi 320 x 320 piksel. Hanya saja masih TFT biasa artinya tingkat ketajaman tampila belum begitu bagus.

Strap karet yang digunakan juga nyaman dipakai. Terlihat langsung kalau jam tangan yang dikenakan adalah smartwatch.

Selama menggunakan realme watch ini aman-aman saja, saya tidak ada masalah sama bau keringat di tangan. Terasa ringan.

Kaitan tali ujung strap masuk ke bagian dalam. Bagi saya perlu penyesuaian karena memang tidak lazim. Lama kelamaan saya jadi berpikir kalau strap ini ternyata ada keuntungannya, misal saat berlari tidak mengganggu atau tidak terasa ada ganjalan saat tangan di atas meja.

Tenang, lama-kelamaan kamu akan adaptasi sendiri.

3. Layar Jenis TFT

review realme watch
Cocok buat pergelangan tangan tidak terlalu besar

Dari informasi yang saya baca, layar realme Watch ini dikasih perlindungan Gorilla Glass 3 sehingga tidak perlu memasang anti gores.

Layar juga lumayan responsif saat disentuh, termasuk gestur buat masuk ke menu juga gampang. Tinggal swap ke kanan, kiri, atas dan bawah.

Ada satu buah tombol pada bagian kanan yang berfungsi sebagai tombol untuk menyalakan serta mematikan layar dan smartwatch.

Hanya saja merasa ada gestur yang kurang atau belum hadir di realme Watch. Apa itu? Kecepatan untuk menyalakan layar, sehingga perlu menekan tombol atau gunakan gerakan tangan untuk nyalakan layar.

4. Sinkronisasi realme Link

Umumnya fitur smartwatch yang ditawarkan mulai dari mengukur langkah kaki, kalori, detak jantung atau kadar oksigen. Makanya kenapa bisa juga menyebut realme Watch sebagai asisten kesehatan.

Setiap smartwatch perlu disinkronisasi ke smartphone agar kita benar-benar bisa merasakan setiap fitur yang ditawarkan.

Dan, untuk sinkronisasi realme Watch ini kita memerlukan aplikasi realme Link yang bisa digunakan hanya di Android. Sayangnya smartwatch ini belum bisa dihubungkan dengan perangkat iOS.

Cara hubungkan realme Watch ke realme Link tidak begitu sulit. Apalagi kalau kalian sudah menggunakan smartphone realme.

Bagi yang baru pertama kali letakkan smartwatch yang sudah terhubung dengan kabel charger. Selanjutnya, nyalakan bluetooth di ponsel.

Setelah perangkat berhasil pairing dengan ponsel kita, realme Watch pun siap kita gunakan sehari-hari.

5. Pemakaian Sehari-hari

ulasan tentang realme watch

Menggunakan realme Watch ini selama lebih dari 2 minggu, saya terbantu untuk tahu berapa langkah kaki setiap harinya. Serta mengatur setiap jam untuk mengingatkan saya untuk minum air putih agar tidak dehidrasi.

Seru banget, pakai smartwatch itu bagai punya pacar bagi jomblo yang selalu diingatin buat minum air, sampai tidur lebih cepat biar segar.

Pengoperasian realme Watch ini juga mudah. Cukup geser layar ke bawah kita bisa menemukan mode pintasan dari fitur-fitur realme Watch ini seperti mengecek detak jantung, kadar oksigen atau SpO2, mengatur waktu meditasi, mengontrol kamera, hingga mengirimkan bunyi ke ponsel kita seperti fitur Find my Phone.

Sayangnya saya belum berhasil mencoba realme Watch ini sebagai pengontrol kamera. Karena pada saat saya coba perangkat ini tidak bisa digunakan.

Kalau kita bosan sama tampilan display layar di realme Watch, kita bisa ganti dengan beberapa tema yang bisa didownload melalui realme Link pada bagian pengaturan pilih Watch Face.

6. Kesimpulan

Untuk saya yang baru pertama kali memiliki smartwatch, menggunakan realme Watch ini cukup menyenangkan. Memang sepintar seperti menggunakan Apple Watch hanya beda rasa.

Selain kekhawatiranku mengenai baterai rasanya tidak perlu dirisaukan. Saya baru mengisi baterai lagi setelah 7 hari penggunaan, atau durasi baterai sudah sekitar 30% dari awal ketika saya unboxing dan mengisi 100%. Cukup nyaman dan tidak terlalu direpotkan dengan urusan pengecasan.

Sebagai salah satu pengguna yang tak terlalu sering berolahraga, jam ini tetap bisa maksimal digunakan untuk sehari-hari, setidaknya bisa menambah gaya kalian.

Harga jual realme Watch di marketplace pun cukup terjangkau, sekitar 700 ribuan saja. Atau, jika kamu juga bisa membeli seri realme Watch S yang terbaru. Tentu saja untuk realme Watch S ini saya belum pernah ulas.

Selain beberapa keunggulan realme Watch yang sudah saya tulis. Jam tangan pintar ini pun juga memiliki kekurangan. Seperti fitur realme Watch ini belum bisa menampilkan atau terhubung ke media sosial atau WhatsApp supaya kita bisa tahu notifikasi.

Namun, tidak ada fitur ini pun tidak masalah agar kita tidak selalu terdistraksi untuk melihat notifikasi. Ya kali kalau jomblo siapa juga yang mau hubungi selain notifikasi dari realme Watch agar kamu rutin minum air putih. Hahaha…

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1719

10 tanggapan pada “Ini Smartwatch Pertamaku! Pengalaman Pakai realme Watch

  1. Apa bisa sync dengan aplikasi sleep as Android?

    Seberapa akurat fitur cek denyut jantung dan kadar oksigen dalam darah? Musim covid relevan banget nih.

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: