[REVIEW] realme 7 Pro Special Edition Warna Baru Harga 4 Jutaan

Saya punya kesempatan untuk menjajal smartphone realme 7 Pro Special Edition yang baru launching akhir tahun 2020.

Hape realme 7 Pro Special Edition ini hadir dengan warna baru yaitu Horizon Orange, perpaduan warna kuning jeruk dan putih.

Sebagai informasi, realme 7 Pro sebelumnya tersedia dalam warna Mirror Silver dan Mirror Blue. Nah, karena saya ingin tampil beda maka saya memilih warna baru.

Satu bulan sudah menggunakan realme 7 Pro Special Edition sebagai smartphone daily driver atau smartphone utama untuk hiburan dan pekerjaan. Berikut ini kesan-kesan saya selama menggunakan smartphone terbaik dari realme.

realme 7 Pro Review : Desain Baru Nyaman Digenggam

Unboxing realme 7 Pro Special Edition
Unboxing realme 7 Pro Special Edition

Sehabis unboxing realme 7 Pro Special Edition, saya rasa nyaman sekali sewaktu memegangnya. Tipis, ringan, dan enak digenggam satu tangan.

Ukuran layar realme 7 Pro Special Edition ini 6,4 inci. Ukurannya pas di telapak tangan saya, tidak terlalu lebar dan bobot ringan sehingga membuat tangan tidak cepat pegal.

Ada yang membuat smartphone ini makin nyaman di genggam, realme mengeluarkan varian Special Edition ini dengan warna baru yaitu Horizon Orange. Desain ini menggunakan bahan kulit mikrogram vegan ukuran 0.4mm.

Unboxing realme 7 Pro Special Edition
Desain material belakang bodi lebih halus namun tidak licin

Tekstur kulit di bagian bodi belakangan berkesan elegan dan tidak licin. Sangat aman dari jejak jari dan tidak licin. Logo tulisan realme juga ada di bagian belakang.

Ini yang membuat saya makin terpikat sama desain realme 7 Pro Special Edition.

Dengan menyasar di harga middle range, realme 7 Pro Special Edition ini punya layar Super AMOLED fullscreen. Dan layar punch hole pada bagian kiri atas.

Layar AMOLED memang punya kontras lebih tinggi dan saturasi maksimal. Sehingga cocok buat menikmati konten multimedia seperti menonton serial atau bermain game.

Unboxing realme 7 Pro Special Edition
Posisi jack audio diletakkan pada bagian bawah

Bagi kalian yang masih pengguna setia headset kabel, kabar baiknya realme masih memberikan jack audio 3.5mm supaya kita tetap bisa menikmati konten multimedia. Smartphone yang masih memberikan jack audio itu seperti mendengar keinginan user.

Posisi tombol volume dan power letaknya bisa dijangkau sama jari saya. Tombol volume di bagian kiri, tombol power di bagian kanan. Menurutku, pengalaman pakai realme 7 Pro ini bakal lebih enak kalau tombol power mengadopsi bentuk finger print, seperti seri realme 6 Pro.

Sebagai gantinya, posisi fingerprint digantikan dengan kita bisa membuka ponsel lewat sidik jari di layar.

realme 7 Pro Review : Chipset untuk Gaming

realme 7 pro special edition review
Bodi belakang realme 7 Pro memang menggoda

Kini apa dicari oleh orang saat membeli hape baru adalah apakah smartphone tersebut bisa digunakan untuk bermain game.

Spesifikasi smartphone gaming bisa jadi acuan kalau performa bagus. Perlu diketahui kalau realme 7 Pro ini tidak perlu kamu ragukan untuk bermain game.

Mulai dari chipset 8 nm Snapdragon 720G dengan 8 inti sehingga untuk keperluan multitasking dan bermain game pun lancar di kelasnya.

Performa realme 7 PRO juga ditunjang dengan RAM 8GB dan ROM 128GB. Didukung menggunakan Android 10 dan realme UI, smartphone ini terasa halus saat digunakan untuk bermain game dan juga menikmati konten multimedia.

realme 7 pro special edition review
Tentang realme 7 Pro

Kendati refresh rate realme 7 Pro ini masih 60Hz, setidaknya touch sampling rate 180Hz ini sudah bisa responsif saat kita bermain game online.

Hal yang saya sukai dari realme 7 Pro ini sudah mendukung always on display. Artinya realme 7 Pro ini mampu menampilkan notifikasi saat standby. Fitur ini sebagai pengganti LED notifikasi yang tidak ada pada bagian depan.

Berhubung realme 7 Pro Special Edition ini kini menjadi daily driver, saya pun tak segan untuk menginstal banyak aplikasi. Tujuannya tentu untuk mencoba sendiri apakah aplikasi Android bisa lancar dijalankan.

Hasilnya?

Dengan kemampuan multitasking yang halus, realme 7 Pro sudah memenuhi kebutuhan saya.

Apa yang kita menjadi keraguan saya di awal tidak terjadi. Saya bisa melakukan multitasking saat memutar musik sambil browsing, mengedit video sambil membalas chat masuk, atau bermain game tanpa diganggu notifikasi.

Main game seperti Genshin Impact atau Mobile Legend, saya menggunakan setting paling tertinggi. Grafis halus, tidak ada lag dan membuat mata juga nyaman.

realme 7 Pro Review : Kamera Android Terbaik

review realme 7 pro spesifikasi
Kamera utama 64MP dengan 3 lensa tambahan lainnya.

Smartphone realme 7 Pro Special Edition hadir dengan total 4 kamera. Salah satu lensa belakang hanya memberikan data tambahan untuk mengukur kedalaman bidang dan oleh karena itu dapat meningkatkan efek blur pada potret.

Kamera utama di bagian belakang menawarkan 64 MP f/1.8 dengan menggunakan sensor Sony IMX 682. Tetapi hanya mengambil gambar dengan resolusi 16 MP.

Namun, kamera juga dapat mengambil gambar 64 MP beresolusi sangat tinggi dalam mode tersendiri jika diperlukan.

Selain itu untuk kamera wide beresolusi 8MP f/2.3 yang membantu saya untuk mengambil gambar lebih luas.

Sensor kedalaman 2MP f/2.4 dan sensor makro 2MP f/2.4 untuk kita mengambil gambar bokeh.

Kamera depan memiliki resolusi 32 MP dan membuat selfie bagus dalam cahaya yang bagus.

harga realme 7 pro special edition
Kamera depan diletakkan pada bagian ujung kiri atas

Ada hal yang saya sesalkan adalah hadirnya kamera wide pada kamera depan. Sehingga saya merasa kehilangan ketika ingin grup foto selfie bersama teman-teman.

Hasil foto kamera realme 7 Pro Special Edition dinamis, yaitu gambar juga menampilkan banyak detail di area yang sangat terang dan sangat gelap.

Tidak berlebihan karena efek AI dibandingkan dengan hasil kamera smartphone kompetitornya, yaitu OPPO Reno 4, saya lebih memilih realme 7 Pro untuk kebutuhan fotografi.

Dalam cahaya redup, saya menyukai hasilnya dengan baik. Apalagi kamera realme 7 Pro juga diberikan fitur-fitur tambahan lain seperti kemampuan untuk mengambil foto Night, Pro, Panorama, Text Scanner, dan lainnya.

Hasil foto pakai kamera realme 7 Pro Special Edition :

Beralih ke perekaman video, realme 7 Pro bisa merekam dalam 4K dan 30 fps. Berbeda dengan kemampuan realme 7i yang sudah pernah saya ulas kemarin.

Tetapi pada resolusi tertinggi kita hanya dapat menggunakan lensa utama. Koreksi kecerahan dan fokus otomatis berfungsi dengan baik, detail masih cukup terlihat meski sedang bergerak.

Selain itu realme 7 Pro ini juga memiliki stabilizer video sehingga sangat cocok untuk kita yang senang membuat konten video.

realme 7 Pro Review : Daya Tahan Baterai

review realme 7 pro spesifikasi
Fitur fast charging dari realme 7 Pro bisa diandalkan

Walau realme 7 Pro dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G, yang mendukung pemutaran video HDR dan streaming kualitas tinggi, juga AI untuk mendukung kinerja ponsel untuk efisiensi baterai.

Daya tahan baterai untuk penggunaan wajar saya mengisi penuh di waktu pagi jam 8 malam, dan baru mengisi kembali di pukul 10 malam.

Meski begitu, penggunaan saya intens untuk menonton video streaming, bermain media sosial. Penurunan baterai dirasa agresif ketika smartphone mulai terasa panas.

harga realme 7 pro special edition
Bagian depan realme 7 Pro

Di realme 7 Pro hadir dengan baterai 4,500 mAh dan 65W SuperDart Charge.

Untuk mengisi daya realme 7 Pro tidak butuh waktu lama, sekitar 30 – 45 menit saja. Sangat imersif bagi kita yang aktif menggunakan smartphone untuk tetap bisa terhubung dengan internet tidak kehabisan baterai.

Teknologi SuperDart Charge ini juga memberikan perlindungan terhadap adaptor sensor suhu. Sehingga aman bagi kalian yang langsung merasa insecure saat akan kehabisan baterai.

realme 7 Pro Review : Fitur Premium

review realme 7 pro spesifikasi
Sensor fingerprint pada layar cukup cepat respon

Tahukah kamu kalau realme 7 Pro ini smartphone pertama yang lulus verifikasi Tahan Uji TUV Rheinland. Fungsi dari verifikasi tahan uji ini untuk meningkatkan kualitas smartphone.

Hal yang menyebalkan saat kita bermain game adalah terganggu dengan notifikasi. Dengan realme 7 Pro ini notifikasi bisa disembunyikan sehingga kita bisa tetap lancar bermain game.

Selain itu juga ada fitur jalur pintas di bagian layar untuk kita mengaktifkan aplikasi lebih cepat. Tak lupa fitur NFC yang akan memudahkan kita mengecek sisa saldo e Money.

review realme 7 pro spesifikasi
Support DRM Level 1 bisa menonton Netflix kualitas HD

Kita juga bisa memanfaatkan dual SIM dalam satu smartphone ditambah slot untuk memori hingga 256GB agar penyimpanan data kita lebih banyak.

Berdasarkan data DRM, smartphone realme harga 4.699 juta ini sudah support untuk menonton Netflix kualitas HD. Kualitas ini tentunya membuat kita jadi lebih betah menonton serial favorit.

Rekomendasi Beli realme 7 Pro

realme 7 pro special edition
Makin jatuh hati sama realme 7 Pro Special Edition warna baru

Dengan empat kamera, bentuk nyaman digenggam, speaker stereo, kualitas foto bagus, dan harga middle up. Saya merasa realme 7 Pro ini cocok untuk kebutuhan saya sehari-hari.

Secara keseluruhan, realme 7 Pro merupakan salah satu opsi smartphone yang berkualitas di bawah 5 juta diantara kompetitornya yang lain seperti OPPO Reno 4 dan POCO X3.

Kamu pengen merasakan pengalaman menggunakan smartphone flagship tanpa mengeluarkan uang lebih?

Smartphone kelas menengah ini masih rasional dalam memberikan harga dan fitur. Misalnya masih diberikan NFC serta sensor kamera menggunakan Sony IMX yang baik.

Bagi kita yang punya budget 4 jutaan, maka realme 7 Pro bisa jadi rekomendasi.

Kelebihan realme 7 Pro Special Edition

  • Layar Super AMOLED
  • Ukuran layar tidak terlalu lebar
  • Ada NFC
  • Kualitas kamera baik dalam berbagai kondisi cahaya
  • Warna baru

Kekurangan realme 7 pro Special Edition

  • Bloatware seperti Baca Plus dan JNT tidak bisa dihapus
  • Gorilla Glass 3
  • Tidak ada kamera wide angle di bagian depan

Penulis: Deddy Huang

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

Tinggalkan Balasan