realme 8 Pro, Kualitas Kamera 108MP Bukan Isapan Jempol

Sejak diumumkan bakal keluar realme 8 Pro, saya sudah tidak sabar untuk menjajal kinerja realme 8 Pro. Selama lebih dari satu bulan maka smartphone Android harga 4 juta ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbaik!

Banyak fitur-fitur unggulan dari realme 8 Pro yang cocok digunakan sebagai daily driver dibandingkan smartphone sejenisnya.

realme 8 Pro, salah satu smartphone menengah yang dibekali kamera utama 108MP, dan juga punya kemampuan zoom 3x lewat pemrosesan dan algoritma baru. Jauh berbeda sekali jika saya bandingkan dengan realme 7 Pro yang sudah pernah saya ulas.

***

realme 8 pro
realme 8 Pro di Jembatan Ampera Palembang

Persaingan pasar smartphone di Indonesia semakin seru. Sejak resmi diumumkan realme 8 Series dikeluarkan, saya berkesempatan menjajal salah satu variannya yaitu realme 8 Pro.

Smartphone ini mengusung slogan 108MP Capture Infinity yang mengunggulkan kualitas kameranya beresolusi 108MP. Berikut ini ulasan mengenai pengalaman menggunakan realme 8 Pro.

Desain Lebih Tipis

realme 8 pro
Unboxing realme 8 pro

Desain realme 8 Pro ini lebih tipis dan bodi belakang yang berbeda. Kesan pertama sewaktu genggam terasa nyaman karena tidak terlalu bongsor. Varian warna yang saya dapat adalah Infinite Black.

Permukaan bodi belakangnya ada lapisan dengan coating mengkilap dengan tulisan “Dare to Leap”. Eyecatching. Tekstur bodi belakangnya seperti ada lapisan yang terasa halus tapi tidak licin.

Selama saya menggunakannya, hal yang paling menarik adalah smartphone ini ramping dan ringan. Dengan bobot 176 gram dan ketebalan 8,1mm, realme 8 Pro terasa friendly di tangan.

Cocok sekali untuk kamu yang tidak ingin ribet untuk meletakkan smartphone di saku celana.

realme 8 pro
Bodi belakang realme 8 pro

Pada bagian muka didominasi layar Super AMOLED 6,4 inci, karena biasanya kualitas layar Super AMOLED dijumpai pada smartphone flagship. Dengan layar yang jernih, tentu saja pengguna realme 8 Pro akan makin betah untuk berlama-lama bermain gadget mereka.

Layar realme 8 Pro memiliki tampilan fullscreen dan resolusi FHD+ (2400 x 1080 piksel)screen to body ratio 90,8 persen, tingkat kecerahan hingga 1000nits, dan refresh rate 60Hz.

Layarnya pun mendukung fitur Always-on display, gamut warna DCI-P3, dan dapat menampilkan konten HDR10 di beberapa aplikasi.

Juga ada punch hole untuk kamera selfie 16MP yang sangat kecil.

Sayangnya, produk kali ini tidak ada fingerprint di bodi belakang, melainkan fingerprint dipindahkan untuk bagian layar depan.

realme 8 pro
Masih ada jack audio dan USB Type C
realme 8 pro
Tombol volume dan power

Fitur pembaca sidik jari di bawah layar, ini adalah salah satu teknologi terbaik yang ditawarkan. Pemindainya sangat cepat dan akurasinya hampir sempurna.

Posisi volume diletakkan di sebelah kanan, persis di atas tombol power. Terasa kurang ergonomi ketika ingin melakukan screenshot, atau menjangkau volume saat menikmati tontonan multimedia.

Tapi tak perlu berkecil hati karena realme 8 Pro masih tetap disediakan lubang audiojack dan port USB-C pada bagian bawah yang akan membantu bagi pengguna yang sering melakukan meeting online.

User Interface yang Ringkas

Saya menyukai user interface atau antarmuka yang digunakan realme 8 Pro dengan sistem operasi Android 11. Tentunya realme sendiri memoles menjadi realme UI 2.0 yang menurutku tampilannya tetap sederhana dan navigasi yang mudah. Apalagi bisa mendukung tampilan Dark Mode agar baterai lebih hemat.

Antarmuka telah menggunakan realme UI 2.0 maka tidak akan sulit bagi kamu untuk menghapus sebagian aplikasi bawaan yang mengganggu atau bloatware.

Tidak ketinggalan pula, smartphone Android ini juga memiliki fitur NFC yang cocok bagi pengguna untuk mengisi kartu uang digital. Walau, sampai saat ini di Palembang penggunaan kartu e-money ini belum bisa saya rasakan.

Kamera Kualitas Cetar

kamera realme 8 pro
Mencoba keunggulan kamera realme 8 pro

Slogan “Better 108MP” bukan isapan jempol ketika disematkan pada realme 8 Pro. Kamera realme 8 series ini punya empat kamera belakang, terdiri dari lensa wide angle resolusi 8MP, 2MP Black and White Potrait Lens, kamera depth 2 MP, dan kamera utama 108MP.

Sementara kamera depannya untuk selfie memiliki resolusi 16MP. Kombinasi lensa kamera yang cukup mencengangkan bukan?

Tentunya kalian penasaran dengan hasil kamera realme 8 Pro. Simak hasilnya berikut ini!

hasil kamera realme 8 pro

hasil kamera realme 8 pro

hasil kamera realme 8 pro

hasil kamera realme 8 pro

hasil kamera realme 8 pro

hasil kamera realme 8 pro

hasil kamera realme 8 pro

Antarmuka kamera sendiri dibekali tiga kali pembesaran untuk 1x, 3x dan 5x. Sayangnya pembesaran ini memangkas resolusi karena menggunakan berupa camera zoom bukan optical zoom. Tapi, hasilnya masih tetap baik.

Hal lain yang sayang dilewatkan ketika mengaktifkan fitur kamera, aktifkan pula fitur AI yang akan secara otomatis mengenali warna sesuai objek foto. Cara ini akan memudahkan kita sewaktu memotret di berbagai simulasi.

Keunggulan Kamera realme 8 Pro

Foto mode 108MP memiliki resolusi yang lumayan besar, ukuran 12000 x 9000 piksel dengan minimal 30MB.

Kamera utama 108MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM2 yang memiliki kualitas foto baik. Sensor kamera didukung teknologi isolasi piksel ISOCELL Plus yang mampu memberikan warna lebih nyata dan meningkatkan ISO sebesar 15 persen.

Ditambah lagi dengan adanya teknologi Smart-ISO, kamu dapat memilih pengaturan ISO terbaik secara otomatis sesuai dengan lingkungan di mana kamu berada. Tidak peduli apakah gelap atau terang, kamu dapat mengambil foto dengan jelas dan cerah.

Unggulnya dengan memotret pakai mode 108MP, kita bisa melakukan cropping gambar dan hasil masih tajam.

Kalian tentu juga penasaran dengan kualitas foto malam hari. Dalam kondisi cahaya yang banyak, kualitas foto realme 8 Pro sangat mumpuni untuk menemani kamu di setiap situasi.

Tak hanya untuk keperluan foto, kamera utama bisa digunakan untuk merekam video sampai kualitas 4K 30fps. Kualitas perekaman yang mumpuni untuk menutaskan hasrat kalian dalam membuat video.

Saya sendiri memang jarang merekam video kualitas 4K 30fps. Lebih sering merekam dengan kualitas Full HD 1080p.

Mau lebih stabil? Kita bisa aktifkan fitur Stabilization agar proses perekaman video lebih halus. Saya senang kualitas video bisa menangkap warna dan autofoku lebih cepat. Hal ini sangat membantu saya ketika sedang membuat video promosi produk.

Dan, fitur Dual View untuk perekaman video makin terlihat kekinian. Kita bisa melakukan rekam video dengan dua tampilan lewat kamera depan dan utama. Tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, tapi sudah ada di dalam smartphone realme 8 Pro ini. Cobalah!

Performa

Overall, performa dari realme 8 Pro ini masih bisa bersaing untuk smartphone kelas menengah. Dengan chipset Snapdragon 720G dari Qualcomm serta dukungan RAM 8GB dan memori internal 128GB sudah sangat cukup bagi kita yang aktif di media sosial.

Untuk memberikan tampilan grafis yang lebih smoothchipset ini telah terintegrasi dengan GPU Adreno 618 baru.

Kebutuhan untuk entertain seperti bermain game seperti Mobile Legend atau Genshin Impact masih aman. Walau kualitas refresh rate mentok di 60Hz tapi tidak mengurangi kesenangan visual bermain game di realme 8 pro.

realme 8 pro
Fast charging realme 8 Pro

Sedangkan untuk daya tahan baterai 4.500 mAh + SuperDart Charge 50W cukup untuk pengguna yang aktif bermain media sosial. Tapi jika kamu tipe yang aktif bermain game dan menonton streaming, tentunya kualitas baterai akan menurun.

Kemampuan pengisian daya baterai pun cepat, didukung kepala charger SuperDart 50W yang butuh waktu 30 menit untuk menambah 70% dalam kondisi baterai 20%. Menarik ya!

Mengapa saya merekomendasikan membeli realme 8 Pro?

Smartphone realme 8 Pro termasuk salah satu smartphone yang menawarkan serangkaian fitur canggih dengan harga kompetitif.

Sudah dua orang yang membeli smartphone Android ini setelah saya rekomendasikan. Peningkatan kualitas kamera yang memberikan kontras warna lebih tajam dan kaya. Sebagian besar smartphone kelas menengah dikemas dengan bodi agak tebal jadi sulit digenggam.

Adanya kualitas 108MP bisa memberikan pengalaman fotografi yang lebih seru. Belum lagi kita bisa memanfaatkan perekaman dual view video. Tidak pernah terpikirkan canggihnya smartphone sekarang makin meningkat, tentunya akan membuat kamu bingung untuk memilih.

Tapi, jangan bingung karena produk realme sendiri punya sesuai kebutuhan kalian. Dan, saran saya kalian bisa cocokkan dulu dengan kebutuhan sebelum membeli smartphone Android baru.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1719

Satu tanggapan pada “realme 8 Pro, Kualitas Kamera 108MP Bukan Isapan Jempol

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: