hasil kamera realme GT Master Edition

[REVIEW] Satu Bulan Pakai realme GT Master Edition

Seberapa penting saat ini peran smartphone sudah menjadi kebutuhan primer. Rasanya kita sulit lepas dengan benda ini karena fungsinya sangat berperan penting untuk kelancaran komunikasi serta mempermudah dalam pekerjaan.

Setelah mendapatkan bocoran dan rumor kalau realme Indonesia akan meluncurkan produk terbarunya untuk segmen pasar kelas menengah. Saya sudah tidak sabar ingin mencobanya!

Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 778G 5G membuat saya penasaran dengan kinerja smartphone ini.

Kesan Pertama Hands On

Satu bulan sudah saya menggunakan realme GT Master Edition ini. Sudah saya gunakan untuk bawa traveling saat ke Danau Toba minggu lalu.

Realme GT Master Edition yang baru ini memiliki dua warna, yaitu Voyager Grey dan Daybreak Blue. Dari dua varian ini, jenis Voyager Grey paling diincar sama orang karena menampilkan desain yang terinspirasi koper. Bagian kulit belakangnya terbuat dari kulit vegan, seperti desain realme 7 Pro Special Edition yang pernah saya ulas.

warna realme gt master edition

warna realme gt master edition
Warna Daybreak Blue juga menggoda

Unit yang saya pegang saat ini adalah Daybreak Blue dengan gradasi warna biru yang cerah seperti warna langit.

realme GT Master Edition menghadirkan kualitas premium yang minimalis, warna dan garis sederhana yang tidak rumit membuat produk memiliki kualitas yang unik. realme GT Master Edition, yang dirancang oleh Naoto Fukasawa seorang desainer ternama di Jepang yang juga merupakan desainer dari merek MUJI di Jepang.

Hal lain yang saya suka adalah mengoperasikan smartphone dengan satu tangan masih tetap nyaman dan ukurannya pas.

Tentunya kalian akan bertanya seperti apa performa realme GT Master Edition ini.

realme GT Master : Spesifikasi

Secara tertulis, realme GT Master Edition ini ditenagai oleh Snapdragon 778 SoC baru. Prosesor ini terbaru untuk kelas menengah yang dibuat menggunakan proses fabrikasi 6nm yang canggih.

Selain itu, chipset ini memiliki empat inti utama dengan tiga frekuensi kecepatan 2.2Ghz dan satunya lagi 2.4GHz sehingga bisa mendongkrak performa dari smartphone ini.

Saya sangat senang dari realme telah menyematkan RAM 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB. Hadirnya RAM dan memori yang besar tentunya saat menggunakan realme GT Master Edition ini membantu mengurangi waktu muat, serta meningkatkan pengalaman multitasking.

"Speksifikasi

Pengalaman multitasking seperti kita mendengarkan musik, sambil mengedit foto atau browsing. Atau kita juga bisa membuka aplikasi yang banyak dalam satu waktu.

Ukuran RAM yang besar dapat memberikan kinerja penggunaan sehari-hari yang super lancar. Di dalam ponsel ini pun ada teknologi DRE (Dynamic RAM Expansion Technology) canggih yang dapat mengubah ROM menjadi RAM virtual hingga 5GB untuk memperluas RAM agar multitasking menjadi lebih lancar.

Sedangkan dengan kapasitas memori penyimpanan internal yang besar 256GB tentunya akan membuat kita lebih tenang untuk menyimpan data-data penting. Misalnya saya tidak perlu khawatir smartphone langsung penuh saat traveling untuk menyimpan semua foto dan video di dalam realme GT Master Pro.

Game dan Kinerja Keseluruhan

Saat saya menggunakan realme GT Master Pro ini, terasa sekali perbedaan signifikan dengan seri realme sebelumnya. Smartphone ini hadir dengan layar Samsung AMOLED 120Hz dengan dukungan cakupan 100% dari gamut warna DCI-P3.

Layar ini juga mendukung tingkat sampling sentuh 360Hz. Walau bukan yang tercepat tetapi masih cukup bagus untuk smartphone dalam kisaran harga ini.

Fungsi Game Quick Touch dan Variable Rate Shading, yang biasanya keduanya terdapat di seri SDM8, dapat meningkatkan responsivitas sentuhan hingga 20% dan performa masing-masing sebesar 30%.

review realme gt master edition
Grafis bagus untuk bermain game

Setidaknya ketika saya bermain game seperti Pokemon United, masih luwes mengatur kontrolnya.

Bagusnya dari realme ini karena dilengkapi dengan HyperBoost, yaitu pengguna bisa bermain game dengan lancar tanpa lag. Frame Boost mempercepat frame rate, memprediksi skenario pertempuran kelompok intensitas tinggi dengan cerdas, dan merilis performa penuh terlebih dahulu. Touch Boost mempercepat sentuhan dan memberi pengguna pengalaman bermain game yang mulus

review realme gt master edition
Ukuran smartphone juga nyaman genggam pada saat main game.

Hasilnya realme GT Master Edition ini mampu memberikan pengalaman yang hampir sempurna dengan aplikasi dan game yang berjalan seperti jalan tol. Mulus.

Walau saya bukan pemain game berat, tapi bermain game seperti Mobile Legends saya mendapatkan pengalaman grafis yang bagus. Kemampuan FPS berjalan rata-rata 60 frame dan stabilitas mendekati 100 persen.

Cukuplah untuk saya bilang kalau, saya cukup terkesan dengan tingkat kinerja smartphone ini.

Kamera Jernih

Buat kalian yang memang mengandalkan kamera smartphone sebagai alat untuk berkarya. Tentunya sektor kamera adalah wajib kita coba.

Untuk harga yang ditawarkan, realme GT Master Edition ini punya kamera yang bagus. Mulai dari memiliki 64MP f/1.8, 25mm (lensa lebar), 8MP, f/2.2, 16mm, 119 derajad (lensa ultrawide), dan 2MP, f/2.4 (lensa makro). Minusnya lensa telefoto saja.

Sedangkan untuk kamera depan dibekali resolusi 32 MP yang cukup baik dan lebar. Sangat tepat untuk kamu yang juga senang foto selfie.

Kamera depan menggunakan sensor Sony IMX 615, aperture F2.45, bidang pandang FOV 85 derajat, resolusi 6560*4928. Sensor Sony memungkinkan kualitas gambar yang lebih baik, dan dengan resolusi tinggi, pengguna dapat membuat setiap selfie menjadi sangat tajam.

hasil kamera realme GT Master Edition
Selfie dengan kamera depan realme GT Master Edition
hasil kamera realme GT Master Edition
Pakai realme GT Master Edition bikin ketagihan selfie

Performa kamera realme GT Master Edition dalam situasi outdoor (street photography) dan alam bebas menghasilkan warna yang manis, kontras dan jernih. Sesuai dengan slogan realme GT Master Edition yakni ​​Mastery Beyond Speed. Pengguna bisa mengandalkan smartphone ini untuk hobi dan aktivitas.

Ada beberapa fungsi bawaan kamera yang menarik seperti adanya : Mode Snapshot DIS, Quick Launch (Klik dua kali tombol volume turun saat layar mati), Street Filter, Auto Fokus, Zoom Cepat, filter B&W Plus, Filter dramatis.

  • Street Filter untuk memberikan warna yang cocok untuk street photography, realme mensimulasikan efek film berdasarkan Kodak, brand photography ternama, untuk memberikan efek visual dengan kontras warna yang kuat. 
  • Filter B&W Plus yang telah disesuaikan berfungsi mengurangi interferensi algoritma seperti HDR, cahaya dan bayangan ditingkatkan, kondisi cuaca ringan dan berkabut Tyndall yang menjadi sorotan.
  • Filter Drama Preset cocok untuk ekspresi emosi ditingkatkan secara dramatis dengan mengintensifkan detail subjek.
    Setelah saya perhatikan ternyata karena kamera smartphone ini dibekali pemrosesan HDR yang layak dan dengan cepat memperbaiki ketidakakuratan dalam gambar.

Untuk performa cahaya minim lumayan bagus, saya beri pujian untuk hasil foto di cahaya minim maupun malam hari. Walau untuk lensa makro nya memang hasilnya masih agak belepotan, tetapi masih bisa dimaklumi.

Hasil Foto Kamera realme GT Master Edition

Peningkatan kualitas kamera oleh realme GT Master Edition dalam pengambilan foto dan detail akan memudahkan kita yang memang gemar fotografi smartphone.

Ini pun juga berlaku untuk penggunaan video. Hasilnya hampir sama-sama bagus dan jernih. Walaupun realme sendiri banyak membekali dengan beberapa “gimmick” kamera untuk membuat hasil lebih bagus. Namun, menurut saya yang memang jarang menggunakan “gimmick” tersebut tentunya dengan apa yang sudah pengaturan dasar saja sudah bagus dan cukup.

Makanya saya ketika mencoba untuk melakukan siaran langsung. Resolusi kamera depan 32MP, saya rasa sudah sangat cocok bagi content creator yang senang merekam video atau melakukan siaran langsung di TikTok atau Instagram.

Tetap bagi kalian yang pengen menghaluskan kerutan, membuat lebih terlihat kurus atau bermain filter. Semua hal ini tetap ada, tidak mengurangi rasa bahagia kalian.

Secara keseluruhan, saya sangat terkesan dengan kamera pada realme GT Master Editon ini. Baik kamera bagian depan maupun belakang, keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang berada di ponsel kelas menengah. Dan ini penting untuk kalian pertimbangkan!

Baterai yang Maksimal

Baterai realme GT Master Edition berkapasitas 4300mAh yang lumayan besar untuk penggunaan sehari-hari. Kalau kalian bertanya kenapa tidak dibuat lebih besar? Sudah pasti akan mempengaruhi bobot sekaligus ketebalan.

Walaupun begitu, realme GT Master Edition ini dibekali sama kemampuan pengisian cepat 65W SuperDart Charger bawaan. Jadi, kita bisa tetap aman dan nyaman untuk menggunakan smartphone seharian.

Selama waktu saya dengan telepon, saya jarang kehabisan baterai. Kecuali, jika saya gunakan secara penuh untuk bermain game dan menonton Netflix. Hal ini wajar karena smartphone dipaksa untuk bekerja terus.

Untuk charger, sepenuhnya melindungi keamanan pengisian daya, realme GT Master Edition juga memiliki Intelligent Five-core Chip:

  1. Perlindungan kelebihan adaptor
  2. Perlindungan identifikasi kondisi pengisian SuperDart
  3. Perlindungan kelebihan antarmuka
  4. Perlindungan Arus Lebih dan perlindungan kelebihan tegangan
  5. Perlindungan sekering baterai

Namun, kemampuan pengisian cepatnya benar-benar menakjubkan. Untuk waktu 10 menit saya bisa mendapatkan sekitar 40% pengisian baterai. Asalkan kalian menggunakan kabel charger bawaan realme ya.

Aspek Lainnya

realme GT Master Edition ini telah dilengkapi dengan system Vapor Chamber yang memiliki luas hingga 1729.8mm², lebih besar dan lebih efisien dalam pendinginan daripada pipa tradisional.

Peran sistem pendingin ini singkatnya untuk mengurangi suhu dan menjaga smartphone dalam kondisi performa yang maksimal.

Selain itu, untuk keamanan smartphone maka disematkan sidik jari layar yang peka cahaya. Pastinya kita akan merasa aman saat menggunakan smartphone ini.

Terakhir, realme GT Master Edition ini dibekali juga realme UI 2.0 yang ringan. Mudah sekali untuk melakukan penyesuaian ikon-ikon untuk membuat smartphone ini jadi lebih keren.

Hasil Benchmark realme GT Master Edition

Apakah realme GT Master Edition Layak Dimiliki?

Menurut kalian, saya menikmati saat pemakaian smartphone ini? Tentu saja!

realme GT Master Edition ini memberikan pengalaman yang hampir sempurna dengan aplikasi dan game yang saya instal. Sangat menjanjikan untuk kalian yang memiliki budget sekitar 5 juta.

Saya merasakan ada peningkatan yang dirasakan seperti kemampuan multitasking yang lebih smooth. Sisanya saya tidak punya masalah, dan kameranya bagus! Cocok sekali kalau kalian tidak mau repot membawa kamera mirrorless untuk traveling. Cukup bawa smartphone ini saja.

update firmware realme gt master edition

Selain itu, smartphone ini berjalan di Android 11 terbaru, sehingga bisa dipastikan kita bisa mendapatkan semua manfaat dari sistem operasi terbaru Google saat ini. Apalagi realme juga sering memberikan update firmware untuk keamanan.

Meskipun di luar sana banyak kompetitor sejenis, namun faktanya smartphone ini berhasil menawarkan rasio harga terhadap kinerja yang tinggi. Apalagi realme ini sudah 5G dan cocok menjadi flagship killer yang stylish dan harga terjangkau.

Bukti kalau realme tidak main-main untuk memberikan sebuah produk smartphone yang bermanfaat.

Jadi, silahkan dipertimbangkan kembali untuk membeli smartphone ini dengan keunggulan yang sudah saya ceritakan.

Spesifikasi realme GT Master Edition
Prosesor Snapdragon 778G 5G 6nm

[CPU]

1x 2,4 GHz – Kryo 670 Prime (Cortex-A78)

3x 2,4 GHz – Kryo 670 Emas (Cortex-A78)

4x 1,9 GHz – Kryo 670 Perak (Cortex-A55)

[GPU]

Adreno 642L

Kamera Selfie Sensor Sony IMX615 32MP

Aperture f/2.5

85 derajat FOV (bidang pandang)

Nightscape portrait mode

Sistem kamera Kamera Utama 64MP f/1.8 aperture, ukuran 1/2 inci

119° Lensa Ultra-wide 8MP, aperture f/2.3

Macro Lens 4cm 2MP, aperture f/2.4

 

Mode Street Photography:

Mode Snapshot DIS Preset

Preset Quick Launch (Klik dua kali tombol volume bawah saat layar mati)

Preset Street filter

Preset B&W Plus filter

Preset Dramatic filter

Layar Layar Penuh AMOLED 6,43” (16,33cm) 120Hz

Resolusi 2400×1080 FHD+

PPI 409

Rasio layar 20:9

Rasio Screen-to-Body 91,7%

Baterai 4300mAh

Desain sel ganda, sertifikasi 3C

Pengisian Daya Pengisian SuperDart 65W
Berat Naoto Fukasawa – 180g

Reguler – 174g

Koneksi WiFi 6, NFC, Dual 5G, Bluetooth
Pilihan warna Voyager Grey, Daybreak Blue
ROM & RAM 8GB + 3GB/5GB DRE (Teknologi Ekspansi RAM Dinamis)

Hingga 256GB RAM

OS realme UI 2.0 berbasis Android 11

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1739

Satu tanggapan pada “[REVIEW] Satu Bulan Pakai realme GT Master Edition

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: