review realme 7i

[Review] realme 7i, Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga 3 Jutaan

Sebagai pengganti realme 5i yang sempat populer, kini realme mengeluarkan seri realme 7i di tengah kelesuan pasar akibat pandemi.

Menyasar pasar middle range, smartphone dari brand subsidiary OPPO ini memiliki kualitas yang setara. Pengguna diberikan banyak opsi untuk memilih berbagai smartphone dari realme.

Apa saja yang menarik dari smartphone harga 3 jutaan dari realme 7i ini?

review realme 7i
Smartphone Android harga 3 juta

1. Memori Internal dan RAM Besar

Hal pertama yang sekarang dilihat saat membeli smartphone baru adalah kapasitas memori internal dan RAM.

Memori internal yang besar kapasitas 128GB. Tentunya bisa menyimpan foto dan video dengan lebih banyak. Cuma kalau dirasa masih kurang, kita bisa menambahkan memori eksternal di dalam slot memori dengan kapasitas simpan maksimal 256 GB.

Yang tidak perlu dilupakan adalah RAM 8GB sudah cukup besar untuk smartphone harga 3 juta.

Mengingat kebutuhan aplikasi sekarang makin banyak, tentunya perlu kecepatan performa RAM yang tinggi. Kamu yang biasanya menonton drama korea, bermain media sosial atau mengedit foto sambil memutar Spotify dalam satu waktu akan terbantu dengan realme 7i.

2. Hasil Kamera realme 7i Bagus

review realme 7i
4 Kamera realme 7i

Kamera utama realme 7i dibekali 64MP Power Master dengan ditambah 3 lensa lain yaitu 8MP lensa ultra wide, 2MP makro dan 2MP lensa untuk foto potrait.

Perpaduan empat lensa di bodi belakangan ini menjadi nilai jual bagi konsumen yang lebih sering foto menggunakan kamera ponsel.

Apalagi lensa wide pastinya akan sangat sering digunakan.

Kamera depan realme 7i ini menyatu dengan layar. Kalau dari realme menyebutnya In-Display Selfie dengan resolusi 16MP ultra clear. Sensor yang digunakan menggunakan sensor Sony IMX471 yang telah dilengkapi dengan mode beauty, HDR dan EIS.

Saat saya coba, hasil foto kameranya cukup baik dalam kondisi berbagai cahaya baik pagi maupun malam. Hasil gambar lumayan buat diposting ke media sosial.

Saat dicoba dalam kondisi malam hari, kamera realme 7i bisa memberikan cahaya yang cukup terang dan cerah.

Kamera realme 7i juga memberikan 3 filter foto malam pada mode Nightscape seperti Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold.

hasil foto realme 7i
User interface realme 7i
review realme 7i
Mencoba kamera realme 7i

Untuk kalian yang senang dengan foto bokeh, maka hasil bokeh kamera realme 7i sudah cukup memuaskan. Apalagi user interface kamera realme 7i cukup familiar. Satu kamera tapi bisa banyak fungsi.

Di dalam kamera juga dilengkapi dengan fitur AI yang cepat membaca situasi foto. Serta juga memiliki AI beautification agar foto lebih halus.

Terakhir, untuk mode video memang masih terbatas tapi sudah lebih dari cukup sebab realme 7i bisa merekam hingga 1080p dengan kecepatan hingga 60fps.

Hasil rekam video realm 7i masih cukup baik untuk penggunaan standar. Masih stabil untuk kamu gunakan hand held. Ada fitur Ultra Steady namun kualitasnya menurun.

3. Baterai Jumbo 5000 mAh

Kapasitas baterai realme 7i lumayan besar. Boleh kamu jajal untuk durasi pemakaian baterai 5000 mAh. Saya menggunakannya untuk waktu stand by sekitar 8 jam, lalu menggunakan untuk gaming dan bermain media sosial.

Kemampuan baterai memang bisa bertahan lama, dengan beberapa catatan kalian tidak bermain secara non stop. Atau menelepon tanpa henti, mungkin nanti kuping bisa pekak.

daya baterai realme 7i

review realme 7i
Quick charger 18w

Menurut saya, realme 7i ini cocok bagi kamu yang tidak ingin terlalu sering mengisi daya baterai. Selain itu, realme 7i sudah dilengkapi dengan fast charging 18W. Waktu pengisian penuh 100% membutuhkan sekitar 2 jam.

Tidak terlalu buruk bukan untuk smartphone harga 3 juta seperti realme 7i.

4. Refresh Rate 90 Hz

review realme 7i
Refresh rate 90Hz

realme sendiri memiliki ponsel gaming seperti realme Narzo yang masing-masing memiliki refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 120 Hz.

Umumnya refresh rate yang tinggi ada pada smartphone di segmen harga tinggi, tapi dengan harga 3 jutaan saja kamu bisa mendapatkan pengalaman menggunakan realme 7i lebih smooth.

Fungsi refresh rate ini agar menampilkan transisi pergerakan layar lebih nyaman dan halus. Menarik juga ya.

5. Fitur

Saya menemukan beberapa fitur tambahan yang cukup menarik bagi para pelaku UMKM. Salah satunya bisa melakukan screenshot layar penuh. Untuk menangkap screenshot pun cukup usap tiga jari dari atas layar ke bawah.

Selain fitur screenshot yang mudah, kita juga bisa melakukan kloning aplikasi agar dalam satu smartphone punya 2 aplikasi yang sama seperti Facebook atau WhatsApp.

realme 7i masih diberikan jack audio 3.5 dan menggunakan USB type C untuk pengisian baterai. Sehiingga akan memudahkan kita ketika ingin mendengarkan musik dan mengisi daya baterai.

review realme 7i
Lakukan kloning aplikasi favoritmu
review realme 7i
Posisi jack audio berada di bagian kiri

Tampilan UI realme 7i mengusung Android 10 dengan sentuhan yang simpel dan minimalis. Bagi orang yang pertama kali mencoba smartphone realme saya rasa tidak butuh lama untuk beradaptasi.

Pengalaman Selama Pakai 1 Bulan

review realme 7i
Desain bodi belakang cakep

Smartphone realme 7i ini cocok bagi kamu yang ingin mencari smartphone baru atau cadangan karena dari segi harga masih terjangkau dengan spesifikasi bagus di kelas menengah.

Unit yang saya review ini dipinjamkan oleh realme Indonesia. Dan, ini smartphone realme pertama yang saya pegang langsung.

realme 7i ini memiliki desain yang sama seperti smartphone layar ukuran 6,5 inci yang lega. Resolusi layar HD+ sudah cukup jernih untuk menampilkan visual. Dan, desain layar punch hole di depan pada bagian kiri. Sehingga tidak begitu mengganggu saat sedang bermain.

Pengalaman visual yang mulus bisa dirasakan disetiap sentuhan layar.

Bodi belakang smartphone juga layaknya cermin. Ada pantulan saat terkena cahaya. Model kamera juga berbentuk kotak layaknya smartphone kekiniaan saat ini.

Performa

realme 7i disematkan prosesor Snapdragon 662 yang termasuk prosesor kelas menengah dari Qualcomm. Dengan delapan inti kecepatan 2 GHz ini sudah cukup memadai buat operasikan fungsi dan aplikasi.

Performa yang dibawa realme 7i nggak mengecewakan kok. Chipset Qualcomm Snapdragon 662, RAM 8GB dan memori internal 128GB, membuat realme 7i bisa melahap game-game online kekinian saat ini.

Mulai dari game Asphalt 9, Free Fire, PUBG Mobile, Mobile Legends, hingga Genshin Impact bisa dijalankan.

review realme 7i

review realme 7i

review realme 7i

Kamu bisa instal lebih dari 100 aplikasi favorit, termasuk aplikasi realme Link untuk menghubungkan ke realme Watch favoritku. Tapi ketika saya mencoba menjalankan multi tasking seperti bermain game, memutar Spotify, bermain media sosial. Smartphone realme 7i ini cenderung ada peningkatan panas dengan cepat.

Selan itu sajian grafis Snapdragon 662 memberikan pengalaman visual rata-rata. Lebih dari itu mungkin tidak saya sarankan. Contohnya saat memainkan Genshin Impact dalam visual yang tinggi di 60 fps, ada jeda sedikit tapi masih bisa dimainkan.

Sisi lain, realme 7i juga sudah diinstal dengan aplikasi bawaan/bloatware. Beberapa bloatware yang menurut saya cukup terganggu seperti berita online, sehingga selalu muncul notifikasi.

Untuk info, ada bloatware yang tidak bisa dihapus, jadi kamu mau tidak mau harus menikmati “bonus” yang tidak diinginkan.

review realme 7i

review realme 7i

Selain itu, suara speaker kurang stereo. Terdengar agak mengganggu ketika suara dinaikan volume tinggi.

Bagi kamu yang senang menonton Netflix di smartphone, maka kamu hanya bisa mentok menonton dalam format 720p. Hal ini karena sertifikasi DRM realme 7i masih Widevine L3, belum mendapat Widevine L1.

Rekomendasi Beli realme 7i

Dare to leap. Sebuah lompatan yang cukup baik dari realme untuk membidik pasar pengguna smartphone harga 3 juta.

realme 7i cukup relevan untuk kebutuhan pengguna yang mencari smartphone untuk aktivitas baik bekerja maupun belajar. Apalagi, realme 7i ini merupakan smartphone Android dengan layar 90Hz dengan RAM8GB dan memori internal 128GB paling terjangkau harganya.

Smartphone realme 7i ini cocok bagi kamu mahasiswa yang lagi senang fotografi, senang memuat video TikTok, kaum yang butuh smartphone dengan kapasitas penyimpanan besar dan yang mencari smartphone harga terjangkau.

Di luar dari itu, realme 7i kurang cocok kalau kamu gunakan untuk bermain game berat. Serta kalau butuh perekaman video dengan resolusi di atas full HD.

Sehingga kalau kamu mencari fitur smartphone ini bisa menggoda kamu dengan fitur-fitur tambahan, kamera mumpuni, baterai awet, layar besar serta harganya bersahabat. Worth to buy kok.

Kelebihan realme 7i

  • Harga masih terjangkau
  • Memori internal dan RAM besar
  • Refresh rate 90Hz
  • Fitur kamera lengkap

Kekurangan realme 7i

  • Layar masih HD+
  • Tidak memiliki NFC
  • Bloatware sulit dihapus
  • Masih sertifikasi Widevine L3

DISCLAIMER : Unit realme 7i ini dipinjamkan oleh realme Indonesia.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1729

6 tanggapan pada “[Review] realme 7i, Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga 3 Jutaan

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: